Pengalaman Operasi Amandel

Pengalaman Operasi Amandelby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi AmandelPada masa anak-anak, amandel sangat berguna sebagai produsen antibodi sebagai pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Tetapi jika anti bakteri yang diproduksi tonsil itu kurang, maka tidak tertutup kemungkinan akan terinfeksi sendiri, sehingga menyebabkan peradangan. Amandel atau tonsil terletak di sebelah kanan dan kiri uvula. Silahkan lihat di bagian Gambar Amandel! Tidak jarang pula […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Pada masa anak-anak, amandel sangat berguna sebagai produsen antibodi sebagai pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Tetapi jika anti bakteri yang diproduksi tonsil itu kurang, maka tidak tertutup kemungkinan akan terinfeksi sendiri, sehingga menyebabkan peradangan.

Amandel atau tonsil terletak di sebelah kanan dan kiri uvula. Silahkan lihat di bagian Gambar Amandel!

Tidak jarang pula amandel yang meradang terus dibiarkan hingga sampai usia dewasa, akan terus mengganggu dengan berbagai gejala seperti sering demam, flu, batuk, radang tenggorokan yang berulang. Jika sudah sampai tahap mengganggu, maka akan lebih baik tonsilitis diangkat seluruhnya karena ketika di usia dewasa, tonsil sudah tidak berfungsi sebagai penghasil antibodi.

Pengalaman operasi amandel

Pengertian Amandel

Amandel adalah sekumpulan kelenjar getah bening yang berada di bagian belakang tenggorokan yang bertugas menghasilkan antibodi untuk pertahanan diri, menyaring dan menjebak virus yang akan masuk melalui saluran pernafasan.

Meski sebagai produsen antibodi, tetapi amandel atau tonsil ini bisa juga terjangkit virus atau ter-infeksi bakteri. Kondisi inilah yang disebut sebagai radang amandel.

Radang amandel paling sering terjadi pada anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk maksimal, sehingga rentan sekali amandel terinfeksi bakteri dan atau virus dan sering juga kambuhan.

Penyebab Amandel

Penyebab utama dari amandel adalah infeksi virus dan atau bakteri seperti Streptococcus, adenovirus, virus flu penyebab batuk dan pilek, virus Epstein-Barr, virus parainfluenza, enterovirus, dan herpes.

Gejala Amandel

Meski tergolong tidak berbahaya, radang amandel bisa sangat mengganggu aktivitas. Gejala amandel adalah terjadinya pembengkakan pada amandel atau tonsil yang juga disertai dengan gejala lainnya seperti suara serak, batuk, sakit kepala, bau mulut yang sangat, serta demam.

Gejala lain yang ditimbulkan antara lain pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher, yang bisa menimbulkan benjolan di leher. Lalu leher akan menjadi kaku, sulit digerakkan, mengakibatkan juga kesulitan untuk menelan karena akan terasa nyeri.

Radang amandel ini bisa ringan dan juga parah. Untuk amandel ringan hingga sedang, bisa disebut sebagai tonsilitis akut, yang biasanya menyerang kurang dari 2 minggu. Jika gejala yang ditimbulkan lebih dari dua minggu, maka disebut amandel atau tonsilitis kronis.

Gambar Amandel

gambar amandel
amandel bengkak

Pengobatan Amandel

Pengobatan radang amandel atau tonsilitis akut yang tidak begitu mengganggu dan berbahaya, bisa dilakukan pengobatan mandiri di rumah dengan beberapa tindakan berikut:

  • Lakukan istirahat yang cukup
  • Sering-sering minum air hangat agar tenggorokan terasa lebih lega.
  • Hanya konsumsi makanan yang lembut, seperti bubur dan semacamnya selama radang amandel masih melanda.
  • Sering berkumur dengan mouthwash atau campuran air hangat dan garam.
  • Tablet hisap untuk amandel juga sangat membantu.
  • Untuk mengurangi rasa nyeri, bisa konsumsi obat paracetamol atau ibuprofen.

Jika tidak kunjung sembuh dalam waktu satu minggu, maka bisa dipastikan radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga butuh obat antibiotik yang hanya bisa dibeli melalui resep dokter. Oleh karena itu segeralah kunjungi dokter spesialis THT terdekat untuk memeriksakan kondisi radang amandel.

Tindakan operasi untuk pengangkatan seluruh kelenjar tonsil, mungkin bisa dilakukan apabila radang amandel sering sekali kambuh, berlarut-larut dan tak kunjung sembuh, mengganggu jalur pernafasan dan penderta kesulitan untuk makan.

Teknik operasi yang biasa dilakukan untuk pengangkatan tonsil (tonsilektomi) antara lain dengan gelombang radio, pisau bedah konvensional, kauter, dan laser.

Pengalaman Operasi Amandel Anak Dan Dewasa

Ini adalah cerita pengalaman operasi amandel dewasa dari seorang ibu rumah tangga bernama Annas. Agar cerita pengalamannya lebih mudah dipahami, selanjutnya penulis akan memposisikan diri sebagai orang pertama yaitu ibu Annas.

Meski kebanyakan operasi amandel dilakukan ketika masih usia anak-anak, tidak begitu dengan saya. Radang amandel ini sebetulnya sudah saya derita sejak kecil, yang sering kali membuat alergi debu dan menimbulkan radang tenggorokan berulang, kadang kambuh kadang sembuh sendiri. Setidaknya 4 kali dalam setahun kena radang tenggorokan.

Kemudian saya berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kondisi amandel. Setelah dokter memeriksanya, dokter menyarankan untuk dilakukan operasi. Karena amandel di usia dewasa justru akan melemahkan imunitas tubuh jika sering terkena radang. Berbeda ketika usia anak dibawah 12 tahun, dimanan amandel masih berfungsi baik memproduksi imun tubuh.

Pada mulanya saya masih tak menghiraukan saran dokter, hingga tiga tahun berselang, akhirnya saya memberanikan diri untuk melakukan operasi amandel. Operasi dilakukan di RS Asri Siloam, Duren Tiga.

Sebelum operasi amandel dilakukan, saya diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan yaitu cek darah, rontgen paru, dan konsultasi lanjutan di dokter spesialis penyakit dalam pada rumah sakit Asri Siloam tersebut.

Setelah selesai pemeriksaan dan hasilnya bagus, saya langsung di jadwalkan untuk operasi jam 7 pagi, sehingga diharuskan untuk puasa pada malam harinya.

Ketika pagi tiba, saya datang ke rumah sakit dan langsung dibawa ke ruang operasi. Diberikan anestesi total hingga tak sadarkan diri ketika operasi. Kata suami, operasi berjalan sekitar 2 jam, dan saya keluar kamar operasi masih tak sadarkan diri hingga 2 jam kemudian pasca operasi barulah saya bangun dan sadar, langsung perawat memberikan air minum. Tenggorokan terasa sangat perih ketika air masuk melalui tenggorokan. Meski tidak begitu sakit, tapi tidak lama juga hanya beberapa jam saja hingga terasa pulih dan normal kembali tenggorokan ini setelah amandel diangkat.

Saya rawat inap dua hari untuk pengobatan dan pemulihan kondisi badan pasca operasi amandel. Diberikan obat melalui infus, baik obat antibiotik, obat penahan rasa sakit, dan obat agar luka cepat kering. Hari ke dua saya memaksa pulang karena sudah merasa baikan meski badan belum berasa betul-betul fit, dan tenggorokan pun sudah tidak terasa sakit.

Biaya Operasi Amandel Dengan Laser

Ketika ibu Annas menjalani operasi amandel dengan laser di RS Asri Siloam pada 2019, total biaya yang dibayarkan sejumlah 33 juta rupiah, fasilitas kamar kelas 1 dengan menjalani rawat inap 2 hari. Biaya ditanggung oleh asuransi kesehatan dari suami, sehingga Ibu Annas hanya membayar biaya administrasi saja sebesar 51 ribu rupiah.

Biaya operasi pada tiap rumah sakit berbeda-beda. Di Rumah Sakit Premier Jatinegara misalnya, hanya berkisar antara 15-20 juta. Bahkan di Rumah Sakit Budi Asih Cikarang lebih murah lagi, antara 7-13 juta rupiah.

Manfaat Operasi Amandel

Jika sudah dilakukan operasi pengangkatan amandel, banyak sekali manfaat setelah dilakukan operasi, maka beberapa manfaat dari operasi amandel antara lain:

  • Tidak ada alergi debu seperti sebelumnya.
  • Tidak pernah lagi terkena radang tenggorokan.
  • Bau mulut yang sebelumnya juga tidak ada lagi.
  • Suara yang tadinya sering serak karena radang, kini kembali normal.

Dahak / Batuk Setelah Operasi Amandel

Setelah operasi amandel, sering kali penderita bukan hanya akan menderita batuk berdahak, tetapi nyeri di tenggorokan hingga terasa sampai di telinga, rahang serta leher disertai dengan demam tinggi dan mimisan. Tetapi efek semacam ini tidak akan lama. Minum obat demam dan anti nyeri akan sangat membantu proses pemulihan dengan cepat.

Apakah Operasi Amandel Mempengaruhi Suara ?

Operasi amandel tidak mempengaruhi suara, justru setelah operasi, suara yang awalnya sering serak karena adanya radang tenggorokan, setelah dilakukan operasi amandel suara kembali normal dan bersih.

Perubahan Suara Setelah Operasi Amandel

Perubahan suara sejatinya tidak terpengaruh dari adanya operasi amandel. Karena yang mempengaruhi suara adalah rongga hidung, pita suara, dan tenggorokan. Namun demikian, ada 2-3 kasus perubahan suara setelah pasien melakukan operasi amandel.

Biasanya perubahan suara terjadi karena trauma pasca operasi, sehingga pasien tidak mampu bersuara tinggi seperti sebelumnya karena ada rasa ketakukan di alam bawah sadar jika memaksakan suara tinggi. Untuk itu beberapa hal yang harus dilakukan antara lain:

  • Sering minum air hangat, dan makanlah makanan yang lunak agar mudah melewati tenggorokan.
  • Jangan minum minuman yang mengandung alkohol serta jangan merokok.
  • Cukupkan istrirahat dan minumlah obat sesuai resep dokter.

Demam / Sariawan Setelah Operasi Amandel

Demam seringkali disebabkan oleh radang amandel dan tenggorokan, serta perlawanan tubuh terhadap virus yang masuk. Jadi ketika dalam masa pemulihan pasca operasi amandel, pasien akan menderita demam yang tidak teratur kadang naik dan kadang turun. Akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan radang tenggorokan atau amandel yang mulai normal kembali.

Sedangkan sariawan bisa diakibatkan oleh kurangnya vitamin C atau bakteri pada mulut maka segeralah untuk berkumur air garam dan atau pencuci mulut penghilang bakteri dalam kemasan, serta konsumsi vitamin C dengan dosis 1000mg akan mempercepat pemulihan serta terhindar dari sariawan.

Uvula Membengkak Pasca Operasi Amandel

Uvula membengkak pasca operasi adalah hal yang sangat wajar. Biasanya bengkak tersebut akan normal dengan sendirinya seiring dengan pemulihan pasca amandel, setidaknya butuh waktu sekitar 3-7 hari agar uvula bisa normal kembali.

Agar uvula bisa cepat kembali normal, hindari memakan makanan yang kasar dan besar. Usahakan makan yang lembut dan berair seperti sup dan bubur, karena jika makanan kasar dan besar akan sulit menelan dan akan mengganggu proses penyembuhan pasca operasi amandel.

Berapa Lama Penyembuhan Operasi Amandel ?

Dari pengalaman, 4 jam setelah dilakukan tindakan operasi amandel, pasien langsung diperbolehkan pulang untuk perawatan di rumah. Untuk pemulihan dan penyembuhan operasi amandel dibutuhkan waktu sekitar 10 hari saja.

Kapan Boleh Makan Nasi Setelah Operasi Amandel ?

Pada umumnya, pasien yang sudah menjalani operasi pengangkatan kelenjar tonsil atau amandel membutuhkan waktu paling tidak 10 hari untuk pemulihan, hingga bisa mengkonsumsi nasi atau makanan yang lainnya.

Komplikasi Amandel

Tidak berbahaya bukan berarti boleh disepelekan. Jika tak mendapatkan penanganan yang tepat, komplikasi amandel bisa berakibat buruk hingga merusak organ lainnya. Kemungkinan yang timbul akibat komplikasi amandel antara lain:

  • Menelan menjadi susah, ini jelas sangat mengganggu.
  • Pernafasan pun akan terganggu.
  • Peradangan yang kronis menyebabkan keluarnya nanah dari amandel.
  • Infeksi bisa menyebar ke organ lain.

Pencegahan Amandel

Untuk mencegah amandel menyerang, khususnya bagi anak-anak. Maka orang tua harus super aktif memperhatikan anak dan menyuruhnya melakukan hal berikut ini:

  • Jaga pola makan anak-anak kita dengan baik.
  • Jaga kesehatan mulutnya, sering kumur air garam atau menggunakan mouth wash penghilang bakteri akan sangat membantu terhindar dari radang amandel dan bakteri lainnya.
  • Sering meminum air putih juga akan sangat membantu, selain terhindar dari amandel, air putih juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Sering konsumsi jus lemon, dan juga nanas dipercaya dapat terhindar dari amandel.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi OMSK
  2. Pengalaman Operasi Tiroid : Operasi Kanker Tiroid – Operasi Kelenjar Tiroid – Operasi Kelenjar Gondok
  3. Pengalaman Kanker Tenggorokan
  4. Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien
  5. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts