Pengalaman Operasi Tulang Belakang

Pengalaman Operasi Tulang Belakangby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Tulang BelakangTulang belakang seringkali bermasalah seiring bertambahnya usia dan menua. Tetapi banyak juga orang muda yang mengalami masalah tulang belakang yang biasanya disebabkan oleh benturan keras akibat kecelakaan. Umumnya tulang belakang yang mengalami gejala nyeri yang ringan hingga sedang tidak memerlukan tindakan operasi. Hanya memberikan obat-obatan pereda nyeri, maka akan sembuh dengan sendirinya sekitar 2 minggu. […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Tulang belakang seringkali bermasalah seiring bertambahnya usia dan menua. Tetapi banyak juga orang muda yang mengalami masalah tulang belakang yang biasanya disebabkan oleh benturan keras akibat kecelakaan.

Umumnya tulang belakang yang mengalami gejala nyeri yang ringan hingga sedang tidak memerlukan tindakan operasi. Hanya memberikan obat-obatan pereda nyeri, maka akan sembuh dengan sendirinya sekitar 2 minggu. Tapi jika tulang belakang bermasalah berat seperti patah tulang belakang, tulang belakang bergeser, tulang keropos, dan sebagainya.

Pengalaman operasi tulang belakang

Pengertian Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan bagian terpenting dari tubuh yang menopang, menghubungkan, serta menjadi pusat sistem saraf bersamaan dengan otak. Jika tulang belakang mengalami masalah, maka bisa menyebabkan berbagai komplikasi sistem saraf.

Beberapa kondisi yang memerlukan operasi tulang belakang antara lain seperti bantalan tulang yang rusak, stenosis spinal atau penyempitan tulang belakang, tulang belakang bergeser, patah tulang karena cedera, osteoporosis, dan degeneratif tulang belakang.

Gejala Penyakit Tulang Belakang

Jika tulang belakang bermasalah, maka akan menimbulkan berbagai gejala penyakit tulang belakang seperti:

  • Tulang belakang terasa sangat nyeri.
  • Tubuh sulit bergerak karena terasa kaku.
  • Kejang otot di bagian tulang belakang.
  • Postur tubuh tak seimbang, terlihat miring, dan membungkuk.

Penyebab Penyakit Tulang Belakang

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit tulang belakang seperti:

  • Arthritis, peradangan tulang persendian.
  • Cakram tulang belakang atau bantalan bermasalah.
  • Pertumbuhan tulang yang berlebih atau kelainan.
  • Osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  • Skiatika, yaitu iritasi sistem saraf sepanjang tulang belakang.
  • Syaraf terjepit

Gambar Penyakit Tulang Belakang

gambar tulang belakang

Pengobatan Penyakit Tulang Belakang

Pada penyakit tulang belakang, dokter umumnya menyarankan untuk melakukan terapi obat, terapi panas dan fisioterapi. Operasi tulang belakang hanya akan dilakukan apabila terapi lainnya tidak efektif dan gejala yang ditimbulkan sangat intens, serta membuat pasien tak mampu melakukan aktivitas.

Operasi Tulang Belakang Keropos

Operasi yang dilakukan untuk mengatasi tulang belakang keropos adalah menggunakan teknik stabilisasi. Beberapa teknik stabilisasi tulang belakang antara lain:

Fusi tulang belakang (spinal fusion)

Teknik ini dilakukan untuk menyusun tulang belakang, kemudian menyatukan dan menjaga agar tetap stabil.

Vertebroplasti

Dilakukan dengan cara membedah kulit untuk menyuntikan zat semen ke bagian tulang belakang yang patah akibat pengeroposan.

Kifoplasti

Metode penguatan tulang dengan zat semen, hampir sama dengan vertebroplasti tetapi kifoplasti melibatkan penggunaan balon untuk mengangkat tulang dan memberikan celah, yang kemudian di isi dengan zat semen.

Kenapa Perih Setelah Operasi Tulang Belakang

Setelah operasi tulang belakang, rasa perih dan nyeri seringkali muncul karena luka bekas sayatan operasi belum kering benar, dan terjadi iritasi kulit sehingga menimbulkan rasa perih. Rasa tersebut biasanya bersifat sementara. Minum secara teratur obat yang diresepkan dokter seperti pereda nyeri dan antibiotik agar proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat. Jika terjadi gangguan pasca operasi yang terus menerus, maka lakukan kontrol ke dokter yang menangani operasi tulang belakang Anda dengan segera.

Biaya Operasi Tulang Belakang Dengan BPJS

Meskipun tergolong operasi besar, BPJS juga menanggung biaya operasi tulang belakang sepenuhnya. Namun demikian, operasi tulang belakang biasanya membutuhkan rawat lebih dari 3 hari.

BPJS Kesehatan hanya menanggung biaya rawat inap maksimal 3 hari. Jadi jika pasien menjalani rawat inap lebih dari tiga hari, maka kelebihannya akan ditanggung oleh peserta. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani, agar lebih tahu tentang detail operasi yang akan dijalani.

Biaya Operasi Tulang Belakang Di Rumah Sakit Swasta Di Indonesia

Biaya operasi tulang belakang di rumah sakit swasta sangat bervariatif, tergantung dari tingkat kesulitan dan alat penunjang serta fasilitas yang digunakan. Operasi tulang belakang tergolong operasi besar, dengan biaya yang sangat besar. Untuk memberikan gambaran tentang biaya operasi tulang belakang, kami referensikan beberapa rumah sakit yang telah terkonfirmasi tentang besaran biaya operasi tulang belakang sebagai berikut:

  • Mayapada Hospital Jakarta Selatan, biaya operasi tulang belakang mulai dari 13 juta rupiah.
  • MRCCC Siloam Hospitals, Semanggi, Jakarta. Perkiraan biaya operasi tulang belakang sekitar 95 juta rupiah.
  • Mitra Keluarga Surabaya, biaya operasi tulang belakang, mulai dari 15 juta rupiah.
  • Lamina Pain and Spine Center, Pancoran, Jakarta Selatan. Memperkirakan biaya operasi tulang belakang mencapai 50 juta rupiah.

Biaya operasi tulang belakang di rumah sakit swasta lain tidak akan jauh berbeda dari biaya perkiraan diatas. Sebagai anjuran, karena tulang belakang terkait dengan berbagai saraf, maka sebaiknya jika mau operasi tulang belakang pilihlah rumah sakit yang memiliki spesialisasi ortopedi dengan dukungan peralatan yang lengkap.

Biaya Operasi Tulang Belakang Di Singapura

Singapore Orthopaedic Centre merupakan bagian dari rumah sakit Gleneagles Medical Centre Singapore yang memiliki banyak dokter spesialis ortopedi berkualitas, dan ditunjang peralatan kelas dunia untuk berbagai penyakit terkait dengan tulang dan persendian.

Biaya operasi tulang belakang di Singapura pada rumah sakit tersebut berkisar antara 70 juta – 120 juta rupiah. Tergantung dari seberapa parah kerusakan tulang belakang yang harus ditangani, serta metode yang digunakan. Biaya tersebut belum termasuk biaya rawat inap, dan obat-obatan. Jadi, jika hendak melakukan operasi tulang belakang di Singapura, maka setidaknya mempersiapkan dana 50% lebih tinggi dari biaya perkiraan operasi.

Biaya Operasi Tulang Belakang Di Penang

Loh Guan Lye Specialists Centre melayani pengobatan berbagai masalah tulang termasuk operasi tulang belakang. Di dukung dengan peralatan canggih serta fasilitas berkelas internasional serta dokter spesialis yang berpengalaman, Loh Guan Lye merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Penang.

Biaya operasi tulang belakang di Penang pada Loh Guan Lye berkisar antara 40-100 juta rupiah. Biaya tersebut hanya tindakan operasinya saja, belum biaya lain-lain seperti rawat inap, konsultasi, obat-obatan dan peralatan penunjang.

Pengalaman Operasi Tulang Belakang

Ini adalah kisah pengalaman operasi tulang belakang yang dialami oleh ayah Miska, dan Miska akan menceritakan secara detail tentang pengalaman tersebut, bahkan hingga sekarang ayah Miska, masih menjalani perawatan pasca operasi tulang belakang.

Usia ayah saya sudah mencapai 59 tahun saat ini. Kejadian awalnya ketika tahun 2014, dimana ayah saya jatuh di kamar mandi, dan kemudian di urut oleh tukang pijat dibagian tulang belakangnya, ketika itu ayah saya teriak-teriak karena rasa sakit tapi menikmati pijatannya.

Lepas tiga hari pasca pijatan itu, ayah saya malah tak mampu berdiri, karena rasa sakit di tulang belakang yang terus menderanya. Akhirnya ia pun dibawa ke rumah sakit, dan kemudian di rontgen. Dari hasil rontgen, ada pergeseran tulang belakang yang mungkin akibat jatuh dan kemudian diperparah dengan pijatan.

Dokter menyarankan untuk dilakukan operasi. Tentu keluarga menyetujui saran dokter demi kesembuhan ayah saya. Singkat cerita, operasi tulang belakang pun dilakukan dengan pemasangan silikon sebagai pengganti bantalan atau cakram tulang belakang yang mengalami kerusakan akibat pergeseran tulang belakang.

Setelah operasi tulang belakang, ayah saya menjalani rawat inap 2 hari, dan kemudian diperbolehkan pulang. Dan butuh waktu hingga satu bulan untuk pemulihan, hingga ia bisa berjalan kembali.

operasi tulang belakang

Tapi masalah kembali muncul setelah satu tahun kemudian. Silikon tidak bisa bertahan lama, sehingga tulang belakang ayah saya kembali kambuh, dengan rasa nyeri yang hebat, karena di bagian tulang belakang terdapat banyak saraf sehingga mengakibatkan kaki menjadi kaku dan tidak bisa berjalan.

Kemudian ayah saya kembali ke rumah sakit, dan dilakukan rontgen kembali, hasilnya tulang belakang kembali bergeser dan silikon tak mampu menahannya. Singkat cerita, operasi kedua pun dilakukan. Kali ini pada tulang belakang ayah saya dipasang pen yang di sekrup ke bagian tulang agar tidak terjadi pergeseran kembali.

Ayah saya kembali menjalani rawat inap selama 3 hari pasca pemasangan pen tulang belakang. Keadaan sudah semakin baik, ia pun diperboleh kan untuk pulang, dan menjalani pemulihan di rumah. Setidaknya butuh waktu 2 minggu hingga ayah saya dapat berjalan kembali. Tapi masalah tulang belakang ayah saya tidak berhenti sampai disitu saja.

Nyeri Setelah Operasi Pemasangan Pen

Ayah saya mengeluh adanya rasa nyeri setelah pemasangan pen. Rasa itu terus berlanjut, dokter hanya mengatakan kalau itu masih normal, dan nanti apabila daging di area tulang belakang yang diambil sudah tumbuh kembali, rasa nyeri akan hilang. Hingga kini, rasa nyeri tetap masih ada meski sudah meminum obat yang diresepkan dokter secara rutin, hanya saja rasa nyeri itu kadang timbul dan kadang hilang.

pasca operasi pasang pen tulang belakang

Pasca Operasi Pasang Pen Tulang Belakang

Setelah operasi pasang pen tulang belakang, penderitaan ayah saya masih berlanjut. Hanya saja nyeri nya kadang timbul kadang hilang, keadaan tersebut hingga 3 tahun pasca operasi pemasangan pen. Beberapa hal yang dialami ayah saya pasca pemasangan hingga saat ini, antara lain:

  • Seringkali perut ayah saya kembung.
  • Kalau jalan atau duduk tak bisa lama-lama, maksimal 10 menit, dan lalu berbaring kembali.
  • Tekanan saraf terasa dari perut hingga ke kaki.
  • Kaki tak ada tenaga dan lemas dan kaku pada kedua kakinya.

Pantangan Setelah Operasi Tulang Belakang

Pasca operasi tulang belakang, dokter memberikan berbagai anjuran dan pantangan, antara lain:

  • Jangan konsumsi makanan berkolesterol tinggi.
  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama.
  • Hindari angkat beban berat yang bisa menekan tulang belakang.
  • Jangan berbaring terlalu lama.

Masa Penyembuhan Pasca Operasi Tulang Belakang

Hingga empat tahun pasca operasi tulang belakang yang dilakukan ayah saya, ia belum bisa pulih seperti sebelumnya, tak mampu berjalan layaknya orang normal, sehingga ia hanya jalan sebentar, istirahat dan berbaring.

Entah apa yang terjadi, tetapi itulah yang ayah saya alami hingga saat ini. Beliau hanya jalan sebentar, lalu berbaring kembali. Ia pun dibawa ke dokter spesialis ortopedi, dan dianjurkan untuk melakukan fisioterapi agar otot-otot kaki semakin kuat dan gangguan saraf bisa reda.

Fisioterapi Pasca Operasi Tulang Belakang

Seperti yang dianjurkan dokter, ayah saya kemudian menjalani fisioterapi agar rasa nyeri yang dirasakan bisa hilang. Fisioterapi dijadwalkan selama satu bulan, dalam satu minggu harus menjalani empat kali pertemuan.

Pada minggu pertama, terapi menggunakan alat ultrasound untuk mengurangi rasa nyeri yang diderita ayah saya. Selain itu latihan peregangan fisik seperti yoga untuk melatih pernafasan. Minggu kedua, hampir sama dengan terapi pada minggu pertama, hanya ditambah dengan peregangan otot kaki dan belajar berjalan yang seimbang.

Hingga pada terapi minggu ke empat, ayah saya sudah agak bisa berjalan lebih dari 10 menit, tetapi rasa nyeri tetap menderanya, meski kadang timbul dan hilang. Dokter menyarankan untuk melatih otot kaki agar bisa kuat kembali dengan berjalan setiap hari minimal 20 menit.

Setelah sesi fisioterapi selesai, ayah saya dinyatakan lulus dan dokter memberikan beberapa anjuran berikut ini:

  • Perbaiki postur tubuh dengan cara memperbaiki posisi duduk dan tidur.
  • Latihan olahraga agar otot punggung semakin kuat.
  • Lanjutkan latihan yoga dan pernafasan.
  • Lakukan pijatan ringan disekitar bahu dan punggung untuk relaksasi.
  • Kompres dengan air dingin di area yang terasa nyeri. Konsumsi obat anti nyeri hanya ketika nyeri itu datang.

Efek Setelah Operasi Tulang Belakang

Di tulang belakang terdapat berbagai saraf yang vital bagi tubuh. Operasi pada tulang belakang memiliki risiko tinggi, dan efek setelah operasi tulang belakang yang mungkin terjadi, antara lain:

Lumpuh Pasca Operasi Tulang Belakang

Saraf kaki terhubung ke tulang belakang, jika terjadi kerusakan pada saraf tersebut ketika dilakukan operasi maka bisa menyebabkan kelumpuhan.

Kekambuhan Tulang Belakang

Tulang belakang yang sudah di operasi dan dipasang pen, ada kemungkinan terjadi pergeseran kembali dan mengakibatkan kekambuhan.

Infeksi dan Perdarahan

Infeksi pada bagian bekas sayatan operasi bisa saja terjadi yang mengakibatkan perdarahan dan peradangan tulang belakang.

Pencegahan Penyakit Tulang Belakang

Untuk dapat mencegah terjadinya penyakit tulang belakang, maka harus menghindari berbagai faktor pemicunya dengan cara:

  • Olahraga yang teratur agar otot kaki dan punggung semakin kuat.
  • Banyak makan sayuran dan buah-buahan.
  • Konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D sebagai tambahan jika makanan yang dikonsumsi kurang bervitamin.
  • Terapkan diet sehat agar terhindar dari obesitas.
  • Hindari aktivitas yang memiliki risiko cedera tinggi.

Labels:

Biayaoperasitulangbelakang, pengalaman operasi pasang pen tulang belakang

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Patah Tulang
  2. Pengalaman Operasi Tendon Achilles : Operasi Achilles Tendinitis
  3. Pengalaman Operasi Skoliosis
  4. Pengalaman Operasi HNP : Operasi Syaraf Kejepit
  5. Pengalaman Operasi Sendi Lutut : Operasi Total Knee Replacement
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts