Pengalaman Operasi Katarak Mata

Pengalaman Operasi Katarak Mataby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Katarak MataKatarak sudah sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia, terutama para manula. Cuaca panas sepanjang tahun juga mempengaruhi kondisi mata, karena mata sering terkena paparan matahari secara langsung, sehingga seiring bertambahnya usia lensa mata semakin berkurang kemampuannya, dan menyebabkan mata katarak. Karena banyaknya masyarakat yang terkena katarak, sehingga seringkali rumah sakit yang bekerjasama dengan universitas kedokteran […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Katarak sudah sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia, terutama para manula. Cuaca panas sepanjang tahun juga mempengaruhi kondisi mata, karena mata sering terkena paparan matahari secara langsung, sehingga seiring bertambahnya usia lensa mata semakin berkurang kemampuannya, dan menyebabkan mata katarak.

Karena banyaknya masyarakat yang terkena katarak, sehingga seringkali rumah sakit yang bekerjasama dengan universitas kedokteran dan atau perusahaan mengadakan operasi katarak gratis di berbagai kota besar di Indonesia.

Pengalaman operasi katarak mata

Pengertian Katarak Mata

Katarak mata adalah kondisi dimana lensa mata menjadi berkabut dan keruh. Pada awalnya katarak tidak mengganggu penderitanya, karena memang berkembangnya sangat perlahan, dan jika dibiarkan berlarut-larut kondisi mata tersebut semakin berawan dan mata akan kehilangan kemampuan untuk melihat menjadi samar dan berbayang, hingga dalam kondisi tertentu akan benar-benar mengalami kebutaan.

Penyebab Katarak

Faktor usia adalah penyebab utama dari katarak. Seiring bertambahnya usia, kemampuan mata semakin berkurang karena lensa mata makin menebal dan menjadi tidak fleksibel lagi akibat dari gumpalan protein yang menghalangi cahaya ke retina. Akibatnya pandangan menjadi samar, kabur dan kehilangan ketajaman. Mata yang terkena katarak akan semakin menguning kecoklatan.

Adapun faktor lain sebagai penyebab katarak, diantaranya:

  • Akibat trauma yang menyebabkan kerusakan mata, seperti terkena serpihan, kecelakaan, dan sebagainya.
  • Infeksi kehamilan yang berpengaruh kepada anak, yang menyebabkan katarak kongenital.
  • Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang yang bisa menjadi pemicu katarak.
  • Paparan sinar matahari, sinar mesin las, paparan racun, dan sejenisnya.
  • Riwayat keturunan atau keluarga yang mengidap katarak sebelumnya.
  • Pernah melakukan operasi mata.

Gejala Katarak

Gejala katarak bisa ditandai dengan:

  • Mata seperti berkabut
  • Objek yang dilihat menjadi ganda.
  • Kemampuan melihat menurun signifikan ketika cahaya redup.
  • Warna menjadi pudar pada objek yang dilihat.
  • Lingkaran mengelilingi objek yang dilihat.
  • Mata silau ketika melihat cahaya.

Gambar Katarak

mata katarak
gambar katarak

Pengobatan Katarak

Dalam pengobatan katarak, tidak menggunakan obat-obatan tertentu, hanya prosedur operasilah yang dapat memperbaiki kondisi mata yang terkena katarak. Prosedur operasi katarak sangat aman dan tidak diperlukan awat inap pasca operasi.

Pada umumnya operasi katarak yang dilakukan yaitu:

  • Small incision cataract surgery (phacoemulsification). Prosedur operasi yang memanfaatkan gelombang ultasonik untuk memperbaiki lensa, kemudian diambil menggunakan alat hisap. Pada operasi ini diperlukan insisi mikro pada tepi kornea.
  • Extracapsular surgery. Operasi ini dilakukan dengan mengeluarkan inti lensa dengan insisi makro pada tepi kornea. Kemudian dilakukan penggantian lensa intraokular.

Operasi mata katarak dilakukan tanpa bius suntik atau yang dimasukan melalui infus, seperti pada prosedur operasi konvensional. Dokter hanya menggunakan bius berupa tetes mata yang membuat mata mati rasa, sehingga operasi dilakukan ketika pasien sadar tetapi tanpa rasa nyeri. Tindakan operasi katarak hanya dilakukan kurang dari satu jam.

Pengalaman Operasi Katarak Dengan Menggunakan BPJS

Ini adalah pengalaman operasi katarak dengan menggunakan BPJS yang dialami oleh Ibu Santi. Seorang ibu berusia lanjut sekitar 58 tahun. Sebelum operasi dilakukan, mata dari ibu santi selalu mengeluarkan kotoran dan berair, matanya sudah rabun tak mampu melihat dengan jelas, bahkan timbul bayangan pada setiap objek yang dilihatnya (pandangan ganda).

Kemudian di tahun 2017, Ibu Santi yang diantar seorang anaknya meminta rujukan ke puskesmas yang ada di kecamatan tempat tinggalnya. Menunggu antrian puskesmas, dan ketika tiba gilirannya, mata bu Santi diperiksa dokter, kemudian dokter pun langsung memberikan rujukan ke rumah sakit.

Ke esokan harinya, jam 8 pagi Ibu Santi berkunjung ke rumah sakit, dengan nomor antrian yang sudah mencapai nomor 90, tentu butuh kesabaran untuk menunggu giliran. Kartu BPJS pun diserahkan ke loket ketika gilirannya tiba, dan kemudian berjalan menuju poli mata, yang kebetulan dokternya belum hadir, dan akhirnya menunggu kembali di poli mata.

Dokter spesialis mata pun datang, Ibu Santi pun mendapat giliran untuk periksa, kaca mata yang dikenakan Ibu Santi pun dilepas dan kemudian berbaring, dokter memeriksa matanya dengan seksama, disimpulkan bahwa Ibu Santi terkena katarak yang sudah parah, dan disarankan untuk segera operasi.

Dokter pun menjadwalkan seminggu kemudian untuk dilakukan operasi katarak di rumah sakit tersebut. Sementara itu, diberikan resep untuk diambil di apotik di bagian lantai bawah rumah sakit. Sembari pulang, menyerahkan resep ke apotik dan kemudian diberikan bungkusan obat berupa obat tetes mata, yang harus di teteskan setiap pagi dan sore hari.

Seminggu berlalu, Ibu Santi datang kembali sesuai jadwal ke rumah sakit. Kembali nunggu antrian untuk menuju poli mata. Ketika gilirannya tiba, Dokter pun langsung membawa Ibu Santi ke ruang operasi. Tidak membutuhkan waktu lama, sekitar 30 menit Ibu Santi pun keluar dari ruang operasi dengan mata bagian kanan diperban.

Kemudian Ibu Santi sudah langsung diperbolehkan untuk pulang, tidak lupa pula dokter memberikan resep obat untuk diambil di apotek rumah sakit. Operasi katarak dengan BPJS yang sudah dilakukan Ibu Santi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, karena seluruh biaya sudah ditanggung BPJS.

Biaya Operasi Katarak Di Semarang :

Ada dua rumah sakit di Semarang yang bisa melakukan operasi katarak. Biayanya pun berbeda, tentu dengan fasilitas yang berbeda pula.

  • Rumah Sakit Telogorejo, Semarang. Menetapkan biaya operasi katarak sebesar 8,5 juta rupiah.
  • KMN EyeCare Semarang, membagi biaya operasi katarak berdasarkan paket. Terdapat 4 pilihan paket antara lain: Paket Silver (17,5 juta), Paket Gold (20 juta), Paket Toric (30 juta), dan Paket Multifokal (34,3 Juta).

Pengalaman Operasi Katarak Di KMN – Klinik Mata Nusantara

Pengalaman operasi katarak di KMN (Klinik Mata Nusantara) diceritakan oleh Ibu Hj Sumiyati. Kondisi mata Ibu Sumiyati sudah minus sehingga tak mampu melihat tanpa kacamata, dan semakin lama semakin parah. Setelah periksa ke dokter mata, dokter menyarankan untuk segera dilakukan operasi karena kondisi mata tebal kena katarak.

Dokter spesialis mata, kemudian merekomendasikan KMN sebagai tempat operasi karena teknologinya sudah sangat mutakhir, pungkasnya. Entah promo atau tidak, kemudian Ibu Sumiyati pun seminggu kemudian mendatangi KMN Semarang untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Ditawarilah untuk operasi dengan berbagai pilihan paket, dan harganya pun sangat mahal, sehingga butuh waktu lagi untuk memutuskan apakah di operasi di KMN atau tidak.

Tiga hari kemudian, Ibu Sumiyati pun datang kembali ke KMN untuk melakukan operasi, dan memutuskan untuk memilih paket termurah, sekitar 17 juta rupiah per mata untuk operasi katarak.

Operasi dilakukan hanya sekitar 30 menit, tanpa rasa sakit yang dirasakan, dan hasilnya pun cukup memuaskan karena dalam satu minggu pemulihan mata bisa kembali dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata.

Biaya Operasi Katarak Di JEC

Operasi katarak di JEC menerapkan teknologi laser femtosecond, sehingga memungkinkan operasi katarak mata dapat dilakukan dengan cepat, serta pemulihan yang singkat. Teknologi laser tersebut memungkinkan setiap orang yang menjalani operasi katarak bisa langsung pulang tanpa adanya rawat inap.

Per Maret 2018, JEC telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga operasi katarak di JEC bisa menggunakan kartu BPJS, jadi seluruh biaya operasi akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Adapun biaya operasi katarak di JEC secara mandiri tanpa menggunakan BPJS Kesehatan berkisar antara 8-20 juta rupiah.

Biaya Operasi Mata Katarak Di Medan

Ada dua rumah sakit di Medan yang bisa kami rekomendasikan untuk melakukan operasi katarak mata. Yaitu:

  • Rumah Sakit Estomihi yang berada di Jalan Pabrik Tenun No 51. Menetapkan biaya operasi katarak sebesar 8 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Khusus Mata Prima Vision, menetapkan harga bervariasi mulai dari 10-30 juta rupiah.

Pengalaman Setelah Operasi Katarak : Pengalaman Pasca Operasi Katarak

Pengalaman setelah operasi katarak dari Ibu Yanti. Bahwa pasca operasi katarak pemulihan mata sekitar satu minggu, setiap hari diberikan obat tetes mata dengan membuka perban mata, kemudian mengistirahatkan mata kembali. Kemudian kontrol kembali ke dokter di rumah sakit, perban pun sudah boleh di buka dan mata sudah mulai ada perkembangan. Tetapi belum secara jelas dapat melihat, karena masih nampak buram, butuh waktu lebih lama kata dokter, hingga mata benar-benar sembuh.

Pada masa pemulihan itu, mata sering terasa gatal, mungkin karena proses adaptasi lensa baru, tetapi dokter melarang untuk menguceknya, apalagi menggaruknya.

Setelah satu bulan barulah mata bisa melihat objek dengan jelas, tetapi memang tidak setajam mata normal, kemudian Ibu Yanti dianjurkan untuk selalu memakai kacamata agar mata selalu terlindungi. Keluhan mata yang keluar kotoran terus sudah tidak ada lagi.

Komplikasi Katarak

Jika tidak mendapat penanganan yang baik, kekeruhan mata penyebab katarak akan semakin parah, hingga pandangan mata menjadi terganggu. Tetapi tidak ada komplikasi serius pasca operasi katarak dilakukan, kecuali ada penyakit mata lainnya.

Pencegahan Katarak Mata

Meski tidak diketahui penyebab pasti dari terbentuknya katarak, tetapi pada umumnya dapat dilakukan tindakan pencegahan katarak antara lain:

  • Gunakan obat mata ketika mengalami iritasi, tidak menguceknya secara berlebihan.
  • Jika mata merah tak kunjung reda, segera periksa ke dokter spesialis mata.
  • Gunakan kacamata sebagai pelindung dari paparan sinar matahari secara langsung, dan berbagai risiko debu atau kotoran ketika berkendara.
  • Bagi penderita diabetes, penting sekali menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, karena dapat mempengaruhi terbentuknya katarak mata.
  • Jaga jarak menonton TV atau menghadapi layar monitor yang memiliki radiasi tinggi terlalu lama.
  • Perbaiki pencahayaan di rumah, jangan terlalu redup.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Ablasio Retina
  2. Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien
  3. Pengalaman Operasi FAM : Cerita Pengalaman Fibroadenoma Mammae
  4. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
  5. Pengalaman Operasi Tiroid : Operasi Kanker Tiroid – Operasi Kelenjar Tiroid – Operasi Kelenjar Gondok
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts