Pengalaman Operasi Hiperhidrosis

Pengalaman Operasi Hiperhidrosisby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi HiperhidrosisTubuh secara otomatis melakukan sirkulasi dengan berkeringat untuk menurunkan panas tubuh. Tapi apa jadinya jika keringat yang keluar tak terkontrol alias berlebih? Tentu menjadi sangat mengganggu, apalagi jika keluar keringat ketika tak melakukan aktivitas apapun. Orang seringkali salah persepsi mengenai keluarnya keringat di tangan yang terus menerus karena gejala penyakit jantung atau paru-paru basah. Anggapan […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Tubuh secara otomatis melakukan sirkulasi dengan berkeringat untuk menurunkan panas tubuh. Tapi apa jadinya jika keringat yang keluar tak terkontrol alias berlebih? Tentu menjadi sangat mengganggu, apalagi jika keluar keringat ketika tak melakukan aktivitas apapun.

Orang seringkali salah persepsi mengenai keluarnya keringat di tangan yang terus menerus karena gejala penyakit jantung atau paru-paru basah. Anggapan tersebut adalah keliru, karena keluarnya keringat berlebih adalah gejala penyakit hiperhidrosis.

Apa itu hiperhidrosis? Bagaimana pengobatan hiperhidrosis? Dan masih banyak lagi yang akan dibahas dalam artikel ini seperti pengalaman operasi hiperhidrosis, pasca operasi hiperhidrosis, dan biaya operasi hiperhidrosis serta komplikasi dan pencegahan hiperhidrosis.

Pengalaman Operasi Hiperhidrosis

Pengertian Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah suatu kondisi dimana tubuh mengeluarkan keringat berlebih, tetapi bukan karena melakukan aktivitas fisik maupun karena cuaca atau suhu udara. Jadi, keringat keluar begitu saja meski tanpa aktivitas apapun. Keluarnya keringat hiperhidrosis ini bisa di tangan, ketiak, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

Gejala Hiperhidrosis

Penderita hiperhidrosis akan merasa sangat terganggu dan bisa menjadikan kurangnya percaya diri yang kemudian menimbulkan stress, karena beberapa gejala yang muncul seperti:

  • Keluarnya keringat berlebihan tanpa aktivitas.
  • Paling sering gejala hidrosis terjadi pada telapak tangan dan ketiak.
  • Kulit lembab dan mengelupas di bagian tertentu yang terus dalam kondisi basah karena keringat.
  • Kulit akan iritasi dan mudah infeksi jamur karena lembab akibat keringat berlebih.

Jenis Hiperhidrosis

  • Hiperhidrosis primer. Kondisihiperhidrosis primer bukan disebabkan karena kondisi medis tertentu. Biasanya dialami sejak usia dini hingga remaja. Keringat muncul di bagian kedua sisi tubuh, tapi paling sering dibagian tangan, kaki, dahi, dan ketiak.
  • Hiperhidrosis Sekunder. Jenis ini umumnya dilatarbelakangi karena kondisi medis tertentu seperti terkena diabetes, dan sebagainya. Umumnya diderita oleh orang dewasa.

Penyebab Hiperhidrosis

Tidak diketahui secara pasti penyebab dari hiperhidrosis primer, tetapi dugaan kuat mengarah pada faktor genetika atau riwayat keturunan keluarga yang juga pernah mengidap hiperhidrosis.

Hiperhidrosis sekunder, disebabkan karena efek samping dari kondisi medis tertentu seperti misalnya mengidap diabetes, hipertiroidisme, asam urat, obesitas, dan lain sebagainya.

Gambar Hiperhidrosis

gambar hiperhidrosis

Pengobatan Hiperhidrosis

Untuk mengetahui kondisi pasien hiperhidrosis, anamnesis fisik dilakukan dengan cara melakukan tes keringat di bagian tubuh, dan juga melakukan wawancara pasien untuk mengetahui riwayat kesehatan diri dan keluarganya. Untuk mendukung pemeriksaan, tes urine dan tes darah harus dilakukan untuk menentukan jenis hiperhidrosis yang di derita pasien.

Metode Pengobatan Hiperhidrosis

Setelah mengetahui jenis hiperhidrosis yang diderita pasien, dokter akan melakukan beberapa langkah pengobatan sebagai berikut:

Terapi Obat

Pemberian antiperspirant diperlukan untuk menghentikan produksi keringat berlebih. Obat ini juga berbentuk salep yang dapat dioleskan ke area yang sering berkeringat. Hindari penggunaan obat ini jika menimbulkan iritasi pada mata dan kulit.

Terapi Penghambat Keringat (Iontophoresis)

Aliran listrik tegangan rendah yang dilakukan secara simultan dan rutin minimal 6-10 kali, akan dapat menutup dan menghambat kelenjar keringat dalam memproduksi keringat, sehingga keringat tidak keluar secara berlebihan.

Suntikan Botox

Botox yang sering kita dengar untuk keperluan kecantikan, bisa digunakan untuk menghambat saraf yang menghasilkan keringat. Metode ini hanya bersifat sementara, paling lama dapat bertahan hingga 1 tahun. Selain itu, ada juga efek samping kelemahan otot setelah penyuntikan botox.

Operasi Hiperhidrosis

Operasi dilakukan dengan cara mengangkat kelenjar keringat yang memproduksi keringat berlebih pada ketiak. Jika keringat berlebih terjadi di tangan, maka metode simpatektomi dapat diterapkan.

Simpatektomi Adalah ?

Prosedur operasi untuk menghentikan hiperhidrosis di tangan dengan cara membakar atau menjepit saraf yang ada di tulang belakang untuk mengontrol keluarnya keringat di tangan. Metode ini tidak dapat diterapkan apabila keluarnya keringat berada di leher atau kepala, dan ketiak.

Dokter Spesialis Hiperhidrosis

Penyakit hiperhidrosis akan ditangani oleh dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskuler (Sp.BTKV). Dokter dengan spesialisasi tersebut umumnya hanya berpraktek di rumah sakit umum atau rumah sakit swasta yang memiliki fasilitas lengkap.

Hiperhidrosis Konsultasi Ke Dokter Spesialis Apa ?

Untuk kasus hiperhidrosis ringan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dahulu yang biasanya banyak buka praktek di tempat pribadi atau klinik tertentu. Karena dokter spesialis bedah torak kordiak vaskuler jarang yang buka praktek selain di rumah sakit.

Hiperhidrosis Bisa Disembuhkan

Dengan semakin berkembangnya teknologi khususnya dalam bidang medis, hiperhidrosis bisa disembuhkan dengan cara operasi Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS) yakni operasi bedah dengan sayatan minimalis untuk mengangkat saraf simpatis sebagai penghasil keringat di tangan. Operasi tersebut dibantu dengan alat berkamera yang hanya membutuhkan sayatan kurang dari 1 cm saja. Sehingga pemulihan pasca operasi hiperhidrosis bisa semakin cepat.

Obat Hiperhidrosis Di Apotik

Salah satu obat hiperhidrosis di apotik yang dianjurkan dokter untuk mengatasi hiperhidrosis adalah Carpe Lotion Hyperhidrosis Antiperspirant. Obat berbentuk salep atau lotion ini dijual bebas di apotik dengan harga pasaran 420 ribu rupiah.

Biaya Operasi Hiperhidrosis Dengan BPJS

Hiperhidrosis primer disebabkan kelainan bawaan atau keturunan, sehingga BPJS Kesehatan akan menanggung biaya operasi hiperhidrosis di rumah sakit umum milik pemerintah atau rumah sakit yang sudah bekerj sama dengan BPJS Kesehatan.

Biaya Operasi Hiperhidrosis Di Rumah Sakit Swasta Di Indonesia

Biaya operasi hiperhidrosis di rumah sakit swasta berbeda-beda karena tergantung tingkat kesulitan area yang memiliki keringat berlebih, serta peralatan dan fasilitas yang dimiliki rumah sakit.

Biaya Operasi Kelenjar Keringat

Beberapa rumah sakit swasta yang bisa dijadikan tolok ukur perkiraan biaya operasi hiperhidrosis atau biaya operasi kelenjar keringat, antara lain sebagai berikut:

  • RS Bina Estetika, Menteng, Jakarta. Biaya operasi hiperhidrosis mulai dari 10 juta rupiah.
  • RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Biaya operasi kelenjar keringat mulai dari 15 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Premier Surabaya. Biaya operasi hiperhidrosis sekitar 20-40 juta rupiah

Biaya Laser Hiperhidrosis

Teknologi laser hiperhidrosis untuk mengatasi keringat berlebih dalam beberapa penelitian belum jelas efektifitasnya. Sehingga beberapa rumah sakit masih belum dapat dikonfirmasi tentang biaya laser hiperhidrosis. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan melalui telepon atau datang langsung ke rumah sakit yang ingin Anda tuju.

Biaya Operasi Simpatektomi

Metode operasi simpatektomi diterapkan jika penderita mengalami hiperhidrosis di tangan. Biaya operasi simpatektomi lebih murah dari hiperhidrosis di area lainnya, yakni mulai dari 10 juta rupiah, tergantung rumah sakit mana yang Anda pilih.

Biaya Operasi Hiperhidrosis Di Singapura

Raffles Hospital Singapore merupakan salah satu rumah sakit yang paling direkomendasikan jika ingin melakukan operasi hiperhidrosis di Singapura, karena disana terdapat klinik khusus yaitu Raffles Neuroscience Centre yang sudah berpengalaman dalam bidang bedah saraf dan sejenisnya.

Biaya operasi hiperhidrosis di Singapura berkisar antara 30-50 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya operasi, administrasi rumah sakit, obat-obatan dan konsultasi dokter.

Biaya Operasi Hiperhidrosis Di Penang

Salah satu klinik di Penang yang memiliki spesialisasi kulit dan dermatologi yang mampu menangani masalah hiperhidrosis adalah Klinik Dr Ko yang berada di komplek Auto World Perai, Pulau Penang. Ada beberapa dokter yang bisa berbahasa Melayu, Mandarin, dan Inggris sehingga memudahkan pasien Indonesia yang ingin berobat ke Penang.

Biaya operasi hiperhidrosis di Penang pada klinik Dr Ko sebesar 20-40 juta rupiah, tergantung dari bagian mana yang mengalami hiperhidrosis.

Pengalaman Operasi Hiperhidrosis

Ini adalah kisah pengalaman operasi hiperhidrosis yang dialami teman penulis bernama Oki. Pria berusia 30 tahun yang bekerja sebagai welder di proyek lepas.

Sebenarnya Oki sudah menderita keringat berlebih sejak usia TK atau SD, waktu itu ia selalu membawa kaos tangan setiap kali berangkat sekolah. Kondisi tersebut tetap dibiarkan oleh orang tuanya karena tak tahu apa yang terjadi, pernah juga dibawa ke dokter umum dan dokter tersebut pun menganggap biasa aja, yang penting anaknya sehat, katanya!

Kondisi tersebut dirasakan Oki hingga lulus sekolah menengah kejuruan, dan kemudian mengambil kursus welding, lalu bekerja. Semakin lama, Oki pun merasa terganggu, dan setelah memiliki cukup uang, ia pun mencari tahu tentang kondisinya dengan mendatangi dokter spesialis kulit yang buka praktek di Apotik 24 di pusat kota.

Setelah pemeriksaan ia pun mendapatkan penjelasan tentang kondisinya, bahwa yang ia derita adalah hiperhidrosis, tidak berbahaya tetapi jika terus menggangu dapat dilakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat, agar sembuh dari hiperhidrosis. Dan operasi itu harus ditangani oleh dokter spesialis bedah, nanti kalau mau operasi saya kasih rujukan ke teman saya, dokter spesialis bedah vaskuler di rumah sakit umum. Terangnya!

Oki pun menanyakan opsi lain selain operasi. Untuk masalah itu, nanti konsultasikan saja ke dokter bedah, karena penyakit hiperhidrosis sangat jarang, jadi saya juga kurang memahami tentang penanganannya lebih lanjut.

Oki pun pulang dengan membawa surat rujukan, dan ia dikenakan biaya konsultasi dokter spesialis kulit sebesar 105 ribu, waktu itu di tahun 2015.

Oki tak bergegas menuju dokter spesialis yang dirujukkan itu, tetapi ia pulang ke rumah dan meminta pertimbangan istri dan ibunya. Ia pun masih diliputi rasa khawatir jika di operasi, takutnya ada efek samping dan tak bisa bekerja seperti biasanya. Tapi jika dibiarkan saja, hiperhidrosis juga mengganggu pekerjaannya.

Dengan perasaan yang dilematis itu, ia pun memutuskan untuk mengunjungi dokter spesialis bedah vaskuler di rumah sakit esok hari. Rencananya pun dilaksanakan, dan ia datang ke rumah sakit umum di temani istrinya, sebagai pasien umum. Tak butuh waktu lama, ia pun datang menemui dokter spesialis bedah vaskuler.

Sesi tanya jawab pun dilakukan dokter untuk mengetahui riwayat kesehatan Oki, dan kemudian dilakukan pemeriksaan fisik, denyut nadi, jantung, dan Oki kemudian diambil sampel darah dan disuruh ke toilet dan diberi botol untuk menyimpan urine, untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

operasi hiperhidrosis

Dokter pun menganjurkan untuk operasi hiperhidrosis untuk mengatasi keringat berlebih di tangan Oki. Karena metode suntik botox yang dilakukan di klinik kecantikan tidak akan bertahan lama, paling lama setahun, dan harus di ulang suntik lagi. Jadi, terserah bapak mau operasi atau tidak. Pungkasnya!

Oki pun menanyakan biaya operasi hiperhidrosis. Dokter kemudian lebih lanjut menjelaskan tentang metode operasi yang dilakukan. Sekarang untuk operasi hiperhidrosis di tangan itu cepat dan tanpa sayatan besar, paling hanya 1 cm saja, biayanya murah koq, cuma 10 juta, dan ditambah biaya administrasi rumah sakit paling banyak 12 juta rupiah.

Mendengar penjelasan dokter, ia pun langsung menganggukkan kepala dan menyetujui operasi hiperhidrosis di tangannya. Dokter pun selanjutnya mengatakan besok bapak kesini lagi, lihat hasil tes darah dan urine, kalau bagus, nanti bisa langsung operasi. Sementara itu, bapak setelah ini menuju ke dokter anastesi untuk berkonsultasi sebelum operasi dilakukan. Terangnya!

Singkat cerita, hasil tes darah dan urine baik dan Oki pun siap menjalani operasi hiperhidrosis yang dijadwalkan jam 1 siang di hari itu juga. Dan kemudian operasi hiperhidrosis dilakukan dengan bius lokal saja, hanya butuh waktu kurang lebih 40 menit, operasi pun selesai. Dan hanya istirahat 2 jam di ruang tunggu operasi, Oki pun langsung diperbolehkan pulang.

Komplikasi Hiperhidrosis

Jika kondisi hiperhidrosis primer terus berlanjut hingga dewasa, maka akan menimbulkan komplikasi seperti infeksi kulit, jamur, ruam, dan sebagainya. Selain itu, mental penderita hiperhidrosis juga akan memburuk karena memunculkan rasa minder atau tak percaya diri, dan tak mampu mengerjakan sesuatu dengan benar, misalnya jika hiperhidrosis membasahi kedua tangannya.

Pencegahan Hiperhidrosis

Karena disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan, maka tindakan pencegahan hiperhidrosis tak dapat dilakukan. Namun, ada cara untuk mengurangi gejala hiperhidrosis sebagai berikut:

  • Gunakan lotion antiperspirant yang bisa di beli di apotik untuk menjaga kulit tetap sehat, dan juga dapat mengurangi keringat berlebih.
  • Konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan atau dokter spesialis bedah torak kordiak vaskuler, jika gejala hiperhidrosis semakin mengganggu aktivitas Anda.

Labels:

Biaya pengobatan hyperhidrosis, biaya untuk menghilangkan penyakit hiperhidrosis, biaya operasi hiperhidrosis

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Cantengan
  2. Pengalaman Operasi CTS : Carpal Tunnel Syndrome
  3. Pengalaman Operasi FAM : Cerita Pengalaman Fibroadenoma Mammae
  4. Pengalaman Operasi Tendon Achilles : Operasi Achilles Tendinitis
  5. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts