Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharja

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharjaby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasa RaharjaJasa Raharja merupakan perusahaan asuransi milik negara (BUMN) yang di amanatkan pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial atas kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada masyarakat ketika menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki. Kebanyakan dari kita tidak menyadari telah memiliki perlindungan dari Asuransi Jasa Raharja, karena mereka tidak menarik premi secara langsung kepada nasabah, tetapi […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi milik negara (BUMN) yang di amanatkan pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial atas kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada masyarakat ketika menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari telah memiliki perlindungan dari Asuransi Jasa Raharja, karena mereka tidak menarik premi secara langsung kepada nasabah, tetapi dengan cara tidak langsung yakni ketika kita membayar pajak kendaraan, di STNK akan tertulis SWDKLLJ, yaitu sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan. Selain itu, ketika Anda membayar tiket bus, maka di dalam tarif tersebut sudah termasuk bayar premi dari Jasa Raharja.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharja

Sekilas tentang Asuransi Jasa Raharja

  • Jasa Raharja menjamin biaya perawatan akibat kecelakaan maksimal 20 juta. Dan santunan kematian sebesar 50 juta.
  • Jasa Raharja dimiliki 100% oleh negara, dengan penyetoran modal mencapai 34 triliun rupiah.
  • Hingga saat ini, kantor cabang Jasa Raharja berjumlah 29 tersebar di setiap provinsi, dengan kantor perwakilan serta kantor pelayanan berjumlah 130 di kota besar. Selain itu, ada 1.285 kantor layanan yang ada di setiap kantor SAMSAT di seluruh Indonesia.

Sejarah Asuransi Jasa Raharja

  • 1960, Inisiasi pendirian Asuransi Kerugian Negara diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah no 3 tahun 1960. Dengan menasionalisasi perusahaan asuransi asing, yang dikelompokan menjadi 4 entitas usaha yaitu PAKN Ika Bhakti, PAKN Ika Dharma, PAKN Ika Mulya, dan PAKN Ika Sakti.
  • 1961, Ke empat PAKN tersebut di atas dilebur menjadi satu, yaitu Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) Eka Karya.
  • 1965, PNAK Eka Karya dirubah menjadi Perusahaan Negara Asuransi Kerugian Djasa Rahardja yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 1965.
  • 1970, Status PNAK Jasa Raharja dirubah menjadi perusahaan umum (Perum).
  • 1980, Asuransi Jasa Raharja dialihkan bentuk perusahan dari perusahaan umum menjadi perusahaan perseroan.
  • 1989, Jasa Raharja mengembangkan usahanya dengan meluncurkan layanan asuransi aneka dan juga menerbitkan surety bond.
  • 1994, Jasa Raharja kembali berfokus untuk melayani asuransi sosial kecelakaan saja, tidak lagi membidangi asuransi aneka dan penerbitan bond.
  • 2019, diadakan perubahan anggaran dasar PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja.

Ketentuan Jaminan Asuransi Jasa Raharja

Sesuai tugas dan fungsi pokok yang di amanatkan negara kepada Jasa Raharja, yaitu memberikan perlindungan sosial dasar terhadap masyarakat atas kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, layanan asuransi dari Jasa Raharja terbatas pada:

Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang

Berdasarkan atas UU No 33 Tahun 1964 Jo PP No 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum, dijelaskan bahwa yang berhak menerima santunan adalah mereka para penumpang angkutan umum yang mengalami kecelakaan lalu lintas, baik sopir maupun penumpangnya, dari awal pemberangkatan hingga tempat tujuan.

Selain itu, jika kendaraan umum (bus) berada di dalam kapal angkutan (ferry) yang tenggelam, maka penumpang bus diberikan santunan ganda, dan bagi mereka yang jasadnya hilang akibat tenggelam, maka pemberian santunan diselesaikan melalui keputusan Pengadilan Negeri.

Dana Pertanggungan Kecelakaan Lalu Lintas

Berdasarkan atas UU No 34 Tahun 1964 Jo PP No 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, dijelaskan mengenai korban yang memiliki hak untuk menerima santunan, yaitu setiap orang yang mengalami kecelakan lalu lintas di luar angkutan umum, atau para pengguna kendaraan bermotor baik pengemudi maupun penumpangnya yang mengalami kecelakaan disebabkan tabrakan dua atau lebih kendaraan. Kecuali bagi mereka yang melanggar ketentuan dan aturan lalu lintas jalan, tidak dijamin oleh asuransi Jasa Raharja.

Polis Asuransi Jasa Raharja

Setiap orang yang telah membayar premi baik langsung atau tidak langsung, para pengendara dan angkutan umum secara otomatis mendapat perlindungan asuransi kecelakaan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang bukan merupakan kecelakaan tunggal atau pelanggaran lalu lintas.

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Yang menjadi pemegang polis adalah mereka para pengguna kendaraan pribadi yang telah lunas membayar premi tidak langsung melalui pembayaran pajak kendaraan, yang telah sah dan tertulis dalam STNK maupun SIM. Diberikan pertanggungan apabila terjadi kecelakaan sebagai berikut:

  • Santunan kematian akibat langsung dari kecelakaan, sebesar 50 juta.
  • Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cacat total, diberikan santunan sebesar 50 juta.
  • Perawatan akibat kecelakaan maksimal ditanggung sebesar 20 juta.
  • Santunan biaya pemakaman, jika tidak ada ahli waris sebesar 4 juta.
  • Manfaat tambahan untuk pertolongan pertama untuk biaya puskesmas atau klinik sebesar 1 juta.
  • Pertanggungan biaya perjalanan menggunakan ambulan, sebesar 500 ribu.

Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum

Setiap orang yang menggunakan jasa transportasi umum, berhak menerima perlindungan jiwa atas kecelakaan. Pembayaran tiket transportasi umum, sudah termasuk pembayaran premi Jasa Raharja. Manfaat yang akan diterima sebagai berikut:

  • Santunan kematian 50 juta. Diberikan kepada ahli waris.
  • Santunan cacat total permanen, 50 juta.
  • Perawatan akibat kecelakaan disesuaikan dengan transportasi yang digunakan berkisar antara 20-25 juta.
  • Santunan biaya pemakaman sebesar 4 juta. Dalam hal tidak ada ahli waris yang berhak menerima santunan kematian.
  • Pengantian biaya P3K 1 juta, dan ambulan sebesar 500 ribu.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Jasa Raharja

Siapa yang berhak mengajukan klaim? Adalah mereka yang menjadi korban kecelakaan baik pengguna angkutan umum atau kendaraan pribadi maupun pihak ketiga. Jika korban kecelakaan meninggal dunia, maka pengajuan klaim dilakukan oleh ahli warisnya.

Untuk mengajukan klaim asuransi Jasa Raharja, ada beberapa tahap yang harus dilalui yakni sebagai berikut:

  1. Meminta surat keterangan kecelakaan kepada pihak kepolisian, dimana tempat kejadian perkara.
  2. Meminta surat kematian, atau kondisi kesehatan kepada dokter di rumah sakit yang menangani korban kecelakaan.
  3. Lengkapi dengan kartu identitas, baik KTP, SIM, Buku Nikah, dan Kartu Keluarga.
  4. Datangi kantor Jasa Raharja terdekat, kemudian meminta formulir pengajuan klaim.
  5. Isi formulir klaim dengan benar, disertakan dokumen pendukung yang sudah dikumpulkan di atas, kemudian serahkan ke petugas loket Jasa Raharja.
  6. Menunggu proses klaim di setujui.

Batas waktu pengajuan klaim yaitu maksimal 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan. Agar lebih mudah dan jelas, silahkan hubungi pusat informasi Jasa Raharja di nomor 1500020 atau SMS Center (081210500500). Perlu diketahui bahwa, tidak semua korban kecelakaan lalu lintas dijamin oleh Jasa Raharja, yaitu bagi mereka yang melanggar ketentuan dan aturan lalu lintas, atau para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan tunggal.

klaim asuransi jasa raharja

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharja

Dengan memfokuskan kepada pelayanan asuransi sosial kecelakaan lalu lintas jalan sebagaimana amanat Undang-undang, Asuransi Jasa Raharja berperan penting dalam memberikan perlindungan finansial bagi mereka yang mengalami kecelakaan lalu lintas baik kepada korban secara langsung maupun ahli warisnya. Namun demikian terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Asuransi Jasa Raharja yang kami rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut:

Kelebihan Asuransi Jasa Raharja

  • Pengajuan klaim sangat mudah dan cepat.
  • Premi tidak langsung sangat terjangkau.
  • Perlindungan tidak terbatas pada pengguna kendaraan, tetapi korban pejalan kaki, atau korban tabrak lari juga mendapat jaminan perlindungan asuransi Jasa Raharja, dengan besaran sama sesuai dengan ketentuan.

Kekurangan Asuransi Jasa Raharja

Pengajuan klaim seringkali terhambat adanya keterangan kepolisian, karena harus ada olah TKP yang memakan waktu cukup lama, dan tidak jarang pula ada oknum kepolisian yang ikut bermain dengan melakukan deal-deal di bawah tangan ketika oknum memberikan surat keterangan kecelakaan, dengan meminta imbalan atau pembagian dari pencairan dana santunan dengan nilai tertentu.

Penutup

Sebagai perwujudan perlindungan sosial masyarakat pada kecelakaan lalu lintas, keberadaan Asuransi Jasa Raharja sangat membantu secara finansial bagi para korban kecelakaan yang mengalami cacat total atau dalam perawatan, maupun kepada ahli warisnya jika korban meninggal dunia.

Tidak semua pengguna jalan raya yang mengalami kecelakaan akan diberikan santunan, pengecualian terhadap pelanggar lalu lintas, kecelakaan tunggal, kecelakaan akibat adanya perang atau huru hara, maupun kecelakaan akibat dari adanya bencana alam, dan ketentuan-ketentuan pengecualian lainnya setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Seringkali pengguna jalan raya tidak menyadari akan adanya perlindungan dari Asuransi Jasa Raharja, ketika mengalami kecelakaan di jalan raya. Karena ketika kita membayar pajak kendaraan atau ketika membuat SIM tidak diberikan penjelasan adanya pembayaran premi Jasa Raharja. Sehingga diharapkan pihak asuransi Jasa Raharja lebih pro aktif dalam memberikan edukasi dan manfaat akan adanya perlindungan Asuransi Jasa Raharja kepada para pembayar premi atau iuran wajib kecelakaan.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Tokio Marine
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Reliance Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi MNC Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasindo
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts