Pengalaman Operasi FESS : Operasi Sinusitis

Pengalaman Operasi FESS : Operasi Sinusitisby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi FESS : Operasi SinusitisKebanyakan orang akan menganggap gejala sinusitis seperti flu dan batuk, serta sakit kepala akan dianggap penyakit biasa. Tetapi jika gejala tersebut terus dibiarkan berlarut-larut dan tak kunjung sembuh maka bisa dipastikan itu adalah awal mula terjadinya sinusitis. Meski dapat disembuhkan dengan terapi obat-obatan, tetapi penderita sinusitis akut tidak akan sembuh dengan obat tersebut, sehingga perlu […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Kebanyakan orang akan menganggap gejala sinusitis seperti flu dan batuk, serta sakit kepala akan dianggap penyakit biasa. Tetapi jika gejala tersebut terus dibiarkan berlarut-larut dan tak kunjung sembuh maka bisa dipastikan itu adalah awal mula terjadinya sinusitis. Meski dapat disembuhkan dengan terapi obat-obatan, tetapi penderita sinusitis akut tidak akan sembuh dengan obat tersebut, sehingga perlu penanganan khusus, yaitu dengan operasi FESS.

Operasi FESS dilakukan dengan menggunakan alat endoskopi yang dilengkapi dengan kamera yang memberikan pencitraan di layar monitor, kemudian dibantu dengan probe yang juga dimasukkan melalui hidung untuk mengembalikan kondisi sinus yang mengalami peradangan.

pengalaman operasi FESS operasi sinusitis

Pengertian Sinusitis

Sinus adalah rongga yang terhubung ke saluran udara di dalam tulang tengkorak, tepatnya di belakang tulang dahi, bagian dalam pipi, belakang mata, serta sisi batang hidung. Sinus berfungsi sebagai penghasil lendir untuk membersihkan dan menyaring bakteri dan partikel yang dihirup. Fungsi lain dari sinus adalah sebagai pengendali kelembaban udara yang dimasukkan ke paru-paru.

Sinusitis adalah peradangan pada organ sinus tersebut, sehingga mukus atau lendir tak terkontrol, bahkan pada penderita sinusitis akut, cairan lendir bisa keluar dari mata yang berwarna kuning kehijauan.

Penyebab Sinusitis

Penyebab utama dari sinusitis adalah terjadinya infeksi kuman atau bakteri. Tetapi banyak juga faktor pemicunya, antara lain:

  • Kurangnya menjaga kebersihan tangan.
  • Tempat tidur yang kurang bersih dari kotoran, debu, dan bulu.
  • Memiliki kelainan deviasi setum nasal (hidung bengkok).
  • Tertular dari penderita influenza.
  • Sering terpapar asap rokok, baik aktif maupun pasif.
  • Polip hidung.
  • Kebiasaan minum sambil berbaring.

Makanan Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis yang utama adalah rhinovirus dan bakteri. Tidak ada makanan yang secara spesifik dapat menyebabkan sinusitis. Namun demikian, hindarilah makanan yang terlalu pedas dan makanan berlemak, karena dapat memperburuk kondisi sinusitis.

Gejala Sinusitis

Beberapa gejala dari sinusitis yang akan mendera para penderitanya antara lain:

  • Salah satu hidung mampet yang menyebabkan sulit bernafas.
  • Bau nafas menjadi tidak sedap.
  • Nyeri di bagian wajah, terutama pipi dan dahi.
  • Pilek berkepanjangan dengan ingus kuning kehijauan.
  • Sering pusing dan sakit kepala.
  • Batuk berdahak yang tak kunjung sembuh.
  • Meski tidak semua, penderita sinusitis akan mendapat sakit gigi bagian atas.
  • Indera penciuman sangat berkurang drastis.
  • Susah tidur nyenyak, dan ketika bangun tidur hidung akan penuh ingus.

Gambar Sinusitis

gambar sinusitis
Operasi FESS

Pengobatan Sinusitis

Pada sinusitis dengan gejala yang ringan dan tidak begitu mengganggu bagi penderitanya, dapat sembuh dengan obat-obatan yang digunakan untuk meredakan hidung tersumbat dan pereda nyeri serta obat sakit kepala.

Tetapi jika obat-obatan tidak dapat mengatasi gejala sinusitis, atau tidak mendapat penanganan yang cepat, maka sinusitis dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang bisa membahayakan seperti hilangnya indra penciuman hingga infeksi otak yang bisa menyebabkan kematian.

Tindakan operasi bisa diterapkan untuk mengatasi sinusitis secara maksimal. Sebagai persiapan pendahuluan sebelum operasi, dokter akan melakukan diagnosa dan pemeriksaan, sebagai berikut:

  • Tes alergi. Untuk mendiagnosa penyebab sinusitis dengan cara tes alergi melalui permukaan kulit.
  • Endoskopi hidung (nasoendoskopi). Pemeriksaan dengan menggunakan alat endoskop yang dimasukkan ke rongga hidung, dilengkapi dengan cahaya dan kamera sehingga dokter bisa mengetahui kondisi dalam rongga hidung.
  • Tes pencitraan. Untuk memastikan bagian dalam rongga hidung, dokter akan melakukan pencitraan melalui CT scan atau MRI.

Dengan perkembangan teknologi kedokteran, operasi sinusitis saat ini lebih dikenal dengan nama Operasi FESS (Functional Endoscopic Sinusitis Surgery). Operasi FESS merupakan tindakan operasi khusus yang memerlukan anestesi total, sehingga membutuhkan pemulihan yang lebih lama, dan pasien diwajibkan untuk rawat inap.

Biaya Operasi Sinusitis

Setiap rumah sakit menetapkan biaya operasi sinusitis yang berbeda, tergantung dari tindakan operasi yang diterapkan, berapa kali konsultasi dokter, pemeriksaan pendahuluan apa yang diterapkan untuk diagnosa, dan obat-obatan jenis apa yang diresepkan. Selain itu, fasilitas kelas kamar juga menentukan perbedaan harga.

biaya operasi sinusitis Pengalaman Operasi FESS : Operasi Sinusitis

Biaya Operasi Sinusitis Di Surabaya

Mitra Keluarga Surabaya adalah rumah sakit paling direkomendasikan untuk menangani sinusitis, karena Mitra Keluarga memiliki poli khusus THT yang dilengkapi fasilitas berteknologi tinggi, termasuk untuk operasi FESS.

Biaya operasi sinusitis di Surabaya, khususnya di rumah sakit Mitra Keluarga sebesar 17 juta rupiah. Perkiraan biaya tersebut sudah termasuk seluruh biaya pengobatan, konsultasi, dan rawat inap, kecuali biaya pemeriksaan CT Scan.

Biaya Operasi Sinusitis Bandung

Beberapa rumah sakit di Bandung yang memiliki dokter spesialis THT KL terbaik antara lain Rumah Sakit Immanuel, Rumah Sakit Edelweiss, RSU Pindad, dan RSIA Al Islam. Memiliki poli THT dengan fasilitas lengkap.

Biaya operasi sinusitas Bandung pada beberapa rumah sakit di atas, berkisar antara 12-23 juta rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk pemeriksaan pendahuluan seperti CT Scan, tes darah dan rontgen.

Biaya Operasi Sinusitis Di Malang

Salah satu poli THT terbaik di Malang adalah Klinik THT Terpadu Malang, yang mengkhususkan menangani masalah THT, sehingga fasilitas untuk masalah terkait THT sangat lengkap, termasuk melakukan operasi sinusitis.

Biaya operasi sinusitis di Malang, khususnya di Klinik THT Terpadu malang sekitar 12-17 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk obat-obatan dan rawat inap.

Biaya Operasi Sinusitis Di Jakarta

Salah satu rumah sakit terbaik untuk masalah THT di Jakarta adalah RS Bedah dan THT SS Medika, yang memiliki fasilitas lengkap untuk menangani masalah THT, termasuk operasi sinusitis. Biaya operasi sinusitis di Jakarta pada RS Bedah dan THT SS Medika adalah sekitar 20-26 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap kelas 2.

Biaya Operasi Sinusitis Di Semarang

Banyak sekali rumah sakit yang bagus di Semarang, antara lain Siloam Hospital Semarang, Sultan Agung Islamic Hospital, RSUD Tugurejo Semarang, yang memiliki fasilitas lengkap, tersedia juga poli THT untuk operasi sinusitis.

Biaya operasi sinusitis di Semarang, khususnya di beberapa rumah sakit di atas berkisar antara 16-25 juta rupiah. Jika Anda adalah peserta BPJS Kesehatan, rumah sakit tersebut di atas juga menerima pelayanan pengobatan menggunakan BPJS atau asuransi swasta.

Biaya Operasi Sinusitis Di Solo

Berdasarkan review yang ditulis di beberapa media online, salah satu rumah sakit terbaik untuk operasi sinusitis di Solo adalah di RSUD dr. Moewardi. Karena memiliki poli khusus THT KL disertai fasilitas pemeriksaan yang lengkap.

Biaya operasi sinusitis di Solo RSUD dr. Moewardi berkisar antara 15-25 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap selama 2-3 hari, konsultasi, pemeriksaan, dan obat-obatan. Selain itu, juga menerima rujukan BPJS Kesehatan.

Biaya Operasi Sinusitis Di Medan

Jika Anda berada di Medan, maka rekomendasi kami untuk rumah sakit terbaik untuk operasi sinusitis di Medan adalah Rumah Sakit Columbia Asia Hospital Medan. Karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap, tersedia poliklinik THT, sehinggat ditangani oleh dokter spesialis THT.

Biaya operasi sinusitis di Columbia Hospital Medan, berkisar antara 15-27 juta rupiah, sudah termasuk biaya rawat inap di kelas 3, pemeriksaan pendahuluan serta konsultasi.

Biaya Operasi Sinusitis Di Penang

Salah satu rumah sakit terbaik di Penang adalah Loh Guan Lye, yang memiliki THT Center untuk melakukan operasi sinusitis. Biaya operasi sinusitis di Penang, khususnya di Loh Guan Lye berkisar antara 10.000 RM – 15.000 RM.

Biaya Operasi Sinusitis Di Singapore

Sepuluh tahun terakhir, rumah sakit di Singapura menjadi rujukan pengobatan untuk berbagai penyakit bagi kalangan kelas menengah atas. Beberapa rumah sakit terbaik di Singapura antara lain Concord International Hospital, Parkway East Hospital, Mount Elizabeth Hospital, dan Farrer Park Hospital.

Biaya operasi sinusitis di Singapura berkisar antara SGD 4000-6000 atau sekitar 40-60 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap kelas 1, konsultasi, pemeriksaan pendahuluan, dan obat-obatan.

Biaya Sedot Sinusitis

Sedot sinusitis adalah prosedur untuk membersihkan lendir yang menyumbat hidung yang dilakukan oleh dokter Spesialis THT dengan sebuah alat nasal aspirator. Prosedur ini biasanya dilakukan pasca operasi sinusitis.

Biaya konsultasi dan pemeriksaan permulaan di dokter spesialis THT berkisar antara 130-200 ribu rupiah. Sedangkan biaya sedot sinusitis sekitar 100-200 ribu rupiah. Jadi total biaya konsultasi dan sedot sinusitis sekitar 200-400 ribu rupiah. Biaya tersebut belum termasuk obat-obatan yang diresepkan dokter.

Apakah Sinusitis Bisa Sembuh Dengan Sendirinya ?

Jika kondisi sinusitis belum terlalu parah, dengan gejala ringan, sinusitis dapat sembuh dengan obat-obatan. Beberapa obat sinusitis yang bisa digunakan antara lain:

  • Dekongestan, dengan merk dagang Vaporin, seharga 75 ribu untuk meredakan penyumbatan pada hidung.
  • Nose spray (semprot hidung) untuk meredakan sinusitis dan alergi saluran napas. Merk dagang Afrin, dapat dibeli di apotik seharga 70-80 ribu rupiah.
  • ILiadin Oxymetazoline, dapat dibeli di apotik seharga 85-120 ribu. Berupa obat semprot hidung, sangat ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat dan peradangan hidung.

Jika dengan obat-obatan di atas kondisi sinusitis tak kunjung sembuh, dan gejala terus bertambah dan sangat mengganggu, segerakanlah untuk berkunjung ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena jika dibiarkan terus menerus maka dikhawatirkan akan kehilangan indra penciuman permanen.

Pengalaman Operasi FESS : Operasi Sinusitis

Cerita pengalaman operasi FESS atau operasi sinuitas ini dikisahkan oleh Bagus, pria berusia 21 tahun asal Jakarta yang menjalani operasi sinuitas pada tahun 2018 di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Awal kisah dimulai ketika setiap bangun tidur, tiba-tiba hidung banyak ingus, terus mampet dan berasa hanya satu lubang saja yang berfungsi. Tetapi setelah dibersihkan, siangnya pun kembali normal, meski kejadian itu hampir setiap hari, masih diabaikan karena masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Hingga setahun kemudian kondisi makin memburuk, hidung ingusan dan mampet makin sering dirasakan dan tak kunjung sembuh, meski sudah minum obat flu dari berbagai merk yang dijual di apotik. Apalagi ketika makan yang agak sedikit pedas, langsung saja meler terus menerus, dan ada pula cairan yang keluar dari mata berwarna kehijauan yang kental mirip ingus.

Tak tahan akan ingusan yang semakin mengganggu, akhirnya Bagus ke rumah sakit khusus THT, di daerah Salemba.

Setelah dokter melakukan pemeriksaan, dokter pun menyimpulkan bahwa Bagus mengidap sinuitas. Tulang rawan pada hidung juga ada sedikit bengkokan ke kanan (deviasi septum nasal), peradangan dan pembengkakan, yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pada salah satu rongga hidung.

Namun demikian, dokter menyarankan untuk melakukan CT Scan guna memastikan keadaan sebenarnya. Sesuai anjuran dokter tersebut, Bagus pun pergi menuju RSCM sesuai dengan rujukan dokter tersebut untuk melakukan CT scan. Menunggu sektiar 2 jam dengan biaya 1 juta, hasil CT scan pun keluar, dan Bagus membawa hasil tersebut ke dokter spesialis yang memeriksanya tiga hari lalu.

Setelah dokter memeriksa hasil CT scan, Ia pun menganjurkan agar dilakukan operasi agar sinusitis yang Bagus derita bisa sembuh total. Sebagai persiapan pendahuluan, Bagus pun kemudian diperiksa darah dan melakukan rontgen paru-paru. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada masalah sama gula darah dan paru-paru, sehingga dokter menjadwalkan untuk operasi sinusitis dua hari kemudian.

Suster kemudian mengatakan untuk mengurus kamar rawat inap, sebagai persiapan sehari sebelum operasi, dan menyuruh untuk puasa sejak jam 10 malam hingga pagi hari menjelang operasi. Menuruti anjuran suster tersebut, Bagus pun kemudian pulang dahulu dan esoknya langsung mengurus kamar rawat inap, dengan membawa beberapa pakaian untuk menginap di rumah sakit.

Pagi hari menjelang operasi, sekitar jam 7, Bagus pun di dorong menuju ruang persiapan operasi, dengan perasaan campur aduk, takut dan gelisah karena bayangan operasi yang menyakitkan, Ia pun di tensi dan ditimbang, terlebih dahulu, dan disuruh tenang dan berdoa sebelum operasi dilakukan.

Kemudian Bagus pun berbaring di kasur operasi, yang sudah dikelilingi beberapa dokter dan suster yang berpakaian serba putih dan hijau ala pakaian operasi. Demikian pula dengan bagus yang disuruh mengenakan pakaian tipis dan penutup kepala.

Sempat berbicara sebentar dengan dokter, kemudian Bagus di anestesi total hingga tak sadarkan diri ketika operasi berlangsung. Operasi pun berjalan lancar. Ketika sadar, Bagus sudah berada di ruang rawat inap, sekitar pukul 11.30 siang. Suster pun melepas alat bantu pernafasan ketika Bagus sudah mulai sadar.

Pasca Operasi FESS

Pasca operasi FESS menjadi masa yang tersulit dalam hidup Bagus, karena Ia merasakan hidungnya benar-benar tak bisa berfungsi karena penuh dengan kapas/tampon yang menyumbat seluruh rongga hidung, dan berasa banyak sekali cairan dalam hidung, dan Bagus hanya bisa bernafas lewat mulut. Berlatih beberapa saat untuk bernafas lewat mulut, sangat sulit dan mulut menjadi sangat cepat kering.

Beruntung Ia didampingi kakak perempuannya yang bisa mengambilkan air minum, dan kemudian menyuapi sup ayam yang ia bawa dari rumah. Tetapi hanya beberapa suap, Bagus pun merasa mual dan memuntahkan seluruh makanan yang sudah tertelan. Sangat pusing dan mual katanya memang hal yang biasa pasca operasi sinusitis, karena pengaruh obat bius yang belum hilang sepenuhnya.

Pada malam harinya, Bagus pun tak bisa tidur karena kesulitan untuk bernafas melalui mulut, mual masih dirasakan yang disertai pusing, Ia pun kembali meminum obat yang diresepkan dokter, hingga pada akhirnya karena pengaruh obat, Ia pun tertidur.

Sehari kemudian, tampon yang menyumbat kedua hidungnya pun dilepas suster, banyak darah yang keluar, dan itu memang wajar karena itu darah bekas operasi kata suster menerangkan, tidak langsung bisa bernafas lewat hidung, karena hidung masih mampet dan ternyata banyak darah beku yang menyumbat hidung. Dan suster pun kemudian membersihkan dengan sangat perlahan menggunakan cotton bud. Dokter pun mengijinkan Bagus untuk menjalani rawat jalan di rumah, dengan catatan harus kontrol dokter 5-7 hari sekali.

Perawatan Pasca Operasi FESS

Setelah pulang dari rumah sakit, perawatan pasca operasi FESS pun dilakukan di rumah. Beberapa hal yang menjadi rutinitas perawatan pasca operasi sinusitis antara lain:

  • Membersihkan ingus dan darah beku yang keluar dari hidung menggunakan cairan infus setiap hari bisa 3-4 kali.
  • Menjaga kebersihan tempat tidur, agar tidak alergi bulu, kotoran, dan sebagainya.
  • Rajin meminum obat sesuai anjuran yang diresepkan.
  • Lakukan kontrol ke dokter selama proses penyembuhan, minimal seminggu sekali.
  • Hindari makanan pedas.

Lima hari kemudian, Bagus pun datang ke rumah sakit untuk kontrol ke dokter, dan kemudian dokter memeriksa keadaan hidung Bagus, lalu dokter menggunakan alat untuk menyedot seluruh ingus dan darah dalam hidung. Berasa enak dan tidak mampet meski belum sepenuhnya nafas bisa lega.

Kontrol kedua pun dilakukan setelah dua minggu pasca operasi FESS, kondisi Bagus sudah lebih baik lagi, meski masih dalam masa pemulihan. Dokter pun hanya memberikan resep obat yang harus diminum setiap hari.

Satu bulan kemudian, kondisi Bagus sudah sangat bagus dan kedua rongga hidung sudah berfungsi dengan normal, tanpa keluhan lagi.

Jus Untuk Penderita Sinusitis

Buah-buahan berikut ini bisa dijadikan jus untuk penderita sinusitis, antara lain:

  • Jus semangka.
  • Jus nanas
  • Jus apel

Selain itu, rebusan jahe merah yang dicampur dengan madu juga sangat efektif untuk meredakan sinus. Caranya dengan memarut jahe, kemudian rebus parutan jahe tersebut hingga matang, dan gunakan saringan untuk memisahkan ampas jahe. Campur madu atau susu agar rasanya lebih nikmat, konsumsi setiap pagi dan menjelang tidur.

Pantangan Makanan Penderita Sinusitis

Adapun pantangan makanan bagi penderita sinusitis, antara lain:

  • Makanan yang pedas, akan memicu ingus dan lendir keluar deras dari hidung.
  • Makanan yang berlemak seperti nasi padang, daging ayam berkulit dan sebagainya.
  • Produk olahan susu, seperti ice cream.

Komplikasi Sinusitis

Tindakan operasi bisa menimbulkan komplikasi terhadap setiap pasien yang menjalani operasi FESS. Meskipun kecil kemungkinannya, berikut komplikasi yang mungkin bisa terjadi:

  • Infeksi pada saluran pernafasan.
  • Kehilangan indera penciuman secara permanen.
  • Infeksi otak.
  • Terjadi kekambuhan sinusitis

Pencegahan Sinusitis

Karena diketahui penyebab sinusitis, maka beberapa tindakan pencegahan sinusitis antara lain:

  • Selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan sesuatu atau bersentuhan dengan orang lain, khususnya penderita influenza.
  • Menjaga kebersihan diri dan tempat tidur secara teratur.
  • Hindari paparan asap rokok.
  • Hindari makanan pedas dan berlemak.
  • Jangan minum sambil tiduran atau berbaring.

Labels:

biaya operasi sinusitis bpjs, Biaya sedot sinusitis, operasi fess menyakitkan

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Deviasi Septum
  2. Pengalaman Operasi Hipertrofi Konka Hidung
  3. Pengalaman Operasi Gendang Telinga
  4. Pengalaman Operasi Amandel
  5. Pengalaman Operasi Sinus Preauricular
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts