Pengalaman Operasi Sinus Preauricular

Pengalaman Operasi Sinus Preauricularby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Sinus PreauricularMungkin orang banyak tak menyadari bahwa mereka menderita sinus preauricular. Karena memang seringkali sinus preauricular tak menimbulkan gejala apapun selama lubang tersebut tak mengalami infeksi. Lubang yang mirip bekas tindikan itu memang jarang terjadi, berdasarkan catatan, penderita Sinus Preauricular kurang dari 5% di dunia, dan di Indonesia penderitanya kurang dari 1%, sehingga penyakit ini jarang […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Mungkin orang banyak tak menyadari bahwa mereka menderita sinus preauricular. Karena memang seringkali sinus preauricular tak menimbulkan gejala apapun selama lubang tersebut tak mengalami infeksi.

Lubang yang mirip bekas tindikan itu memang jarang terjadi, berdasarkan catatan, penderita Sinus Preauricular kurang dari 5% di dunia, dan di Indonesia penderitanya kurang dari 1%, sehingga penyakit ini jarang diketahui oleh orang awam.

pengalaman operasi sinus preauricular

Pengertian Sinus Preauricular

Sinus Preauricular adalah suatu kondisi dimana terbentuk satu atau dua buah lubang kecil di bagian atas depan telinga, yang merupakan kelainan bawaan ketika dalam kandungan. Dan pada umumnya hanya muncul di salah satu daun telinga saja.

Sinus preauricular berada di tulang rawan daun telinga, yang merupakan kelainan fungsi pendengaran ketika mulai terbentuk saat kandungan berusia 1-2 bulan. Dan akan nampak ketika bayi sudah dilahirkan. Tidak berbahaya tetapi jika lubang sinus preauricular terkena infeksi dan tak mendapatkan penanganan yang baik bisa menyebabkan berbagai komplikasi.

Gejala Sinus Preauricular

Ketika tak terinfeksi, sinus preauricular tak berbahaya dan tak menimbulkan gejala. Namun ketika lubang tersebut terinfeksi, maka akan muncul berbagai gejala seperti:

  • Pembengkakan pada area sekitar telinga.
  • Bau tak sedap dari lubang kecil di area telinga.
  • Daun telinga memerah dan menimbulkan rasa panas dan gatal.
  • Seringkali demam tiba-tiba.
  • Daun telinga menjadi nyeri.

Penyebab Sinus Preauricular

Berdasarkan penelitian, sinus preauricular terbentuk ketika dalam proses pembentukan organ pendengaran. Kelainan sinus preauricular terjadi akibat gagalnya penyatuan jaringan dalam sistem pendengaran. Sehingga lubang sinus preauricular pada tulang rawan daun telinga, bisa muncul satu atau lebih titik lubang yang bersusun.

Gambar Sinus Preauricular

gambar sinus preauricular
sinus preauricular

Pengobatan Sinus Preauricular

Jika lubang sinus preauricular terkena infeksi bakteri dan menimbulkan dampak buruk pada penderitanya, dokter akan melakukan diagnosa untuk mengetahui tingkat infeksi, jika dibutuhkan, dokter akan melakukan pemeriksaan CT Scan atau MRI.

Untuk mengatasi sinus preauricular dengan tingkat yang parah, dokter akan menerapkan prosedur bedah mikro, untuk membersihkan nanah atau kotoran yang melekat di area telinga, kemudian menutupnya agar terhindar dari kekambuhan. Lalu dokter akan meresepkan obat-obatan pereda nyeri dan antibiotik agar bakteri tak berkembang dan mati.

Biaya Operasi Sinus Preauricular

Jika mengalami sinus preauricular, yang menimbulkan berbagai gejala, maka segeralah untuk mengunjungi dokter spesialis THT terdekat di kota Anda. Jika dalam tingkat kewajaran, obat-obatan antibiotik akan sangat efektif untuk mengatasi sinus preauricular.

Namun demikian, jika diagnosa dokter bahwa sinus preauricular, bisa membahayakan maka tindakan operasi perlu diterapkan. Biaya operasi sinus preauricular di klinik atau poli THT, tentu akan berbeda di setiap daerah, tetapi pada umumnya, biaya konsultasi dokter spesialis THT berkisar antara 100-200 ribu, dan untuk operasinya sendiri sekitar 1-2 juta rupiah.

Infeksi Sinus Preauricular

Meski sinus preauricular tidak berbahaya, tetapi posisi lubang sinus preauricular sangat rentan untuk terkena infeksi, yang biasanya disebabkan karena rendahnya tingkat kebersihan lingkungan sekitar, termasuk tangan dan tempat tidur.

Sinus Preauricular Membengkak

Lubang sinus preauricular sangat mudah terinfeksi, terutama ketika tangan yang tidak steril menyentuh bagian telinga, atau ketika terkena paparan debu dan asap jalanan. Sinus preauricular membengkak terjadi karena lubang tersebut terkena infeksi bakteri.

Preauricular Sinus Bernanah

Jika sinus preauricular sudah terjangkit infeksi, maka bukan hanya membuat daun telinga membengkak, tetapi akan bernanah juga, akibat dari abses yang membentuk benjolan berisi cairan nanah dengan bau yang sangat menyengat.

Sinus Preauricular Pada Bayi

Karena disebabkan oleh kelainan ketika dalam kandungan, Sinus preauricular pada bayi tentu tidak dapat dicegah. Namun, Anda tak perlu khawatir selama lubang kecil di bagian atas telinga selalu terjaga kebersihannya.

Jika terjadi infeksi lubang sinus preauricular pada bayi Anda, sebagai langkah awal, segera bersihkan area telinga dengan air hangat, lalu sebaiknya segera untuk pergi ke dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Antibiotik Untuk Preauricular Sinus

Karena tergolong obat keras, obat-obatan antibiotik saat ini tak bisa dibeli di apotik tanpa adanya resep dari dokter. Namun demikian, ada obat luar antibiotik yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada lubang preauricular sinus, antara lain:

  • Scanderma Plus, obat berbentuk kemasan tube ini dijual di apotik dengan harga antara 30-40 ribu.
  • Bevalex, berbentuk salep yang bisa dibeli di apotik seharga 20-30 ribu.
  • Bioplacenton, salep yang dioleskan pada area lubang sinus preauircula yang dijual di apotik deengan harga sekitar 20-25 ribu.

Cara Menyembuhkan Sinus Preauricular

Jika lubang sinus preauricular sudah terinfeksi, maka harus segera ditangani dengan baik. Beberapa cara menyembuhkan sinus preauricular, antara lain:

  • Pastikan untuk membersihkan lubang sinus preauricular dengan alkohol (rivanol), yang bisa dibeli di apotik seharga 4500 rupiah. Gunakan kapas untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan nanah hingga bersih.
  • Berikan salep antibiotik atau betadine pada area lubang.
  • Konsumsi obat antibiotik untuk membunuh bakteri dari dalam tubuh. Namun, obat-obatan antibiotik saat ini tidak dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter.
  • Kunjungi dokter THT terdekat, untuk mendapatkan diagnosa dan resep obat-obatan.
  • Jika keadaan sudah sangat parah, maka tindakan operasi bisa dilakukan.

Cara Menghilangkan Bau Di Lubang Kecil Di Telinga

Bau di lubang kecil di telinga disebabkan karena adanya abses yang berisi nanah. Ketika abses tersebut pecah, maka nanah akan keluar dan menimbulkan bau tak sedap. Untuk menghilangkan bau tersebut, maka harus membersihkan area lubang kecil (sinus preauricular) dengan rivanol (alkohol 70%) menggunakan kapas hingga nanah keluar sepenuhnya. Kemudian oleskan salep antibiotik atau betadine pada area lubang, dan tutup lubang dengan kapas dan perekat agar terhindar

Pengalaman Operasi Sinus Preauricular

Ini adalah cerita pengalaman yang diungkapkan oleh Ibu Marsih, ketika anaknya yang berusia 7 tahun bernama Tono menderita Sinus preauricular.

Sebenarnya sudah sejak bayi Ibu Marsih menyadari tentang adanya satu lubang kecil di bagian atas telinga kiri anaknya. Dan sudah menanyakan ke dokter di Puskesmas tentang lubang itu pun dokter tak mengatakan selama tak menimbulkan gejala apapun, maka tidak berbahaya.

Dan memang selama masih bayi hingga usia 6 tahun tak pernah terjadi apapun, anaknya sehat tanpa gejala apapun. Tetapi ketika sudah mulai bersekolah kelas 1 SD, Tono mulai mengeluh katanya telinga kirinya gatal-gatal, sebentar datang sebentar pergi.

Mendengar keluhan anaknya itu, Ibu Marsih membersihkan telinganya, hingga ke bagian dalam menggunakan cotton bud dan hingga dengan senter kecil karena takut ada apa-apa, atau kemasukan serangga, dan lain sebagainya.

Sebulan setelah keluhan pertamanya, telinga Tono malah ada sedikit benjolan, yang disentuh terasa sakit, telinganya pun memerah dan bengkak, kadang badan Tono juga mengalami demam, meski hanya semalam kemudian bisa menurun panasnya.

Karena sedikit panik, Ibu Marsih pun kemudian membawa Tono ke Puskesmas yang memang tidak jauh dari rumahnya. Setelah dokter memeriksanya, Tono pun diberikan salep dan obat-obatan, termasuk obat penurun panas.

Tiga hari kemudian setelah rutin diberikan salep, telinga Tono mengeluarkan nanah yang baunya menyengat sekali, karena benjolan di telinganya itu pecah. Ibu Marsih pun membersihkan telinga Tono dengan air hangat. Memang bengkaknya berkurang tetapi masih tetapi Tono masih mengeluh adanya rasa gatal.

Hingga obat dari Puskesmas habis, telinga Tono masih merah dan sedikit gatal, tetapi tidak demam, sehingga Ibu Marsih pun hanya rutin membersihkan telinga Tono dan tidak begitu khawatir. Hingga sebulan kemudian, gejala demam dan nyeri telinga kembali di keluhkan Tono. Karena sering kambuh Ibu Marsih pun memeriksakan ke dokter spesialis THT, yang buka praktek di rumah.

Dokter spesialis THT itu langsung mengatakan bahwa Tono menderita sinus preauricular, dengan sedikit penjelasan, baru tahulah Ibu Marsih tentang satu lubang kecil di telinga kiri anaknya itu. Meski tak berbahaya tetapi jika terjadi infeksi akan menimbulkan efek yang terus mengganggu, kemudian dokter pun memberikan pilihan untuk membersihkan nanahnya saja atau menutup lubang sinus itu dengan operasi kecil agar tidak kambuh lagi.

Dengan pertimbangan kekambuhan itu, Ibu Marsih pun menyetujui untuk dilakukan operasi sinus preauricular pada telinga kiri Tono untuk menutup lubang kecilnya itu. Setelah setuju dengan harga yang ditawarkan dokter sebesar 2 juta rupiah, operasi sinus preauricular pun dijadwalkan untuk dilakukan esok hari, karena waktu itu Ibu Marsih datang di malam hari.

Ke esokan harinya, Tono pun kembali dibawa ke dokter spesialis THT tersebut. Dan operasi sinus preauricular pun dilakukan, dengan memberikan bius lokal yang disuntikan di bagian bawah telinga, Tono pun tak merasakan ketika dibuat sayatan yang sangat kecil di area lubang kecil di telinganya.

Ibu Marsih menemani Tono hingga operasi sinus preauricular selesai sekitar 40 menit, dan diakhiri dengan menutup luka bekas sayatan dengan perban kecil di telinga kiri Tono. Dokter pun memberikan resep obat untuk dibeli di apotik.

Setelah operasi dilakukan, Tono pun dibawa pulang dan sekaligus mampir ke apotik untuk menebus obat yang diresepkan. Ada banyak obat-obatan, termasuk alkohol untuk membersihkan luka di telinga. Dua minggu kemudian luka bekas operasi sinus preauricular pada telinga Tono sudah kering dan perban pun sudah tidak dipakai, perkembangan kesembuhan yang cepat, dan hingga kini Tono sudah tak pernah mengeluhkan telinganya itu.

Komplikasi Sinus Preauricular

Meski lubang sinus preauricular tidak membahayakan, tetapi jika sudah terkena infeksi maka akan menimbulkan berbagai komplikasi, antara lain:

  • Infeksi akan menjalar dan menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Pada kondisi keparahan tertentu, bisa menyebabkan masalah ginjal.
  • Sering mengalami sakit kepala.

Pencegahan Sinus Preauricular

Tindakan pencegahan terjadinya sinus preauricular secara spesifik tidak ada, karena merupakan kelainan bawaan sejak masih dalam proses dalam kandungan. Tetapi jika Anda memiliki lubang kecil sinus preauricular, maka sebaiknya menjaga kebersihan tangan dan tempat tidur.

Karena lubang sinus preauricular tak memiliki perlindungan, sehingga sangat mudah terkena dan terisi kotoran, yang pada akhirnya menyebabkan infeksi, maka sebaiknya gunakan potongan hansaplast untuk menutup lubang sinus preauricular agar terhindar dari masuknya kotoran yang bisa menyebabkan infeksi..

Labels:

biaya operasi benjolan di telinga, Biaya operasi sinus Preauricular, menyembuhkan telinga bengkak karena lubang kecil dengan rivanol

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Gendang Telinga
  2. Pengalaman Operasi OMSK
  3. Pengalaman Operasi FESS : Operasi Sinusitis
  4. Pengalaman Operasi Deviasi Septum
  5. Pengalaman Operasi Hipertrofi Konka Hidung
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts