Asuransi Jiwa Terbaik Di Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik Di Indonesiaby Vivi Tirtaon.Asuransi Jiwa Terbaik Di IndonesiaHingga saat ini, tercatat ada 50 perusahaan asuransi jiwa yang telah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan). Meski sebagian besar dari perusahaan tersebut adalah merupakan cabang dari perusahaan asuransi asing yang mendapatkan izin beroperasi di Indonesia. Dari sekian banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa, tentu akan membuat kita bingung untuk menjatuhkan pilihan, karena […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Hingga saat ini, tercatat ada 50 perusahaan asuransi jiwa yang telah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan). Meski sebagian besar dari perusahaan tersebut adalah merupakan cabang dari perusahaan asuransi asing yang mendapatkan izin beroperasi di Indonesia.

Dari sekian banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa, tentu akan membuat kita bingung untuk menjatuhkan pilihan, karena produk yang ditawarkan oleh agen asuransi jiwa memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, bagaimana cara kita menentukan mana perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia, agar dana yang kita setorkan aman dan memberikan imbal balik yang sesuai.

Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Kriteria Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Memilih perusahaan penyedia asuransi jiwa tidak boleh sembarangan, karena mereka akan mengelola dana dan menanggung risiko yang mungkin terjadi pada pemegang polis. Dan itu bukan hanya untuk satu dua tahun saja, tetapi dalam jangka panjang.

Sebut saja nama perusahaan asuransi yang menurut Anda adalah yang terbaik di Indonesia! Mereka tak akan masuk dalam kriteria perusahaan asuransi jiwa terbaik jika tidak memenuhi syarat berikut ini:

Memiliki Reputasi yang Baik

Reputasi perusahaan asuransi jiwa bisa menjadi faktor penentu utama dari pelanggan ketika menentukan pilihan. Disinilah pentingnya brand awareness dalam membangun company branding. Hanya mendengar namanya saja, orang pasti akan tahu bidang bisnisnya, bagaimana kinerja perusahaan, dan sebagainya.

Semakin orang mengenalnya dengan reputasi yang baik, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan masyarakat kepada perusahaan asuransi jiwa tersebut. Anda bisa mencari tahu kinerja perusahaan dari membaca pengalaman pelanggan atau membaca berita tentang perusahaan asuransi tersebut.

Memiliki Keuangan yang Sehat

Syarat mendirikan perusahaan adalah memiliki modal. Terkait hal ini, OJK bahkan menaikkan syarat modal minimal untuk mendirikan perusahaan asuransi yaitu 150 miliar rupiah. Tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi jiwa, dapat dilihat dari rasio solvabilitas dalam laporan keuangannya. Semakin tinggi rasio solvabilitas, maka semakin sehat pula keuangan perusahaan tersebut.

Rasio solvabilitas minimal yang ditetapkan oleh pemerintah adalah sebesar 120%. Perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia harus memiliki rasio solvabilitas diatas 600%. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan nasabah.

Layanan Pelanggan yang Baik

Berbagai media konsumen dan lembaga keuangan banyak menyoroti tentang kinerja layanan pelanggan, dan mereka akan memberikan penghargaan atas layanan pelanggan yang baik. Customer service atau layanan pelanggan dapat menjadi kunci kesuksesan karena lewat jalur inilah perusahaan dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan pelayanan dari mendengar keluh kesah pelanggan.

Perusahaan asuransi jiwa dapat dikategorikan sebagai yang terbaik jika memberikan layanan cepat tanggap, ramah dalam menerima keluhan, tidak berbelit-belit dalam memberikan informasi, kepada setiap calon pelanggan dan nasabahnya.

Mitra Kerjasama Perusahaan Asuransi Jiwa

Siapa berteman dengan siapa, maka bisa menggambarkan karakter bagaimana orang tersebut. Demikian juga dengan perusahaan asuransi jiwa. Mereka juga akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain, entah itu bank atau lembaga keuangan lainnya. Dengan melihat siapa partner perusahaan, maka kita bisa melihat seberapa besar perusahaan tersebut dapat dipercaya. Semakin besar mitranya, maka semakin besar kepercayaan yang dimiliki perusahaan tersebut.

Manajemen yang Terintegrasi

Tidak jarang pula ketika nasabah mengajukan klaim atau keluhan, orang perusahaan asuransi saling melempar tanggung jawab, dari mulai agen asuransi, customer service, manajer asuransi, tim pengawas, divisi klaim, dan sebagainya. Itu menandakan perusahaan tak memiliki sistem manajemen yang terintegrasi.

Kemampuan perusahaan dalam mengelola awak perusahaan sangat penting, setiap personal harus memiliki etos kerja dan tanggung jawab kepada pekerjaannya. Hal ini dapat dilihat dari keseragaman informasi yang diberikan, review pelanggan, cara menanggapi keluhan, dan sebagainya.

Pendapatan Premi yang Tinggi

Penjualan produk asuransi jiwa adalah ujung tombak dari perusahaan asuransi. Tanpa penjualan produk maka perusahaan akan mati. Tak ada pendapatan premi yang masuk. Maka semakin tinggi pendapatan premi, maka semakin banyak pula pelanggan yang masuk menjadi tertanggung. Perusahaan asuransi jiwa terbaik harus memiliki produk asuransi yang bermanfaat, bervariasi, dan memenuhi kebutuhan setiap nasabahnya.

Klaim yang Mudah

Kemudahan klaim adalah muara dari perusahaan asuransi dalam mendapatkan dan mempertahankan nasabahnya. Perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia akan memberikan kemudahan setiap nasabahnya ketika mereka mengajukan klaim saat ketentuan dalam polis terpenuhi.

Layanan klaim yang cepat dan tak berbelit-belit akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Kepuasan pelanggan ketika melakukan pengajuan klaim dapat menjadi tolok ukur kinerja perusahaan secara keseluruhan.

asuransi jiwa terbaik

Tips Memilih Produk Asuransi Jiwa Terbaik

Setelah meneliti dan menentukan perusahaan yang sesuai dengan kriteria perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia, kemudian adalah menentukan produk asuransi jiwa mana yang terbaik. Sebelum menentukan pilihan produk asuransi jiwa, ikuti tips berikut ini agar Anda tidak salah pilih.

1. Transparan dan Mudah Dipahami

Anda tentu sering melihat iklan asuransi jiwa yang menawarkan berbagai kelebihan tentang produknya. Seringkali iklan tersebut menggunakan kalimat yang memperdaya untuk menarik minat calon nasabahnya. Tidak salah sih, tetapi seringkali isinya tidak sesuai dengan kenyataan.

Produk asuransi jiwa terbaik biasanya lebih sederhana dan memberikan manfaat yang masuk akal tanpa janji dan iming-iming yang semu. Kalimat dalam klausul asuransi jelas dan mudah dipahami sehingga tidak membingungkan nasabahnya.

2. Produk Bermanfaat dan Sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali produk asuransi jiwa. Seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa unit link, asuransi jiwa seumur hidup, dan asuransi jiwa dwiguna. Anda harus mengenali manfaat setiap produk dari asuransi jiwa tersebut dan kemudian menimbang dengan benar, mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Premi Terjangkau

Besaran premi yang harus dibayarkan memang tergantung dari kondisi fisik ketika mendaftar yang dibuktikan dengan medical check up, usia, dan besaran uang pertanggungan. Semakin tinggi uang pertanggungan yang diambil, maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan.

Pilih produk paling sesuai dengan premi terjangkau. Fokus pada tujuan awal berasuransi yaitu memproteksi diri secara finansial. Jangan terpengaruh investasi yang ditawarkan karena akan membuat premi yang harus dibayar semakin besar.

4. Uang Pertanggungan Besar

Tujuan utama berasuransi adalah untuk mendapatkan uang pertanggungan yang besar. Ukuran besar bagi setiap orang tentu berbeda. Anda bisa mengukur dari besaran premi yang di bayar, dan kebutuhan Anda.

Misalnya jika pendapatan Anda adalah 20 juta per bulan, maka uang pertanggungan 100 juta tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, setidaknya Anda harus membeli polis asuransi dengan uang pertanggungan minimal sebesar 500 juta rupiah.

5. Memberikan Solusi Klaim yang Mudah

Produk asuransi jiwa terbaik akan memberikan kemudahan nasabah dalam pengajuan klaim dengan proses yang cepat. Sehingga tidak membuat nasabah menunggu terlalu lama. Layanan pelanggan juga harus responsif dalam menanggapi setiap keluhan nasabah. Pilih produk dari perusahaan asuransi yang memberikan solusi klaim melalui sistem online sehingga dapat menghemat waktu dan tidak merepotkan nasabah.

6. Ada Pengembalian Premi

Anda harus selektif dan membandingkan setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang berbeda. Pilihlah produk asuransi jiwa yang memberi opsi pengembalian premi ketika kontrak jatuh tempo. Produk asuransi jiwa semacam ini merupakan solusi terbaik. Biasanya perusahaan akan menawarkan pengembalian premi jika tidak ada klaim selama kontrak asuransi berlangsung.

Penutup

Karakter masyarakat Indonesia adalah ingin cepat mendapatkan hasil dan juga cepat terangsang akan produk asuransi yang memberikan iming-iming besar bahkan yang tidak masuk akal sekalipun. Hal tersebut terjadi karena rendahnya literasi dan pemahaman tentang keuangan dan investasi.

Dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup sebelum menentukan dan menjatuhkan pilihan pada produk perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Dengan membaca kriteria perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia dan tips memilih produk asuransi jiwa terbaik, diharapkan calon nasabah tidak salah pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Related posts:

  1. Review Asuransi Jiwa Terbaik
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Generali Indonesia
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangka
  5. Asuransi Jiwa Paling Mudah Klaim Cepat
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts