Perlukah Ikut Asuransi Kesehatan Selain BPJS ?

Perlukah Ikut Asuransi Kesehatan Selain BPJS ?by Vivi Tirtaon.Perlukah Ikut Asuransi Kesehatan Selain BPJS ?Sedemikian pentingnya kesehatan bagi warga negaranya, maka Pemerintah perlu menerapkan sistem proteksi dini BPJS Kesehatan agar jika datangnya sakit, setiap orang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai. Dari lapisan masyarakat terbawah yang bisa mendapatkan layanan cuma-cuma dengan kartu Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat), hingga yang berbayar dengan pilihan kelas 1, 2 dan 3. Semakin maju suatu […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Sedemikian pentingnya kesehatan bagi warga negaranya, maka Pemerintah perlu menerapkan sistem proteksi dini BPJS Kesehatan agar jika datangnya sakit, setiap orang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai. Dari lapisan masyarakat terbawah yang bisa mendapatkan layanan cuma-cuma dengan kartu Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat), hingga yang berbayar dengan pilihan kelas 1, 2 dan 3.

Semakin maju suatu negara, maka semakin baik pula pelayanan dasar negara terhadap setiap warganya. Oleh karena itu, Pemerintah dengan program Jaminan Kesehatan Nasional mewajibkan setiap warga negara menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan mendaftarkan dirinya ke Kantor BPJS terdekat. Karena BPJS bersifat wajib, maka masih perlukah ikut asuransi Kesehatan selain BPJS?

Perlukah asuransi selain BPJS?

Perlukah Ikut Asuransi Kesehatan Selain BPJS ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu harus dikembalikan kepada individu masing-masing, karena setiap kemampuan, masalah dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Namun demikian, kami akan mencoba mengupas tuntas alasan-alasan perlu atau tidaknya Anda membeli polis asuransi selain BPJS, sehingga dapat memberikan bahan pertimbangan untuk Anda dalam menentukan pilihan.

Alasan Kenapa Perlu ikut Asuransi Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari membeli polis asuransi kesehatan. Setidaknya ada 7 alasan kenapa Anda perlu ikut Asuransi Kesehatan disamping BPJS, simak alasannya berikut ini:

1. Sebagai Pengganti Pendapatan

Bayangkan jika Anda adalah kepala keluarga yang menanggung biaya hidup anak dan istri tercinta, yang kemudian kehilangan pekerjaan akibat kecelakaan! Anda membutuhkan uang untuk bayar cicilan, keluarga tetap butuh dinafkahi, sementara Anda tidak memiliki pendapatan dan butuh biaya untuk berobat. Apa yang Anda harapkan? Tentu saja adalah uang pertanggungan dari asuransi kesehatan, yang tidak didapatkan dari BPJS.

2. Untuk Menutup Hutang

Jika Anda meninggal, tentu tidak serta merta hutang Anda akan lunas, tetapi ahli waris Anda lah yang akan menanggung beban hutang tersebut. Apa Anda tidak merasa kasihan jika terjadi hal itu, meski tidak ada yang mengharapkan itu terjadi. Tetapi segala kemungkinan bisa saja terjadi! Uang pertanggungan asuransi sedikit banyak akan membantu keluarga Anda melunasi hutang yang Anda tinggalkan.

3. Perencanaan Masa Depan

Jika Anda memiliki pendapatan yang lebih, alangkah bijaknya jika Anda menyisihkan untuk invenstasi dengan membeli polis asuransi kesehatan atau lainnya. Dengan begitu, masa depan Anda akan lebih terencana, dan bisa untuk membiayai pendidikan anak, modal usaha, tabungan hari tua, dan sebagainya.

4. Perencanaan Bisnis

Jika Anda adalah seorang pengusaha, maka wajib bagi Anda memiliki Asuransi Kesehatan selain BPJS. Kenapa demikian? Tentu sebagai perlindungan hidup Anda dari kerja keras yang sia-sia. Apalagi jika Anda memiliki partner bisnis, maka keduanya harus terproteksi, jika terjadi suatu hal yang tiba-tiba (meninggal) maka partner bisnis yang ditinggalkan tidak menanggung beban hutang bisnis yang banyak yang bisa menyebabkan kebangkrutan.

5. Terhindar dari perasaan Was-was

Hidup dan mati seseorang tidak dapat di prediksi. Namun dengan memiliki asuransi kesehatan, maka Anda dan keluarga bisa mempersiapkan dan menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kapan pun. Apalagi jika pekerjaan Anda memiliki risiko yang tinggi atas kecelakaan dan kematian. Setidaknya dengan asuransi kesehatan, Anda bisa tidur lebih nyenyak dan terhindar dari perasaan was-was.

6. Sebagai Investasi

Asuransi kesehatan akan lebih murah jika dibeli waktu Anda masih muda dan sehat. Selain sebagai investasi di masa yang akan datang, hidup Anda terproteksi lebih baik, dengan layanan yang lebih prima. Karena uang premi yang disetorkan setiap bulan, akan dikembalikan setelah potongan kepada Anda jika kontrak sudah habis. Sedangkan BPJS Kesehatan tidak mengembalikan uang setoran Anda meskipun Anda tak pernah sakit selama hidup Anda.

7. Pelayanan Lebih Cepat dan Baik

Tentu Anda sudah mendengar cerita dari orang-orang yang mengantri untuk periksa di fasilitas kesehatan BPJS! Yah, Anda harus menunggu antrian yang panjang, direpotkan dengan sistem rujukan yang berjenjang. Dan Anda tidak bisa langsung mendapatkan perawatan dari dokter spesialis tanpa surat rujukan. Dengan asuransi kesehatan swasta, Anda bisa memilih rumah sakit dimanapun sesuai dengan keinginan Anda.

asuransi kesehatan swasta

Alasan Kenapa tidak Perlu Asuransi Kesehatan Swasta. Cukup BPJS!

Dari sekian banyak alasan untuk membeli asuransi selain BPJS, maka Anda perlu mempertimbangkan hal-hal lainnya juga. Berikut ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan bahwa Anda tak membutuhkan Asuransi Kesehatan selain BPJS Kesehatan

1. Pendapatan yang Pas-pasan

Jangan memaksakan membeli asuransi kesehatan jika pendapatan Anda pas-pasan, karena jika setoran premi tidak dibayarkan di tengah jalan, maka polis asuransi Anda tidak aktif dan uang akan hangus, tentu akan sangat merugikan.

2. BPJS Kesehatan Lengkap

BPJS Kesehatan sudah meng-cover seluruh penyakit, sehingga Anda tak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.

3. Biaya Mahal

Asuransi Kesehatan sangat mahal, dan terkadang tidak sesuai yang diharapkan, semisal klaim asuransi yang susah, risiko yang tinggi, dan sebagainya.

Demikian alasan-alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menentukan apakah Anda perlu asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan atau tidak! Jika Anda perlu konsultasi berkaitan dengan Asuransi, silahkan hubungi nomor yang tertera di atas. Semoga bermanfaat dan bisa membantu!

Related posts:

  1. Perbedaan BPJS Kesehatan Dan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Perbedaan BPJS Kesehatan Dan Asuransi Kesehatan Swasta
  3. Arti FasKes BPJS dan Prosedur Pindah Faskes
  4. Mengapa Kita Harus Memiliki Asuransi Kesehatan
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts