Pengalaman Operasi Cantengan

Pengalaman Operasi Cantenganby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi CantenganHampir setiap orang pasti pernah merasakan sakitnya bagaimana ketika kuku di jari kaki mengalami cantengan atau nyeri setelah memotong kuku kaki yang terlalu pendek hingga atau karena infeksi karena kotoran yang ada di sela-sela kaki tak dibersihkan sehingga menimbulkan bau yang tak sedap, yang biasanya disertai nyeri ketika disentuh atau berjalan. Cantengan tidak bisa dianggap […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Hampir setiap orang pasti pernah merasakan sakitnya bagaimana ketika kuku di jari kaki mengalami cantengan atau nyeri setelah memotong kuku kaki yang terlalu pendek hingga atau karena infeksi karena kotoran yang ada di sela-sela kaki tak dibersihkan sehingga menimbulkan bau yang tak sedap, yang biasanya disertai nyeri ketika disentuh atau berjalan.

Cantengan tidak bisa dianggap remeh karena bisa mengganggu seluruh aktivitas Anda, karena sakit yang akan ditimbulkan dari cantengan sangat luar biasa, hingga kebanyakan penderita tak sanggup untuk berdiri. Apalagi jika cantengan dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan yang tepat, bisa terjadi infeksi yang membuat keluarnya nanah dengan bau yang menyengat.

pengalaman operasi cantengan

Pengertian Cantengan

Cantengan adalah kondisi dimana kuku jari kaki mengalami pertumbuhan ke dalam, sehingga menimbulkan penekanan dan menyebabkan bengkak dan rasa nyeri. Jika kondisi cantengan tak mendapatkan perawatan yang tepat, maka akan menimbulkan peradangan dan memerlukan tindakan operasi.

Gejala Cantengan

Beberapa gejala cantengan yang umum dirasakan penderitanya antara lain:

  • Rasa nyeri dan ngilu di jari kaki.
  • Jari kaki memerah dan membengkak.
  • Bau busuk yang sangat menyengat dari jari kaki.
  • Terdapat nanah yang keluar atau tertahan di bawah kuku atau sekitarnya.

Penyebab Cantengan

Cantengan bisa disebabkan dari banyak faktor. Beberapa faktor yang umum yang menyebabkan cantengan antara lain:

  • Memotong kuku yang terlalu pendek hingga ke pangkalnya.
  • Menggunakan alas kaki (sepatu) yang terlalu ketat.
  • Adanya kelainan genetik.
  • Akibat dari cedera atau kecelakaan.

Gambar Cantengan

gambar cantengan
gambar cantengan kuku lepas

Pengobatan Cantengan

Pada kondisi cantengan yang belum berbahaya, dokter akan membersihkan kotoran dan nanah yang ada pada bagian kuku jari kaki. Jika kondisi cantengan terus berulang atau terjadi infeksi maka prosedur operasi akan diterapkan.

Dokter Yang Menangani Masalah Kuku

Dokter yang menangani masalah kuku secara spesifik disebut Podiatrist. Dokter Podiatrist sebenarnya menangani masalah kaki, dari mulai telapak kaki kapalan, bulu kaki, hingga infeksi kuku. Tetapi untuk melakukan operasi cantengan, dokter umum pun biasanya dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Prosedur operasi Cantengan

  1. Dokter akan membersihkan kotoran di sekitar area kuku.
  2. Dokter kemudian memberikan anestesi lokal, dengan cara menyuntikkan bius di bagian pangkal jari kaki.
  3. Jika bius sudah bereaksi dan kaki mati rasa, dokter menggunakan kauterisasi dan juga gunting untuk memotong dan memisahkan kuku secara vertikal hingga kutikula atau bisa juga melepas kuku sepenuhnya.
  4. Dokter akan membersihkan darah dan nanah yang keluar dari bagian bawah kuku dengan alkohol.
  5. Setelah bersih, luka diolesi obat salep atau minyak jeli kemudian jari dibalut perban agar luka terlindung dari kotoran atau risiko benturan.

Dokter kemudian meresepkan obat antibiotik, anti nyeri dan obat agar luka cepat kering. Perawat atau dokter akan mengajari bagaimana cara perawatan luka pasca operasi agar pasien dapat melakukan perawatan di rumah.

Apakah Operasi Cantengan Itu Sakit

Ketika prosedur operasi cantengan dilakukan, pasien akan diberikan obat bius lokal sehingga tidak akan terasa sakit, karena kaki mati rasa selama kurang lebih dua jam. Setelah efek obat bius hilang sepenuhnya, pasien akan merasakan sakit yang luar biasa, hingga tak mampu berdiri.

Agar rasa sakit pasca operasi cantengan berkurang maka segerakanlah untuk meminum obat anti nyeri yang sudah diresepkan oleh dokter setiap 4-6 jam sekali.

Nama Salep Antibiotik Untuk Kuku Lepas

Beberapa salep yang digunakan sebagai obat untuk menangani luka kuku lepas antara lain:

  1. Scanderma Plus, dijual bebas di apotik dengan kisaran harga 30-40 ribu.
  2. Bevalex, harga pasaran di apotik antara 20-30 ribu.
  3. Bioplacenton, harga sekitar 20-25 ribu.

Sebelum menggunakan salep, luka kuku lepas sebaiknya dibersihkan dahulu dengan alkohol atau rivanol yang dijual seharga 4000 rupiah di apotik. Pastikan luka sudah bersih dan terbebas dari kotoran. Jika tak ada alkohol, kompress dengan air hangat atau rendam dengan air garam. Baru kemudian setelah bersih dan kering oleskan salep antibiotik agar luka cepat kering dan terhindar dari infeksi.

Pengalaman Operasi Cantengan

Cerita pengalaman operasi cantengan ini dikisahkan oleh Rini, perempuan berusia 21 tahun yang setiap hari bekerja sebagai staf gudang di salah satu perusahaan di Cikarang. Pengalaman operasi cantengan dilakukannya pada tahun 2018.

Berawal dari melakukan menicure dan pedicure agar kuku terlihat cantik dan bersih, setiap kuku kaki dibersihkan dan dipotong hingga di sela-sela kuku jempol kaki tak ada kotoran yang menyelip, sehingga dipotong sampai pangkalnya.

Sehari kemudian, kebetulan kantor tempatnya bekerja mengadakan acara jalan sehat, tidak jauh hanya sekitar 2 km, tetapi sepatu yang Rini kenakan benar-benar tidak nyaman, pas dan ngepres, untuk berjalan ringan sih nyaman, tetapi untuk berjalan jauh, membuat semua jari bengkak dan yang paling parah di bagian jempol.

Tiga hari kemudian, rasa sakit di jempol kaki kanan sangat terasa luar biasa, sampai nangis karena tak kuat menahan sakitnya. Alhasil tak bisa memakai sepatu untuk pergi ke kantor, sehingga hanya mengenakan sendal.

Pulang kantor, Rini mencoba membeli salep untuk mengobati sakitnya, hingga merendam kaki di air hangat yang dicampur garam. Rasa nyaman hanya sebentar dirasakan, tetapi tidak kunjung sembuh.

Setiap hari tetap memakai sandal untuk semua aktivitas, karena jempol kaki terasa sakit meski hanya di sentuh. Kondisi seperti itu terus dirasakan hingga beberapa bulan, obat apapun sudah dibelinya di apotik, dari salep, betadine, hingga alkohol untuk membersihkan tak juga memberikan perkembangan berarti.

Kemudian Ia memutuskan untuk ke klinik untuk memeriksakan keadaannya. Dokter malah memarahi karena membiarkan kondisi semacam ini dibiarkan berlarut-larut, dan dokter pun memberikan pilihan mau dicabut kuku atau dibersihkan nanahnya saja. Dengan tekad bulan Rini pun memilih agar kuku dicabut dan dibersihkan nanahnya.

Saat itu juga, operasi cantengan dilakukan. Dokter kemudian menyuntikkan bius lokal, rasa nyeri sangat dirasakan ketika disuntik di jempol kaki. Dokter pun bertanya dengan mencubit kaki dan sedikit menekan luka apa terasa sakit atau tidak.

Setelah kaki kanan mati rasa dan tidak terasa, dokter pun melakukan pencabutan kuku jempol kaki kanan Rini. Kemudian membersihkan seluruh nanah yang ada di jempol tersebut. Kemudian membalut luka dengan perban.

Pasca Operasi Cantengan

Memang tidak terasa sakit ketika kuku dicabut, tetapi setelah dua jam pasca operasi cantengan, rasa sakit yang teramat sangat baru dirasakan Rini, karena efek bius sudah hilang. Kemudian dokter pun memberikan obat penghilang nyeri untuk segera di minum, dan beberapa obat antibiotik dan obat agar luka cepat kering.

Rasa ngilu dan nyeri di jempol kaki terus dirasakan Rini terutama ketika ada penekanan baik ketika jalan atau tersentuh. Masa penyembuhan pasca operasi cantengan cukup. Rini butuh waktu 4 minggu hingga kakinya benar-benar tidak merasakan nyeri dan sakit ketika berjalan.

Proses Penyembuhan Setelah Cabut Kuku

Setelah pulang dari klinik, obat-obatan yang diberikan dokter harus segera diminum karena akan terasa sangat nyeri jika tak meminum obat anti nyeri, sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Kemudian istirahatkan kaki dan jangat terlalu banyak bergerak.

Setiap hari perban yang membalut luka harus dilepas dan diganti, sembari membersihkan luka dengan alkohol yang diberikan dokter, kemudian memberikan salep agar luka cepat kering. Jika tak melakukan aktivitas sebaiknya tak perlu diperban, biarkan luka tetap terbuka karena akan semakin cepat kering. Jika ingin tetap beraktivitas, maka sebaiknya gunakan perban untuk menutup luka agar terhindar dari kotoran, benturan, dan risiko lainnya.

Perawatan Pasca Operasi Cabut Kuku

Pasca operasi, dokter akan mengajari cara membersihkan luka dan memasang perban sebagai langkah perawatan ketika sudah di rumah. Pastikan untuk mempersiapkan segala kebutuhan perawatan seperti perban atau kasa, perekat perban, rivanol (alkohol 70%), dan obat salep atau obat yang diresepkan dokter.

Cara Agar Luka Cabut Kuku Cepat Kering

Beberapa langkah perawatan pasca operasi agar luka cabut kuku cepat kering. Antara lain:

  • Lepas perban yang membalut luka.
  • Bersihkan luka setiap hari dengan rivanol menggunakan kapas secara merata.
  • Biarkan diangin-anginkan dan pastikan luka kering dan bersih.
  • Oleskan salep luka yang diresepkan dokter secara merata.
  • Jika tak beraktivitas, biarkan luka tetap terbuka, dan jika akan beraktivitas segera perban kembali luka cabut kuku.

Komplikasi Cantengan

Jika dibiarkan berlarut-larut, cantengan bisa menimbulkan masalah yang sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Beberapa komplikasi yang mungki terjadi antara lain:

  • Infeksi pada luka setelah cabut kuku.
  • Pembengkakan jari.
  • Cantengan kambuh kembali.

Pencegahan Cantengan

Ada beberapa tindakan yang sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya cantengan, antara lain.

  • Selalu gunakan alas kaki ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Bersihkan kotoran di sela-sela kuku secara rutin.
  • Gunakan sepatu yang pas dan nyaman, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.
  • Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam secara teratur, agar terhindar dari bakteri dan bau kaki.

Labels:

Riview pasien cantengan, Bioplacenton untuk cantengan, operasi cantengan cikarang

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacement
  2. Pengalaman Operasi Tulang Belakang
  3. Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien
  4. Pengalaman Operasi Tendon Achilles : Operasi Achilles Tendinitis
  5. Pengalaman Operasi HNP : Operasi Syaraf Kejepit
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts