Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasindo

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasindoby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi JasindoAsuransi Jasindo adalah salah satu perusahaan milik negara (BUMN), yang dibentuk hasil dari nasionalisasi perusahaan asing masa kolonial, yakni PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU). Kedua perusahaan tersebut kemudian di merger dan dibentuklah PT Asuransi Jasindo. PT Jasindo (Asuransi Jasa Indonesia) bergerak dalam bidang asuransi umum, sehingga melayani berbagai jasa asuransi dari […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Asuransi Jasindo adalah salah satu perusahaan milik negara (BUMN), yang dibentuk hasil dari nasionalisasi perusahaan asing masa kolonial, yakni PT Asuransi Bendasraya dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU). Kedua perusahaan tersebut kemudian di merger dan dibentuklah PT Asuransi Jasindo.

PT Jasindo (Asuransi Jasa Indonesia) bergerak dalam bidang asuransi umum, sehingga melayani berbagai jasa asuransi dari mulai asuransi bidang kelautan, minyak dan gas, asuransi ritel, aviasi dan satelit, kesehatan, sekolah, hingga asuransi kebakaran.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jasindo

Sekilas Tentang Asuransi Jasindo

  • Jasindo merupakan salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia dengan memiliki perwakilan kantor cabang yang sampai saat ini tercatat sebanyak 83 cabang yang tersebar di setiap provinsi.
  • Jasindo adalah satu-satunya perusahan asuransi umum Indonesia yang mendapat penghargaan dengan predikat B++ dalam hal Kemampuan Finacial dari AM Best yang berbasis di US dan Hongkong.
  • Selain melayani jasa asuransi konvensional, Jasindo juga membentuk Asuransi Syariah, yang menerapkan prinsip hukum Islam dalam menjalankan usahanya dan pengelolaan keuangannya, dengan manajemen yang terpisah secara mandiri.
  • Jasindo memiliki kemampuan bayar yang sangat baik, terbukti mereka membayar klaim sebesar 1 triliun kepada Apogee Kick Motor Satelit Palapa B2, dan juga membayar klaim atas Satelit Garuda milik Aces International sebesar 1,4 triliun.
  • Asuransi Jasindo memberikan jaminan dengan nilai tanggungan sebesar 2,19 triliun atas satelit merah putih milik PT. Telkom Indonesia (Tbk).
  • Terdapat skandal dana asuransi fiktif yang terbukti dilakukan mantan direktur utama Budi Tjahyono (periode 2011-2016), sehingga dijatuhi hukuman 7 tahun dan denda 300 juta pada tahun 2019. Meski demikian, tidak mempengaruhi jalannya perusahaan dalam memenuhi tanggung jawab kepada setiap nasabahnya.

Asuransi Jasindo dari Tahun ke Tahun

  • 1972, dibentuklah PT Asuransi Jasa Indonesia (PT JASINDO), berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No.764/MK/IV/12/1972. Yang melakukan bisnis inti yakni asuransi korporasi.
  • 1990, mengembangkan sayap dengan meluncurkan asuransi ritel.
  • Tahun 1997 memperoleh penghargaan internasional “claim paying ability”, atas kemampuan bayar klaim yang besar.
  • 1998, mendapat sertifikasi ISO 9002 atas peningkatan kinerja perusahaan dan pengakuan mutu.
  • 2000, restrukturisasi asuransi ritel seiring dengan kebutuhan pasar.
  • 2003, Asuransi Jasindo membentuk unit usaha Jasindo Syariah, yang melayani berbagai asuransi seperti induknya, tetapi berbasis syariat hukum Islam dalam pengelolaannya.
  • 2009, mendapat pengakuan AM Best dengan memberikan peringkat B++ atas kemampuan financial yang stabil.
  • 2016, Jasindo Syariah menjadi usaha mandiri, yang terpisah secara manajemen, dengan membentuk PT Asuransi Jasindo Syariah, seiring dikeluarkannya ijin dari OJK pada tahun 2016.
  • 2018, terungkapya skandal dana asuransi fiktif yang dilakukan mantan direktur utama Budi Tjahyono dan kemudian dijatuhi pidana 7 tahun pada tahun 2019.

Bidang Asuransi Jasindo

Pada awal berdirinya, Asuransi Jasindo lebih konsentrasi terhadap bisnis asuransi korporasi, kemudian seiring dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, bisnisnya merambah pada produk asuransi ritel. Asuransi Jasindo secara garis besar dikelompokkan menjadi dua bidang, yakni:

Asuransi Jasindo bidang Korporasi

Jasindo menjadi pemimpin dalam pasar asuransi korporasi, tujuannya adalah memberikan perlindungan kepada aset-aset berharga perusahaan hingga proyek yang sedang dikerjakan. Perlindungan finansial terhadap kerugian yang mungkin ditimbulkan akibat hal yang tak terduga termasuk kecelakaan, kehilangan, kebakaran, dan sebagainya.

Asuransi Jasindo bidang Ritel

Seiring berkembangnya PT Asuransi Jasindo, bisnisnya pun berkembang hingga menyasar pasar individu yang ceruk nya masih sangat luas. Produk ritel dari asuransi Jasindo memberikan perlindungan terhadap seluruh aspek kehidupan, dimulai dari kesehatan, perjalanan, pertanian, kendaraan, pendidikan, hingga kebakaran.

Kelebihan Asuransi Jasindo

Produk-Produk Asuransi Jasindo

Peluncuran produk dilakukan untuk memudahkan nasabah dalam memilih jenis perlindungan yang tepat bagi usaha, individu, maupun korporasi. Berikut daftar produk dan manfaat yang bisa di dapatkan jika bergabung menjadi nasabah Asuransi Jasindo:

Jasindo Agri

Ini adalah produk ritel yang sangat unik karena menyasar pasar yang sangat khusus. Ditawarkan kepada setiap petani, nelayan dan juga peternak. Menjamin lahan garapan sawah pertanian, peternakan, dan usaha budidaya yang dilakukan nelayan.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi sangat terjangkau, dimulai dari 180 ribu saja
  • Nilai tunai pertanggungan mencapa 6 juta untuk lahan pertanian per hektar
  • Jenis musibah yang ditangung adalah gagal panen akibat kebanjiran, kekeringan, hingga serangan hama tanaman yang merusak lahan pertanian secara total.

Jasindo Travel Insurance

Ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri, apalagi jika dalam perjalanan Anda menggunakan mobil sewaan, maka Anda tidak perlu khawatir akan hal-hal yang tidak di inginkan secara finansial, karena Jasindo memberikan asuransi perjalanan Anda, dari mulai kecelakaan, ketidak-nyamanan, kematian, hingga mengurusi mobil yang Anda sewa jika terjadi kecelakaan.

Manfaat Pertanggungan

  • Memberikan perlindungan medis dengan memberikan penggantian biaya hingga 40 juta.
  • Jika terjadi kecelakaan dan pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat permanen, maka akan mendapat santunan sebesar 150 juta.
  • Jika dalam perjalanan Anda menggunakan angkutan umum seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan kemudian Anda merasa tidak nyaman karena pelayanan yang buruk, maka Anda akan mendapat penggantian sebesar 10 juta.

Jasindo Health

Produk asuransi kesehatan secara umum tetapi lebih lengkap dibanding apa yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya. Bagaimana tidak, dari rawat inap, melahirkan, hingga perawatan gigi, akan mendapat perlindungan asuransi Jasindo.

Manfaat Pertanggungan

  • Penggantian biaya untuk rawat inap, rawat jalan atau medical check up sesuai yang ditagihkan.
  • Sangat fleksibel, Anda bisa menentukan sendiri tambahan-tambahan manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Anda bisa berobat ke rumah sakit manapun di Indonesia tanpa harus meminta surat rujukan dahulu.

Jasindo Sekolah

Produk yang memberikan perlindungan anak sekolah atau mahasiswa. Produk ini ditawarkan kepada setiap sekolah atau perguruan tinggi untuk melindungi anak didiknya selama di sekolah, atau dalam perjalanan sekolah mengalami kecelakaan atau meninggal dunia. Sehingga memberikan keringanan pembiayaan dan juga mendapat santunan apabila meninggal dunia kepada orang tua/wali murid.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi di bayar per tahun mulai 6.750-15.000 per anak per tahun
  • Santunan meninggal dunia maksimal 7,5 juta dan jika siswa mengalami cacat tetap maka akan mendapat santunan sebesar 15 juta

Jasindo Pengangkutan (Cargo)

Memberikan perlindungan terhadap setiap usaha ekspedisi baik darat, laut maupun udara yang melakukan pengangkutan barang supaya terlindungi dari segala kerugian yang mungkin ditimbulkan selama perjalanan maupun dalam proses pengangkutan.

Manfaat Pertanggungan

  • Pertanggungan atas barang yang diangkut dari kerusakan maupun kehilangan, baik melalui darat, laut, maupun udara.

Jasindo Kebakaran

Produk yang berlaku untuk korporasi maupun ritel. Melindungi aset berupa harta tak bergerak dari kebakaran, yang kemudian diperluas pertanggungannya. Bisa disebabkan gempa bumi, tanah longsor, tersambar petir hingga tertabrak kendaraan atau kejatuhan pesawat.

Manfaat Pertanggungan

  • Nilai pertanggungan tergantung properti yang di asuransikan. Karena harus dilakukan assesment terlebih dahulu terhadap setiap properti yang kemudian ditentukan premi yang harus dibayarkan

Jasindo Lintasan

Produk ini hampir sama dengan Jasindo Travel. Hanya saja perlindungan Jasindo Lintasan tidak se komprehensif dan selengkap Jasindo Travel. Perlindungan diberikan terhadap setiap pemegang kartu ketika melakukan perjalanan dari kecelakaan atau hal lainnya yang menyebabkan cacat total atau kematian.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi murah, hanya 25 ribu saja
  • Pertanggungan maksimal dari cacat total permanen mencapai 250 juta

Jasindo OTO dan Jasindo OTO Plus

Jasindo OTO menawarkan paket perlindungan, sedangkan OTO Plus di luar paket, atau bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan nasabah. Perlindungan tidak terbatas pada kendaraan pribadi dan angkutan, tetapi juga alat berat.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan dari segala hal yang bisa menimpa aset dan pengemudinya. Misalnya dari huru hara, sabotase, kehilangan, kebanjiran, tergelincir, tabrakan, terbalik, dan sebagainya.
  • Penggantian kendaraan hingga 80% dari harga pasar
  • Santunan kematian hingga 3 orang penumpang.

Jasindo Mikro

Ini adalah produk asuransi yang tidak dimiliki oleh asuransi lain, karena Jasindo Mikro memberikan perlindungan jangka pendek selama satu tahun penuh dari risiko kecelakaan diri hingga kebakaran properti dengan premi yang sangat terjangkau.

Manfaat Pertanggungan

  • Pemberian santunan atas kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia sebesar 20 juta.
  • Reimbursement atas penggantian biaya rumah sakit untu rawat inap sebesar 100 ribu per hari.
  • Penggantian biaya pembedahan yang disebabkan kecelakaan maksimal 2,5 juta

Jasindo Pelangi

Perlindungan terhadap penumpang angkutan laut dan udara, sejak di bandara hingga sampai tujuan dalam penerbangan domestik. Termasuk juga asuransi terhadap kehilangan bagasi.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi per penumpang sebesar 25 ribu, dapat membeli 4 sekaligus untuk satu orang.
  • Pertanggungan kematian maksimal 250 juta.
  • Jika terjadi kecelakaan, maka biaya perawatan yang ditanggung sebesar 25 juta.
  • Jika Anda kehilangan bagasi, maka diganti sebesar 2 juta.

Jasindo Mudik

Produk ini sangat dibutuhkan untuk Anda yang akan melakukan perjalanan mudik natal, lebaran, dan tahun baru, atau cuti kerja. Jenis perlindungannya bukan hanya dalam waktu perjalanan, tetapi selama Anda pergi mudik, rumah Anda pun mendapat perlindungan finansial dari kebakaran dan pencurian.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi minimal 20 ribu, dan termahal 40 ribu.
  • Santunan meninggal dunia maksimal 25 juta
  • Jika terjadi pencurian dan atau kebakaran, akan mendapat pertanggungan sebesar 2,5 juta.
  • Jika menjalani rawat inap akibat kecelakaan, mendapat pergantian maksimal 2,5 juta.

Jasindo Rekayasa (Engineering):

Asuransi yang ditujukan untuk pelaku usaha dan korporasi. Rekayasa engineering adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan hingga tahap akhir proyek yang dikerjakan.

Manfaat Pertanggungan

  • Memberikan proteksi terhadap segala risiko yang terjadi dalam pelaksanaan proyek.

Jasindo Tanggung Gugat (Liability)

Memberikan jasa perlindungan asuransi terhadap korporasi yang menghadapi gugatan hukum perdata dari pihak ketiga dalam kasus pencemaran lingkungan hidup, kompensasi tenaga kerja, dan sebagainya.

Manfaat Pertanggungan

  • Disesuaikan dengan tingkat risiko kerugian yang dihadapi, jika tergugat mengalami kekalahan di pengadilan dan diwajibkan membayar ganti kerugian.

Jasindo Aviation dan Satelit

Produk asuransi untuk korporasi yang bergerak dalam bidang penerbangan dan satelit. Perlindungan aviasi meliputi kerangka pesawat, kecelakaan, kehilangan izin penerbangan, dan tuntutan hukum pihak ketiga. Perlindungan terhadap satelit ketika diluncurkan, hingga mengorbit dalam jangka waktu tertentu.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan sesuai yang ditentukan dalam klausul polis asuransi.

Jasindo Bidang Kelautan (Marine Insurance)

Produk asuransi untuk melindungi pelaku usaha yang bergerak di bidang kelautan. Melindungi dari segala konsekuensi pelayaran dan kegiatan yang terkait, serta tuntutan hukum dari pihak lain secara perdata.

Manfaat Pertanggungan

  • Melindungi pelaku usaha pelayaran dari segala risiko yang terkait. Seperti kontainer, pelabuhan, pengangkutan kargo kapal, dan sebagainya.
  • Menghadapi gugatan hukum terkait pelayaran.

Jasindo Minyak dan Oil Gas (Oil & Gas Insurance)

Perlindungan terhadap korporasi yang menjalankan kegiatan pertambangan minyak dan gas baik tepi pantai maupun lepas pantai.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan terhadap segala risiko yang terkait dengan kegiatan usaha perminyakan dan gas, seperti kerusakan properti, kontruksi, kegagalan eksplorasi, pengangkutan, hingga tanggung gugat dari pihak ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jasindo

Setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk Asuransi Jasindo yang merupakan BUMN juga memiliki keunggulan maupun kekurangan. Sebagai bahan pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan terkait asuransi ritel dan korporasi yang ditawarkan Jasindo.

Kelebihan Asuransi Jasindo

  • Salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang asuransi yang memiliki kekuatan finansial yang baik.
  • Berpengalaman lebih dari 40 tahun menjalankan bisnis asuransi, sehingga kredibilitasnya tidak diragukan lagi.
  • Memiliki beragam jenis produk asuransi yang menyasar berbagai kebutuhan.
  • Kemudahan dalam membeli asuransi dan melakukan klaim yang bisa dilakukan secara online. Khusus asuransi agri sudah bisa melalui aplikasi SIAP.
  • Terbukti mampu membayar klaim dalam jumlah besar.
  • Banyak sekali produk yang ditawarkan Jasindo, jika sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, Anda bisa langsung memesannya di situs resmi mereka Jasindo.co.id

Kekurangan Asuransi Jasindo

  • Tidak ada pengembalian premi yang sudah dibayarkan.
  • Kebanyakan produk yang ditawarkan hanya melindungi secara singkat dalam keadaan tertentu, semisal asuransi mudik, hanya berlaku untuk mudik saja (dalam waktu tertentu).
  • Tidak memiliki nilai tunai atau investasi.

Penutup

Meski kurang dikenal masyarakat secara luas, tetapi Jasindo terus berjaya hingga saat ini karena mereka lebih mengutamakan produk yang menyasar korporasi dan pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan asuransi yang dimiliki negara, kegiatan utama Jasindo melayani korporasi dengan porsi 70%, sehingga asuransi ritel yang ditawarkan tidak maksimal, karena banyak juga asuransi sejenis yang sudah dulu bergerak aktif, semisal Jasa Raharja yang sudah sangat dikenal masyarakat yang memberikan perlindungan finansial pada setiap perjalanan umum dan pribadi.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharja
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi MNC Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Cigna
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Sequis Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts