Pengalaman Operasi Mata Juling : Operasi Strabismus

Pengalaman Operasi Mata Juling : Operasi Strabismusby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Mata Juling : Operasi StrabismusMata juling disebabkan karena tidak adanya koordinasi antara otot yang menggerakkan bola mata, satu mata dengan mata lainnya. Kondisi tersebut bisa merupakan bawaan lahir, karena faktor genetika atau riwayat keluarga merupakan faktor utama penyebab kelainan tersebut. Namun demikian, ada faktor penyebab lain yang bisa terjadinya mata juling seperti lumpuh otak, campak, dan menderita diabetes. Mata […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Mata juling disebabkan karena tidak adanya koordinasi antara otot yang menggerakkan bola mata, satu mata dengan mata lainnya. Kondisi tersebut bisa merupakan bawaan lahir, karena faktor genetika atau riwayat keluarga merupakan faktor utama penyebab kelainan tersebut.

Namun demikian, ada faktor penyebab lain yang bisa terjadinya mata juling seperti lumpuh otak, campak, dan menderita diabetes. Mata juling pada anak-anak juga seringkali disebabkan karena salah satu mata lebih banyak bekerja daripada mata lainnya, sehingga pergerakan kedua mata tak sinkron.

Pengalaman Operasi Mata Juling : Operasi Strabismus

Pengertian Mata Juling

Juling atau dalam bahasa medis disebut Strabismus merupakan kondisi dimana kedua mata tidak lurus memandang objek yang sama, tetapi melihat arah yang berbeda.

Ada beberapa jenis strabismus yang diklasifikasikan berdasarkan arah penglihatan. Seperti misalnya esotropia, dimana mata satu memandang objek dan mata lainnya melihat ke arah dalam. Jika mata lainnya memandang arah luar disebut eksotropia. Dan jika pandangan mata lainnya mengarah ke atas, disebut hipertropia, dan apabila arah mata ke bawah disebut hipotropia.

Gejala Mata Juling

Beberapa gejala yang disebabkan mata juling antara lain:

  • Posisi mata nampak tak sejajar.
  • Pandangan kedua mata tidak sinkron.
  • Akan nampak citra yang berbeda, atau pandangan kabur.
  • Berkurangnya kemampuan memperkirakan jarak.
  • Mata cepat lelah dan tegang.
  • Jika terkena paparan sinar matahari akan sering berkedip.
  • Jika memandang objek, penderita mata juling seringkali memiringkan kepalanya.

Penyebab Mata Juling

Penyebab utama dari mata juling merupakan faktor keturunan. Tapi banyak juga faktor lain yang dapat memicu mata juling, seperti:

  • Infeksi campak.
  • Kelumpuhan otak.
  • Terkena kanker mata.
  • Efek dari diabetes.
  • Benturan karena kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan saraf mata.
  • Kelahiran prematur.
  • Menderita hidrosefalus.
  • Penderita rabun jauh dan atau katarak.

Gambar Mata Juling

Gambar mata juling

Pengobatan Mata Juling

Dokter akan melakukan diagnosa dengan cara melakukan tes mata, dan pemeriksaan mata menggunakan teropong mata untuk melihat otot mata yang dan organ mata secara lebih mendetail. Jika diperlukan, pemeriksaan lanjutan seperti USG mata, dan rontgen akan dilakukan untuk mengetahui pencitraan secara mendetail jika akan dilakukan operasi mata juling.

Operasi mata juling dapat dilakukan dimaksudkan untuk memperbaiki dan meluruskan otot mata agar kedua otot mata menjadi sinkron dalam melihat satu objek.

Macam Macam Mata Juling

Jenis mata juling didasarkan atas bagaimana cara mata berputar, antara lain:

  • Hipertropia: Jika salah satu mata tak fokus pada objek tetapi memandang ke arah atas.
  • Hipotropia: Fokus mata juling mengarah ke bawah.
  • Esotropia: Salah satu mata berputar ke dalam.
  • Exotropia: Salah satu mata tidak fokus ke objek dan memandang ke luar.

Tes Mata Juling

Untuk mengetahui kondisi mata pasien secara lebih detail, dokter akan menerapkan serangkaian tes mata juling dengan cara:

  • Menguji reflek kornea dengan cahaya.
  • Pengujian retina untuk dapat melihat kondisi belakang mata.
  • Pemeriksaan ketajaman penglihatan mata.
  • Uji pergerakan mata.

Apakah Mata Juling Bisa Disembuhkan ?

Ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menyembuhkan mata juling. Baik operasi maupun terapi non bedah. Tetapi metode terapi non bedah tingkat keberhasilannya sangat kecil dibanding dengan dilakukannya operasi.

Mata Juling Sembuh Tanpa Operasi dan Cara Meluruskan Mata Juling Sebelah

Metode penyembuhan mata juling tanpa operasi antara lain:

Menggunakan Kacamata

Meski tak menyembuhkan secara langsung, tetapi penggunaan kacamata dapat membantu penderita mata juling untuk fokus dalam melihat objek.

Terapi Obat

Obat-obatan hanya meringankan gejala mata juling yang membuat mata cepat lelah, sehingga mata dapat lebih rileks dan bisa fokus dalam melihat objek.

Olahraga Mata Juling

Melakukan latihan mata juling secara teratur dapat memperbaiki otot mata yang tidak lurus.

Latihan Mata Juling

Cara latihan mata juling, bisa dilakukan dengan cara:

Push-up Pencil

Letakan pensil sejajar dengan mata, dan lihat pensil tersebut dengan kedua mata. Ikuti gerakan pensil maju dan mundur, dan fokuskan padangan ke objek pensil tersebut. Lakukan latihan tersebut secara teratur.

Brock String

Gunakan 3 buah tali berbeda warna dengan panjang 15 cm. Gantungkan tali tersebut sejajar dengan jarak 20 cm setiap tali. Lalu posisikan hidung dibawah tali dan fokuskan pandangan ke tali tersebut secara berurutan dan bergantian.

Kacamata Untuk Mata Juling

Kacamata hanya bersifat sebagai alat bantu penglihatan bagi penderita mata juling, bukan merupakan pengobatan.

Kacamata dengan lensa prisma dibentuk secara khusus bagi penderita mata juling dengan lensa yang tipis di bagian atas dan bagian dasar yang lebih tebal. Hal tersebut dimaksudkan untuk memindahkan bayangan.

Kacamata dengan nilai 1 prisma maka bayangan akan dipindahkan sejauh 1 cm dari objek sebenarnya yang berjarak 1 meter. Bagian tebal dari kacamata ber-lensa prisma disesuaikan dengan jenis mata juling penderita.

Harga kacamata untuk mata juling dijual dengan harga sekitar 2,5-3,5 juta rupiah. Anda harus datang ke gerai optik terdekat untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan kemudian kacamata ber-lensa prisma akan dibuatkan untuk Anda secara khusus.

Cara Mengatasi Mata Juling Akibat Gadget

Mata juling akibat gadget disebabkan karena kinerja salah satu mata lebih berat. Untuk mengatasi mata juling karena gadget bisa dilakukan dengan cara:

  • Relaksasi mata, menggunakan kompres dingin atau dengan potongan mentimun yang ditempelkan ke kedua mata. Istirahatkan mata agar rileks.
  • Lakukan latihan fokus untuk mata juling, sebagaimana cara yang tertulis di atas.
  • Berikan obat tetes mata juling agar otot mata kembali pulih.

Obat Tetes Mata Juling Di Apotik

  • Cendo Mycos, berupa salep mata dan tetes mata, dijual di apotik dengan harga pasaran 27-37 ribu rupiah.
  • Eyelab, berbentuk kapsul memulihkan otot mata dan membantu pandangan untuk fokus. Dijual di pasaran seharga 150 rupiah untuk 30 kapsul.

Biaya Operasi Mata Juling Dengan BPJS

Mata juling merupakan kelainan bawaan atau karena sebab lain. Operasi mata juling dapat dilakukan kapan saja, baik usia anak-anak ataupun dewasa. Beruntungnya saat ini, BPJS Kesehatan menanggung biaya operasi mata juling sepenuhnya, termasuk biaya kacamata yang akan digunakan pasca operasi mata juling.

Biaya Operasi Mata Juling Di Rumah Sakit Swasta Di Indonesia

Biaya operasi mata juling di rumah sakit swasta ada perbedaan, tergantung dari fasilitas dan metode operasi yang diterapkan. Namun perbedaan antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya tidak terpaut jauh. Mungkin selisih bisa mencapai 1-5 juta rupiah.

Karena mata merupakan organ penglihatan yang sangat penting, maka sebaiknya operasi mata juling dilakukan di rumah sakit spesialis mata yang berpengalaman. Biaya operasi di rumah sakit spesialis mata biasanya lebih tinggi daripada rumah sakit umum.

Biaya Operasi Mata Juling Di Jakarta Eye Center : JEC

Biaya operasi mata juling di JEC sekitar 18 juta rupiah. Biaya tersebut termasuk konsultasi dokter, biaya operasi, biaya administrasi, obat-obatan dan biaya rumah sakit. Pasien setelah operasi mata juling di JEC bisa langsung pulang, sehingga tidak diperlukan rawat inap.

Biaya Operasi Mata Juling Di Cicendo

Cicendo merupakan rumah sakit mata milik pemerintah, sehingga Anda bisa berobat ke RS Mata Cicendo dengan BPJS Kesehatan. Dan pelayanan BPJS juga sama bagusnya dengan pasien umum lainnya.

Biaya operasi mata juling di Cicendo berkisar antara 10-15 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya konsultasi, operasi mata juling, obat-obatan, dan biaya rumah sakit. Tetapi tidak termasuk biaya pemeriksaan pendahuluan seperti tes darah, rontgen, dan tes mata lainnya.

Biaya USG Mata Di Cicendo

USG mata dimaksudkan untuk mengetahui penyebab dari penglihatan yang tak jelas atau keruh. Dan juga menemukan kelainan mata misalnya seperti adanya tumor atau benda asing lain yang mengganggu mata. Biaya USG mata di Cicendo sekitar 360 ribu rupiah.

Biaya Operasi Mata Juling di KMN Eye Care Semarang

KMN Eye Care memiliki beberapa cabang di Jakarta. Biaya operasi mata juling di KMN Eye Care mulai dari 20 juta rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk dengan biaya untuk pemeriksaan pendahuluan sebelum operasi.

Biaya Operasi Mata Juling Di Singapura

Singapore National Eye Centre merupakan salah satu pusat pengobatan segala penyakit mata terbaik yang ada di Singapura dengan dukungan fasilitas yang berkelas internasional juga dokter spesialis mata yang berpengalaman.

Di Singapore National Eye Centre, memberikan pelayanan all in one, dimana Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan pendahuluan di laboratorium rumah sakit lain, tetapi segala hal terkait pemeriksaan pra operasi sudah tersedia disana.

Biaya operasi mata juling di Singapura pada rumah sakit tersebut berkisar antara 40-60 juta rupiah. Biaya tersebut termasuk baiya operasi dan konsultasi serta obat-obatan.

Biaya Operasi Mata Juling Di Penang Malaysia

ISEC (International Specialist Eye Centre) Malaysia memiliki cabang di seluruh kota besar Malaysia, dan salah satunya berada di Jalan Burma, Penang Island. Biaya operasi mata juling di Penang Malaysia berkisar antara 30-50 juta rupiah.

Pengalaman Operasi Mata Juling : Operasi Strabismus

Ini adalah cerita pengalaman operasi mata juling yang di kisahkan oleh Ade, seorang guru agama di salah satu SMP swasta di Cilacap.

Ibu saya juga memiliki mata yang juling, dan saya adalah anak tunggalnya yang juga menderita mata kanan yang juling, jadi saya mendapatkan mata juling ini karena keturunan. Entah dengan kakek atau nenek saya dari garis ibu karena saya sejak lahir sudah tak memiliki keduanya.

Sejak kecil tentu ada perasaan minder memiliki mata kanan yang juling, meski penglihatan saya pun masih normal karena menggunakan kacamata minus yang tebal, tetapi setiap orang hampir selalu memandang rendah saya, seolah-olah saya menderita penyakit aneh.

Hingga seumur hidup ibu saya, ia tak pernah mengeluhkan mata julingnya, sehingga ia pun tak pernah melakukan operasi mata juling. Meski saya menderita mata juling, tapi saya berusaha menutupi kekurangan itu dengan terus belajar dengan keras untuk membuktikan bahwa saya bisa menggungguli orang dengan mata normal yang lain.

Terbukti hingga jenjang SMU, saya selalu berada di ranking 3 besar, tak jarang juga mendapatkan ranking pertama di kelas. Saya pun kemudian melanjutkan kuliah yang mendalami agama di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Meski tetap merasa minder, tapi saya jalani dengan giat belajar, dan setelah 4 tahun berkuliah disana, saya pun di wisuda. Dan kini mengajar di salah satu SMP Swasta di Cilacap.

Singkat cerita, saya menikah dan dari 10 tahun mengajar, saya sudah memiliki tabungan yang cukup. Istri saya pun kemudian mengusulkan agar mata juling saya di operasi. Dan beberapa waktu mempertimbangkannya, saya pun kemudian mencari tahu rumah sakit spesialis mata yang bagus, dan ketemulah KMN Eye Care Semarang.

Saya dan istri pun kemudian bertindak ke Semarang ketika masa liburan sekolah tiba. Mencari penginapan yang dekat di dengan KMN dan kemudian saya mendaftarkan diri untuk berkonsultasi tentang kondisi mata juling saya.

Dokter kemudian melakukan pemeriksaan, katanya ada pergeseran 45 derajat, dan dua otot mata yang harus di operasi untuk memperbaiki mata juling. Dokter selanjutnya menjelaskan tentang risiko kembalinya mata juling tetap ada, dan setelah diperbaiki pun untuk dapat normal 100% butuh waktu 1-5 tahun, dan dokter tidak dapat memastikannya. Tapi tingkat keberhasilan operasi mata juling sangat tinggi, hingga mencapai 80%. Tandasnya.

Mendengar penjelasan itu, saya pun langsung to the point, berapa biaya operasi mata juling di KMN Dok? Sekitar 20 juta rupiah. Saya pun langsung menyetujui untuk di operasi, dan dokter pun kemudian memberitahu prosedur persiapan sebelum operasi mata juling.

Saya kemudian diberikan rujukan untuk pemeriksaan darah, konsultasi ke dokter anestesi, dan pemeriksaan penunjang seperti tensi, dan sebagainya di rumah sakit umum daerah.

Karena jarak rumah saya yang jauh, saya pun mengusulkan untuk dilakukan operasi mata juling dengan segera, dan dokter pun menjawab paling cepat lusa, itu pun kalau kondisi bapak siap yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan pendahuluan yang normal.

Dengan surat rujukan tersebut, saya pun bergegas untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan agar bisa langsung operasi. Singkat cerita, hasil dari pemeriksaan itu, saya dinyatakan normal dan siap menjalani operasi mata juling saya.

Operasi Strabismus

Setelah dokter spesialis mata melihat hasil pemeriksaan dan kembali melakukan pemeriksaan mata saya, sepertinya kedua mata saya harus di operasi karena mata yang kiri pun minus tinggi, jadi bisa sekalian diperbaiki, jadi bapak tidak perlu menggunakan kacamata yang tebal seperti itu, tawarnya!

Jadi total biaya operasi untuk kedua mata bapak sekitar 40 juta, lanjutnya. Saya pun menyanggupinya, dan akan segera dilakukan operasi dua hari berturut, satu hari operasi mata kanan yang juling, dan hari berikutnya untuk mata kiri yang minus.

Jika hanya operasi satu mata, mungkin tak perlu rawat inap, tetapi karena keduanya, saya pun memutuskan rawat inap agar tidak bolak-balik ke penginapan. Suster menganjurkan untuk berpuasa mulai dari jam 12 malam hingga operasi selesai dilakukan.

operasi strabismus

Operasi mata juling pun dilakukan jam 8 pagi, suster membawa saya dengan kursi roda, dan mengantar ke ruang steril, yang merupakan ruang tunggu pasien operasi. Saya pun kemudian masuk ke ruang operasi, dan dokter menyodorkan kertas untuk ditandatangani, tanda persetujuan untuk dibius total. Bius diberikan lewat infus, jadi hanya satu menit infus dipasang saya sudah tak sadarkan diri.

Saya tersadar sekitar jam 2 siang, dan sudah berada di kamar rawat inap, dengan rasa mual ingin muntah, tenggorokan kering dan sedikit sakit untuk menelan, serta pusing kepala. Mata kanan saya di tutup perban. Dan saya yang tak memakai kacamata saat itu pun tak melihat jelas istri saya dengan jelas, pandangan kabur. Dengan perut yang lapar, istri saya pun menyodorkan air putih dan roti tawar dengan selai kacang. Karena tenggorokan masih terasa tak nyaman, hanya sedikit sekali roti yang saya makan.

Dokter kemudian datang jam 3 sore, menanyakan keadaan saya, dan membuka perban mata kanan saya. Saya pun pusing ketika membuka mata, dokter mengatakan itu bukan karena matanya, tetapi karena otak sedang memproses objek yang ditangkap mata, awalnya memang sangat kabur dan merasa mual mungkin karena efek obat bius juga.

Setelah 10 menit, mata kanan saya pun sudah dapat melihat dengan sedikit lebih jelas, dan dokter memberikan kaca untuk dapat melihat mata saya yang sudah tampak normal, tetapi sangat merah. Dokter pun memberikan beberapa anjuran seperti jangan sampai terkena air selama 5 hari, terkena debu, atau paparan sinar matahari langsung, dan bagaimana cara mengoleskan salep mata yang sudah diberikan itu.

Hari berikutnya saya pun menjalani operasi kedua, mata kiri yang minus tinggi. Prosedur operasi hampir sama, saya dibius total dan tak sadarkan diri hingga operasi selesai. Dan saya sadar pun sudah berada di kamar rawat inap.

Sehari menjalani rawat inap pasca operasi kedua, saya pun di ijinkan untuk pulang dan menjalani perawatan dan pemulihan di rumah. Selama satu bulan, kedua mata saya tak pernah terkena air barang setetes pun, kecuali obat mata.

Sebulan pasca operasi mata juling dan mata minus, keseharian saya hanya menggunakan kacamata normal untuk melindungi mata saya dari debu, angin dan paparan matahari langsung. Pandangan pun sudah jauh lebih baik dan berasa hidup menjadi orang normal tanpa pandangan sinis dari orang lain.

Efek Samping Operasi Mata Juling

Mata juling yang tak mendapatkan perawatan dan pengobatan dengan benar maka bisa berakibat pandangan kabur dan mata malas. Tingkat keberhasilan operasi mata juling berkisar antara 60-80 persen. Jadi, ada beberapa efek samping yang mungkin bisa timbul pasca operasi, antara lain:

  • Kambuhnya mata juling pasca operasi.
  • Pandangan ganda.
  • Rusaknya jaringan mata, yang bisa mengakibatkan mata keruh.

Pencegahan Mata Juling

Karena penyebab utama dari mata juling adalah faktor keturunan maka tak ada tindakan pencegahan langsung. Tetapi ada upaya bagi penderita mata juling agar bisa meningkatkan fokus mata dengan cara:

  • Banyak konsumsi vitamin A dan E.
  • Lakukan olahraga mata dengan memfokuskan pandangan ke objek secara berulang dan teratur.
  • Gunakan kacamata lensa prisma untuk dapat membantu fokus penglihatan, sekaligus melindungi mata.
  • Gunakan obat tetes mata untuk meredakan iritasi mata dan kelelahan mata.

Labels:

biaya operasi strabismus di jec, strabismus harus dioperasi tidak?

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Pterigium Mata
  2. Pengalaman Operasi Katarak Mata
  3. Pengalaman Operasi Ablasio Retina
  4. Pengalaman Operasi UDT : Operasi Penurunan Testis
  5. Pengalaman Operasi Mastitis : Operasi Abses Payudara
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts