Pengertian Reimbursement Dalam Asuransi : Cara Klaim Reimbursement

Pengertian Reimbursement Dalam Asuransi : Cara Klaim Reimbursementby Vivi Tirtaon.Pengertian Reimbursement Dalam Asuransi : Cara Klaim ReimbursementJika Anda adalah seorang karyawan sebuah perusahaan, tentu sudah sangat akrab dengan kata “Reimbursement”. Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis dan atau membeli sesuatu untuk kepentingan perusahaan. Reimbursement dapat diartikan sebagai proses penggantian biaya oleh perusahaan atas pengeluaran yang dilakukan karyawan sebagai biaya operasional perusahaan. Perusahaan memiliki ketentuan berbeda atas pelunasan Reimbursement, sesuai dengan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Jika Anda adalah seorang karyawan sebuah perusahaan, tentu sudah sangat akrab dengan kata “Reimbursement”. Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis dan atau membeli sesuatu untuk kepentingan perusahaan.

Pengertian Reimbursement Dalam Asuransi

Reimbursement dapat diartikan sebagai proses penggantian biaya oleh perusahaan atas pengeluaran yang dilakukan karyawan sebagai biaya operasional perusahaan. Perusahaan memiliki ketentuan berbeda atas pelunasan Reimbursement, sesuai dengan kebijakan setiap perusahaan.

Contoh Reimbursement sebagai penggantian biaya operasional diantaranya seperti biaya penginapan, pembelian perlengkapan, biaya transportasi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Pengertian Reimbursement dalam Asuransi

Istilah Reimbursement yang sudah familiar dalam dunia kerja, kemudian diadaptasi dalam Asuransi yang memiliki arti yang hampir sama, hanya saja terbatas pada penggantian biaya yang berkaitan dengan pertanggungan atas polis asuransi.

Reimbursement dalam Asuransi Kesehatan diartikan sebagai penggantian biaya pelayanan atas rumah sakit, dokter, pembiayaan fasilitas kesehatan, dan segala biaya yang terkait sebagai pelayanan atas perlindungan yang sesuai dalam klausul asuransi. Jadi, singkatnya Reimbursement adalah klaim untuk penggantian biaya.

Cara Klaim Reimbursement

Prosedur dalam mengajukan klaim Reimbursement biasanya disesuaikan dengan keadaan. Anda bisa memilih rumah sakit sesuai dengan keinginan, dan kemudian Anda bisa membayar dahulu seluruh biaya atas fasilitas dan pelayanan tersebut, dan kemudian Anda meminta Reimbursement atau biaya penggantian kepada perusahaan asuransi atau Anda bisa langsung mengajukan klaim atas biaya perawatan kepada pihak Asuransi.

Untuk melakukan klaim Reimbursement, maka Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan secara lengkap agar pengajuan klaim Anda diterima. Beberapa dokumen yang wajib disediakan antara lain:

  • Mengisi formulir klaim secara benar dan lengkap
  • Kartu identitas yang sudah difotokopi
  • Kuitansi (asli) atas semua biaya perawatan yang sudah diterima
  • Surat Keterangan dari Dokter
  • Salinan resep
  • Menyertakan Rujukan laboratorium jika ada
  • Dokumen pemeriksaan pelengkap seperti misalnya USG/Foto rontgen/Lab, dan lain sebagainya.

Setelah dokumen lengkap, maka Anda bisa datang langsung ke kantor pemasaran asuransi yang ada dikota Anda, atau bisa juga dikirimkan ke kantor pusat perusahaan asuransi yang Anda ikuti, yang ditujukan ke bagian Individual Klaim

cara mengajukan klaim reimbursement

Syarat di setujuinya Klaim Reimbursement

Perlu di ingat bahwa tidak semua biaya akan mendapat penggantian dari pihak asuransi. Penggantian dilakukan sesuai dengan batas limit atau sesuai dengan tingkat kelas (plan asuransi) yang diambil. Dan tidak boleh melebih batas biaya yang di-cover dalam klausul asuransi Anda. Beberapa hal yang wajib dipenuhi agar Reimbursement dapat diterima, antara lain:

  • Polis Anda dalam keadaan In Force (Aktif)
  • Dokumen harus lengkap, seperti yang dijelaskan di atas
  • Tidak melebihi jatuh tempo pengajuan klaim
  • Jenis Penyakit merupakan yang ditanggung
  • Sudah melewati masa tunggu

Setiap pemegang polis berhak mengajukan klaim, namun perlu diperhatikan bahwa tidak setiap klaim bisa diterima karena harus memenuhi persyaratan dan segala ketentuan yang ada. Karena besar kemungkinan klaim Anda akan ditolak jika Anda tidak memenuhi kriteria yang sudah ditentukan dalam klausul asuransi.

Kenapa Proses Klaim Reimbursement Lama?

Setiap pengajuan klaim asuransi atas penggantian biaya akan diperiksa secara mendetail tentang kelengkapan dokumen yang diperlukan. Jika diperlukan keterangan tambahan dari rumah sakit atau dokter yang menangani, maka klaim Reimbursement yang Anda ajukan bisa memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan.

Apalagi jika klaim yang diajukan sudah melewati batas jatuh tempo, atau polis Anda dalam keadaan lapse atau mati, maka perusahaan asuransi akan membutuhkan konfirmasi terlebih dahulu tentang tunggakan premi yang ada.

Oleh karena itu pastikan bahwa polis asuransi Anda dalam keadaan in force atau aktif dengan cara membayar premi setiap bulan atau tahun secara rutin tanpa ada tunggakan, sehingga proses validasi atas klaim yang Anda ajukan bisa lebih cepat di proses.

Related posts:

  1. Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link : Cara Kerja Dan Contohnya
  2. Cara Tutup Polis Asuransi : Cara Menutup Polis Asuransi Yang Benar
  3. Istilah Di Dalam Asuransi Syariah Yang Wajib Anda Ketahui
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts