Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik

Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaikby Vivi Tirtaon.Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan TerbaikSeperti yang kita ketahui bahwa, biaya pendidikan mengalami inflasi setiap tahunnya sebesar 3.81 persen. Hal tersebut memicu pelaku pendidikan menaikkan uang pangkal atau uang gedung setiap tahunnya bervariasi antara 10-15 persen. Apalagi di tingkat perguruan tinggi yang kenaikannya bisa mencapai 40%. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua wajib mempersiapkan biaya pendidikan anak untuk masa […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa, biaya pendidikan mengalami inflasi setiap tahunnya sebesar 3.81 persen. Hal tersebut memicu pelaku pendidikan menaikkan uang pangkal atau uang gedung setiap tahunnya bervariasi antara 10-15 persen. Apalagi di tingkat perguruan tinggi yang kenaikannya bisa mencapai 40%.

rencana asuransi pendidikan Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik
Rencanakan Biaya Pendidikan Anak

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua wajib mempersiapkan biaya pendidikan anak untuk masa yang akan datang. Nah, bagaimana cara kita mempersiapkan biaya pendidikan anak? Pilihannya ada 2 yakni Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan.

Terserah Anda memilih yang mana, tetapi kami akan membantu menjelaskan perbedaan tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan, agar Anda lebih mudah menentukan mana yang terbaik untuk Anda!

Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa Tabungan pendidikan dan Asuransi pendidikan adalah sama. Ternyata tidak, keduanya berbeda sama sekali! Apa saja perbedaannya? Setidaknya ada beberapa perbedaan yang mendasar. Mari kita simak perbedannya satu per satu!

1. Definisi Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Asuransi Pendidikan merupakan produk Asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan dengan nilai perlindungan sesuai dengan premi yang dibayarkan. Asuransi jenis ini biasanya menggabungkan dua manfaat yakni sebagai asuransi jiwa pemegang polis asuransi.

Tabungan Pendidikan merupakan produk dari perbankan seperti halnya tabungan biasa yang memberikan nilai tambah berupa bunga simpanan dari bank yang nilainya terbilang sangat kecil antara 3-6% per tahun dari saldo tabungan Anda.

2. Perbedaan Setoran Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Karena keduanya memiliki manfaat yang berbeda, maka dilihat dari tujuan setoran uangnya pun akan berbeda. Pemegang polis asuransi pendidikan akan membayar premi asuransi setiap bulan, 3 bulanan atau per semester tergantung dengan perjanjian dengan perusahaan asuransi.

Besaran setoran premi pun sudah ditentukan pada klausa perjanjian asuransi. Sedangkan besaran setoran tabungan pendidikan tidak ditentukan oleh pihak bank, tergantung kemampuan Anda untuk menyetorkan dana sebagai simpanan.

3. Tentang Status Dana yang disetorkan

Jika Anda membayar premi asuransi pendidikan, maka pihak asuransi akan mengelola uang Anda secara penuh dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan klausa perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis dengan pihak asuransi.

Sedangkan tabungan pendidikan, Anda hanya menititipkan setoran Anda saja sebagai simpanan dan bisa ditarik kembali sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan.

4. Aspek Manfaat Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Jika Anda membeli asuransi dengan nilai tanggungan 100 juta dalam tempo 5 tahun sebagai biaya pendidikan Anak, dengan premi yang harus dibayar setiap bulan selama 5 tahun. Tetapi (misalkan) di tahun ketiga Anda sebagai pemegang polis tersebut meninggal dunia, maka pewaris Anda yang sudah tertulis dalam klausa perjanjian akan tetap mendapatkan nilai tanggungan tersebut sebesar 100 juta ditambah dengan hasil investasi atas premi yang Anda bayarkan.

tips asuransi pendidikan Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik

Berbeda dengan tabungan pendidikan yang tidak memiliki nilai tertentu, sebanyak apa yang Anda setorkan itulah yang Anda dapatkan. Meski di bank menerapkan proteksi terhadap nasabahnya, biasanya nilainya sangat kecil.

Aspek Resiko antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan
Tabungan pendidikan yang merupakan produk perbankan cenderung lebih aman karena dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga resiko kehilangan uang, gagal bayar, terkena bencana dan sebagainya, uang Anda akan lebih aman dan terjamin. Sewaktu-waktu Anda dapat menariknya kembali.

Berbeda dengan Asuransi, premi yang Anda bayarkan akan dikelola oleh pihak asuransi sebagai aset investasi yang lebih beresiko. Oleh karena itu, Anda wajib menyeleksi perusahaan asuransi yang memiliki track record yang baik sebelum membeli produk asuransi mereka.

5. Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Keduanya memiliki tujuan yang sama, tapi sangat berbeda karena asuransi pendidikan yang merupakan satuan unit link asuransi didalamnya disertai investasi, sedangkan tabungan pendidikan biasanya tabungan berjangka yang dapat ditarik dalam waktu tertentu sesuai dengan yang ditentukan oleh bank.

Asuransi Pendidikan Lebih Menguntungkan…..Benarkah?

Karena Asuransi Pendidikan juga merupakan sebuah investasi, maka secara matematis, perhitungan angka keuntungan dari asuransi sangat menjanjikan dan menggiurkan karena besaran bunga yang didapat oleh setiap pemegang polis sangat tinggi antara 15-20 persen per tahun, tentu akan sangat menguntungkan bukan!

Namun ada pepatah yang mengatakan, “semakin tinggi pohon maka semakin kencang pula angin yang menerpanya”. Yah, demikian pula dengan investasi dengan return yang tinggi tentu memiliki resiko yang besar pula.

Bisa jadi untung jika perusahaan asuransi mengelola aset investasi dengan baik, dan memperoleh keuntungan yang baik. Tapi tidak tertutup kemungkinan juga investasi yang dijalankan mengalami kerugian yang berdampak pula pada para pemegang polisnya, karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Tabungan Pendidikan Lebih Aman……Tapi?

Tabungan berjangka memang sangat aman karena adanya jaminan LPS sebagai penjamin simpanan setiap nasabah di bank dengan nilai maksimal jaminan 1 miliar per nasabah. Jadi uang yang Anda setorkan tidak akan hilang.

Namun demikian, Tabungan Pendidikan akan stagnan nilainya karena bukan merupakan investasi dan akan cenderung termakan inflasi tiap tahun. Jadi misalnya Anda mentargetkan 10 juta dalam dua tahun untuk biaya pendidikan Anak Anda, dan di tahun ketika masuk terjadi kenaikan biaya pendidikan yang sangat signifikan, tabungan pendidikan Anda tidak mencukupinya.

Jadi, Silahkan tentukan Pilihan Anda!

Asuransi Pendidikan vs Tabungan 1 Perbedaan Tabungan Pendidikan dengan Asuransi Pendidikan Terbaik

Antara Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Anda bisa menentukannya sesuai dengan kemampuan untuk menyetorkan dana setiap bulannya, maksimal sebesar 30% dari total pendapatan Anda setiap bulan sehingga tidak begitu memberatkan.

Mengingat adanya inflasi yang berpengaruh terhadap kenaikan biaya pendidikan setiap tahun, maka Anda wajib meningkatkan alokasi untuk biaya pendidikan Anak di masa yang akan datang sehingga kehidupan Anda lebih terncana dan bahagia.

Dengan uraian di atas tentu akan sangat membantu sebagai bahan pertimbangan Anda dalam menentukan pilihan antara Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan. Semoga bermanfaat!

Related posts:

  1. Apa Itu Asuransi Pendidikan Anak : Yang Bagus dan Murah ?
  2. Asuransi Penyakit Kritis / Asuransi CRITICAL ILLNESS Terbaik : Tips dan Hal yang Penting Diketahui
  3. Perbedaan Asuransi Konvensional Dan Asuransi Syariah
  4. Perbedaan BPJS Kesehatan Dan Asuransi Kesehatan Swasta
  5. Perbedaan BPJS Kesehatan Dan BPJS Ketenagakerjaan
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia