Pengalaman Operasi Lambung Bocor

Pengalaman Operasi Lambung Bocorby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Lambung BocorSeperti yang kita ketahui, perut memiliki banyak organ vital yang berlindung di dalamnya. Banyak sekali gejala penyakit yang berawal dari perut, seperti nyeri perut, ulu hati, mual, dan sebagainya. Beberapa penyakit yang diawali dengan gejala tersebut seperti tukak lambung, maag, dan asam lambung naik. Lambung sebagai penerima makanan dari kerongkongan untuk dicerna dan mengolahnya dengan […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Seperti yang kita ketahui, perut memiliki banyak organ vital yang berlindung di dalamnya. Banyak sekali gejala penyakit yang berawal dari perut, seperti nyeri perut, ulu hati, mual, dan sebagainya. Beberapa penyakit yang diawali dengan gejala tersebut seperti tukak lambung, maag, dan asam lambung naik.

Lambung sebagai penerima makanan dari kerongkongan untuk dicerna dan mengolahnya dengan asam dan enzim. Organ ini terletak di perut bagian atas, tepatnya di sisi kiri perut. Masalah lambung bocor diawali dengan penyakit maag dan tukak lambung yang menyebabkan pengikisan dinding usus akibat bakteri Helicobacter Pylori, dan jika kondisi tukak lambung terus dibiarkan tanpa penanganan yang tepat maka bisa menyebabkan lambung bocor dan bisa berakibat fatal.

Dalam artikel ini akan diulas penyebab dan gejala lambung bocor, pengobatan lambung bocor, pengalaman operasi lambung bocor, biaya operasi lambung bocor, dan segala yang terkait dengan penyakit lambung bocor.

Pengalaman operasi lambung bocor

Pengertian Lambung Bocor

Lambung berada di sisi kiri perut bagian atas yang berfungsi mencerna makanan. Gangguan lambung seperti maag dan tukak lambung bisa menyebabkan peradangan dan pengikisan pada dinding lambung yang pada akhirnya bisa menyebabkan lambung bocor.

Secara medis, lambung bocor dikenal dengan istilah perforasi, yaitu kondisi dimana terjadi kebocoran pada bagian dinding lambung. Ketika terjadi kebocoran lambung akibat peradangan dan pengikisan lambung maka bisa terjadi komplikasi penyakit lainnya karena makanan yang ada dalam lambung bisa keluar melalui lubang tersebut dan masuk ke rongga perut, dimana banyak organ lain di dalamnya, sehingga menyebabkan infeksi dan gangguan pencernaan.

Apa Yang Terjadi Jika Lambung Bocor

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, fungsi lambung adalah mencerna makanan dari kerongkongan dan mengolahnya dengan enzim dan zat asam agar makanan dapat diserap tubuh. Jika terjadi masalah pada lambung maka bisa terjadi gangguan pencernaan.

Jika terjadi kebocoran lambung, maka makanan yang masuk ke lambung dan zat asam yang di produksi lambung bisa keluar dan mencemari isi dalam perut yang mana banyak organ penting di dalamnya seperti empedu, ginjal, hati, pankreas. Jika makanan dan zat asam masuk ke rongga perut maka bisa terjadi infeksi dan berbagai gangguan lainnya, yang bisa berakibat fatal yang berujung kematian.

Gejala Lambung Bocor

Jika mengalami lambung bocor, maka akan diawali dengan beberapa gejala berikut ini, antara lain:

  • Perut terasa sangat nyeri.
  • Dada dan ulu hati terasa sangat sakit.
  • Rasa mual dan ingin muntah.
  • Perut membuncit.
  • Kesulitan bernafas atau sesak nafas.
  • Sulit BAB (buang air besar).
  • Pada kebocoran lambung bisa terjadi demam tinggi karena infeksi.
  • Gangguan pencernaan.
  • Muntah darah.

Penyebab Lambung Bocor

Pada umumnya, lambung bocor disebabkan atau diawali oleh penyakit lain atau akibat dari efek samping tindakan lain, seperti:

  • Menderita tukak lambung yang kronis, dimana terjadi pengikisan dinding lambung yang disebabkan jamur dan bakteri Heliobacter pylori.
  • Cedera perut, bisa terjadi karena kecelakaan, tusukan, tertembak, dan sebagainya.
  • Menelan bahan kimia atau benda asing.
  • Karena adanya kanker lambung.
  • Efek samping dari operasi pengangkatan polip lambung, dan sejenisnya.
  • Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol.

Makanan Penyebab Lambung Bocor

Sebenarnya tidak ada makanan yang spesifik menjadi penyebab lambung bocor, tetapi ada beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya tukak lambung (pengikisan dinding usus) dan maag (peradangan usus) yang kemudian menjadikan lambung bocor, antara lain:

  • Makanan pedas. Sayangi usus dengan menghindari makanan pedas, karena makanan pedas bisa memicu peradangan.
  • Makanan asam. Makanan yang asam seperti buah kedondong, jeruk lemon, dan buah asam lainnya sebaiknya dihindari.
  • Segala jenis makanan yang tidak higienis. Karena tukak lambung disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dan jamur. Jadi, hati-hati lah memilih makanan untuk dikonsumsi karena bisa jadi mengandung bakteri.

Gambar Lambung Bocor

gambar lambung bocor
operasi lambung bocor

Pengobatan Lambung Bocor

Dokter akan melakukan diagnosa terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan fisik dan endoskopi. Jika ditemukan peradangan pada lambung, maka kemudian dokter akan meresepkan obat pereda nyeri, obat untuk asam lambung, dan antibiotik agar terhindar dari infeksi. Sebagai tindakan pertolongan pertama.

Jika gejala terus berlanjut yang disertai rasa nyeri berlebih penderita, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti rontgen, CT Scan dan MRI. Jika ditemukan peradangan akut atau lambung bocor, maka tindakan operasi harus segera diterapkan untuk mencegah berbagai komplikasi yang mungkin ditimbulkan.

Lambung bocor merupakan kondisi darurat yang butuh tindakan segera. Pasien akan dibawa ke ruang ICU untuk dipasang peralatan oksigen, infus, dan peralatan pendukung lainnya, agar makanan yang masuk ke lambung tidak keluar melalui dinding lambung yang bocor sehingga diperlukan asupan makanan melalui infus, dan peralatan oksigen.

Apakah Lambung Bocor Bisa Menyebabkan Kematian

Jawabannya adalah Iya, lambung bocor bisa menyebabkan kematian, jika kondisi tersebut dibiarkan tanpa penanganan dengan segera.

Jika dibiarkan saja, maka penderita akan mengalami nyeri ulu hati seperti terbakar, disertai perut yang membuncit, rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat penderita pingsan dalam satu jam. Isi lambung akan keluar dan masuk ke rongga perut yang bisa mengakibatkan peritonitis, yaitu infeksi pada dinding dalam perut yang melindungi organ dalam, sehingga terjadi komplikasi pada organ lain dalam perut yang bisa menyebabkan kematian.

Biaya Operasi Lambung Bocor dengan BPJS

Pada dasarnya, BPJS akan menanggung biaya dari segala tindakan pelayanan kesehatan dari mulai pencegahan, rawat jalan, rawat inap, operasi hingga pasca operasi. Tetapi karena sistem yang digunakan adalah gotong royong, maka tidak semua biaya akan ditanggung oleh BPJS seluruhnya, karena pelayanan BPJS Kesehatan harus merata dengan prinsip berkeadilan.

Operasi lambung bocor merupakan operasi besar dengan biaya yang besar pula. BPJS akan menanggung biaya operasi tersebut, tetapi ada beberapa biaya yang tidak di cover BPJS untuk operasi lambung bocor, antara lain:

  • Rawat inap lebih dari 3 hari, sesuai kelas peserta.
  • Biaya pemeriksaan lanjutan seperti tes darah, CT Scan, MRI.
  • Peralatan pendukung selama perawatan dalam ICU.
  • Obat-obatan berjenis premium.

Perawat atau suster akan mengkonfirmasikan setiap pengobatan, atau perawatan yang tidak ditanggung BPJS kepada pasien, karena butuh persetujuan, dan biaya tambahan tersebut akan dikenakan kepada pasien, baik langsung atau akan keluar dari rumah sakit.

Biaya Operasi Lambung Bocor di Rumah Sakit Swasta di Indonesia

Salah satu rumah sakit swasta yang bisa menangani operasi lambung bocor pada anak adalah Rumah Sakit Bunda Margonda, Depok, Jawa Barat. Biaya operasi lambung bocor di rumah sakit swasta tersebut adalah 37 juta rupiah.

Biaya tersebut belum termasuk rawat inap, biaya ICU yang bisa sampai 1 juta per hari, kunjungan dokter, dan biaya peralatan yang digunakan selama perawatan. Jadi, biaya keseluruhan untuk operasi lambung bocor bisa mencapai 50-60 juta rupiah.

Biaya Operasi Lambung Bocor di Penang

Salah satu rumah sakit di Penang yang memiliki spesialisasi penyakit pencernaan adalah rumah sakit Island Hospital Penang. Anda dapat melakukan booking secara online dan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menuju ke Island Hospital.

Biaya operasi lambung bocor di Penang, Island Hospital berkisar antara 50 juta rupiah. Biaya tersebut hanya per tindakan operasi lambung bocor saja, belum termasuk biaya rawat inap, obat-obatan, perawatan intensif dan konsultasi dokter.

Biaya Operasi Lambung Bocor di Singapura

Singapura sangat terkenal dengan fasilitas kesehatan berkelas internasional, sehingga sepuluh tahun terakhir ini Singapura menjadi rujukan pengobatan penyakit tertentu. Ada banyak rumah sakit yang berada di Singapura, antara lain Mount Elizabeth Hospital, Mount Alvernia Hospital, Farrer Park Hospital, dan Parkway East Hospital.

Salah satu rumah sakit di Singapura yang memiliki fasilitas khusus saluran cerna adalah rumah sakit Mount Alvernia Hospital. Biaya operasi lambung bocor di Singapura pada rumah sakit tersebut sekitar 60 juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk kamar rawat inap, peralatan penunjang, perawatan intensif di UGD, konsultasi dokter, dan obat-obatan.

Pengalaman Operasi Lambung Bocor

Ini adalah kisah pengalaman operasi lambung bocor yang dialami Mario, namun cerita ini datang dari seorang teman Mario yang bernama Hari, karena Mario adalah perantau asal luar Jawa yang kebetulan bertemu di salah satu proyek pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah.

Hari adalah teman satu proyek sekaligus satu kontrakan dengan Mario. Setiap hari mereka keluar malam mencari hiburan melepas penat setelah bekerja, merokok dan minum minuman beralkohol sudah menjadi kesehariannya.

Setahun sudah Mario bekerja bersama dengan Hari mengerjakan proyek. Dan suatu ketika Mario mengeluh karena dadanya terasa seperti terbakar, mungkin maag-nya kambuh, pikir Hari, karena Mario juga terkadang mengeluh sakit maag, tetapi tidak separah itu. Sehingga Hari memapah Mario istirahat. Mario terduduk mengerang kesakitan, dan hingga satu jam ia terduduk istirahat, kemudian malah pingsan. Sehingga dengan terburu-buru mengambil mobil proyek, Hari membawa Mario ke RSI Fatimah.

Setibanya, Mario langsung dibawa ke ruang IGD untuk perawatan intensif. Hari pun mengurus administrasi dengan kartu Jamsostek milik Mario yang merupakan fasilitas kesehatan yang diberikan perusahaan, karena waktu itu sekitar tahun 2010 belum ada BPJS Kesehatan seperti sekarang.

Sementara Mario berada di IGD, Hari pun kembali bekerja karena jarak rumah sakit dengan proyek memang cukup dekat, dan Hari pun meninggalkan nomor telepon ke suster dengan berpesan jika Mario sudah siuman agar segera menghubunginya, karena keluarga Mario memang jauh di luar Jawa. Sehingga Hari lah yang bertanggung jawab mengurus segala keperluan Mario selama perawatan di rumah sakit.

Selepas kerja Hari pun kembali lagi ke rumah sakit, dan Mario masih berada di IGD, beberapa selang dan peralatan pendukung terpasang di badannya, entah apa yang terjadi, karena Hari belum bertemu dengan dokter yang menanganinya.

Esok pagi, Hari izin tak berangkat kerja dan pergi ke rumah sakit. Mario pun sudah siuman dan sudah berbicara meski selang infus masih melekat di lengan kirinya. Hari pun menemui dokter dan menceritakan apa saja yang dikeluhkan Mario selama ini, dan kemudian dokter pun melakukan pemeriksaan lanjutan di ruang khusus endoskopi.

Setelah selesai, dokter pun menceritakan bahwa Mario mengalami peradangan lambung (tukak lambung) yang sudah mengikis dinding lambung, agar lebih pasti, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan USG dan CT Scan untuk memastikan tidak ada hal lain yang mendera Mario.

Esok harinya, Hari kembali bertemu dengan dokter yang menangani Mario, dan dokter pun mengatakan bahwa Mario telah mengalami lambung bocor, dan harus segera di operasi, karena jika tidak ditangani segera akan sangat berbahaya yang bisa mengancam nyawanya. Hari pun menyetujui anjuran dokter sebagai orang yang bertanggung jawab atas Mario, dan dua hari kemudian akan dilakukan operasi lambung bocor.

Sementara itu, Mario masih harus di infus untuk mencegah makanan masuk ke lambung dan keluar melalui dinding lambung yang bocor menuju rongga perut. Sehingga makanan harus diganti dengan infus, meski perawat pun setiap pagi siang dan sore membawakan bubur, dan dua butir telur rebus.

Pemeriksaan darah, tensi, dan rekam jantung, serta konsultasi dengan dokter anestesi pun dilakukan sebagai persiapan sebelum operasi, untungnya tidak ditemukan masalah lain, sehingga esok harinya Mario siap menjalani operasi lambung bocor.

Waktu operasi pun tiba, Mario dibawa ke ruang operasi, dan Hari pun absen bekerja dan memilih menunggui sahabatnya itu selama operasi. Kurang lebih 2 jam Hari menunggu di luar ruang operasi. Dan akhirnya suster mengatakan bahwa operasi berjalan lancar, dan Mario masih berada di ruang persiapan dalam keadaan masih tak sadarkan diri, dan suster pun menyuruh menunggu sekitar 2 jam lagi, hingga Mario terbangun.

Setelah dua jam, Mario pun dibangunkan oleh suster dan dibawa ke kamar rawat inap. Sesaat ia sadar dan kemudian ia pun tertidur lagi hingga malam hari. Teman-teman kerja nya pun bergantian mengunjungi Mario, setelah mendapat kabar Mario sudah siuman di kamar rawat inap kelas VIP waktu itu.

Ketika Mario tersadar, sakit yang pertama ia keluhkan adalah tenggorokannya yang terasa terbakar, karena sakitnya luar biasa, kering dan susah menelan. Hari pun menyodorkan air aqua gelas untuk diminum Mario. Sedikit demi sedikit meski terasa sakit, tapi air itu pun habis karena memang ia telah berpuasa dari kemarin hingga saat ini baru terisi air.

Sekitar 1 minggu, sejak Mario masuk rumah sakit di UGD selama 1,5 hari, dan 2 hari persiapan operasi, ditambah 3 hari pasca operasi lambung bocor. Mario pun di perbolehkan pulang oleh dokter, dan diwajibkan kontrol seminggu kemudian.

Karena menggunakan kartu asuransi Jamsostek, dari perusahan bonafit tentu mendapatkan pelayanan yang cukup memuaskan, sehingga ketika keluar dari rumah sakit, tak ada biaya sepeserpun ditagihkan ke Hari atau Mario selama perawatan.

Waktu pemulihan Mario berjalan selama satu bulan, ia absen tak berangkat bekerja karena di minggu pertama saja, hanya untuk sekedar batuk atau mengejan ketika BAB sudah terasa nyeri di bagian perut atas kirinya. Ia menolak untuk kembali ke kampung halaman, dan memilih istirahat total di kontrakan, dan berkahnya adalah ia sudah tak lagi menyentuh minuman keras hingga saat ini.

Makanan Untuk Penderita Pendarahan Lambung

Jika terjadi perdarahan lambung maka segerakanlah untuk mengunjungi dokter terdekat karena kondisi tersebut membutuhkan tindakan segera. Peradangan terjadi karena maag kronis dan tukak lambung akibat bakteri. Untuk itu hanya konsumsi makanan yang tidak memicu peradangan lambung seperti sayur bayam, daun singkong, bubur beras atau gandum, dan sop.

Makanan Untuk Penderita Lambung Luka

Beberapa anjuran makanan untuk penderita lambung luka antara lain:

  • Makanan yang lunak seperti bubur, telur, roti tawar.
  • Sop bening sangat bagus untuk menambah energi.
  • Sayuran singkong dan bayam.

Konsumsi makanan tersebut di atas minimal selama satu minggu, dibarengi dengan rebusan kunyit, serta madu pagi dan menjelang tidur. Dan harus menghindari beberapa makanan berikut:

  • Mie instan, dan segala makanan ber-santan.
  • Buah yang memiliki kandungan gas tinggi seperti nangka, durian, tomat, nanas.
  • Labu siam, tauge dan kol yang bisa memicu asam lambung.
  • Hindari minum teh, soda, kopi, dan alkohol.
  • Hindari segala makanan yang berlemak.

Buah Yang Cocok Untuk Lambung Bocor

Meskipun buah sangat bagus dan mengandung banyak vitamin, tetapi ada banyak sekali pantangan memakan buah bagi penderita lambung bocor. Jadi, penderita lambung bocor hanya memiliki pilihan buah yang sangat terbatas untuk dikonsumsi antara lain pisang, pepaya, pir, dan apel.

Efek Samping Operasi Lambung Bocor

Operasi lambung bocor tergolong sebagai operasi besar karena harus membuka perut, yang pasti akan meninggalkan efek samping setelah operasi lambung bocor, antara lain:

  • Infeksi pasca operasi lambung bocor.
  • Terjadinya perdarahan lambung.
  • Kekambuhan lambung bocor.
  • Komplikasi penyakit lainnya, seperti usus buntu, ginjal, dan sebagainya.
  • Gangguan pencernaan.
  • Memicu kanker lambung.

Pencegahan Lambung Bocor

Agar terhindar dari lambung bocor, maka lakukan tindakan pencegahan berikut ini:

  • Jangan berlebihan konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti makanan pedas, berlemak tinggi, dan makanan asam.
  • Tinggalkan rokok dan minuman ber-alkohol sesegera mungkin.
  • Olahraga secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjadi tubuh selalu fit.
  • Jika mengalami masalah maag atau tukak lambung, segera periksa ke dokter, dan jangan biarkan berlarut-larut.

Labels:

Perkembangan anak setelah operasi lambung bocor, Foto endoskopi luka lambung, operasi bocor lambung

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi GERD : Pengalaman Operasi Lambung
  2. Pengalaman Operasi Katup Jantung Bocor
  3. Pengalaman Operasi Perlengketan Usus : Usus Lengket
  4. Pengalaman Operasi Batu Empedu
  5. Pengalaman Operasi Usus Buntu
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts