Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacement

Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacementby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee ReplacementLutut yang merupakan sendi yang menghubungkan tulang kering dengan tulang ujung paha memegang peran penting dalam menopang berat badan dan kaki agar bisa berjalan. Masalah yang bisa menyerang sendi lutut salah satunya adalah osteoarthritis atau pengapuran dan peradangan persendian. Selain pengapuran, sendi lutut juga bisa pecah karena benturan keras ketika kecelakaan yang memerlukan penanganan segera. […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Lutut yang merupakan sendi yang menghubungkan tulang kering dengan tulang ujung paha memegang peran penting dalam menopang berat badan dan kaki agar bisa berjalan. Masalah yang bisa menyerang sendi lutut salah satunya adalah osteoarthritis atau pengapuran dan peradangan persendian.

Selain pengapuran, sendi lutut juga bisa pecah karena benturan keras ketika kecelakaan yang memerlukan penanganan segera. Biasanya tempurung lutut yang retak, pecah, atau patah tidak akan tampak dari luar, tetapi akan membuat penderitanya merasakan nyeri yang luar biasa ketika berusaha untuk menekuk kaki. Jika ditangani oleh orang yang salah, semisal tukang urut, dan sejenisnya, maka bisa berakibat fatal.

Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacement

Pengertian Pengapuran Sendi Lutut

Pengapuran sendi adalah kondisi dimana terjadi pengikisan atau penipisan sendi atau tulang rawan. Orang sering menyebutnya sendi aus. Dalam bahasa medis, kondisi tersebut disebut osteoarthritis (oa). Osteoarthritis disebabkan adanya kerusakan tulang rawan secara progresif yang menyebabkan hilangnya lapisan permukaan tulang, sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika terjadi sentuhan antar tulang.

Sendi lutut sebagai penopang berat badan adalah sendi yang paling sering mengalami pengapuran sendi. Kebanyakan osteoarthritis menyerang orang berusia lanjut, diatas usia 50 tahun. Selain itu orang dengan obesitas dan kelainan bentuk sendi juga sangat berisiko terkena pengapuran sendi.

Total Knee Replacement Adalah ?

Prosedur operasi untuk mengganti tempurung lutut secara total, yang telah mengalami kerusakan akibat pengapuran atau peradangan sendi. Metode untuk melakukan operasi total knee replacement adalah artroplasti, yakni dengan mengganti sendi lutut dengan sendi lutut buatan berbahan logam dan atau plastik.

Gejala Pengapuran Sendi Lutut

Jika terjadi pengapuran atau peradangan sendi lutut, maka penderita akan mengalami berbagai gejala, seperti:

  • Kekakuan sendi. Penderita akan kesulitan menekuk atau menggerakan kaki secara mendadak.
  • Sendi terasa nyeri, menjadi gejala yang paling umum dalam kasus peradangan dan pengapuran tulang. Nyeri akan terus berlanjut yang disertai kekakuan sendi.
  • Tulang lutut memerah dan bengkak. Ini adalah gejala peradangan sendi yang bisa berujung pada pengapuran tulang sendi lutut.
  • Kesulitan berjalan. Efek dari rasa nyeri dan kaku pada sendi lutut menyebabkan penderita mengalami kesulitan berjalan.
  • Perubahan bentuk kaki. Jika tak mendapatkan penanganan dengan cepat, pengapuran sendi bisa merubah bentuk kaki menjadi menyilang (X) atau membulat (O).

Penyebab Pengapuran Sendi Lutut

Pengapuran sendi lutut bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Karena faktor keturunan. Penderita memiliki riwayat keluarga yang mengalami penyakit serupa.
  • Ada kelainan bentuk sendi.
  • Trauma, yang disebabkan benturan keras akibat terjatuh atau kecelakaan.
  • Obesitas memiliki risiko tinggi.
  • Faktor penuaan. Seiring bertambahnya usia, pelumas sendi semakin berkurang dan bisa menyebabkan pengapuran sendi.

Gambar Sendi Lutut

gambar sendi lutut
operasi sendi lutut

Pengobatan Sendi Lutut

Jika pasien datang dengan gejala seperti nyeri pada tempurung lutut, kaki kaku, dan kesulitan berjalan, maka dokter akan melakukan diagnosa dengan melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan tes darah untuk mengetahui gula darah, dan sebagainya. Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan dengan rontgen untuk mengetahui gambaran tentang kondisi lutut sebenarnya.

Jika ditemukan adanya pengapuran sendi dengan kondisi yang belum parah, maka dokter akan melakukan tindakan arthroscopy washout, yaitu pencucian dan pembersihan pengapuran yang dilakukan melalui 2 lubang kecil, dengan tujuan untuk membuang bagian tulang rawan yang menonjol agar mengurangi gejala. Jika diperlukan, dokter akan melakukan perangsangan pertumbuhan tulang rawan baru dengan cara pengeboran.

Pada kondisi pengapuran yang parah (stadium 4), maka harus dilakukan operasi sendi lutut dengan segera. Jika ditunda dan dibiarkan berlarut maka bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal dan operasi yang terlambat tidak akan memberikan hasil yang maksimal, kecuali dilakukan total knee replacement (penggantian sendi lutut secara total) dengan bahan plastik atau logam.

Biaya operasi Penggantian Sendi Lutut BPJS

Peserta BPJS berhak mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit manapun yang bekerjasama dengan BPJS, selama mengikuti aturan dan tidak melakukan pelanggaran yang ditetapkan BPJS Kesehatan.

Sejak 2018, BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya kesehatan pesertanya dari mulai pencegahan, rawat jalan, rawat inap, hingga operasi. Selama operasi tersebut bukan merupakan operasi kecantikan, dan operasi tidak dilakukan di luar negeri.

Jadi biaya operasi penggantian sendi lutut BPJS akan ditanggung sepenuhnya, selama itu merupakan tindakan operasi untuk perbaikan, dan tidak dilakukan di luar negeri.

Adapun biaya tambahan akan dikenakan kepada peserta apabila plafon biaya melebihi ketentuan, misalnya biaya kamar sesuai kelas yang ditanggung BPJS adalah 3 hari, dan selebihnya harus ditanggung peserta. Demikian juga jika peserta menginginkan kenaikan kelas, maka biaya tambahan akan dikenakan ketika akan keluar dari rumah sakit.

Biaya Operasi Penggantian Sendi Lutut Di Rumah Sakit Swasta

Biaya operasi penggantian sendi lutut tentu di tiap rumah sakit akan berbeda, karena berbeda penanganan, berbeda obat, peralatan pendukung, dan fasilitas rawat inap. Namun demikian, ada beberapa rumah sakit swasta di Indonesia yang bisa menjadi bahan rujukan dalam masalah biaya operasi penggantian sendi lutut di rumah sakit swasta, antara lain:

  • Rumah Sakit Premier Bintaro, biaya operasi sendi lutut sekitar 85,5 juta rupiah.
  • Primaya Hospital Tangerang, menetapkan biaya operasi sendi lutut sebesar 55 juta rupiah.
  • Siloam Hospital Kebon Jeruk, memperkirakan biaya operasi sendi lutut sekitar 75 juta rupiah.
  • Rumah Sakit Orthopedi dan Traumatology Surabaya, menetapkan biaya operasi sendi lutut sebesar 95 juta rupiah.

Biaya Operasi TKR

Operasi TKR atau Total Knee Replacement hanya bisa dilakukan di rumah sakit orthopedi yang memiliki fasilitas lengkap dengan material pengganti tempurung yang bervariasi, ada yang terbuat dari plastik, dan adapula yang dari logam.

Harga nya pun sangat bervariasi. Adapun rumah sakit yang biasa menjadi rujukan untuk masalah TKR adalah rumah sakit orthopedi dan THT SS Medika di Jakarta, dan Rumah Sakit Ortopedi Prof Dr. R Soeharso di Surakarta. Biaya operasi TKR di rumah sakit tersebut berkisar antara 70-105 juta rupiah.

Biaya Operasi Tempurung Lutut Pecah

Tempurung lutut pecah harus segera ditangani dokter spesialis tulang, karena akibatnya bisa sangat fatal, jika dibiarkan berlarut-larut atau ditangani oleh dukun tulang atau tukang urut. Operasi adalah jalan satu-satunya yang bisa memperbaiki tempurung lutut pecah.

Biaya operasi tempurung lutut pecah di rumah sakit swasta di Indonesia berkisar antara 40-95 juta rupiah, tergantung metode operasi yang diterapkan dokter. BPJS Kesehatan pun bisa digunakan untuk mengcover biaya operasi tempurung lutut pecah di rumah sakit yang sudah bekerjasama denga BPJS.

Biaya Operasi Sendi Lutut di Penang

Ada dua rumah sakit di Penang yang memiliki spesialiasi orthopedi, yaitu Island Hospital dan Gleneagles Hospital Penang. Kedua rumah sakit tersebut sangat terkenal dengan beberapa masalah tulang seperti:

  • Operasi tulang belakang (spine).
  • Syaraf kejepit.
  • Total knee replacement (TKR).

Biaya operasi sendi lutut di Penang pada kedua rumah sakit tersebut sekitar 90-130 juta rupiah, tergantung material pengganti tempurung yang digunakan. Biaya tersebut tidak termasuk rawat inap, pemeriksaan dan konsultasi dokter, dan obat-obatan.

Biaya Operasi Sendi Lutut di Singapura

Salah satu klinik yang memiliki fasilitas dan spesialisasi orthopedi adalah Dr Vann Orthopedic Clinic, yang mengkhususkan dalam masalah bedah tulang dan orthopedi. Metode yang digunakan dalam operasi total knee replacement pada klinik tersebut adalah Knee Athroplasty.

Biaya operasi sendi lutut di Singapura pada klinik Dr Vann sebesar 120 juta rupiah. Dokter spesialis bedah tulang tersebut juga berpraktek di rumah sakit Gleneagles Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacement

Ini adalah kisah pengalaman operasi sendi lutut yang pernah dialami oleh Putri, seorang perempuan yang kebetulan adalah tetangga penulis, yang rumahnya hanya selisih satu rumah dari rumah penulis.

Cerita ini berawal di tahun 2015, yang ketika itu Putri masih baru lulus dari SMU, dan berkendara menggunakan sepeda motor dengan perempuan sebayanya bernama Rini, yang juga merupakan tetangga depan rumahnya Putri. Singkat cerita, terjadilah kecelakaan di jalan raya dan Putri yang berada di belakang terjatuh dan lutut kanannya menghantam aspal untuk menahan ketika ia terjatuh. Dan Rini yang berada di depan, hanya mengalami luka ringan, karena ini hanya kecelakaan tunggal karena Rini menghindari pejalan kaki yang tiba-tiba melintas, sehingga Rini yang berada di depan lebih siap, dan naasnya, Putri seketika tak mampu berjalan setelah kecelakaan, dan ia langsung dibawa ke rumah sakit umum daerah.

Dokter tak melakukan pemeriksaan secara mendalam, sehingga hanya menduga lututnya hanya terkilir biasa, karena memang pada tempurung lutut kanannya, hanya ada luka goresan yang mengeluarkan banyak darah. Dokter ketika itu hanya membersihkan luka, dan kemudian memperbolehkan Putri untuk pulang agar dilakukan pemulihan di rumah. Keluarga Putri pun membantu memapah Putri dengan tertatih yang hanya menggunakan kaki kirinya saja untuk berjalan.

Seminggu kemudian, setelah luka goresan sudah mengering, orang tua Putri berinisiatif untuk memanggil tukang urut untuk memijit kakinya karena dikhawatirkan keseleo, dengan harapan dapat sembuh kembali. Tukang urut pun kembali datang 4 hari setelah pemijitan pertamanya, dan kembali memijit kaki Putri.

Dua minggu pas pasca kecelakaan, tak ada perubahan berarti meski sudah diurut dua kali. Putri masih tetap tak bisa berjalan. Malahan lutut kaki kanan Putri masih tak bisa digerakkan, sedikit memerah dan membengkak. Hanya sekedar untuk menekuk sedikit saja sakitnya luar biasa. Sehingga keluarganya pun memutuskan untuk memeriksakan ke rumah sakit, yang sebelumnya orang tuanya meminta surat rujukan dari klinik terdekat untuk melakukan foto rontgen, karena menggunakan BPJS.

Dua jam menunggu hasil rontgen, akhirnya keluar juga dan dokter melihat lalu mengatakan bahwa tempurung lutut kanan Putri patah, dimana tulang kering dan ujung tulang paha tidak menyatu, dan dan harus segera di operasi. Kemudian, dokter memberikan surat rujukan untuk operasi di rumah sakit Ortopedi Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Dan dokter menganjurkan Putri untuk menggunakan alat penopang untuk berjalan.

Seminggu kemudian, Putri yang diantar ibunya pergi ke RSO Prof. Dr Soeharso Surakarta berbekal surat rujukan dari RSUD untuk operasi sendi lutut yang patah. Perjalanan ke Solo memakan waktu 5 jam menggunakan kendaraan umum, dan sampai Solo sudah sangat siang, dan akhirnya Putri mencari penginapan yang dekat dengan rumah sakit, agar esok hari bisa mengambil nomor antrian lebih pagi.

Setelah mendapatkan giliran pemeriksaan, dokter spesialis ortopedi melihat hasil rontgen sebelumnya, tentu sudah sangat paham dan sedikit bercerita tentang apa yang akan dilakukan, dan tahapan apa saja yang harus dijalani, baik sebelum dan setelah operasi. Dokter pun menjadwalkan seminggu kemudian operasi akan dilakukan.

Setelah mendengar penjelasan dokter, yang mana proses sebelum dan sesudah operasi membutuhkan waktu yang cukup lama, maka Ibunya pun memutuskan untuk indekost di Solo selama satu bulan, agar lebih mudah dan dekat untuk ke rumah sakit.

Dua hari kemudian pemeriksaan pra operasi pun dilakukan, seperti tes darah, rekam jantung, tes alergi dan CT Scan agar citra lutut kanan Putri lebih terlihat jelas. Dari hasil serangkaian pemeriksaan kondisi gula darah dan jantung sangat normal, sehingga operasi akan dilakukan sesuai yang sudah dijadwalkan.

Sehari sebelum operasi, Putri pun menjalani rawat inap di RSO Prof Dr Soeharso, dan berpuasa selama 8 jam sebelum operasi. Esok harinya, sekitar jam 8 pagi, operasi sendi lutut akan dilakukan, dan Putri pun dibawa keluar oleh perawat menggunakan ranjang dorong jam 7 pagi, menuju ruang persiapan operasi.

Ibunya hanya menunggu di kamar rawat inap, karena perawat berpesan agar Ibunya menunggu di sini saja, karena ia nanti akan dibawa kembali ke kamar rawat inap. Operasi tempurung lutut Putri berjalan sempurna, sekitar jam 11 siang Putri dibawa ke kamar rawat inap, dengan keadaan setengah sadar, karena masih terpengaruh efek anestesi.

Lama Penyembuhan Pasca Operasi Lutut

Setelah 3 hari menjalani rawat inap, Putri di ijinkan pulang, dengan catatan seminggu kemudian Putri harus datang kembali ke rumah sakit untuk menjalani fisioterapi. Seminggu pasca operasi, Putri pun kembali kontrol ke dokter dan dokter kemudian menjadwalkan untuk fisioterapi dua hari sekali selama satu bulan untuk mengembalikan fungsi kaki agar bisa berjalan kembali.

Fisioterapi pun dijalani Putri secara rutin selama 15 kali dalam satu bulan. Beberapa fisioterapi yang rutin ia jalani adalah ultrasound untuk menstimulasi tempurung lutut agar lebih cepat dalam recovery (pemulihan), terapi infrared agar sirkulasi peredaran darah lancar, dan terapi laser agar nyeri pasca operasi lebih cepat hilang, dan terapi fisik, dimana fisio mencoba untuk melatih kaki kanan Putri agar bisa menekuk sedikit demi sedikit.

Hingga fisioterapi dinyatakan lulus, hasilnya pun lutut Putri belum bisa menekuk sepenuhnya, hanya sekitar 30 derajat saja Putri bisa menekuk lututnya dari hasil fisioterapi yang sudah sebulan dijalaninya. Selepas itu, Putri dan ibunya pun kembali ke kampung halaman untuk pemulihan di rumah.

Dua bulan pasca operasi, kaki Putri masih belum bisa menekuk dengan sempurna, bahkan kaki kanan lebih terlihat kecil dibanding kaki kiri karena terlalu banyak berbaring, dan memang tak bisa untuk berjalan.

Setiap hari Putri harus berjuang keras hanya sekedar untuk menekuk lututnya, dan usaha itu baru membuahkan hasil setelah 3 bulan pasca operasi. Kaki kanan sudah bisa ditekuk, tetapi belum bisa berjalan.

Putri baru mulai belajar berjalan setelah 4 bulan pasca operasi. Itupun masih dengan perjuangan keras, karena masih terasa nyeri dan juga otot-otot kaki kanan sudah sangat lemah, hanya berjalan 5-10 meter istirahat. Hingga 9 bulan pasca operasi baru lah Putri bisa berjalan dengan normal, meski belum berani berlari.

Jadi, lama penyembuhan pasca operasi lutut tergantung dari kondisi pasien, normalnya masa pemulihan pasca operasi lutut memakan waktu sekitar 6-12 bulan. Bisa lebih cepat, jika latihan teratur dan bisa lebih lambat jika terlalu memaksakan karena justru akan menimbulkan cedera pasca operasi yang bisa lebih parah.

Efek Samping Operasi Lutut

Setiap tindakan operasi tentu bisa menimbulkan efek samping, tidak terkecuali dengan operasi lutut. Beberapa kemungkinan efek samping operasi lutut yang bisa terjadi, antara lain:

  • Infeksi pada luka bekas operasi, kemungkinan ini sangat kecil dibawah 1%.
  • Sendi lutut buatan tak menyatu atau longgar karena penggunaan yang berlebihan.
  • Kelumpuhan kaki permanen.

Pencegahan Pengapuran dan Cedera Sendi Lutut

Dokter memberikan beberapa anjuran sebagai tindakan pencegahan terjadinya pengapuran atau cedera yang membahayakan lutut, antara lain:

  • Olahraga secara teratur tetapi jangan lakukan aktivitas olahraga yang bisa membebani lutut secara berlebihan. Olahraga yang dianjurkan seperti jogging, bersepeda, dan berenang.
  • Hindari obesitas dengan menerapkan pola hidup sehat.
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi, seperti telur, susu, dan sumsum.
  • Gunakan pelindung lutut ketika berolahraga.
  • Konsumi suplemen dan vitamin D serta kalsium untuk menambah kekuatan tulang dan gigi.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi ACL
  2. Pengalaman Operasi Tulang Belakang
  3. Pengalaman Operasi HNP : Operasi Syaraf Kejepit
  4. Pengalaman Operasi Tendon Achilles : Operasi Achilles Tendinitis
  5. Pengalaman Operasi Patah Tulang
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts