Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Allianz

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Allianzby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi AllianzAllianz adalah salah satu dari perusahaan asuransi asing yang berjaya di Indonesia. Berkantor pusat di Munich, Jerman. Allianz sebenarnya adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang layanan finansial, dengan bisnis utamanya adalah manajemen pengelolaan aset dan asuransi. Dengan aset yang dikelola begitu besar, maka pada 2014 Allianz diakui sebagai perusahaan asuransi terbesar di dunia oleh […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Allianz adalah salah satu dari perusahaan asuransi asing yang berjaya di Indonesia. Berkantor pusat di Munich, Jerman. Allianz sebenarnya adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang layanan finansial, dengan bisnis utamanya adalah manajemen pengelolaan aset dan asuransi. Dengan aset yang dikelola begitu besar, maka pada 2014 Allianz diakui sebagai perusahaan asuransi terbesar di dunia oleh majalah Forbes.

Allianz merambah pasar asia sejak 1910 teruma di kota pesisir Cina dengan bisnis utamanya adalah asuransi jiwa dan properti. Kemudian melebarkan sayapnya dengan membuka kantor perwakilan di Indonesia di tahun 1981 dan baru kemudian di tahun 1989 seiring dengan dikeluarkannya izin dari OJK, sehingga berdirilah PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi umum.

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Allianz

Selayang Pandang Allianz Indonesia

  • Sebanyak 7 juta masyarakat Indonesia sudah bergabung dan menjadi tertanggung asuransi Allianz Indonesia.
  • Allianz berkerjasama dengan HSBC untuk menjual produk Bancassurance dengan nama Joint Life Care.
  • Untuk memfokuskan bisnisnya, Allianz membentuk Allianz life Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan kesehatan serta dana pensiun. Dan juga meluncurkan produk asuransi berbasis syariah di Indonesia.
  • Allianz menggandeng perusahaan e-commerce JD.ID untuk melindungi nasabah yang berbelanja barang elektronik.
  • Allianz memasarkan produknya melalui online menggunakan aplikasi gojek sebagai partner bisnisnya.

Sekilas Tentang Asuransi Jiwa Allianz Life Indonesia

  • Pada tahun 1996, dibentuklah PT Allianz Life Indonesia yang benar-benar terpisah dengan induknya yakni PT Allianz Utama Indonesia. Allianz life bergerak khusus menangani asuransi jiwa dan kesehatan serta asuransi dana pensiun.
  • Melihat ceruk pasar Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, pada 2006 Allianz Utama dan Allianz life kemudian berinisiatif memulai menjalankan bisnis Asuransi Syariah.
  • Pada 2018, Allianz Life diakui sebagai Top Life Insurance oleh BusinessNews Indonesia dengan aset lebih dari 10 tiliun.
  • Pada 2019 keuntungan bersih Allianz meningkat tajam 48%, senilai 1,17 triliun dari tahun sebelumnya karena meningkatnya pendapatan investasi.
  • Terkait Covid19, Allianz Life memberikan tambahan 50% dari nilai tanggungan, jika nasabahnya ada yang meninggal. Hingga saat ini Allianz Life sudah membayar klaim 9 miliar untuk pasien dan korban Covid19.

Jenis Produk Allianz Life

Sesuai dengan tujuannya dibentuk Allianz Life, mereka khusus menangani asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan juga asuransi dana pensiun.

Asuransi Jiwa Allianz

Karena merupakan lembaga keuangan yang lihai mengelola dana, maka setiap asuransi yang dijual oleh Allianz memberikan manfaat tambahan yakni berupa investasi unit link. Tidak hanya itu saja, ada banyak rider (manfaat tambahan) yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabahnya.

Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi Allianz kesehatan sudah menjadi pemimpin pasar asuransi kesehatan di Indonesia, pasalnya nilai tunai pertanggungan yang ditawarkan jauh di atas rata-rata asuransi lainnya, yang mencapai 6 miliar. Keuntungan lainnya adalah layanan yang sempurna dengan Allianz Hospital Assistant yang sigap membantu setiap nasabah yang dirawat di rumah sakit untuk memudahkan pengajuan klaim.

Asuransi Allianz Syariah

Dengan pasar asuransi Syariah yang begitu tinggi di Indonesia, tentu Allianz tidak ketinggalan pula menyediakan layanan berbasis Syariah, dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, unit link Syariah, hingga perlindungan pemberangkatan haji. Produk unggulannya antara lain Allisya Maxi Fund Plus, Allianz Tasbih, dan Allisya Protection.

Asuransi Kumpulan Allianz

Asuransi dana pensiun ditawarkan kepada setiap perusahaan atau unit usaha yang siap memberikan jaminan atas dana pensiun setiap karyawannya. Sehingga perusahaan akan lebih dimudahkan dalam mengurusi hal tersebut, dan karyawan juga nyaman karena memiliki dana pensiun untuk hari tua mereka.

Bancassurance Allianz

Bancassurance masih menjadi penopang penjualan asuransi terbaik dari tahun ke tahun dan terus mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga Allianz terus meningkatkan kerjasamanya dengan bank bank terkemuka di Indonesia, diantaranya HSBC, BTPN, Maybank, dan QNB Bank.

Ini adalah produk asuransi yang di tawarkan dan dijual oleh Bank. Jadi, setiap bank yang sudah bekerjasama dengan Allianz akan menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Asuransi Tambahan (Rider) Allianz

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka Allianz Life juga memberikan 7 fitur dengan manfaat tambahan pada asuransi dasar, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabahnya.

Daftar Polis Asuransi Allianz Life

Asuransi Allianz Life memiliki total 10 produk yang terbagi dalam 3 kelompok yaitu Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Syariah.

3 produk Asuransi Jiwa yakni SmartLink Flexi Account Plus, SmartLink New Flexi Account, SmartLink Maxi Fund Plus.

4 produk untuk Asuransi Kesehatan, yaitu: SmartMed Premier, SmartMed Cancer, SmartHealth Maxi Violet, dan AlliSya Care.

3 produk Asuransi Syariah yaitu: Allisya Maxi Fund Plus, Allianz Tasbih, dan AlliSya Protection.

Adapun produk asuransi tambahan yang memberikan perlindungan lebih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ulasan produk asuransi Allianz Life selengkapnya:

SmartLink Flexi Account Plus

Produk asuransi jiwa yang terkait unit link, sehingga selain perlindungan jiwa, Anda juga akan mendapat manfaat investasi di masa mendatang. Perlindungan yang diberikan hingga tertanggung mencapai usia 100 tahun.

Manfaat lainnya adalah Anda bisa mendapat santunan rawat inap serta perlindungan dari 49 penyakit kritis. Premi yang terjangkau dan bisa disesuaikan pembayarannya, bisa per bulan, semester atau per tahun.

SmartLink Maxi Fund Plus

Produk asuransi jiwa Allianz yang juga terkait dengan unit link untuk potensi investasi yang bisa mendapat keuntungan dalam jangka panjang.

Premi dibayarkan hanya sekali dan Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan hingga usia 100 tahun. Selain itu, untuk meningkatkan nilai investasi maka Anda bisa membeli premi tunggal sesuai dengan keinginan dengan nilai minimum 1 juta.

SmartMed Premier

Ini merupakan produk asuransi kesehatan Allianz yang bisa memberikan perlindungan bagi individu maupun keluarga.

  • Manfaat yang diterima adalah penggantian biaya rawat inap, rawat jalan, biaya persalinan, hingga perawatan gigi, menyesuaika manfaat tambahan yang dimiliki pada polis.
  • Jika tidak ada klaim dalam satu tahun, maka akan mendapatkan bonus tambahan sebanyak 20%.
  • Produk ini juga meng-cover perawatan HIV, hemodialis, dan kemoterapi.

SmartMed Cancer

Jika Anda memiliki riwayat penyakit Kanker, maka SmartMed bisa menjadi rider untuk memperoleh manfaat tambahan atas asuransi dasar Anda.

Dengan memiliki rider ini, maka Anda berhak untuk mendapatkan perawatan terbaik di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dir rumah sakit bisa langsung ditagihkan kepada perusahaan.

SmartHealth Maxi Violet

Anda bisa memilih produk asuransi ini sebagai perlindungan diri dan juga keluarga tercinta. Karena dimungkinkan menambahkan keluarga dalam satu polis.

Dengan manfaat dasar dan tambahan cashless untuk biaya rawat inap, persalinan, perawatan gigi, serta rawat jalan. Anda juga akan mendapatkan diskon 5 persen apabila memasukkan keluarga dalam polis Anda.

Asuransi Jiwa Mikro Sekoci

Terinspirasi dari perahu kecil penyelamat ketika kapal tenggelam, Allianz meluncurkan asuransi jiwa mikro Sekoci pada 2016. Untuk memberikan proteksi kepada masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Beberapa manfaat yang diberikan antara lain:

  • Premi sangat terjangkau, mulai dari 35 ribu rupiah.
  • Jika meninggal karena sakit diberikan santunan 3-10 juta.
  • Jika tertanggung meninggal dunia disebabkan kecelakaan, akan mendapat 5 kali nilai tanggungan yang tercantum dalam polis.

AlliSya Care (Syariah)

Salah satu produk Allianz yang berbasis Syariah. Allisya Care memberikan proteksi kesehatan dengan mengganti biaya perawatan medis, rawat inap dan atau rawat jalan. Menyediakan 8 plan pilihan dengan premi dan manfaat yang berbeda-beda pula.

Allisya Maxi Fund Plus

Merupakan produk asuransi jiwa berbasis Syariah yang juga dikaitkan dengan unit link, yang bermanfaat sebagai investasi jangka panjang dengan pengelolaan investasi sesuai dengan ketentuan Syariat.

  • Premi tunggal dibayarkan pada awal tandatangan kontrak yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial nasabah. Semakin besar setoran, manfaat investasi juga makin tinggi.
  • Perlindungan asuransi jiwa hingga tertanggung berusia 100 tahun.
  • Investasi dapat ditingkatkan sewaktu-waktu dengan setoran dana minimal 1 juta.

Allianz Tasbih

Merupakan program asuransi yang khusus membiayai pemberangkatan haji nasabah, sekaligus melindungi dari risiko jiwa dan perawatan medis selama perjalanan menunaikan ibadah haji. Sehingga nasabah dapat merencanakan tabungan sesuai dengan kemampuan dengan tujuan khusus haji.

AlliSya Protection Plus

Produk asuransi jiwa dan kesehatan berbasis Syariah yang memberikan perlindungan secara lengkap, baik dari 49 penyakit kritis, santunan harian rawat inap, hingga meninggal dunia. Beberapa manfaat Allisya Protection Plus antara lain:

  • Iuran ringan, nasabah baru gratis iuran setahun, iuran baru ditagih di tahun kedua.
  • Pembayaran kontribusi bisa disesuaikan dengan kemampuan atau direncanakan.
  • Mendapatkan manfaat bagi hasil (jika terdapat surplus investasi).
  • Perlindungan selama 100 tahun.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Allianz)

Program dari Allianz Life untuk dana pensiun bagi perusahaan dan karyawan, sekaligus sebagai dana pesangon karyawan yang dirumahkan atau di pensiunkan dini.

  • Setiap nasabah dapat mengakses dana pensiun yang sudah terkumpul menggunakan aplikasi.
  • Pengelolaan dana dalam instrumen investasi bebas pajak.
  • Iuran dapat disesuaikan dengan finansial perusahaan, sehingga tidak memberatkan keuangan perusahaan.
  • Mendapat manfaat santunan jika karyawan mendapatkan cacat tetap dan atau meninggal dunia.

Smart Health Classic Premier

Produk asuransi kumpulan ini sangat cocok untuk perusahaan besar yang mengedepankan kesehatan setiap karyawannya. Manfaat yang dapat diterima adalah menanggung segala kebutuhan kesehatan seperti biaya rawat inap, biaya melahirkan sekaligus keluarga berencana.

Penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan yang ditagihkan, dengan perlindungan hingga usia 70 tahun. Produk ini bisa di ikuti untuk perusahaan yang minimal memiliki karyawan berjumlah 100 orang.

Smart Protection Group Term Life

Merupakan produk asuransi kumpulan yang memberikan perlindungan terhadap karyawan pada unit usaha yang bekerja untuk meringankan tingkat risiko selama 24 jam. Baik ketika sedang bekerja ataupun tidak bekerja.

Uang pertanggungan dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Semakin besar premi yang dibayar maka akan semakin besar pula nilai pertanggungan yang akan didapatkan.

kelebihan allianz

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Allianz

Ada banyak kelebihan dan juga kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan, karena setiap asuransi juga mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnisnya. Baca ulasan berikut ini sebelum Anda membeli produk Allianz Life, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di masa mendatang.

Kelebihan Asuransi Allianz Life

  • Memililiki tingkat solvabilitas 328%, hampir tiga kali lipat dari yang ditentukan pemerintah (120%), artinya kemampuan finansial Allianz Life untuk membayar klaim yang diajukan setiap nasabahnya sangat baik, sehingga dana asuransi Anda akan sangat aman dikelola Allianz.
  • Pelayanan Allianz Life sangat baik terutama bagi nasabah asuransi kesehatan yang menjalani rawat inap, karena akan mendapat pendampingan melalui aplikasi Allianz Hospital Assistant, sehingga tertanggung dan keluarganya tidak perlu pusing memikirkan biaya perawatan rumah sakit.
  • Pengajuan dan pembayaran klaim sangat cepat.
  • Produk yang ditawarkan sangat beragam dengan premi yang terjangkau.
  • Biaya akuisisi 5 tahun awal kontrak di Allianz lebih ringan dibanding dengan asuransi lainnya.
  • Rumah sakit rekanan Allianz tersebar seluruh Indonesia hingga ke luar negeri, sehingga Anda bisa memilih rumah sakit terbaik tentu harus menyesuaikan dengan polis asuransi yang Anda miliki.

Kekurangan Asuransi Allianz Life

  • Untuk pengajuan klaim kedua, lebih sulit karena Allianz lebih mengetatkan persyaratan, seperti yang terjadi di tahun 2017 atas nama nasabah berinisial IA yang ramai diberitakan media, bahwa syarat yang diajukan Allianz untuk menyertakan rekam medis dalam pengajuan klaim sangat sulit dilakukan, pasalnya dokter umumnya hanya memberikan resume medis (ringkasan medis) saja karena merupakan bagian rahasia kedokteran hal tersebut diatur dalam PerMenKes 36 tahun 2012.
  • Setiap potensi investasi tidak memiliki jaminan mendapat keuntungan, sehingga terkadang tidak sesuai dengan apa yang tertera dalam brosur.

Kesimpulan

Allianz Life sangat kredibel dan terpercaya dalam mengelola aset dan investasi terbukti dengan tingginya solvabilitas perusahaan, dan juga memiliki aset hingga 32 triliun sehingga dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

Beragam produk yang ditawarkan juga terkait unit link, sehingga memiliki manfaat tambahan investasi yang berguna bagi masa depan. Namun demikian, Allianz tidak memberikan jaminan bahwa dana investasi akan bertumbuh sesuai harapan, karena tergantung situasi dan kondisi pasar atau instrumen investasi. Bisa untung dan juga bisa mengalami kerugian.

Jadi, jika Anda ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan diri, mungkin Allianz bisa menjadi pilihan tepat, tetapi jika Anda ingin mendapatkan pengembalian yang besar dengan melakukan investasi, maka sebaiknya Anda menempatkan dana Anda di lembaga investasi murni.

Labels:

ulasan dplk allianz

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BNI Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Zurich Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Panin Dai-ichi Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BRI Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts