Kelebihan Dan Kekurangan BNI Tapenas

Kelebihan Dan Kekurangan BNI Tapenasby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan BNI TapenasMenabung merupakan suatu keharusan bagi setiap orang untuk mempersiapkan perencanaan masa depan, tetapi tidak semua orang dapat menabung dengan berbagai alasan, terutama gaya hidup boros yang suka menghaburkan uang tanpa makna dan kejelasan. Untuk itu, diperlukan disiplin keras agar dapat menyisakan uangnya untuk menabung, agar bermanfaat dikemudian hari. Solusi perbankan dalam masalah ini adalah tabungan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Menabung merupakan suatu keharusan bagi setiap orang untuk mempersiapkan perencanaan masa depan, tetapi tidak semua orang dapat menabung dengan berbagai alasan, terutama gaya hidup boros yang suka menghaburkan uang tanpa makna dan kejelasan. Untuk itu, diperlukan disiplin keras agar dapat menyisakan uangnya untuk menabung, agar bermanfaat dikemudian hari.

Solusi perbankan dalam masalah ini adalah tabungan berjangka, hampir setiap bank mengeluarkan produk ini karena tabungan berjangka sangat cocok untuk orang yang susah menabung, tidak disiplin, dan mudah tergoda melihat sesuatu sehingga ingin membelinya padahal bukan kebutuhan. Salah satunya adalah Bank BNI dengan produk unggulannya BNI Tapenas.

Kelebihan dan Kekurangan BNI Tapenas

Apa itu Tabungan Berjangka?

Tabungan berjangka adalah salah satu jenis produk perbankan yang memberikan fasilitas menabung dengan jangka waktu tertentu, dimana besaran setorannya sudah ditentukan pada awal ketika nasabah membuka rekening.

Bank menentukan jumlah setoran dan juga jangka waktunya. Minimal setoran biasanya 100 ribu dengan jangka waktu 1-20 tahun, sesuai dengan pilihan nasabah yang ingin mengikuti program tabungan berjangka.

Keuntungan Tabungan Berjangka

  • Melatih disiplin menabung, sehingga dapat membeli atau membiayai sesuatu sesuai yang direncanakan.
  • Bisa mendapatkan bunga dari nilai tabungan yang dimiliki, yang otomatis akan dijumlah pada akhir periode.
  • Menabung sekaligus mendapatkan asuransi jiwa, karena setoran tabungan biasanya dipotong untuk biaya premi asuransi. Sehingga jika Anda meninggal, ahli waris akan mendapatkan santunan kematian.
  • Tidak ada rasa khawatir uang akan hilang, karena tabungan berjangka akan dijamin oleh bank dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Apa itu BNI Tapenas?

BNI Tapenas adalah produk simpanan berjangka yang diluncurkan Bank BNI sebagai solusi untuk nasabahnya guna merencanakan keuangan sekaligus memberi proteksi jiwa kepada setiap nasabah yang membuka rekening BNI Tapenas. Beberapa manfaat dan keunggulan dari BNI Tapenas antara lain:

  • BNI menjanjikan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa.
  • Perlindungan jiwa dengan pilihan setoran premi, bisa dipotong perbulan dari jumlah setoran bulanan atau dibayar langsung dimuka, ketika membuka rekening.
  • Santunan kematian hingga mencapai 1,5 miliar, tergantung dari besaran premi yang disetor. Kematian baik karena sakit maupun kecelakaan. Santunan akan diberikan pada ahli waris atau orang yang Anda tunjuk dalam polis. Dan jika Anda memiliki asuransi jiwa lainnya, santunan kematian pun tetap akan diberikan sesuai dengan pertanggungan.
  • Sebagai sarana investasi sekaligus perlindungan jiwa kontrak berlangsung.
  • Anda bebas menentukan setoran bulanan, BNI Tapenas menetapkan setoran mulai dari 100 ribu hingga 5 juta rupiah.
  • Anda bisa menambahkan manfaat asuransi lain, sesuai dengan kebutuhan, misalnya asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, dan sebagainya.
  • Jika memiliki uang lebih, Anda bisa menyetorkan uang tambahan (diluar setoran bulanan) yang bisa diambil sewaktu-waktu ketika membutuhkan.
  • Anda bebas menentukan jangka waktu, minimal 2 tahun, dan bisa diperpanjang maksimal hingga 18 tahun.
  • Anda bisa menabung dengan mata uang rupiah maupun dolar.
  • Anda juga bisa membuka rekening BNI Tapenas untuk pasangan maupun anak, agar mereka juga memiliki tabungan sekaligus mendapatkan manfaat proteksi jiwa. Bisa juga hanya menambahkan proteksi jiwa untuk pasangan dengan hanya satu rekening, dan dua polis.
  • Setoran bisa secara otomatis menggunakan auto debet, sehingga Anda tak perlu repot-repot datang ke bank untuk menyetorkan dana.
  • Ketika jatuh tempo, dana yang ada di rekening BNI Tapenas bisa otomatis di transfer ke rekening biasa seperti BNI Taplus atau BNI Giro, sesuai dengan yang Anda inginkan, agar Anda tak repot datang ke bank untuk mengambil dan menutup rekening.

Syarat membuka Rekening BNI Tapenas

  1. Merupakan warga negara Indonesia.
  2. Berusia minimal 17 tahun, dan atau ketika jatuh tempo tak lebih dari 65 tahun.
  3. Sudah memiliki kartu identitas diri (KTP, SIM, Paspor).
  4. Bersedia untuk mengisi dan menandatangani formulir BNI Tapenas secara lengkap.
  5. Memiliki rekening afiliasi, BNI Taplus dan atau BNI Giro Perorangan.

BNI sangat memahami nasabahnya yang beragama Islam, sehingga BNI memberikan solusi tabungan berjangka berbasis Syariah, yaitu Tapenas BNI Syariah, yang dikelola secara mandiri oleh BNI Syariah, agar penempatan dananya tidak bercampur dengan sistem konvensional yang bisa menimbulkan subhat yang dilarang agama.

Apa itu Tapenas BNI Syariah?

Tapenas BNI Syariah adalah produk simpanan berjangka dari BNI Syariah yang diberi nama BNI Tapenas iB Hasanah, dengan akad Mudharabah yang menerapkan sistem dan ketentuan berdasarkan Syariat Islam, agar terhindar dari unsur riba, subhat, dan ghoror. Termasuk pengelolaan dananya dan perlindungan asuransi yang diberikan kepada nasabahnya. Berikut keuntungan dari BNI Tapenas iB Hasanah:

  • BNI Syariah menjamin pemberian dana bagi hasil yang lebih tinggi dari simpanan biasa.
  • Biaya administrasi yang sangat rendah, hanya 500 rupiah tiap bulan, dan biaya penutupan rekening sebesar 50 ribu.
  • Setoran awal minimal 100 ribu dengan jangka waktu 1-18 tahun.
  • Mendapat perlindungan asuransi jiwa dengan bebas premi.

Apa tabungan BNI Tapenas bisa diambil?

Pada prinsipnya, tabungan berjangka tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo yang telah disepakati bersama. Membuka rekening tabungan berjangka adalah sebuah komitmen untuk menabung selama waktu tertentu, sehingga Anda tidak bisa menarik tabungan Anda sebelum waktu yang telah ditentukan, karena tabungan berjangka bukan seperti tabungan biasa yang bisa Anda tarik dananya kapan saja Anda mau.

Namun demikian, BNI juga punya solusi untuk itu, yakni dengan setoran tambahan (diluar setoran bulanan) sesuai dengan kemampuan Anda. Setoran tambahan bisa diambil satu kali dalam setahun, baik sebagian maupun seluruhnya. Tetapi jika ada suatu hal yang tak terhindarkan dengan kebutuhan sangat mendesak, Anda dapat menutup BNI Tapenas sebelum jatuh tempo, dengan potongan biaya sebesar 1% dari jumlah simpanan yang Anda miliki.

Ketika BNI Tapenas sudah jatuh tempo, maka dana Anda beserta bunga yang dihasilkan akan di transfer ke rekening afiliasi Anda (BNI Taplus) secara keseluruhan, dan BNI Tapenas akan ditutup secara otomatis. Anda juga bisa memperpanjang masa simpanan Tapenas, dengan jangka waktu maksimal 18 tahun.

kelebihan BNI Tapenas

Kelebihan dan Kekurangan BNI Tapenas

Setiap perbankan memiliki produk tabungan berjangka, dengan penawaran manfaat dan perlindungan asuransi yang berbeda pula. BNI Tapenas yang merupakan produk Bank BNI tidak kalah menarik, bahkan ada program hadiah bagi siapa saja yang ingin membuka rekening BNI Tapenas. Beberapa kelebihan dan kekurangan BNI Tapenas sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya, sebagai berikut:

Kelebihan BNI Tapenas

  • Dana simpanan dijamin, baik oleh BNI maupun LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).
  • Ada perlindungan asuransi jiwa dengan nilai uang pertanggungan yang sangat besar, hingga 1,5 miliar.
  • Ada program berhadiah ponsel dan motor, jika Anda membuka rekening BNI Tapenas sebelum 31 Desember 2020.
  • Biaya administrasi rendah, hanya 18 ribu per tahun, lebih rendah dari bank lain dengan produk sejenis.
  • Potongan biaya penutupan sebelum jatuh tempo sangat rendah, hanya 1% dari total simpanan.
  • Pembayaran setoran bulanan bisa auto debet, dan jika sudah jatuh tempo uang bisa langsung di transfer ke rekening afiliasi (BNI Taplus).
  • Bebas biaya auto debet dari rekening afiliasi untuk membayar setoran bulanan.
  • Ada fitur simulasi tabungan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur perencanaan besaran setoran bulanan dan juga setoran dana awal agar bisa mencapai target.
  • Ada pilihan tabungan berjangka berbasis Syariah, yaitu BNI Tapenas iB Hasanah.

Kekurangan BNI Tapenas

  • Suku bunga lebih rendah dari yang ditawarkan kebanyakan bank lain, yakni sebesar 3,25 persen per tahun. Bahkan pada program BNI Tapenas promo berhadiah, bunganya hanya 0,25%.
  • Pendapatan bunga dikenakan pajak 20%.
  • Ada biaya PJST (Penutupan Rekening Sebelum Jatuh Tempo), yang lumayan besar, yakni minimal 3 juta (untuk BNI Tapenas Promo) atau 1% dari total proyeksi tunai simpanan.

Kesimpulan

BNI sebagai salah satu bank nasional terbesar di Indonesia memiliki kredibilitas yang sangat tinggi, sehingga setiap produknya dapat memberikan manfaat yang pasti. Salah satu produk yang memiliki manfaat pasti tersebut adalah BNI Tapenas, yang merupakan tabungan berjangka dengan bunga dari mulai 0,25-4% per tahun.

Kelebihan BNI Tapenas ini adalah dapat melatih disipilin menabung setiap nasabahnya, karena memang tabungan berjangka tidak dapat diambil sewaktu-waktu seperti tabungan biasa. Sehingga bisa tidak bisa, mau tidak mau harus menahan diri agar Anda tidak menghabiskan uang untuk berbelanja hal-hal yang tidak penting.

Demi meningkatkan minat nasabah untuk membuka tabungan BNI Tapenas, BNI memberikan hadiah yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan besaran setoran awal. Hadiah yang diberikan mulai dari ponsel Samsung A11, hingga kendaraan bermotor. Hadiah akan dikirimkan maksimal 25 hari setelah rekening BNI Tapenas dibuka.

Banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa diterima nasabah dari memiliki BNI Tapenas, mulai dari manfaat menabung yang pasti, hingga perlindungan diri dari risiko kematian. Memiliki asuransi jiwa memberikan rasa tenang, agar setiap rencana masa depan keluarga dapat di wujudkan meski tanpa kehadiran kita di sisi mereka.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Tugu Mandiri
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Allianz
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BNI Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Sequis Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts