Pengalaman Operasi Mammae Aberans

Pengalaman Operasi Mammae Aberansby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Mammae AberansBagi perempuan yang masuk masa pubertas tentu akan memicu berbagai hormon sehingga alat-alat reproduksi mulai aktif. Jika terdapat benjolan aneh di sekitar payudara atau di ketiak kanan atau kiri dan semakin membesar lalu terasa nyeri ketika akan datang bulan, bisa jadi itu adalah Mammae Aberans. Mammae Aberans adalah jaringan payudara abnormal, yang muncul akibat dari […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Bagi perempuan yang masuk masa pubertas tentu akan memicu berbagai hormon sehingga alat-alat reproduksi mulai aktif. Jika terdapat benjolan aneh di sekitar payudara atau di ketiak kanan atau kiri dan semakin membesar lalu terasa nyeri ketika akan datang bulan, bisa jadi itu adalah Mammae Aberans.

Mammae Aberans adalah jaringan payudara abnormal, yang muncul akibat dari embriogenesis yaitu kelainan ketika dalam kandungan. Yuk baca terus artikel ini untuk mempelajari selengkapnya tentang mammae aberans, dan adapula kisah pengalaman operasi mammae aberans yang bisa dijadikan gambaran bagaimana proses operasi dan berapa lama penyembuhan mammae aberans.

Pengalaman Operasi Mammae Aberans

Pengertian Mammae Aberans

Mammae aberans adalah kelainan regresi dari payudara yang menimbulkan benjolan yang berisi campuran lemak dan kelenjar menyerupai payudara yang biasanya tumbuh segaris dengan payudara, yaitu di ketiak kanan atau kiri, dada, dan ada sedikit kasus yang tumbuh di area lain seperti perut, dan area segaris dengan puting lainnya.

Layaknya payudara, mammae aberans juga terhubung dengan adanya perubahan hormonal. Misalnya mengeras ketika ada rangsangan, nyeri ketika menstruasi, dan gejala lainnya. Umumnya, mammae aberans tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan rasa nyeri kepada penderitanya ketika terjadi perubahan hormon.

Mammae Aberans Kongenital

Mammae aberans kongenital adalah kelainan bawaan (sebelum atau saat lahir) dari tumbuhnya tumor jinak yang menyerupai payudara. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor genetik, dimana ada riwayat keturunan keluarganya yang juga menderita mammae aberans.

Tanda Dan Gejala Mammae Aberans

Beberapa tanda dan gejala Mammae Aberans, antara lain:

  • Muncul benjolan di ketika kanan atau kiri dengan pertumbuhan yang sangat lambat.
  • Rasa nyeri muncul ketika ada perubahan hormonal, seperti ketika akan datang bulan.
  • Benjolan sangat lunak menyerupai payudara tanpa puting.
  • Jika benjolan di tekan bisa menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab Mammae Aberans

Penyebab munculnya mammae aberans tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya mammae aberans, antara lain:

  • Faktor genetik, dimana ada riwayat keluarga yang menderita mammae aberans.
  • Embriogenesis, yaitu kelainan yang terjadi saat janin masih dalam kandungan.

Gambar Mammae Aberans

pengobatan mammae aberans
gambar mammae aberans

Pengobatan Mammae Aberans

Mammae aberans pada umumnya tidak diperlukan adanya penanganan khusus jika benjolan tidak mengganggu dan menimbulkan gejala kepada penderitanya. Namun jika benjolan tersebut semakin besar, dan memberikan berbagai gejala serta memberikan rasa khawatir yang berlebihan yang bisa mengakibatkan menunrunnya kondisi mental, maka dokter akan menganjurkan tindakan operasi untuk mengangkat mammae aberans.

Diagnosa Mammae Aberans

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Jika dibutuhkan maka dokter akan melakukan pemeriksaan dengan alat penunjang seperti biopsi dengan cara mengambil sampel jaringan pada benjolan dengan menggunakan jarum halus, yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan di laboratoium.

Selain itu, untuk mengetahui citra dari benjolan, maka pemeriksaan CT Scan perlu dilakukan atau metode pemeriksaan Mamografi dengan sinar x tingkat rendah perlu ditegakkan untuk mendiagnosa adanya sel tumor atau kanker pada benjolan.

Apakah Mammae Aberans Berbahaya ?

Dari berbagai kasus mammae aberans, umumnya mammae aberans tidak berbahaya karena masuk dalam golongan tumor jinak. Tetapi mammae aberans layaknya payudara yang normal bisa saja ada kemungkinan menjadi pemicu tumbuhnya kanker.

Cara Menyembuhkan Mammae Aberans

Tidak ada penanganan atau obat-obatan khusus untuk menyembuhkan atau menghilangkan mammae aberans. Metode yang diterapkan dokter untuk menghilangkan mammae aberans adalah tindakan bedah untuk mengangkat jaringan mammae aberans seluruhnya.

Jika kondisi benjolan mammae aberans menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas serta membuat penampilan tidak menarik, segeralah kunjungi dokter spesialis bedah untuk berkonsultasi tentang tindakan lanjutan atas mammae aberans yang Anda alami.

Biaya Operasi Mammae Aberans dengan BPJS

Seperti halnya penyakit kelainanan genetik lainnya, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya operasi mammae aberans. Namun demikian, tidak seluruh biaya akan ditanggung oleh BPJS, seperti misalnya pemeriksaan patologi setelah jaringan mammae aberans sudah diangkat.

Biasanya pasien akan dikenakan biaya tambahan sebesar 400-700 ribu untuk biaya pemeriksaan patologi di laboratorium untuk mengetahui apakah dalam benjolan mammae aberans yang sudah diangkat terdapat sel kanker atau tidak.

Biaya Operasi Tumor Mammae Aberans di Rumah Sakit Swasta di Indonesia

Setiap kota besar memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, termasuk rumah sakit umum hingga rumah sakit swasta berkelas. Setiap rumah sakit swasta biasanya menerapkan biaya operasi yang berbeda, karena tergantung metode operasi, peralatan, obat dan fasilitas yang digunakan. Berikut beberapa rumah sakit rujukan mengenai biaya operasi tumor mammae aberans di rumah sakit swasta di Indonesia.

  • RS Pondok Indah, Puri Indah, Jakarta, memperkirakan biaya operasi tumor mammae aberans sebesar 7-12 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Aprilia, Cilacap. Menetapkan biaya operasi tumor mammae aberans sebesar 5 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta. Biaya operasi tumor mammae aberans sekitar 10-15 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Siloam, Jakarta. Memperkirakan biaya operasi mammae aberans sekitar 7-14 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Advent, Bandung. Menetapkan biaya operasi mammae aberans sebesar 8 juta rupiah.

Biaya Operasi Mammae Aberans di Penang

Salah satu rumah sakit di Penang yang memiliki spesialisasi tumor dan kanker adalah Loh Guan Lye Spesialists Centre. Saat ini banyak layanan konsultasi pengobatan luar negeri, termasuk ke Penang, Malaysia.

Biaya operasi mammae aberans di Penang berkisar antara RM 2500-5000. Biaya tersebut hanya untuk tindakan pembedahan, tidak termasuk resep obat, rawat inap, dan pemeriksaan pendahuluan serta konsultasi.

Biaya Operasi Mammae Aberans di Singapura

Operasi mammae aberans sebenarnya bisa ditangani dengan baik oleh dokter spesialis bedah. Namun demikian, perlu dibantu oleh spesialis anastesi, dan patologi. Singapura memiliki berbagai rumah sakit bertaraf internasional dengan dokter spesialis yang berpengalaman.

Biaya operasi mammae aberans di Singapura berkisar antara S$1500-3500 atau sekitar 15-35 juta rupiah. Rumah sakit di Singapura yang bisa menjadi rujukan antara lain Singapore General Hospital, Mount Elizabeth Hospital, Changi Hospital, dan National University Hospital Singapore.

Pengalaman Operasi Mammae Aberans

Cerita pengalaman operasi mammae aberans ini dikisahkan oleh Siska, perempuan lajang yang masih berusia 19 tahun. Operasi mamae aberans dilakukan pada tahun 2018 di salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu, apa itu Mammae Aberans. Seperti halnya saya waktu itu yang hanya panik, panik, dan panik takut terkena kanker, karena ada benjolan di ketiak kanan saya yang terasa sakit saat mau datang bulan atau menstruasi.

Dari rasa panik itu, saya pun bercerita ke mamah dan mamah bilang untuk coba ke Puskesmas dan tanyakan ke dokter. Besoknya diantar mamah, saya pun pergi ke Puskesmas untuk tanya tentang benjolan di ketiak tersebut, waktu itu benjolan masih kecil. Dan dokter Puskesmas bilang itu hal yang wajar karena kelenjar getah bening bisa membengkak.

Sudah sedikit lega rasanya mendengar penjelasan dokter, jadi tak dilakukan apapun karena katanya juga bisa hilang dengan sendirinya. Tapi rasa sakit di ketiak itu muncul kembali di beberapa bulan setelah periksa ke Puskesmas, dan bengkaknya pun belum hilang.

Jadi saya pun tanya ke seorang bidan yang ada di dekat rumah. Bidan kemudian memeriksa ketiak saya untuk melihat benjolan itu, dan ia memberikan penjelasan yang sama dengan dokter di Puskesmas, jadi membuat perasaan saya lega kembali sehingga beberapa bulan berikutnya pun tetap sakit ketika akan datang bulan.

Dua tahun berlalu sejak keluhan pertama datang, benjolan pun mulai mengganjal dan menimbulkan rasa nyeri ketika di tekan, apalagi ketika akan menstruasi. Jadi mamah saya menyuruh untuk periksa ke dokter spesialis bedah agar ketahuan itu sebenarnya benjolan apa.

Karena punya kartu BPJS Kesehatan, maka saya pun datang ke Puskesmas untuk meminta rujukan agar bisa periksa ke dokter spesialis bedah di rumah sakit. Cukup lama menunggu akhirnya tiba giliran saya untuk diperiksa oleh dokter spesialis. Dokter kemudian menanyakan gejala, lalu menyuruh berbaring untuk memeriksa benjolan di ketiak kanan saya, dan dokter menanyakan sudah berapa lama benjolan itu muncul, saya jawab sudah hampir dua tahun, lalu dokter mempersilahkan untuk duduk mamah dan saya untuk menjelaskan itu benjolan apa.

Dokter menjelaskan bahwa benjolan itu adalah mammae aberans yaitu kelenjar payudara tanpa puting, layaknya payudara yang berisi jaringan otot, lemak dan jaringan ikat, yang sangat dipengaruhi oleh hormon, jadi ketika akan haid pasti nyeri. Mammae aberans tidak berbahaya tetapi jika mengganggu dan menimbulkan rasa nyeri ya harus segera di operasi.

Setelah diskusi dengan dokter, maka saya pun membulatkan tekad untuk berani di operasi pengangkatan mammae aberans di minggu depan. Sementara itu, saya diharuskan datang ke rumah sakit esok hari untuk pemeriksaan sebelum operasi, seperti tes darah dan rekam jantung.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ada kelainan yang ditemukan jadi secara fisik saya sudah siap untuk menjalani operasi mammae aberans, meski secara mental masih merasa takut. Perawat menghubungi agar sehari sebelum operasi harus sudah mengurus kamar rawat inap dan langsung mondok.

Mengikuti kata perawat, saya dan mamah pun siap-siap ke rumah sakit untuk mengurus kamar rawat inap, dapat lah kamar kelas 1, karena waktu itu kamar kelas 2 sudah penuh, yang seharusnya sesuai dengan kelas 2 BPJS yang saya miliki. Perawat di bagian administrasi pun mengatakan tidak apa-apa tetapi akan dikenakan biaya tambahan untuk biaya naik kelas. Mamah pun menyetujuinya.

Setelah tiduran di kamar rawat inap, sorenya saya diperlakukan seperti orang sakit, karena harus di infus padahal saya masih merasa sangat sehat, dan perawat pun mengatakan agar nanti malam harus puasa, tak boleh makan dan minum, minimal selama 6 jam, hingga operasi selesai, karena besok operasi jam 8 pagi.

Esok paginya sekitar jam 6, perawat sudah masuk ke kamar, dan membawa sabun antiseptic untuk dipakai saya mandi agar terbebas dari kuman, dan ia menyodorkan baju operasi selutut, dan menyuruh saya agar tidak mengenakan pakaian dalam setelah mandi, hanya baju operasi itu saja.

Lagi asik nonton Youtube untuk menenangkan pikiran, perawat pun datang sejam sebelum jadwal operasi dan kemudian menanyakan kesiapan saya, dan perawat pun kemudian mendorong ranjang menuju ruang persiapan operasi. Di ruang itu dokter mengenalkan diri masing-masing, ada dokter anestesi, spesialis bedah, dan asisten dokter.

Waktu operasi telah tiba dan saya dipindahkan ke meja operasi yang terasa sangat keras, dipasanglah alat di bagian betis dan dada kanan kiri, lalu saya di infus, dan anestesi dimasukkan ke infus, beberapa saat saya pun tertidur, tak berasa apa-apa ketika operasi berlangsung.

Lama Penyembuhan Mammae Aberans

Saya tersadar sekitar jam 11 siang, dengan mata yang berkunang-kunang, dan perawat pun kemudian membawa saya ke kamar rawat inap. Efek anestesi masih ada, dan perawat menyuruh saya untuk tidak bergerak, padahal kaki ke pinggul berasa kesemutan, lalu saya pun tertidur lagi hingga jam 6 sore.

Malamnya saya sudah sadar sepenuhnya, dan mulai makan bubur ayam yang dibelikan mamah. Operasi berjalan sukses, sudah melegakan. Kata dokter besok sudah boleh pulang, tetapi sekitar satu minggu lagi harus kontrol dan menunggu hasil dari dokter patologi, untuk mengetahui hasil pemeriksaan isi kandungan dari benjolan itu berbahaya atau tidak.

Esok siang, saya pun pulang ke rumah, dokter pun mengatakan agar bekas luka harus dibersihkan dua kali sehari dengan alkohol. Obat antibiotik dan pereda nyeri harus diminum secara teratur, agar luka cepat kering, saya pun mengiyakan anjuran dokter itu.

Lama penyembuhan setelah operasi Mammae Aberans yang sudah saya jalani sekitar 1 bulan, meski tangan kanan seperti terasa cepat lelah ketika digunakan, tidak seperti sebelum operasi. Rasa nyeri ketika menstruasi tetap masih ada, dan ketiak terasa kopong, karena jaringan lemak juga diambil ketika operasi.

Komplikasi Mammae Aberans

Setiap tindakan operasi tentu sedikit banyak akan menimbulkan berbagai efek samping pasca operasi. Demikian pula dengan mammae aberans, yang mungkin menimbulkan komplikasi seperti:

  • Infeksi yang timbul pasca operasi pada bekas sayatan pembedahan.
  • Kelainan pada saraf di sekitar area pembedahan (kemungkinan sangat kecil dibawah 1%).
  • Menurunnya fungsi organ pada area bekas sayatan, misalnya tangan akan mengalami penurunan kemampuan secara signifikan.

Pencegahan Mammae Aberans

Tidak ada hal yang spesifik untuk mencegah terjadinya mammae aberans, karena mammae aberans terjadi akibat faktor genetik dan embriogenesis. Tetapi bagi ibu hamil harus menjaga kondisi fisik dan mental agar janin dalam kandungannya tetap sehat, tidak terjadi kelainan pada saat kehamilan berlangsung.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi FAM : Cerita Pengalaman Fibroadenoma Mammae
  2. Pengalaman Operasi Mastitis : Operasi Abses Payudara
  3. Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien
  4. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
  5. Pengalaman Operasi UDT : Operasi Penurunan Testis
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts