Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeien

Pengalaman Operasi Wasir : Operasi Ambeienby Vivi Tirtaon.Pengalaman Operasi Wasir : Operasi AmbeienWasir sudah menjadi penyakit yang sering menyerang baik laki-laki maupun wanita, tetapi kebanyakan orang masih malu untuk berkonsultasi dengan dokter karena wasir memang berada di wilayah yang sangat pribadi. Berdasarkan data, 2-4% penduduk Indonesia memiliki masalah wasir. Karena sering sekali diabaikan, wasir bisa menjadi masalah serius yang bisa mengganggu penderitanya dari buang air besar, gangguan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Wasir sudah menjadi penyakit yang sering menyerang baik laki-laki maupun wanita, tetapi kebanyakan orang masih malu untuk berkonsultasi dengan dokter karena wasir memang berada di wilayah yang sangat pribadi. Berdasarkan data, 2-4% penduduk Indonesia memiliki masalah wasir.

Karena sering sekali diabaikan, wasir bisa menjadi masalah serius yang bisa mengganggu penderitanya dari buang air besar, gangguan metabolisme, hingga kesulitan berjalan. Meski dapat sembuh sendiri, dengan penanganan dan pengobatan mandiri, tetapi jika tidak hati-hati, justru wasir bisa menjadi tambah parah.

Pengalaman operasi wasir

Pengertian Wasir

Wasir atau yang sering disebut ambeien adalah kondisi pembengkakan yang terjadi pada dubur akibat varises atau pembuluh darah balik pada usus besar di bagian bawah. Dalam kedokteran, wasir biasa disebut hemoroid eksterna jika letaknya berada di dubur, sedangkan hemoroid interna jika wasir berada di ujung usus besar.

Hemoroid interna sering kali tidak tampak dan tidak menimbulkan gejala, karena letaknya di bagian dalam atau di akhir usus besar, sehingga terkadang ketika seseorang yang menderita hemoroid interna akan merasakan buang air besar campur darah apabila tinja keras karena kurang serat. Berbeda dengan hemoroid eksterna yang akan tampak dari luar karena akan menimbulkan benjolan dan sering gatal pada bagian dubur.

Penyebab Wasir

Dari akibat yang tampak pada bagian anus yang bengkak, pada umumnya wasir disebabkan akibat seringnya mengejan ketika BAB karena tinja keras, dan sebagainya. Selain itu, beberapa penyebab wasir antara lain:

  • Mengangkat beban dengan pernafasan yang salah, yang justru malah mengejan.
  • Obesitas juga bisa menyebabkan wasir.
  • Faktor keturunan dalam keluarga yang memiliki penyakit wasir.
  • Terlalu sering duduk dalam waktu yang lama.
  • Hubungan intim melalui anus.

Gejala Wasir

Secara umum, orang yang menderita wasir akan mengalami hal berikut ini:

  • Area sekitar dubur atau anus akan mengalami gatal-gatal.
  • Rasa nyeri akan timbul pada area dubur ketika mengejan atau buang air besar.
  • BAB disertai darah.
  • Terjadi pembengkakan di dubur atau anus, dan tampak benjolan.
  • Duduk tidak nyaman karena wasir tertekan.
  • Kesulitan untuk buang air kecil dan atau air besar.
  • Area dubur akan terasa panas.
  • Dalam kondisi stadium 4, penderita akan mengalami kesulitan berjalan.

Stadium Wasir

Stadium 1: Pada stadium ini, penderita akan mengalami BAB bercampur darah.
Stadium 2: Terjadi pembengkakan hingga timbul tonjolan keluar dari anus, dan dapat masuk kembali dengan sendirinya.

Stadium 3: Pada stadium ini, tonjolan yang keluar dari dubur tidak dapat masuk kembali dengan sendirinya, kecuali dibantu oleh tangan atau jari untuk masuk.
Stadium 4: Tonjolan menjadi permanen. Tidak dapat dibantu dimasukkan kembali ke dubur, disertai rasa nyeri yang hebat dan kesulitan berjalan.

Gambar Wasir

gambar wasir
operasi ambeien

Pengobatan Wasir

Penyakit wasir atau ambeien dapat diobati jika kondisinya belum parah, dengan cara:

  • Konsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti pisang, pepaya, dan sebagainya.
  • Penderita wasir harus banyak minum air putih.
  • Usahakan untuk tidak terlalu mengejan ketika BAB, gunakan obat pencahar apabila tinja keras.
  • Rendam bagian dubur dengan air hangat, minimal sehari sekali.
  • Konsumsi obat wasir di apotik.

Jika sudah mengalami gejala pendarahan ketika BAB, maka segeralah untuk konsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk tindakan operasi jika wasir sudah berada di level 3 dan atau 4. Jenis operasi wasir yang dilakukan antara lain:

1. Rubber band ligation

Teknik rubber dilakukan dengan cara mengikat penyebab wasir agar tidak teraliri darah, sehingga benjolan dapat mengecil dan hilang.

2. Skleroterapi

Cara kedua adalah dengan Skleroterapi yaitu penyuntikan ke bagian dalam wasir dengan cairan kimia khusus untuk merubahnya menjadi jaringan parut, dan dengan sendirinya akan mengecil.

3. Terapi Laser

Jika peralatan rumah sakit memadai, laser akan digunakan untuk membuat wasir keras dan kemudian mengecil.

4. Hemoroidektomi

Tatalaksana operasi konvensional dengan sayatan di area dubur untuk mengangkat penyebab wasir secara keseluruhan.

5. Stapled Hemorrhoidopexy

Teknik baru untuk mengatasi wasir adalah dengan stapler yaitu dengan cara mengencangkan jaringan yang membuat terjadinya wasir, sehingga wasir tidak timbul.

Pengalaman Operasi Wasir Dengan Stapler

Ini adalah pengalaman operasi wasir dengan stapler yang dialami Devina, pada tahun 2019. Wasir yang dialami Devina sudah sangat lama. Pekerjaannya yang seorang staf kantor tentu menuntutnya untuk duduk lebih lama ketika sedang bekerja.

Wasir sudah dirasakan beberapa tahun, tetapi selalu di abaikan karena biasanya wasir akan sembuh sendiri, sehingga tidak perlu ke dokter, dan kedua adalah rasa malu ketika hendak konsultasi ke dokter tentang penyakit wasir ini.

Tapi ketika masuk tahun 2019, kondisi wasir semakin parah. Devina bahkan merasa kesulitan buang air besar, dubur terasa panas, hingga duduk pun terasa sangat tidak nyaman karena dan terasa nyeri. Akhirnya Devina memutuskan untuk berkunjung ke dokter.

Dokter memeriksa dengan seksama, dan langsung menyarankan untuk operasi, karena wasir yang diderita sudah masuk ke stadium 4, sudah sangat parah, dan harus segera diangkat dengan operasi stapler.

Kemudian dokter menjadwalkan untuk operasi ke esokan harinya, bahkan dokter tak mengadakan tes lebih lanjut, hanya cek darah saja untuk mengetahui kondisi gula darah. Besoknya, Devina berpuasa dan menjalani rawat inap, karena operasi akan dilakukan jam 5 sore.

Ketika operasi dilakukan, Devina di bius lokal sebagian dari pinggul ke bawah terasa kebas dan mati rasa, dan pinggul ke atas masih terasa normal tetapi rasa nya sangat ngantuk, sehingga Devina tidur. Efek anestesi hingga 6 jam pasca operasi wasir dengan stapler dilakukan.

Kata dokter, operasi wasir dengan stapler diterapkan untuk wasir yang sudah sangat parah stadium 4, selain efektif juga tingkat keberhasilannya tinggi.

Setelah operasi wasir, Devina menjalani rawat inap selama 2 hari hingga Devina sudah bisa berjalan untuk buang air besar dan air kecil sendiri, kemudian dokter mengijinkan Devina untuk pulang dan menjalani perawatan di rumah.

Namun, setelah 7 hari pasca operasi, BAB malah bercampur dengan darah. Terjadi pendarahan yang terasa nyeri, kemudian Devina segera kontrol ke dokter tentang masalah pendarahan ini. Dokter lebih lanjut mengatakan bahwa luka pasca operasi wasir harus tetap dijaga, karena posisinya yang berada di dubur akan membuat mudah sekali ter infeksi jika tidak dirawat dan akibatnya bisa terjadi pendarahan.

Kemudian dokter meresepkan obat pereda nyeri, antibiotik dan obat pencahar. Dokter sekali lagi menyarankan untuk mengkonsumi makanan yang berserat tinggi dan bertekstur lembut selama dalam masa pemulihan, dan jangan duduk terlalu lama, serta agar sering di kompres menggunakan air hangat.

Selain obat-obatan yang diresepkan dokter, Devina pun berusaha untuk membeli dan mengkonsumsi obat herbal yang membantu luka pasca operasi lebih cepat kering. Setidaknya dalam masa pemulihan, Devina membutuhkan waktu 1,5 bulan hingga kondisinya benar-benar fit dan sembuh.

Biaya operasi wasir dengan stapler yang dilakukan Devina dibiayai seluruhnya oleh asuransi kantor, sehingga Devina tidak dibebankan biaya sepeserpun. Sudah termasuk biaya kamar rawat inap yang digunakan Devina di kelas I.

Pengalaman Operasi Wasir BEIM

Ini adalah pengalaman operasi wasir BEIM dari saudari Dwi, wanita berusia 43 tahun. Selanjutnya penulis memposisikan diri sebagai Dwi dalam menyampaikan cerita, sehingga bisa lebih mudah dipahami.

Saya menderita wasir sudah sejak 2011. Pada waktu itu pikiran saya adalah wasir bisa sembuh tanpa operasi, tetapi karena kebiasaan suka makan pedas, setelah makan pedas, pasti saja ketika sedang BAB berdarah. Tidak kapok dari situ, kebiasaan makan pedas tetap berlanjut, meski ada pengurangan.

Setiap kerja di kantor bahkan saya membawa bantal kecil empuk untuk duduk agar lebih nyaman, karena malu juga ketika menderita wasir diketahui oleh teman, sehingga selalu saya simpan sendiri rahasia tersebut.

Memasuki tahun 2016, saya baca-baca artikel tentang operasi wasir BEIM yang bisa dilakukan dengan cepat tanpa rawat inap, di kota Semarang, Jawa Tengah. Tentu saya tertarik, tetapi tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, karena selain jauh juga belum ada waktu cuti.

Baru di tahun 2017 ketika cuti, seiring dengan semakin parahnya kondisi wasir saya yang sangat mengganggu, BAB berdarah berulang-ulang sehingga saya memutuskan untuk datang ke rumah wasir di Semarang.

Maret 2017, saya datang ke Semarang dan langsung menuju ke Rumah Wasir, bertemu dengan resepsionis dan kemudian konsultasi dengan dokter yang menangani. Operasi wasir BEIM itu dilakukan tanpa adanya jahitan setelah pemotongan wasir, menggunakan alat panas untuk menutup luka sehingga lebih cepat penyembuhannya.

Lalu saya menjadwalkan untuk dilakukan operasi wasir BEIM ke esokan harinya, dan saya disuruh puasa hingga 6 jam, hingga operasi. Sementara itu, makanan pun hanya diperbolehkan bubur, dengan kornet atau bubur ayam saja. Kemudian saya mencari penginapan yang dekat dengan Rumah Wasir, dan kebetulan hanya berjarak kurang lebih 100 meter saja.

Ke esokan harinya, waktu eksekusi tiba. Saya masuk ruangan operasi, kemudian saya dibius bukan melalui suntik, tetapi melalui infus di tangan sebelah kiri. Beberapa saat saya tak sadarkan diri, hingga 3 jam kemudian saya baru sadar dan hanya sedikit nyeri saja yang saya rasakan, bahkan saya bisa langsung berjalan kaki setelah sadar untuk kembali ke penginapan.

Biaya untuk operasi wasir BEIM saya mengeluarkan uang 6 juta rupiah. Cukup mahal tetapi sesuai lah dengan hasil yang di dapat karena tak ada rasa sakit berkepanjangan pasca operasi. Bahkan 6 jam kemudian, saya buang air besar pun aman tak ada rasa nyeri dan tak ada campuran darah di dalamnya seperti sebelum operasi.

Pengalaman Operasi Wasir Dengan BPJS

BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya operasi wasir setiap pesertanya dengan syarat mengikuti prosedur yang telah sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. Berikut tata cara operasi wasir menggunakan BPJS:

  1. Jika belum memiliki atau terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, segera datangi kantor BPJS Kesehatan, dengan membawa identitas diri (KTP, Kartu Keluarga, Buku Tabungan) fotokopi semua data tersebut, dan sertakan pas foto ukuran 3×4.
  2. Setelah menyerahkan data diri, dan mengisi formulir, kemudian akan keluar virtual account. Kemudian bayar iuran BPJS Kesehatan, dan bawa bukti setoran kembali ke kantor BPJS Kesehatan agar kartu dapat dicetak.
  3. Datangi puskesmas terdekat, di wilayah kecamatan dimana Anda tinggal, untuk periksa kondisi wasir. Minta rujukan kepada dokter untuk bisa berobat ke rumah sakit.
  4. Sebelumnya, biasanya dokter akan memberikan resep obat, jika kondisi wasir belum parah, tetapi jika wasir sudah berada di stadium 3 atau 4, dokter akan memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat II (rumah sakit).
  5. Jika sudah mendapatkan surat rujukan, datangi rumah sakit dan ambil nomor antrian. Ketika sudah mendapat giliran, serahkan kartu BPJS Kesehatan dan rujukan dari dokter, Anda akan disuruh ke poli bedah digestif, dan antri kembali untuk menemui dokter spesialis.
  6. Tunggu hasil pemeriksaan dokter, jika disuruh rawat inap, nanti akan diberikan petunjuk lebih lanjut oleh dokter.
  7. Sebelum operasi, Anda akan di ambil sample darah untuk dilakukan tes darah. Untuk memastikan kondisi apakah aman di operasi atau tidak.
  8. Proses selanjutnya adalah rawat inap dan berpuasa, menunggu jadwal operasi.
  9. Operasi dilakukan dan Anda akan beristirahat di kamar rawat inap selama 2 hari, dan kemudian dibolehkan untuk pulang.
  10. Menuju administrasi dan Anda bisa langsung pulang, karena seluruh biaya sudah ditanggung BPJS Kesehatan.

Pengalaman Operasi Wasir Saat Hamil

Ketika sedang hamil, kebanyakan dokter tidak menyarankan untuk melakukan operasi jika masa kehamilan sudah menginjak 1 minggu ke atas. Karena efek samping dari anestesi bisa membahayakan janin. Bayi dalam kandungan bisa menjadi cacat pada sistem syaraf, selain itu ada risiko katarak bagi calon bayi.

Untuk itu, bagi penderita wasir yang sedang hamil. dokter menyarankan untuk melakukan hal sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan berserat, dan banyak minum air putih.
  • Olahraga ringan selama 10-30 menit. Bisa juga dengan mengikuti senam kegel.
  • Kondisikan badan, jangan terlalu lama duduk atau berdiri.
  • Jangan menahan BAB terlalu lama.
  • Gunakan obat pencahar sesuai anjuran dokter.

Pengalaman Pasca Operasi Wasir

Setelah operasi wasir, ada perasaan was-was ketika akan BAB, takut keluar darah lagi. Operasi wasir yang kala itu dilakukan adalah dengan metode Stapler, sehingga terasa aman pasca operasi waktu BAB, tanpa ada darah dan rasa nyeri yang menyertainya.

Baru seminggu kemudian pasca operasi, terjadi pendarahan tidak banyak tetapi sedikit mengkhawatirkan karena luka operasi belum sembuh betul dan terkena infeksi, sehingga butuh kembali untuk kontrol ke dokter. Dokter menjelaskan permasalahannya ada pada kebersihan, karena letaknya di anus sehingga mudah sekali ter infeksi bakteri dari tinja, sehingga kemudian diresepkan obat penghilang nyeri serta antibiotik.

Berapa Lama Sakit BAB Pasca Operasi Ambeien

Hal ini tergantung dari jenis operasi ambeien yang diterapkan. Jika menggunakan metode stapler, rasa sakit biasanya hanya sekali karena trauma pasca operasi, ada perasaan was-was yang datang, tetapi tidak berlangsung lama, jika luka pasca operasi dijaga dan dirawat, selalu dibersihkan dengan baik agar tidak ter infeksi yang bisa membuat pendarahan.

Jika menggunakan metode operasi wasir BEIM, luka pasca operasi langsung kering karena tanpa menggunakan jahitan, sehingga ketika BAB tidak akan terasa sakit lagi. Bahkan pasien pasca operasi wasir BEIM bisa langsung berjalan tanpa adanya rasa sakit. Operasi wasir BEIM hanya dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit, dengan bius total, sehingga pasien tidak akan merasakan nyeri ketika operasi berlangsung dan setelahnya.

Komplikasi Wasir

Jika kondisi wasir terus dibiarkan tentu akan mengganggu aktivitas, dan semakin lama akan semakin berbahaya. Jika sudah memasuki stadium 3 dan 4 beberapa komplikasi yang akan terjadi antara lain:

  • Pendarahan hebat, karena wasir akan keluar dan tak bisa masuk kembali ke anus.
  • Kesulitan berjalan.
  • Gangguan metabolisme tubuh karena kesulitan buang air besar.

Pencegahan Wasir

Dengan mengenali penyebab wasir, tentu akan bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi wasir atau ambeien. Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan wasir antara lain:

  • Tidak sering mengejan ketika BAB.
  • Makan makanan berserat tinggi agar BAB lancar dan lunak.
  • Harus banyak minum air putih dan menghindari alkohol serta mengurangi kopi yang mengandung kafein.
  • Terapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, agar metabolisme tubuh terjaga baik.

Related posts:

  1. Pengalaman Operasi FAM : Cerita Pengalaman Fibroadenoma Mammae
  2. Pengalaman Operasi Usus Buntu
  3. Pengalaman Operasi Angkat Rahim : Operasi Pengangkatan Rahim – Histerektomi
  4. Pengalaman Operasi Hernia
  5. Pengalaman Operasi Batu Empedu
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts