Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up

Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Upby Vivi Tirtaon.Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check UpSetiap perusahaan asuransi jiwa menetapkan kebijakan yang berbeda mengenai perlunya medical check up pada pengajuan asuransi calon nasabahnya. Sebagian dari mereka menetapkan strategi yang memudahkan setiap orang untuk dapat membeli produk asuransi jiwa, salah satunya adalah dengan mengesampingkan syarat medical check up. Seberapa penting medical check up calon nasabah bagi perusahaan asuransi? Kenapa ada syarat […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Setiap perusahaan asuransi jiwa menetapkan kebijakan yang berbeda mengenai perlunya medical check up pada pengajuan asuransi calon nasabahnya. Sebagian dari mereka menetapkan strategi yang memudahkan setiap orang untuk dapat membeli produk asuransi jiwa, salah satunya adalah dengan mengesampingkan syarat medical check up.

Seberapa penting medical check up calon nasabah bagi perusahaan asuransi? Kenapa ada syarat pengajuan asuransi yang membutuhkan medical check up dan ada yang tidak memerlukannya. Dan banyak lagi pertanyaan terkait dengan asuransi jiwa tanpa medical check up,yang akan kami jawab tuntas dalam artikel ini.

Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up

Medical Check Up Adalah

Medical check up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara lengkap untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang sebagai usaha untuk tindakan preventif dalam menjaga kesehatan. Sehingga dapat mendeteksi penyakit sejak dini, atau mencegah penyakit berlanjut dengan penanganan sejak dini.

Dalam asuransi, Medical Check Up diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon nasabah atau nasabah yang melakukan pemulihan polis, agar bisa mengukur faktor risiko yang mungkin akan terjadi. Hasil MCU tersebut digunakan sebagai evaluasi dan menentukan proposal pengajuan asuransi diterima, di tolak atau di tunda hingga kondisi kesehatan calon nasabah membaik.

Apa Saja Yang Diperiksa Dalam Medical Check Up

Jika Anda ingin mengajukan permohonan asuransi jiwa dengan uang pertanggungan yang besar, maka Anda harus bersiap untuk melakukan medical check up sebagai syarat diterimanya aplikasi permohonan tersebut.

Tempat medical check up biasanya ditentukan oleh pihak asuransi, dan mereka pula yang akan menanggung biaya tersebut. Sebelum melakukan medical check up, sebaiknya Anda mencatat berbagai keluhan kesehatan yang Anda rasakan, riwayat kesehatan diri dan keluarga, dan bawa juga hasil pemeriksaan medis sebelumnya jika ada.

Beberapa hal pokok yang akan diperiksa dalam medical check up antara lain:

Cek Fungsi Jantung dengan EKG

Pemeriksaan dilakukan dengan alat tes ekokardiografi untuk mengetahui secara detail tentang kinerja jantung, dari mulai katup jantung, dinding jantung, dan aliran darah pada bilik jantung. Sehingga jika ada masalah dalam fungsi jantung, akan bisa langsung ditangani lebih dini.

Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan radiologi dilakukan dengan sinar X atau sinar radioaktif yang dimaksudkan untuk mengetahui penyakit melalui pencitraan bagian dalam tubuh melalui foto atau gambar.

Pemeriksaan Laboratorium

Beberapa hal yang diperiksa di laboratorium adalah pemeriksaan hematologi (termasuk sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit), pemeriksaan urine, dan pemeriksaan tinja. Dari pemeriksaan tersebut, akan diketahui fungsi organ dalam, dan penyakit yang mungkin dideteksi.

Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol sangat penting untuk menakar kadar kolesterol dalam darah yang merupakan pemicu serangan jantung atau hipertensi yang bisa berakibat stroke. Sehingga jika diketahui kadar kolesterol, maka orang tersebut diharapkan dapat berhati-hati untuk mengendalikan kadar kolesterol di level normal.

Pemeriksaan Gula Darah

Rangkaian pemeriksaan medical check up selanjutnya adalah pemeriksaan gula darah. Pemeriksaan ini dimaksudkan agar terhindar dari diabetes, sehingga diharapkan untuk menerapkan pola hidup sehat agar kadar gula darah tetap di level normal.

Adapun pemeriksaan medical check up tambahan bagi wanita yaitu pemeriksaan mammografi untuk mengetahui kesehatan payudara dan organ reproduksi lainnya dari gangguan tumor atau kanker. Demikian juga dengan pria, ada pemeriksaan tambahan terkait dengan organ reproduksi pria, yang mencakup kelamin, skrotum, dan prostat.

Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up

Dalam perusahaan asuransi, ada sebuah divisi khusus yang biasa disebut underwriter yang bertugas melakukan pemeriksaan terhadap pengajuan asuransi calon nasabah atau nasabah yang melakukan pemulihan polis, berkaitan dengan kondisi atau riwayat kesehatan para calon nasabah tersebut. Dari data permulaan (formulir pengajuan asuransi) yang telah diterima, underwriter dapat menentukan apakah perlu adanya medical check up atau tidak.

Meskipun medical check up adalah hal yang sangat penting sebagai pengukur risiko, tetapi ada beberapa faktor yang bisa menjadi tolok ukur agar persyaratan adanya medical check up dikesampingkan, antara lain:

Uang Pertanggungan

Semakin kecil uang pertanggungan yang dipilih nasabah, maka semakin kecil peluang untuk diwajibkannya MCU. Setiap perusahaan menetapkan besaran uang pertanggungan berbeda yang harus melalui medical check up. Umumnya, uang pertanggungan di atas 500 juta, biasanya diharuskannya MCU ketika pengajuan asuransi jiwa.

Riwayat Kesehatan

Dalam lembar surat permohonan asuransi jiwa, ada beberapa pertanyaan yang wajib dijawab terkait kondisi kesehatan calon nasabah. Jika misalnya jawaban calon nasabah mengatakan pernah menjalani operasi, atau mengidap penyakit tertentu, dan berat badan tak ideal atau mengalami obesitas, maka kemungkinan besar harus dilakukan MCU. Jika jawaban calon nasabah tak ada masalah dengan riwayat kesehatannya, maka pengajuan asuransi jiwa tanpa medical check up kemungkinan besar dapat diterima.

Produk Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up

Jika perusahaan asuransi membuat produk asuransi jiwa tanpa medical check up, tentu sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang, tetapi biasanya uang pertanggungan yang akan diberikan jika terjadi klaim tergolong kecil. Dan biasanya produk tersebut hanya berlaku singkat, misalnya 1 bulan hingga 1 tahun saja.

Risiko yang Tidak Dapat Ditanggung Asuransi Jiwa

Dalam polis asuransi jiwa, pihak penanggung akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia. Tetapi ada beberapa pengecualian yang membuat risiko yang tidak dapat ditanggung asuransi jiwa, antara lain:

  1. Tertanggung meninggal karena bunuh diri.
  2. Kematian akibat vonis mati dari pengadilan.
  3. Meninggal akibat terjangkit HIV/AIDS
  4. Pembunuhan berencana oleh pihak yang berkepentingan dengan uang pertanggungan.
  5. Dan meninggal karena risiko pekerjaan yang diluar perjanjian asuransi jiwa.
Tips memilih asuransi jiwa tanpa medical check up

Tips Memilih Asuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan kemudahan produk asuransi jiwa tanpa medical check up, tetapi Anda harus hati-hati sebelum membeli produk asuransi jiwa tersebut. Baca dan ikuti tips memilih asuransi jiwa tanpa medical check up berikut ini agar Anda tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari:

Jujur Tentang Kondisi Kesehatan Anda

Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, termasuk ketika menjawab beberapa pertanyaan wajib dalam surat permohonan asuransi jiwa. Jawablah dengan jujur tentang kondisi kesehatan Anda. Ini bukan masalah diterima atau tidaknya permohonan asuransi Anda, tetapi ini terkait dengan diterima atau tidaknya klaim yang akan Anda ajukan nantinya.

Percuma saja jika Anda memiliki polis asuransi jiwa, tetapi pengajuan klaim Anda ditolak. Karena setiap ada pengajuan klaim, perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi dan investigasi mendalam tentang dokumen yang Anda sertakan dalam permohonan. Jika klaim dinilai tidak sesuai dengan ketentuan, maka sudah pasti klaim Anda akan ditolak.

Sehingga penting sekali memberikan jawaban jujur tentang kondisi kesehatan. Jikalau pun nantinya akan dilakukan medical check up, dan ditemukan penyakit, biasanya perusahaan akan tetap menerima permohonan asuransi Anda dengan pengecualian penyakit yang Anda derita.

Pilih Asuransi Jiwa atau Kecelakaan Diri Jangka Pendek

Jika ada perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa tanpa medical check up dengan nilai pertanggungan yang besar sudah pasti itu hoax dan jangan dipercaya! Karena perusahaan akan tetap melakukan kajian mendalam tentang faktor risiko yang akan ditanggungnya, sehingga kebanyakan perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi tanpa medical check up adalah yang risikonya kecil dengan uang pertanggungan yang kecil pula. Masa berlaku perlindungan pun biasanya pendek.

Pelajari Rekam Jejak Perusahaan

Selidiki dahulu sepak terjang perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi jiwa tanpa medical check up, dengan cara membaca laporan keuangan tahunan perusahaan, membaca review para nasabahnya, bagaimana pelayanan klaimnya, dan sebagainya.

Isi Formulir dan Dokumen Pendukung dengan Benar

Biasanya perusahaan asuransi yang tidak mewajibkan adanya medical check up adalah perusahaan asuransi yang menggunakan jalur distribusi online. Jika membeli produk asuransi jiwa secara online, maka Anda harus benar-benar hati-hati dalam mengisi setiap formulir agar tidak terjadi kesalahan.

Anda harus memenuhi segala persyaratan yang ditentukan agar pengajuan asuransi jiwa Anda dapat diterima. Lengkapi data pendukung yang diminta, dan jawab sesuai dengan fakta setiap pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan asuransi.

Pilih Produk yang Memberikan Kemudahan Klaim

Yang terpenting dalam memiliki asuransi adalah kemudahan klaim ketika itu diajukan nasabah atas terpenuhinya suatu ketentuan klaim dalam polis. Untuk mengetahui produk asuransi jiwa mana yang memberikan kemudahan dalam urusan klaim, maka cari tahu di beberapa media konsumen yang memberikan review tentang perusahaan tersebut.

Selain itu, cari tahu tentang informasi di situs resmi perusahaan yang menawarkan produk tentang layanan klaim secara online. Gali informasi dari agen asuransi tentang layanan pengajuan klaim. Agar klaim Anda cepat diterima, maka berikan keterangan yang cukup di formulir pengajuan yang didukung dengan dokumen yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Jika Anda membeli produk asuransi jiwa tanpa medical check up secara online, pastikan bahwa Anda memberikan keterangan dengan benar agar proses pengajuan klaim yang Anda ajukan atas polis tersebut di kemudian hari bisa diterima. Jangan lupa juga untuk rutin membayar premi asuransi sesuai dengan ketentuan agar polis Anda selalu aktif.

Related posts:

  1. Asuransi Kesehatan Tanpa Medical Check Up
  2. Asuransi Penyakit Kritis Tanpa Medical Check Up
  3. Pengalaman Klaim Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Jiwa Terbaik Di Indonesia
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangka
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts