Pengalaman Operasi Varikokel

Pengalaman Operasi Varikokelby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi VarikokelBanyak orang yang mengeluh belum dikarunai momongan, yang cenderung sering terbuka untuk masalah ini adalah para wanita. Dan yang paling sering memeriksakan ke dokter tentang masalah tersebut juga wanita. Terkadang laki-laki yang merasa sehat enggan untuk memeriksakan ke dokter tentang kondisi dan kualitas spermanya. Padahal ada hal pada pria yang sering menjadi penghambat memiliki keturunan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Banyak orang yang mengeluh belum dikarunai momongan, yang cenderung sering terbuka untuk masalah ini adalah para wanita. Dan yang paling sering memeriksakan ke dokter tentang masalah tersebut juga wanita. Terkadang laki-laki yang merasa sehat enggan untuk memeriksakan ke dokter tentang kondisi dan kualitas spermanya.

Padahal ada hal pada pria yang sering menjadi penghambat memiliki keturunan karena menurunnya kualitas sperma yaitu Varikokel. Varikokel dalam bahasa awamnya adalah varises yang terjadi pada testis. Kok bisa terjadi terjadi varises di testis? Yuk simak penjelasan lengkapnya, dengan baca artikel hingga selesai!

pengalaman operasi varikokel

Pengertian Varikokel

Varikokel adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena di area skrotum atau buah zakar, sehingga pemompaan darah ke jantung terhambat. Akibatnya terjadi penumpukan darah di sekitar pembuluh darah vena kecil yaitu buah zakar seperti varises yang biasanya ada di kaki.

Di dalam pembuluh darah vena terdapat semacam katup searah yang ketika darah di pompa menuju jantung, katup terebut secara otomatis akan terbuka. Tetapi jika katup tidak bekerja secara normal, maka yang terjadi adalah darah akan kembali ke vena karena katupnya adalah searah. Sehingga terjadi penumpukan darah di sekitar vena yang disebut Varikokel atau lebih mudahnya varises di buah zakar.

Jadi varikokel itu berbeda dengan turun berok atau hernia. Karena turun berok itu disebabkan karena terjadinya penekanan organ pada perut kebagian dinding otot bawah yang lemah. Biasanya terjadi karena terlalu banyak mengedan karena angkat beban yang berat di luar kapasitasnya atau memforsir tenaga secara berlebihan.

Penyebab Varikokel

Varikokel terjadi karena apa? Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab varikokel, antara lain:

Kualitas Vena

Penyebab Varikokel utama tentu adalah kualitas dari pembuluh darah vena itu sendiri, entah bisa dari faktor genetika atau karena gaya hidup yang tidak sehat

Gaya Hidup atau Lifestyle

Tentu di jaman yang serba mudah seperti sekarang, makan tinggal pesan go food, tanpa olahraga, terlalu banyak junk food yang dikonsumsi, dan terlalu banyak duduk tanpa berolahraga adalah faktor penyebab terjadinya varikokel.

Terlalu Banyak Angkat Berat

Selain karena gaya hidup yang buruk, penyebab terjadinya varikokel justru karena terlalu banyak angkat berat dengan sistem pernafasan yang salah, seperti pemula yang datang ke gym untuk latihan tanpa bimbingan instruktur, atau karena pekerjaan yang mengharuskan angkat-angkat barang berat. Akibat salah pernafasan ketika mengangkat beban berat menyebabkan otot-otot perut yang merupakan pembuluh vena besar menekan pembuluh vena kecil yang ada di skrotum atau testis.

Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, maka menurun pula performa tubuh termasuk didalamya adalah melemahnya fungsi pembuluh darah vena. Tetapi tidak selalu demikian juga. Karena biasanya dibarengi dengan ketiga faktor penyebab lainnya diatas.

Gejala Varikokel

Untuk gejala yang ringan, pada awalnya penderita akan merasakan ketidaknyamanan pada testisnya. Sebentar reda sebentar kambuh dan seterusnya. Jika dibiarkan berlarut maka kondisi tersebut bisa semakin parah. Rasa nyeri mulai timbul, terdapat guratan-guratan otot pada bagian kiri buah zakar. Pembesaran pembuluh vena juga sering sekali menyebabkan kantong zakar membengkak hingga tampak seperti cacing yang bergerombol.

Kenapa pembengkakan terjadi di bagian kiri skrotum? Yah, jarang sekali ditemukan adanya pembengkakan di bagian kanan, karena pembuluh darah vena antara kanan dan kiri berbeda. Pada pembuluh darah vena kanan skrotum hanya menerima balik aliran darah bukan memompa seperti di pembuluh darah vena bagian kiri.

Gambar Varikokel

gambar varikokel
beda varikokel dan tidak varikokel

Pencegahan Varikokel

Terkadang hal-hal sepele yang bisa menyebabkan varikokel tidak diperhatikan seperti misalnya memakai celana dalam yang terlalu ketat, khususnya ketika sedang tidur atau naik motor ketika siang hari, motor terparkir di luar terkena sinar matahari yang menyebabkan jok motor sangat panas. Itu hanya contoh kecil saja, beberapa tindakan pencegahan varikokel yang bisa dilakukan adalah:

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu ketika akan mulai beraktivitas berat.
  • Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat, yang menekan skrotum.
  • Lakukan gaya hidup sehat dengan olahraga rutin.
  • Hindari makan junk food yang bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pengobatan Varikokel

Pengobatan varikokel dilakukan secara bertahap. Langkah pengobatan sebagai tahap awal dilakukan apabila penderita merasakan nyeri. Pemberian obat penghilang rasa nyeri akan diresepkan seperti ibuprofen atau paracetamol.

Pada tingkat varikokel yang berat, harus ada tindakan operasi. Ada beberapa tipe varikokel yang bisa dipilih, sebagai berikut:

Varikokelektomi (Pembedahan Terbuka Konvensional)

Ini tindakan operasi yang paling umum dilakukan oleh dokter. Sayatan kecil sekitar 2 cm akan dilakukan di bagian atas area selangkangan atau bagian vena yang mengalami pemebengkakan. Dokter akan menjepit dan mengikat varikokel agar pembuluh darah kembali normal. Tindakan ini sangat cepat, antara 1-2 jam, dan pasien akan bisa beraktivitas kembali seperti biasa sekitar 4-7 hari pasca operasi varikokel dilakukan.

Bedah Mikro

Prosedur bedah mikro dilakukan apabila tingkat varikokel pada pasien belum begitu parah. Dengan sayatan kecil untuk menjepit varikokel untuk memperlancar pemompaan darah dan menjahit kembali. Tindakan ini bisa dilakukan dengan cepat, kurang dari satu jam saja, dengan pemulihan pasien lebih cepat 2-3 hari bisa langsung beraktivitas seperti biasa.

Laparoskopi

Ini adalah tindakan operasi untuk masalah yang berat pada area selangkangan, dengan melakukan sayatan dibagian perut untuk meng-ekstraksi pembuluh darah, tetapi dengan risiko yang lebih tinggi dari bedah terbuka dan bedah mikro.

Embolisasi

Bukan merupakan tindakan pembedahan atau operasi. Dokter akan memasukan cairan kimia melalui selangkangan menggunakan kateter, dengan tujuan untuk memblokir penyumbatan pembuluh darah. Tindakan ini efektif apabila kondisi varikokel masih berada di level rendah.

Pengalaman Operasi Varikokel

Ini adalah cerita pengalaman operasi varikokel dari seorang saudara yang ketika itu mencoba mendaftar untuk menjadi Taruna TNI Angkatan Darat. Dia mendaftar melalui online, dengan mengupload seluruh persyaratan dokumen kemudian dilakukan validasi.

Lolos tahap administrasi kemudian datang untuk cek kesehatan pertama calon taruna AD, yakni kesehatan bagian luar. Setiap peserta bertelanjang, hanya menggunakan celana dalam. Diperiksa satu demi satu, hingga giliran dia tiba, di ukur berat badan dan tinggi badan, kemudian berputar untuk melihat apakah ada tato, lalu disuruh menurunkan celana dalam dan mengecek bagian anus apakah ada ambeien atau tidak. Sampai tahap ini baik-baik saja.

Kemudian mengecek bagian kemaluan, diraba lah buah zakar, dokter mengulang kembali meraba buah zakar hingga sedikit meremas, lalu mencatat sesuatu di buku catatan. Tes kesehatan tahap pertama ini dilakukan selama 3 hari secara bergiliran.

Hingga tiba waktunya pengumuman hasil tes kesehatan, saudara tidak lolos pada tes kesehatan tahap pertama, dengan alasan terdapat varikokel. Karena belum paham apa itu varikokel, kemudian melakukan konsultasi ke dokter, ternyata sudah mulai terjadi varises berupa guratan kecil pada bagian skrotum, tetapi gejala tidak begitu dirasakan.

Agar lulus tes kesehatan tahap pertama, dokter menyarankan untuk melakukan operasi dengan sayatan kecil untuk mengikat atau menjepit bagian yang menyebabkan varikokel agar aliran darah lancar. Dengan iming-iming lolos tes kesehatan calon taruna, tentu risiko apapun harus diambil, akhirnya dijadwalkan lah operasi varikokel.

Tibalah saat operasi. Ketika giliran masuk ruang operasi, dokter sangat paham apa yang akan dilakukan, menyuntik bius di bagian tulang belakang, lalu dokter memerintahkan untuk menggerakan kaki, sudah mulai terasa sulit menggerakan kaki, semacam kaku dan mati rasa. Kemudian dilakukanlah tindakan operasi, entah bagaimana proses operasi dilakukan, tetapi ketika sadar kurang dari 2 jam operasi dilakukan, dan tampak jahitan 2 cm dibagian kiri atas kemaluan.

Setelah operasi dilakukan, dokter menganjurkan untuk istirahat dari aktivitas fisik minimal satu minggu, hingga luka bekas operasi benar-benar kering dan normal kembali. Jika ingin berenang maka butuh waktu lebih lama lagi, hingga 2-3 minggu.

Operasi Varikokel Apakah Sakit ?

Tidak sakit sama sekali bahkan tidak terasa ketika dilakukan tindakan operasi karena dokter akan memeberikan suntikan bius pada tulang belakang, hingga kaki pun mati rasa.

Operasi Varikokel Apakah Bisa Punya Anak ?

Salah satu tujuan dilakukan operasi varikokel tentu untuk mengembalikan kualitas sperma menjadi sempurna agar dapat membuahi sel telur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan operasi varikokel akan membuka jalan bagi sang pria untuk memiliki anak atau keturunan.

Biaya Operasi Varikokel Dengan BPJS

Mungkin banyak orang bertanya apakah operasi varikokel bisa dengan BPJS Kesehatan? Jawabannya adalah iya. BPJS Kesehatan meng-cover operasi varikokel secara penuh. Jadi, segeralah mendaftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda.

Kartu BPJS Kesehatan akan aktif segera setelah Anda membayar iuran wajib pertama sesuai dengan kelas yang dipilih. Pilihan kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 secara umum obat dan prosedurnya sama, hanya saja Anda akan mendapatkan kamar rawat inap yang berbeda. Untuk iuran kelas 1 sebesar 150 ribu, kelas 2 sebesar 100 ribu dan kelas 3 hanya 42 ribu.

Jangan lupa untuk meminta rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1 dahulu (puskesmas, dokter umum atau klinik). Setelah dokter umum atau puskesmas memberikan rujukan, datanglah ke rumah sakit untuk berobat ke dokter spesialis urologi. Operasi akan dilakukan apabila dokter spesialis memberikan anjuran untuk itu, dan kemudian Ia akan memberikan rujukan rumah sakit untuk tindakan operasi.

Biaya Operasi Varikokel di Rumah Sakit Swasta

Ketika Anda tidak ingin menggunakan BPJS Kesehatan, Anda bisa menggunakan asuransi swasta atau bahkan biaya mandiri tanpa asuransi. Sehingga Anda tak perlu lagi meminta rujukan dari fasilitas kesehatan pertama. Cukup pilih antrian umum di rumah sakit atau langsung ke praktek dokter spesialis urologi di kota kamu.

Untuk biaya operasi varikokel di rumah sakit swasta berbeda-beda, tergantung rumah sakit mana yang Anda kunjungi. Kami ada beberapa daftar rumah sakit sebagai rujukan Anda ketika ingin melakukan operasi varikokel di rumah sakit swasta sebagai berikut:

RSKIA Sadewa, merupakan rumah sakit khusus ibu dan anak yang berada di Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Babarsari TB 16 No. 13 Sleman. Menetapkan biaya operasi varikokel sebesar 4-5 juta.

Siloam Hospital Asri, yang berada di Mampang, Pancoran Jakarta. Merupakan rumah sakit dengan layanan VVIP berfasilitas lengkap, menangani berbagai penyakit medis. Biaya untuk operasi varikokel di Siloam Hospital Asri sekitar 25 juta rupiah.

Rumah Sakit Premier Bintaro. Berada di kawasan Pondok Jaya, Pondok Aren, Tangerang. Spesialisasi di bidang ortopedi dan kardiologi. Menetapkan biaya operasi varikokel sebesar 10 juta rupiah.

Rumah Sakit Imanuel, Bojong Loa Kidul Bandung. Menetapkan biaya operasi varikokel berkisar antara 5-14 juta rupiah.

Efek Operasi Varikokel

Setiap tindakan operasi apapun pasti punya efek samping. Tidak terkecuali tindakan operasi varikokel. Beberapa efek samping yang mungkin timbul pasca dilakukannya pembedahan operasi varikokel antara lain kerusakan pada arteri di area testis, pembengkakan pada testis, dan sebagainya. Tetapi tergolong tidak berbahaya karena dapat sembuh dan normal kembali setelah 4-7 hari.

Operasi Varikokel Gagal

Kegagalan dalam tindakan operasi varikokel jarang terjadi, tetapi tidak tertutup kemungkinan karena kesalahan teknis dan human error. Beberapa dampak dari operasi varikokel gagal antara lain:

  • Kerusakan pada arteri di wilayah testis, sehingga pasien akan menderita lebih parah, dan perlu dilakukan operas lanjutan.
  • Infeksi pada saluran kemih, akibat dari kesalahan teknis, tidak steril, dan sebagainya.
  • Pasien tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu 10 hari. Segera untuk datangi kembali dokter spesialis urologi untuk berkonsultasi dan saran tindakan penanganan lebih lanjut.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi Bypass Jantung
  2. Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien
  3. Pengalaman Operasi Tiroid : Operasi Kanker Tiroid – Operasi Kelenjar Tiroid – Operasi Kelenjar Gondok
  4. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
  5. Pengalaman Operasi FAM : Cerita Pengalaman Fibroadenoma Mammae
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia