Tabungan Pendidikan Anak BCA

Tabungan Pendidikan Anak BCAby Vivi Tirtaon.Tabungan Pendidikan Anak BCAMasih ingat berapa harga beras Saigon per kilo di tahun 2000? Kalau tidak salah ingat, itu sekitar 700 rupiah, dan harga bensin premium waktu itu adalah 750 rupiah per liter. Jika dibandingkan dengan harga sekarang untuk barang yang sama, berapa angka inflasinya? Kenaikannya antara 10-15 kali lipat dengan harga sekarang. Demikian juga dengan biaya pendidikan […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Masih ingat berapa harga beras Saigon per kilo di tahun 2000? Kalau tidak salah ingat, itu sekitar 700 rupiah, dan harga bensin premium waktu itu adalah 750 rupiah per liter. Jika dibandingkan dengan harga sekarang untuk barang yang sama, berapa angka inflasinya? Kenaikannya antara 10-15 kali lipat dengan harga sekarang.

Demikian juga dengan biaya pendidikan yang terus mengalami lonjakan dari tahun ke tahun. Jika tidak mempersiapkan jauh hari, maka ekonomi keluarga bisa berantakan sehingga menimbulkan hutang. Belum lagi jika Anda memiliki anak lebih dari satu, tentu beban finansial akan semakin berat jika tak memiliki tabungan pendidikan anak.

Tabungan pendidikan anak BCA

Apa itu Tabungan Pendidikan ?

Tabungan pendidikan anak adalah jenis rekening khusus perorangan dengan setoran rutin dalam jangka waktu tertentu yang diberikan manfaat tambahan berupa asuransi jiwa untuk melindungi dana pendidikan anak apabila kepala keluarga selama perlindungan asuransi meninggal dunia atau mengalami musibah yang mengakibatkan cacat tetap.

Setiap bank biasanya selalu mengeluarkan produk tabungan pendidikan anak untuk mengakomodir kebutuhan setiap nasabahnya. Setiap tabungan di bank kurang dari 2 miliar akan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga jika bank bangkrut sekalipun, tabungan pendidikan anak Anda akan aman dan dapat ditarik.

Pada dasarnya, tabungan pendidikan anak merupakan produk tabungan berjangka yang mewajibkan nasabahnya untuk menyetor sejumlah dana secara rutin dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan peranjian.

Asuransi Tabungan Pendidikan Anak

Asuransi tabungan pendidikan anak adalah penggabungan produk asuransi jiwa dengan tabungan pendidikan berjangka. Nasabah dapat menentukan rencana pendidikan, kapan dana akan digunakan, dan berapa target dana yang akan dicapai.

Jika polis telah disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, yakni penanggung dan tertanggung, maka risiko atas kematian tertanggung secara finansial akan ditanggung oleh penanggung atau perusahaan asuransi.

Terkait dana tabungan, maka pihak asuransi akan mengeluarkan dana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pada perjanjian awal. Tertanggung berkewajiban menyetorkan sejumlah dana secara rutin seperti yang telah disepakati.

Jika masih dalam masa pertanggungan dan tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan, atau membebaskan pembayaran premi dan dana tabungan tetap seperti yang telah direncanakan, sehingga masa depan untuk biaya pendidikan anak akan tetap terjamin.

Apa Manfaat Asuransi Dalam Tabungan Pendidikan ?

BCA sangat memahami akan kebutuhan setiap nasabahnya. Termasuk untuk biaya pendidikan. Produk asuransi jiwa tahapan berjangka menjawab kebutuhan itu dengan memberikan berbagai manfaat asuransi dalam tabungan pendidikan, antara lain:

  1. Jika orang tua meninggal karena kecelakaan, maka uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris maksimal 1,5 miliar.
  2. Jika pemegang polis meninggal karena sakit, uang pertanggungan maksimal sebesar 750 juta rupiah.
  3. Selain itu, ada santunan kematian senilai 5 juta tambahan per rekening.
  4. Produk ini bisa dibeli di seluruh cabang BCA di Indonesia.

Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Pendidikan anak itu sangat penting. Seringkali pendidikan menjadi penentu masa depan anak. Jika kita sebagai orang tua tak mempersiapkan sedini mungkin tabungan pendidikan maka rasa khawatir tentang masa depan anak akan terus menghantui. Oleh karena itu, ikuti tips mempersiapkan tabungan pendidikan anak berikut agar rencana tabungan pendidikan dapat tercapai.

Disiplin Menabung

Ini adalah keharusan. Kebutuhan akan terus ada, sebanyak apapun uang Anda jika tak digunakan untuk hal dengan skala prioritas yang tinggi maka akan habis juga. Jadi, untuk melakukan disiplin menabung harus memiliki komitmen yang kuat, dan mengesampingkan hal lain sementara waktu.

Pikirkan Sumber Dana Alternatif

Jika Anda hanya memiliki gaji yang pas-pasan, maka sudah saatnya untuk bekerja keras dengan mencari sumber penghasilan yang lain sebagai penyokong penghasilan utama. Misalnya dengan berjualan online, menjadi penerjemah, dan lain sebagainya yang berpotensi menghasilkan uang tambahan.

Buka Rekening Tabungan Pendidikan Anak

Banyak bank yang memiliki produk tabungan pendidikan anak sekaligus asuransi. Salah satunya adalah tabungan pendidikan anak BCA, dengan berbagai keuntungan dan manfaat. Dengan begitu, uang yang sudah disetorkan tidak akan terganggu hingga waktu yang telah ditentukan. Selain itu, perlindungan asuransi jiwa juga akan sangat bermanfaat untuk menjamin masa depan anak apabila terjadi hal yang tidak di inginkan kepada kita sebagai orang tua.

Hidup Sederhana Lebih Baik

Kencangkan Ikat Pinggang untuk mengatur pengeluaran yang tak perlu. Semisal ulang tahun mewah, barang branded, makan di restoran, dan sebagainya. Apalah artinya kesenangan sementara jika menggadaikan masa depan anak untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Jadi lebih baik hidup sederhana agar masa depan anak tetap terjamin.

Tabungan Pendidikan Anak BCA

BCA memberikan solusi tabungan pendidikan anak dengan tahapan berjangka BCA, yang di khususkan bagi nasabah perorangan untuk menabung sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dalam jangka waktu tertentu.

Setoran dalam jumlah tertentu sesuai dengan keinginan, dan jumlah tersebut tidak dapat diubah-ubah hingga kontrak berakhir. Nasabah juga tidak boleh menarik dana hingga waktu yang telah ditentukan. Jika dilakukan penarikan dana sebelum waktunya, maka kontrak perjanjian akan segera berakhir atau tutup akun.

Apa Syarat Pembukaan Rekening Tabungan Pendidikan BCA ?

Adapun syarat untuk dapat memiliki tabungan pendidikan anak BCA, antara lain:

  • Usia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Nasabah membuka rekening tahapan berjangka BCA.
  • Setoran bulanan minimal 500 ribu, yang dibayar autodebet dari rekening BCA reguler.
  • Jangka waktu yang bisa dipilih antara 1 tahun-20 tahun.

Untuk dapat membuka rekening tahapan berjangka BCA, nasabah harus mengisi dan menandatangani formulir permohonan, yang disertai dengan fotokopi KTP dan NPWP. Sekaligus membayar setoran awal minimal.

Simulasi Tabungan Pendidikan BCA

Simulasi tabungan pendidikan anak BCA

Tabungan pendidikan Anak BCA yang dapat dihitung dengan kalkulator sesuai dengan target dana yang di inginkan adalah tahapan berjangka SiMuda. Dengan beberapa manfaat antara lain:

  • Nilai setoran dapat disesuaikan tergantung target dana yang ingin dicapai.
  • Nasabah diperkenankan untuk menambah dana di luar dana setoran bulanan.
  • Nasabah akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa selama jangka waktu tertentu.

Tabungan Pendidikan Anak BCA Syariah

Jika tahapan berjangka SiMuda adalah tahapan berjangka konvensional, maka BCA Syariah mengeluarkan produk Tahapan Rencana iB, yaitu produk tabungan untuk pendidikan anak yang dikelola dengan berdasarkan prinsip mudharabah.

Tabungan Pendidikan Anak BCA Syariah

Dana yang disetorkan oleh nasabah akan dikelola sesuai dengan kaidah syariat Islam yang terbebas dari unsur-unsur riba yang sangat dilarang. Tahapan Rencana iB merupakan produk tabungan investasi yang disertai perlindungan asuransi jiwa kepada setiap nasabahnya.

Manfaat Tabungan Pendidikan Anak BCA Syariah

  • Bisa menjadi alternatif investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Tidak seperti investasi konvensional yang fluktuatif, tahapan rencana iB menjamin kepastian dana sesuai dengan perencanaan.
  • Selain mendapatkan bagi hasil juga mendapatkan perlindungan asuransi jiwa syariah.
  • Melatih kedisiplinan dalam menabung untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa yang akan datang.
  • Jika nasabah meninggal dunia karena sakit, maka sisa setoran akan tetap dibayarkan kepada ahli waris.
  • Jika nasabah meninggal karena kecelakaan, sisa setoran yang belum terbayar akan tetap dibayarkan kepada ahli waris, ditambah dengan santunan kematian sebesar 40x dari setoran bulanan.

Syarat Mendaftar Tahapan Rencana iB

Adapun syarat untuk dapat mendaftar tahapan rencana iB, antara lain:

  • Memiliki rekening induk di BCA Syariah, seperti tahapan iB atau Giro iB.
  • Membuka rekening tahapan rencana iB dengan mengisi formulir.
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun ketika pembukaan rekening.
  • Menunjukan KTP Asli.
  • Menandatangani dokumen asuransi.

Simpanan Pelajar (SimPel) iB

Selain tahapan rencana iB, adapun produk tabungan pendidikan anak yang diberi nama Simpanan Pelajar (SimPel) iB dari BCA Syariah. SimPel iB adalah tabungan bagi pelajar yang ingin memiliki rekening sendiri dengan peryaratan yang sederhana dan mudah yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik agar pelajar dapat ter-edukasi tentang budaya menabung sejak usia dini.

Produk ini merupakan hasil kerjasama antara BCA Syariah dengan setiap sekolah yang ingin memberikan fasilitas tabungan kepada setiap siswanya untuk melatih siswa dalam mengatur keuangan mereka sendiri.

Dengan memiliki rekening SimPel iB maka diharapkan para siswa mendapat edukasi masalah finansial, mendorong setiap siswa untuk menabung dan melatih mengelola keuangan sejak usia dini. Dari sisi orang tua, mereka dapat mengontrol keuangan anak serta melatih kemandirian dalam pengelolaan uang jajan mereka.

Related posts:

  1. Tabungan Pendidikan Anak BRI
  2. Tabungan Pendidikan Anak Bank Jateng
  3. Tabungan Pendidikan Anak CIMB Niaga
  4. Tabungan Pendidikan Anak Mandiri
  5. Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts