Pengalaman Operasi Hemangioma

Pengalaman Operasi Hemangiomaby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi HemangiomaMungkin kita pernah melihat ada guratan di bagian tubuh bayi yang mungkin hanya dikira tanda lahir, dan biasanya tak dihiraukan lalu membesar seiring bertambahnya usia bayi. Dan itulah yang dinamakan Hemangioma. Namanya sangat asing terdengar di telinga bukan? Hemangioma merupakan kelainan bawaan pada bayi yang pada awalnya muncul benjolan karena melebarnya pembuluh darah di permukaan […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Mungkin kita pernah melihat ada guratan di bagian tubuh bayi yang mungkin hanya dikira tanda lahir, dan biasanya tak dihiraukan lalu membesar seiring bertambahnya usia bayi. Dan itulah yang dinamakan Hemangioma. Namanya sangat asing terdengar di telinga bukan?

Hemangioma merupakan kelainan bawaan pada bayi yang pada awalnya muncul benjolan karena melebarnya pembuluh darah di permukaan kulit. Warna benjolan tersebut umumnya merah dan atau kebiruan jika benjolan berada di lapisan dalam pembuluh darah.

Apakah hemangioma membahayakan? Yuk terus baca artikel berikut agar makin tahu apa itu hemangioma, bagaimana cara pengobatan hemangioma pada bayi, dan baca pula pengalaman operasi hemangioma dari orang yang pernah mengalaminya.

Pengalaman Operasi Hemangioma

Pengertian Hemangioma

Hemangioma adalah benjolan pembuluh darah yang tak normal di permukaan kulit, punggung, wajah, dan dada. Hemangioma termasuk tumor jinak yang tidak berbahaya karena bisa menghilang dengan sendirinya, tetapi ada beberapa kasus yang justru semakin membesar dan mengganggu penampilan ketika hemangioba tumbuh di area wajah.

Hemangioma umumnya muncul ketika bayi baru lahir yang penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Pembuluh darah abnormal tersebut bisa hilang tanpa pengobatan seiring pertambahan usia sang bayi, namun jika semakin membesar, tidak ada terapi obat-obatan untuk mengatasinya, kecuali tindakan pembedahan atau operasi.

Gejala Hemangioma

Hemangioma biasanya muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, kulit kepala, dada, dan punggung. Beberapa gejala hemangioma yang sering muncul antara lain:

  • Munculnya guratan berwarna merah atau hanya benjolan kecil seperti digigit serangga.
  • Jika makin membesar, maka akan ada rasa nyeri di sekitar area yang ditumbuhi hemangioma, karena ada kulit yang tertarik.
  • Bisa membesar hanya dalam hitungan bulan.
  • Sangat mudah terjad pendarahan jika digores.

Penyebab Hemangioma

Meski penyebab hemangioma hingga kini tak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktot yang patut diduga sebagai asal muasal dari hemangioma, antara lain:

  • Adanya faktor keturunan atau genetik.
  • Bayi lahir prematur.
  • Bayi perempuan lebih berisiko terkena hemangioma.
  • Mengalami gangguan ketika masa kehamilan.

Gambar Hemangioma

gambar hemangioma
hemangioma pada bayi

Pengobatan Hemangioma

Dokter akan memeriksa kondisi fisik dan memberikan terapi obat guna menghentikan gejala peradangan pada penderita dan memberinya krim beta blocker agar pertumbuhan hemangioma terhenti. Jika terapi obat tak mampu mengatasi masalah hemangioma, dan pertumbuhan hemangioma sangat cepat dan mengganggu penderitanya, maka tindakan operasi harus segera diterapkan.

Prosedur operasi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah hemangioma antara lain operasi bedah terbuka dan operasi laser. Untuk mengangkat hemangioma sepenuhnya atau memperbaiki struktur pembuluh darah agar kembali normal.

Hemangioma Yang Berbahaya

Pada umumnya hemangioma tidak berbahaya tetapi jika hemangioma tumbuh di bagian yang tak pada umumnya seperti di lidah, area mata atau dibawah hidung tentu akan sangat menggangu penderitanya. Apalagi hemangioma tersebut dapat tumbuh dengan cepat.

Karena hemangioma termasuk tumor pembuluh darah, meskipun jinak tetapi bisa juga dapat menurunkan jumlah trombosit dibawah normal, dan akan menjadikan penderita semakin rentan terhadap penyakit lainnya.

Hemangioma Pada Lidah Orang Dewasa

Hemangioma yang merupakan tumor jinak ini dapat tumbuh dimana saja termasuk hemangioma pada lidah orang dewasa.

Pada kasus hemangioma di lidah, bisanya tidak berbahaya karena tidak membesar tetapi ada kemungkinan terjadinya infeksi jika hemangioma tergores dan luka. Jika kondisi tersebut terjadi, maka sebaiknya untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah umum.

Operasi Hemangioma Pada Bayi

Operasi hemangioma pada bayi baru bisa diterapkan setelah bayi berusia minimal 6 bulan. Dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Kondisi bayi tidak stabil karena adanya hemangioma.
  • Hemangioma mengalami pertumbuhan dengan cepat.
  • Posisi hemangioma di area yang sangat mengganggu penderitanya, seperti di hidung, mata, dan sekitar mulut.
  • Hemangioma menimbulkan gejala yang tidak wajar seperti penurunan trombosit dibawah normal.

Biaya Operasi Hemangioma dengan BPJS

Hemangioma merupakan kelainan bawaan yang mana masih dalam penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan. Namun demikian, BPJS tidak sepenuhnya menanggung biaya operasi hemangioma apabila ada kelebihan dari yang ditanggung BPJS, maka peserta akan dikenakan biaya tambahan untuk:

  • Biaya pemeriksaan seperti tes darah, CT Scan atau MRI.
  • Jika terjadi pendarahan, BPJS hanya menanggung 1 kantong transfusi darah, dan selebihnya akan dikenakan biaya tambahan.
  • Jika biaya operasi melebihi plafon biaya yang ditanggung BPJS, maka sisa biaya operasi hemangioma akan dibebankan kepada peserta BPJS bersangkutan.

Biaya Operasi Hemangioma di Rumah Sakit Swasta

Operasi hemangioma baru akan ditegakkan jika kondisi hemangioma sangat cepat tumbuh dan membesar serta berada di area yang sangat sulit, sehingga operasi hemangioma tergolong operasi sedang dan atau operasi besar, misalnya hemangioma di bagian mata, yang bisa tergolong operasi besar dengan biaya yang besar pula.

Salah satu rujukan untuk biaya operasi hemangioma di rumah sakit swasta adalah rumah sakit Hermina Jatinegara yang berkisar antara 80-130 juta rupiah. Biaya tersebut merupakan biaya operasi hemangioma sekali tindakan. Dan biasanya operasi hemangioma akan dilakukan dalam dua tahap, jadi kisaran biaya operasi hemangioma bisa dua kali lipat dari biaya perkiraan, atau sekitar 160-260 juta rupiah.

Biaya Operasi Laser Hemangioma

Penggunaan metode laser diterapkan untuk mengurangi pembesaran pembuluh darah yang tak normal yang menyebabkan terjadinya hemangioma. Dan operasi laser hemangioma termasuk dalam golongan operasi kecil.

Perkiraan biaya operasi laser hemangioma di beberapa rumah sakit swasta berkisar antara 5-15 juta rupiah. Namun tingkat kekambuhan dari operasi laser hemangioma sangat tinggi. Jadi, operasi laser hemangioma diterapkan jika kondisi hemangioma belum terlalu besar.

Dokter Spesialis Hemangioma Di Jakarta

Hemangioma dapat ditangani oleh dokter spesialis kulit anak atau dokter spesialis bedah umum. Dokter spesialis hemangioma di Jakarta dapat di temui di rumah sakit Yadika Pondok Bambu, Rumah Sakit Premier Jatinegara, RS Restu Kasih, Jakarta Timur, dengan biaya konsultasi antara 175 ribu-300 ribu.

Dokter Spesialis Hemangioma Di Surabaya

Dokter spesialis yang bisa menangani hemangioma adalah dokter spesialis bedah, yang bisa di temui di rumah sakit Mitra Keluarga Kenjeran, RS Islam Jemur Sari, RS Mitra Keluarga Surabaya, dan Siloam Hospital Surabaya. Biaya konsultasi sekali pertemuan berkisar antara 125-250 ribu rupiah.

Biaya Operasi Hemangioma di Penang

Biaya operasi hemangioma di Penang sangat bervariasi, tergantung letak dari pertumbuhan hemangioma. Semakin sulit letak hemangioma, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Beberapa rumah sakit di Penang yang memiliki fasilitas lengkap untuk operasi hemangioma antara lain:

  • Rumah Sakit Loh Guan Lye, biaya operasi hemangioma berkisar antara 100-300 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Gleneagles Hospital Penang, menetapkan biaya operasi hemangioma antara 120-400 juta rupiah.
  • Islan Hospital Penang, biaya operasi hemangioma berkisar antara 150-350 juta rupiah.

Biaya Operasi Hemangioma di Singapura

Salah satu rumah sakit di Singapura yang memiliki spesialisasi kulit dan bedah umum dengan fasilitas yang sangat lengkap adalah rumah sakit Mount Alvernia Hospital. Biaya operasi hemangioma di Singapura pada rumah sakit tersebut berkisar antara S$20.000-S$50.000, atau sekitar 200-500 juta rupiah.

Pengalaman Penderita Hemangioma

Hemangioma yang biasanya dialami bayi karena penyakit bawaan, kini dialami oleh bayi bernama Anis, yang sudah di diagnosa dokter bahwa Anis menderita hemangioma, yaitu tumor jinak yang tumbuh di bagian tubuh dekat hidungnya akibat dari pembuluh darah abnormal.

Pada awalnya hanya berupa titik merah seperti habis di gigit serangga di sebelah hidung kanan bawahnya. Dan ibu Anis pun tak menghiraukanya, karena ia pikir hanya gigitan serangga yang bisa hilang dengan sendirinya. Ketika titik itu muncul, usia Anis masih sekitar 4 bulanan.

Titik tersebut tak memberikan dampak atau gejala apapun pada Anis, ia tetap menjadi bayi yang ceria dan murah senyum. Meski titik itu berubah dengan cepat menjadi benjolan seperti kutil, kemudian membesar kembali seperti bisul.

Dalam waktu satu bulan, titik merah itu berubah dan bertambah besar serta melebar secara signifikan di kanan atas bibir dan di samping bawah hidung kanannya hampir menutupi rongga hidungnya.

Ketika dibawa ke dokter di rumah sakit umum daerah, dokter mendiagnosa bahwa benjolan besar pada Anis adalah hemangioma. Meski tak membahayakan, tetapi melihat perkembangan hemangioma pada Anis yang cukup cepat, maka bisa mengganggu rongga hidung, serta penampilan yang tak elok, sehingga dokter menyarankan agar benjolan tersebut diangkat sepenuhnya dengan operasi hemangioma.

Pengalaman Operasi Hemangioma

Demi kesembuhan Anis, orang tuanya pun menyetujui anjuran dokter spesialis tersebut untuk dilakukannya operasi pengangkatan hemangioma. Namun demikian, dokter menyuruh menunggu hingga usia Anis diatas 6 bulan.

Sementara itu, sembari menunggu operasi, orang tua Anis berinisiatif untuk mencari pengobatan alternatif dengan harapan Anis sembuh dari hemangioma tanpa operasi. Namun hingga Anis berusia 9 bulan, benjolan hemangioma malah semakin besar, sehingga tekad orang tua Anis semakin kuat untuk dilakukan operasi hemangioma.

Orang tua Anis kemudian mengurus kepesertaan BPJS dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat agar biaya operasi hemangioma dapat terbantu. Butuh waktu hingga seminggu untuk mengurus kartu BPJS, yang waktu itu untuk kelas 3 hanya dipungut iuran bulanan 21 ribu rupiah.

Setelah memiliki kartu BPJS Kesehatan, orang tua Anis pun mulai dari awal dengan mendapatkan rujukan dari puskesmas untuk menuju dokter spesialis di rumah sakit, sesuai dengan aturan BPJS. Setelah menemui dokter yang dulu menganjurkan operasi, dokter kemudian melakukan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium, dan menyuruh orang tua Anis untuk kembali ke rumah sakit esok hari.

Esoknya pun Anis dibawa kembali ke rumah sakit, dan dokter memberitahukan hasil pemeriksaan darah, bahwa jumlah trombosit Anis sangat minim, sehingga menyuruh orang tua Anis agar mengurus kamar rawat inap, agar Anis di infus untuk meningkatkan trombosit, sebagai persiapan pendahuluan sebelum operasi.

Sampel biopsi pun diambil oleh dokter dengan jarum halus dan pemeriksaan CT Scan juga dilakukan untuk mematangkan rencana operasi yang akan dokter terapkan. Dan dokter pun memberitahu orang tua Anis, bahwa operasi akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan insisi untuk mengangkat hemangioma, kemudian menutup luka sayatan, agar tidak terjadi perdarahan, dan tahap kedua akan dilakukan operasi untuk perbaikan jaringan pembuluh darah yang mengalami ketidaknormalan.

Sebelum operasi hemangioma tahap pertama dilakukan, Anis sudah menjalani serangkaian pemeriksaan lanjutan pra operasi. Dan tiba waktu operasi di hari ketiga, sejak pertama menjalani rawat inap.

Operasi hemangioma tahap pertama pada Anis dilakukan dengan anestesi umum, sehingga diperlukan alat bantu pernafasan. Operasi hemangioma tersebut membutuhkan waktu kurang dari 2 jam, dan sehari kemudian, Anis sudah diperbolehkan untuk pulang, dan untuk dilakukan pemulihan di rumah.

Operasi hemangioma tahap ke dua direncanakan hingga batas waktu tak ditentukan, dengan melihat perkembangan pasca operasi hemangioma tahap pertama. Anis diwajibkan untuk kontrol, jika ada gejala atau keluhan pasca operasi, sekaligus melihat perkembangan kondisi Anis untuk dilakukan operasi tahap kedua. Karena seiring bertambahnya usia, jaringan pembuluh darah juga akan mengalami perbaikan dengan sendirinya, tetapi jika kemungkinan kekambuhan hemangioma pada Anis terjadi, maka operasi tahap kedua akan di lakukan.

Ketika Anis sudah menginjak usia 1,5 tahun, baru lah operasi hemangioma tahap kedua akan dilaksanakan karena tidak ada perkembangan signifikan terkait pembuluh darah bekas operasi tahap pertama, sehingga diperlukan tes angiografi untuk mengetahui pembuluh vaskular secara lebih mendetail.

Operasi tahap kedua pun dilakukan dengan waktu yang sedikit lebih lama, karena dokter sangat berhati-hati dengan jaringan pembuluh darah yang sangat riskan terjadi pendarahan, sehingga dokter menerapkan teknik embolisasi untuk memblok pembuluh darah sebagai tindakan pencegahan perdarahan selama operasi tahap kedua dilakukan.

Pengalaman Sembuh Dari Hemangioma

Ini adalah cerita pengalaman sembuh dari hemangioma, yang berbeda dengan pengalaman operasi hemangioma di atas. Karena cerita ini datang dari orang tua bayi yang bernama Shanty. Kisah hemangioma Shanty berawal ketika ia berusia 6 bulan.

Sebuah titik merah muncul di bibir bagian bawah, yang pada awalnya orang tuanya hanya menganggap titik merah itu adalah sariawan. Benar saja, ketika waktu jadwal imunisasi, bidan juga mengatakan itu hanya sariawan mungkin, ungkap bidan tersebut.

Sedikit lega hati orang tua Shanty, tapi titik merah itu setiap bulan malah makin membesar, bukan berupa titik merah lagi tetapi sudah berupa benjolan seperti kutil yang agak melebar, meski sudah diberikan obat sariawan, dan membuat banyak komentar orang-orang yang melihat Shanty seperti jatuh, tanda lahir, dan sebagainya.

Bulan berikutnya ketika jadwal imunisasi datang, Shanty dibawa ke dokter spesialis anak untuk sekaligus menanyakan tentang benjolan merah di bibir Shanty. Dokter spesialis kemudian mengatakan jika tak ada gangguan atau gejala seperti nyeri, kesulitan makan, dan sebagainya maka tak perlu di khawatirkan, tetapi jika semakin besar, maka orang tua Shanty disuruh pergi ke rekan dokter tersebut di rumah sakit, yaitu dokter spesialis bedah.

Lebih lanjut dokter mengatakan, jika terjadi pembesaran dalam waktu singkat, maka harus segera di operasi, karena itu adalah hemangioma, yang terjadi karena bawaan sejak lahir akibat dari pembuluh darah yang tak normal. Hemangioma bisa tumbuh dimana saja, selama ada pembuluh darahnya. Bapak ibu tak perlu khawatir, biasanya hemangioma bisa sembuh dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak ibu, pungkas dokter spesialis anak tersebut.

Sedikit melegakan hati karena Shanty tidak terkena penyakit yang membahayakan meski ada sedikit rasa khawatir jika terjadi pembesaran, dan perkataan orang tentang bibir Shanty yang berbeda setiap kali mereka melihatnya, pasti ada saja komentar yang menyakiti hati orang tua Shanty.

Seiring berjalannya waktu, usia Shanty sudah 9 bulan dan benjolan itu sudah mulai mengecil bahkan warnanya pun lebih samar, tidak semerah pada awal kemunculan hemangioma tersebut. Sehingga tidak tampak jelas secara sekilas bahwa ada sedikit benjolan di bibir bawah Shanty.

Ketika Shanty berusia 1 tahun, benjolan itu semakin menghilang, tinggal berupa titik sangat kecil berwarna menyerupai warna bibirnya, sehingga tak tampak sama sekali jika bibir Shanty tak dipegang dengan jelas. Jadi orang tua Shanty semakin lega, karena Shanty sembuh dari Hemangioma dengan sendirinya tanpa operasi.

Komplikasi Hemangioma

Meski jarang terjadi, tetapi komplikasi hemangioma bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Trombositopenia. Yaitu kondisi dimana terjadi penurunan jumlah trombosit secara signifikan hingga di ambang batas normal. Biasanya terjadi pada bayi yang menderita hemangioma dengan ukuran yang besar.
  • Pendarahan yang bisa terjadi karena pecahnya hemangioma. Atau jika telah di operasi, maka peradarahan bisa terjadi pada bagian dalam sekitar bekas sayatan pembedahan.
  • Infeksi akibat ulkus (luka) yang terjadi kareba adabya robekan pada hemangioma.
  • Astigmatisme, yaitu gangguan penglihatan karena terjadi penekanan terhadap bola mata, jika tumor hemangioma berada di area mata.

Pencegahan Hemangioma

Meskipun tergolong tumor jinak, hemangioma dapat berbahaya apabila berada di bagian tertentu tubuh yang vital seperti mata, lidah, hidung, dan lainnya serta terjadi pembesaran hemangioma secara cepat, sehingga diperlukan perawatan khusus oleh dokter spesialis terhadap hemangaioma.

Secara medis, tidak ada tindakan pencegahan hemangioma karena merupakan penyakit bawaan sejak lahir, yang mungkin tanpa gejala pada awalnya, tetapi jika hemangioma membesar, segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Labels:

apakah hemangioma arus di oprsi, Biaya operasi hemangioma, hemangioma hidung

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi UDT : Operasi Penurunan Testis
  2. Pengalaman Operasi Varises
  3. Pengalaman Operasi Ganglion
  4. Pengalaman Operasi Hidrokel Anak
  5. Pengalaman Operasi Lipoma
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts