Asuransi COVID Murah

Asuransi COVID Murahby Vivi Tirtaon.Asuransi COVID MurahCorona Virus Disease atau lebih dikenal dengan nama Covid-19, terus berkembang di Indonesia dan dunia. Covid memberikan dampak buruk yang membuat laju ekonomi global tersendat. Berdasarkan data per 27 November 2020, sebanyak 5.828 orang di Indonesia ter infeksi Covid-19. Dengan grafik yang terus meningkat dari hari ke hari tentu akan membuat orang semakin khawatir tentang […]
08988234527 Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan nama Covid-19, terus berkembang di Indonesia dan dunia. Covid memberikan dampak buruk yang membuat laju ekonomi global tersendat. Berdasarkan data per 27 November 2020, sebanyak 5.828 orang di Indonesia ter infeksi Covid-19. Dengan grafik yang terus meningkat dari hari ke hari tentu akan membuat orang semakin khawatir tentang ekonomi dan kesehatan di masa yang akan datang.

Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi, maka semua anggota keluarga dan sanak famili yang telah berinteraksi dengannya akan menjadi ODP (orang dalam pengawasan) atau PDP (pasien dalam pengawasan). Itu memberikan efek domino yang mengerikan. Seluruh aktivitas ekonomi keluarga akan terhenti, sementara kebutuhan hidup akan terus ada. Jika tak memiliki asuransi yang dapat menanggung kejadian tak terduga semacam itu, maka kehidupan akan semakin berat.

Asuransi COVID Murah

Pentingnya Asuransi di Masa Pandemi

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, setiap kita mengalami kerentanan ekonomi akibat penyebaran Covid yang semakin masif. Efek domino dari pandemi Covid ini sangat luar biasa. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, situasi ekonomi tak menentu, apalagi bagi mereka yang terinfeksi Covid-19 yang tentu membuat hidup akan semakin sulit.

Apa yang Terjadi Jika Kita Terinfeksi Covid ?

Jika Anda terduga atau memiliki gejala Covid, maka akan diterapkan protokol kesehatan penanganan Covid sesuai dengan arahan dari WHO, sebagai berikut:

  1. Anda akan ditempatkan di ruangan khusus untuk dikarantina. Jika memiliki gejala berat, maka karantina dilakukan di tempat yang disediakan pemerintah, dan jika gejala ringan, maka bisa dilakukan karantina mandiri di rumah.
  2. Pergerakan Anda sangat terbatas (di ruang karantina), dan tentu saja Anda akan kehilangan penghasilan sementara.
  3. Anda tidak boleh melakukan kontak langsung dengan orang lain, termasuk anggota keluarga sendiri.
  4. Minimal karantina mandiri adalah 14 hari. Dan jika memiliki gejala berat dan atau memiliki penyakit bawaan lainnya, maka Anda memiliki risiko kematian yang tinggi.

3 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu Penting

Meski pemerintah akan menanggung biaya perawatan pasien Covid sepenuhnya, tetapi keluarga pasien Covid tak mendapatkan jaminan kehidupan dan nafkah apapun. Oleh karena itu, perencanaan finansial di masa krisis sangat penting, termasuk juga memiliki polis asuransi menjadi prioritas untuk menjaga hal-hal yang tak terduga terjadi.

1. Dapat Membantu Mengurangi Potensi Kerugian

Harus diakui bahwa polis asuransi kelas menengah ke bawah tak sepenuhnya dapat membantu memenuhi kebutuhan kita seluruhnya, tetapi ia dapat membantu meringankan beban finansial yang kita pikul.

2. Sebagai Investasi dan atau Tabungan

Memiliki perlindungan kesehatan dan atau jiwa yang disertai simpanan dana yang dapat diambil ketika masa kontrak asuransi berakhir tentu akan dapat sangat membantu ketika kondisi finansial sedang terpukul seperti saat pandemi.

3. Sebagai bentuk Cinta dan Tanggung Jawab atas Keluarga

Asuransi jiwa bukan untuk diri kita sendiri, tetapi untuk memberikan manfaat finansial kepada keluarga tercinta. Dengan memiliki asuransi jiwa, maka Anda sudah berpikiran selangkah lebih maju untuk menjamin kehidupan istri dan anak dimasa mendatang ketika sesuatu hal terjadi pada diri kita.

Berhubungan dengan pandemi saat ini, AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) menyatakan bahwa terjadi peningkatan klaim asuransi oleh nasabah yang terkait dengan Covid-19. Hingga September 2020, tercatat sebesar 216 miliar telah dibayarkan atas klaim nasabah yang terdampak Covid. Sedangkan klaim meninggal dunia hingga November mengalami kenaikan dari tahun sebelum adanya pandemi Covid-19, yakni sudah mencapai 8.8 triliun.

Pentingnya asuransi di masa pandemi

Siapa yang Harus Memiliki Asuransi Covid Murah ?

Setiap orang dapat membeli produk asuransi Covid murah. Perusahaan asuransi swasta sedang berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk asuransi yang menjamin santunan harian dan atau santunan kematian bagi calon nasabahnya yang terkena Covid.

Berdasarkan data statistik, risiko kematian dari Covid sangat kecil, sehingga perusahaan asuransi berkeyakinan bahwa semakin rendah risiko kematian maka semakin kecil pula risiko kerugian yang mungkin akan ditanggungnya. Jadi, ada beberapa alasan yang harus dipertimbangkan sebelum membeli produk asuransi Covid murah, antara lain:

  • Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan mobilitas tinggi, dan bertemu dengan banyak orang pada masa pandemi, maka Anda wajib memliki proteksi asuransi Covid-19.
  • Jika Anda sering melakukan aktivitas di zona merah atau hitam dalam peta sebaran Covid-19, maka sangat penting bagi Anda untuk memiliki asuransi Covid.
  • Jika Anda memiliki penyakit bawaan dan memiliki risiko tinggi kematian jika terinfeksi Covid, maka wajib bagi Anda membeli produk asuransi Covid murah.
  • Jika Anda tak memiliki dana simpanan yang cukup atau finansial Anda bermasalah jika tanpa kehadiran Anda, maka Anda harus punya perlindungan asuransi Covid.

Premi Asuransi Covid Murah

Harga asuransi khusus covid yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi beragam. Semakin tinggi nilai pertanggungan, maka semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan. Beberapa asuransi swasta besar menawarkan uang pertanggungan dan santunan harian yang cukup tinggi bagi nasabah yang teridentifikasi Covid, seperti misalnya.

  • Santunan harian sebesar 1 juta rupiah bagi nasabah yang positif terinfeksi Covid-19, yang dibayarkan setiap hari selama 30 hari.
  • Jika nasabah dinyatakan sebagai PDP (pasien dalam pengawasan) Covid, maka diberikan manfaat santunan sebesar 5 juta rupiah untuk sekali masa karantina.
  • Pihak keluarga nasabah Covid yang terdaftar sebagai tertanggung, juga akan mendapat santunan separuh dari nilai yang dibayarkan.
  • Uang pertanggungan sebesar 100-200 juta rupiah akan dibayarkan kepada ahli waris apabila nasabah meninggal dunia.

Nasabah yang terduga atau terinfeksi Covid-19 akan diberikan kemudahan-kemudahan secara khusus oleh perusahaan asuransi, misalnya saja jika klaim diajukan ketika polis tidak aktif, maka diberikan kemudahan pemulihan polis. Selain itu masa tunggu polis juga dihapuskan.

Keuntungan Membeli Asuransi Covid Murah

Ketika tak ada pandemi Covid, memiliki asuransi juga sangat penting, apalagi ada pandemi seperti sekarang ini yang tingkat penyebarannya sangat cepat, dan semua orang yang banyak berinteraksi dengan orang lain memiliki risiko tinggi penularannya, maka memiliki asuransi Covid murah menjadi sebuah keharusan. Beberapa keuntungannya antara lain:

1. Sebagai Proteksi Diri Secara Finansial

Ketika kita dinyatakan sebagai PDP, kita sudah harus dikarantina minimal 14 hari. Apalagi jika positif terinfeksi Covid, maka otomatis kita akan kehilangan penghasilan kita selama dalam karantina atau dalam perawatan. Dalam posisi tersebut, peran asuransi Covid hadir dan memberikan manfaat santunan harian untuk meringankan beban finansial yang harus kita tanggung.

2. Melindungi Keluarga atau Ahli Waris

Jika kita di diagnosis positif Covid, maka risiko terburuknya adalah kematian. Bagaimana dengan nasib keluarga jika kita meninggal, sementara mereka masih butuh nafkah dan biaya pendidikan? Secara finansial, asuransi Covid murah akan memberikan ketenangan hati dan jiwa jika terjadi kematian, karena uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris.

3. Meminimalkan Kerugian yang Lebih Besar

Meski klaim asuransi tak dapat memenuhi kebutuhan kita seluruhnya, tetapi secara finansial asuransi akan sangat membantu dan meminimalisir potensi kerugian material yang lebih besar.

Tips Memilih Asuransi Covid Murah

Pemerintah dalam masalah pandemi ini sudah berkomitmen untuk menanggung biaya perawatan bagi warga negara yang terinfeksi Covid. Namun demikian, sebagai manusia yang memiliki tanggungan dan kebutuhan, tentu bukan hanya memikirkan biaya perawatan, tetapi kebutuhan lain yang juga memerlukan biaya.

Oleh karena itu, dalam memilih asuransi Covid murah yang ditawarkan oleh banyak perusahaan saat ini, ada tiga hal utama yang harus dipertimbangkan, antara lain:

1. Reputasi dan Kinerja Perusahaan Asuransi

Perusahaan yang menawarkan produk asuransi Covid murah harus memiliki reputasi dan kinerja baik. Anda bisa membaca review secara online dari berbagai sumber tentang kinerja perusahaan asuransi tersebut.

2. Pilih Produk Asuransi yang Menawarkan Santunan Sekaligus atau Santunan Harian

Sepeti yang dibahas di awal, pemerintah sudah menanggung biaya perawatan selama terinfeksi Covid. Jadi, jika Anda ingin membeli produk asuransi Covid murah, maka cari dan pilihlah yang memberikan santunan harian agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga yang memberikan jaminan santunan kematian, agar dapat bermanfaat kepada keluarga Anda.

3. Menerapkan Platform Digital

Karena keterbatasan aktivitas, penting sekali untuk memilih perusahaan asuransi yang sudah menerapkan sistem digitalisasi, sehingga dapat lebih mudah membeli, bertanya, atau melakukan klaim jika Anda terdiagnosa Covid.

Bagi yang sudah memiliki polis asuransi, sebaiknya menanyakan kepada agen tentang polis asuransi Anda, apakah memberikan perlindungan Covid atau tidak. Jika tidak, maka Anda perlu membeli produk tambahan yang bisa memberikan perlindungan dari risiko terinfeksi Covid-19.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Covid Murah ?

Selama perawatan Covid, pasien tak dibebankan biaya apapun oleh rumah sakit karena seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Kesehatan. Pihak rumah sakit lah yang akan mengajukan klaim atas biaya kepada BPJS Kesehatan.

Tentu berbeda dengan klaim asuransi covid murah kepada perusahaan asuransi swasta. Disinilah peran asuransi digital diperlukan karena keterbatasan mobilitas. Berikut tata cara klaim asuransi Covid murah:

  1. Siapkan dokumen pendukung yaitu surat diagnosa dan hasil pemeriksaan laboratorium dari dokter di rumah sakit yang merawat pasien Covid.
  2. Siapkan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan persyaratan polis seperti identitas dan surat polis.
  3. Foto semua dokumen tersebut.
  4. Kirimkan dokumen melalui email atau no whatsapp yang telah disediakan perusahaan asuransi.

Prosedur tersebut merupakan layanan khusus yang disediakan oleh perusahaan untuk nasabah terkait Covid. Jadi, untuk klaim asuransi umum harus mengikuti ketentuan klaim seperti biasanya, misalnya untuk speedy claim, dimana nasabah harus datang langsung ke kantor asuransi, kemudian dilakukan pemeriksaan dokumen secara reguler, baru kemudian dana klaim akan dicairkan.

Related posts:

  1. Asuransi Jiwa COVID 19
  2. Apa Itu Asuransi Pendidikan Anak : Yang Bagus dan Murah ?
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts