Tabungan Pendidikan Anak Mandiri

Tabungan Pendidikan Anak Mandiriby Vivi Tirtaon.Tabungan Pendidikan Anak MandiriSetiap orang tentu menyadari bagaimana sulitnya untuk menabung dan mempersiapkan dana untuk keperluan tertentu seperti pendidikan, jika tak memaksakan diri untuk menyisihkan uangnya tentu akan terus merasa kesulitan, karena merasa masih banyak kebutuhan yang harus dicukupi. Bank Mandiri sangat memahami setiap keluh kesah nasabahnya, sehingga mereka pun mengeluarkan produk Tabungan Rencana Mandiri. Tabungan Rencana Mandiri […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Setiap orang tentu menyadari bagaimana sulitnya untuk menabung dan mempersiapkan dana untuk keperluan tertentu seperti pendidikan, jika tak memaksakan diri untuk menyisihkan uangnya tentu akan terus merasa kesulitan, karena merasa masih banyak kebutuhan yang harus dicukupi.

Bank Mandiri sangat memahami setiap keluh kesah nasabahnya, sehingga mereka pun mengeluarkan produk Tabungan Rencana Mandiri.

Tabungan Rencana Mandiri merupakan tabungan berjangka yang dikhususkan bagi nasabah individu untuk menyiapkan dana pendidikan atau lainnya dengan cara menyetorkan sejumlah uang secara rutin setiap bulannya melalui rekening induk yang di auto debet, sehingga memudahkan nasabahnya untuk menyisihkan sebagian kecil uangnya.

Tabungan Pendidikan Anak Mandiri

Keuntungan Dan Kerugian Tabungan Rencana Mandiri

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita telisik keuntungan dan kerugian tabungan Rencana Mandiri, sebagai referensi agar bisa menjadi bahan pembanding dengan tabungan dari bank lainnya sehingga memudahkan Anda dalam memilih tabungan pendidikan anak yang cocok bagi Anda.

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

  • Setoran sangat terjangkau, hanya dengan 100 ribu saja setiap bulan, Anda bisa membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri.
  • Jangka waktu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Setiap nasabah Tabungan Rencana Mandiri akan diberikan perlindungan asuransi jiwa secara gratis. Sehingga meski orang tua meninggal atau mengalami cacat tetap, anak tetap akan dijamin masa depan pendidikannya dengan uang pertanggungan yang diberikan.
  • Suku bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, bahkan dari bank lainnya.
  • Tidak hanya rupiah, Anda bisa menabung dalam bentuk dolar Amerika. Sehingga bisa sebagai investasi.

Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri

Uang Pertanggungan Kecil

Sebenarnya bisa dimaklumi karena asuransi gratis tersebut adalah bonus tambahan, sehingga uang pertanggungannya tidak besar. Jadi Anda tetap harus memiliki asuransi jiwa dari asuransi swasta jika menginginkan uang pertanggungan yang besar demi masa depan anak yang lebih cerah.

Suku Bunga Rendah Dibanding Angka Inflasi

Angka inflasi pendidikan antara 10-30% tiap tahun, sedangkan bunga yang ditawarkan hanya 3-4%, tentu tidak akan berimbang, sehingga Anda harus menyetorkan dana untuk tabungan yang besar setiap bulannya agar dapat mencukupi dan mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tiap tahun.

Tidak Cocok untuk Jangka Panjang

Karena bunga yang rendah, dengan tingkat inflasi yang tinggi, maka menabung dalam jangka yang panjang tidak menguntungkan, karena nilai intrinsik uang saat ini lebih berharga dibanding 5 atau 10 tahun yang akan datang. Jadi, tabungan berjangka hanya cocok untuk menyiapkan dana pendidikan dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun.

Sertifikat Polis Tabungan Rencana Mandiri

Jika Anda membuka rekening TRM (Tabungan Rencana Mandiri) maka tidak ada buku tabungan dan tidak pula diberikan kartu ATM. Sebagai bukti bahwa Anda adalah nasabah TRM, maka bank akan menerbitkan sertifikat TRM. Jika Anda mendaftar TRM secara online, Anda bisa meminta penerbitan sertifikat TRM dengan datang langsung ke setiap kantor cabang Bank Mandiri, dengan menunjukkan KTP dan buku tabungan utama.

Fungsi sertifikat TRM selain sebagai bukti kepemilikan rekening TRM juga dapat digunakan untuk membatalkan tabungan Rencana Mandiri dan kemudian mencairkan dana ke rekening utama sebelum jatuh tempo.

Selain sertifikat TRM, Anda juga akan mendapatkan sertifikat polis Mandiri, sebagai penerima manfaat asuransi gratis dari AXA Mandiri, yang menyatakan bahwa Anda adalah tertanggung, yang berisi identitas diri Anda serta nilai pertanggungan yang akan diterima jika sejumlah ketentuan pengajuan klaim telah terpenuhi.

Apa itu Sertifikat Polis Mandiri ? Merupakan surat perjanjian asuransi yang memuat berbagai ketentuan antara penanggung dan tertanggung, yang meliputi hak dan kewajiban, data pemegang polis, pengecualian asuransi, biaya-biaya, dan sebagainya.

Dalam menghadirkan manfaat asuransi jiwa pada tabungan Rencana Mandiri, Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi AXA Mandiri, yang merupakan anak usaha dari Bank Mandiri. Kerjasama tersebut tidak terbatas hanya pada Tabungan Rencana Mandiri, tetapi juga dalam pemasaran produk asuransi Bancassurance.

Simulasi Tabungan Rencana Mandiri

Berikut tabel suku bunga dari Tabungan Rencana Mandiri.

Bunga Tabungan Rencana Mandiri

Anda bisa menghitung sendiri, angka sesuai dengan kemampuan setoran dan jangka waktu bisa dipilih antara 1-20 tahun. Semakin lama jangka waktu yang dipilih, maka bunga yang ditawarkan juga semakin tinggi. Sebagai contoh, berikut simulasi Tabungan Rencana Mandiri:

Simulasi Tabungan rencana mandiri

Hasil simulasi di atas adalah jika Anda menyetor dana 1 juta setiap bulan selama 4 tahun, maka Anda akan mendapatkan bunga sebesar 2,25%, dan hasil akhir ketika TRM jatuh tempo adalah sebesar Rp. 51.592.130.

Pertanyaan Seputar Tabungan Pendidikan Anak Mandiri

Berikut pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar Tabungan Pendidikan Anak Mandiri, antara lain:

Apa beda Tabungan Rencana Mandiri dengan Tabungan Biasa ?

Tabungan Rencana Mandiri merupakan tabungan berjangka dengan setoran tetap setiap bulannya, dan ditambah manfaat asuransi jiwa. Dana yang disetorkan tidak dapat diambil sewaktu-waktu hingga jatuh tempo. Tentu berbeda dengan tabungan biasa yang tak ditentukan besaran setorannya, serta dapat diambil kapan pun.

Apa Manfaat Asuransi Tabungan Rencana Mandiri ?

Seperti halnya asuransi jiwa murni. Anda juga akan mendapatkan polis asuransi jiwa secara gratis jika membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri.

Jika nasabah TRM mengalami kecelakaan dan mengakibatkan meninggal dunia atau cacat total permanen, maka pihak asuransi akan tetap membayarkan setoran bulanan sampai akhir jatuh tempo, dan dana akan diberikan kepada ahli waris, sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Sebagai contoh:

Anda adalah nasabah bank Mandiri, dan Anda memiliki dua orang anak, yang kemudian Anda membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri untuk kedua anak Anda tersebut dengan setoran masing-masing 1 juta perbulan selama 10 tahun.

Jika di tahun ke 3 Anda mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, maka pihak asuransi akan tetap menyetorkan sisa setoran dana untuk kedua rekening anak Anda hingga akhir masa kontrak, sehingga anak-anak Anda tetap menerima manfaat TRM di masa kontrak berakhir.

Tabungan Rencana Mandiri Bunga Berapa ?

Suku bunga Tabungan Rencana Mandiri tergantung dari berapa lama jangka waktu yang dipilih. Untuk periode 1-3 tahun, Anda akan mendapatkan bunga 2% per tahun. Jika jangka waktu 4-9 tahun, maka suku bunga mencapai 2,25%. Jangka waktu 10-14 tahun, yang di dapat adalah 2,50%, dan 15-20 tahun, bunga sebesar 2,75% per tahun.

Bagaimana Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri ?

Untuk dapat mencairkan dana Tabungan Rencana Mandiri, Anda terlebih dahulu harus memiliki sertifikat TRM, yang bisa didapatkan dengan cara mendatangi kantor Bank Mandiri terdekat dengan menunjukan identitas diri dan buku rekening tabungan yang terhubung dengan Tabungan Rencana Mandiri. Nantinya, nomor yang terdapat pada sertifikat TRM akan digunakan untuk mencairkan dana TRM.

Jika sudah memiliki sertifikat TRM, gunakan ponsel Anda untuk mencairkan dana TRM.

  • Instal aplikasi Mandiri Mobile dan kemudian masuk ke aplikasi.
  • Klik pada bagian bawah sebelah kanan akun rekening TRM (dengan simbol 3 titik)
  • Untuk dapat menarik dana sebelum jatuh tempo, pilih Pembatalan Mandiri Tabungan Rencana
  • Kemudian akan muncul informasi saldo dan biaya administrasi apabila ingin menutup akun dan menarik dana.
  • Lihat dua nomor pada sertifikat TRM, kemudian masukkan nomor tersebut ke bagian prefiks.
  • Pilih rekening induk (tujuan) untuk mentransfer dana Tabungan Rencana Mandiri.
Bagaimana Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Dengan penarikan dana tersebut, secara otomatis rekening Tabungan Rencana Mandiri Anda telah ditutup, dengan pemotongan biaya administrasi tertentu yang telah di tentukan pada halaman informasi saldo.

Tabungan Pendidikan Anak Mandiri Syariah

Jika Anda memiliki preferensi tabungan pendidikan anak berbasis Syariah, maka solusinya adalah tabungan anak Mandiri Syariah. Karena selain menyiapkan dana pendidikan anak, Anda juga mendapatkan perlindungan asuransi. Sistemnya pun tidak melanggar ketentuan Syariat karena pengelolaannya sesuai dengan ketentuan hukum Islam yang bebas dari riba. Tabungan pendidikan anak Mandiri Syariah diberi nama Tabungan Investa Cendekia.

Tabungan Investa Cendekia

Tabungan Investa Cendekia merupakan produk dari Bank Mandiri Syariah yang memungkinkan nasabahnya untuk menyiapkan tabungan pendidikan anak dalam jangka waktu tertentu dengan setoran yang tetap setiap bulannya, dan disertai dengan perlindungan asuransi.

Keuntungan Tabungan Investa Cendekia

  • Tidak seperti tabungan konvensional yang menerapkan bunga bank tetap. Tabungan Investa Cendekia menawarkan keuntungan dengan sistem bagi hasil yang sangat bersaing.
  • Setiap nasabah Tabungan Investa Cendekia akan mendapatkan perlindungan asuransi tanpa medical check up.
  • Setoran minimal 100 ribu dengan jangka waktu antara 1-20 tahun.
  • Tidak dipungut biaya administrasi apapun selama kontrak berlangsung.

Syarat Membuka Tabungan Investa Cendekia

  • Merupakan nasabah Mandiri Syariah yang berusia minimal 17 tahun atau maksimal 60 tahun ketika tabungan berjangka telah jatuh tempo.
  • Memiliki identitas diri (KTP)
  • Memiliki NPWP (nomor pokok wajib pajak).
  • Setoran awal minimal 100 ribu.

Kesimpulan

Meskipun manfaat asuransi pada Tabungan Pendidikan Anak Mandiri tidak memberikan uang pertanggungan yang tinggi, tetapi bisa dimaklumi karena manfaat asuransi tersebut merupakan bonus yang melekat untuk menarik minat nasabah Mandiri. Jika menginginkan uang pertanggungan yang besar, maka sebaiknya Anda membeli asuransi jiwa di perusahaan asuransi agar anak atau ahli waris Anda bisa lebih terjamin masa depannya apabila Anda meninggal dunia.

Jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan anak dari bank lain, suku bunga yang ditawarkan Bank Mandiri tergolong sangat kecil, kurang dari 3% per tahun. Namun demikian, setiap orang punya preferensi bank masing-masing, sehingga Anda bebas memilih produk tabungan pendidikan anak yang mana yang terbaik bagi Anda.

Labels:

tabungan pendidikan anak mandiri

Related posts:

  1. Tabungan Pendidikan Anak BRI
  2. Tabungan Pendidikan Anak CIMB Niaga
  3. Tabungan Pendidikan Anak Bank Jateng
  4. Tabungan Pendidikan Anak BCA
  5. Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts