Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudential

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudentialby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi PrudentialSudah menginjak usia 25 tahun asuransi Prudential bercokol di Indonesia. Dan tumbuh berkembang tahun demi tahun hingga menjadi salah satu perusahaan Asuransi terbaik di Indonesia. Bahkan angka pertumbuhan pendapatan dari premi asuransi Prudential berkembang hingga 16%. Angka tersebut melampaui pertumbuhan premi dari industri asuransi di Indonesia yang hanya mencapai 5.8 % saja. Daftar Isi1 Asuransi […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Sudah menginjak usia 25 tahun asuransi Prudential bercokol di Indonesia. Dan tumbuh berkembang tahun demi tahun hingga menjadi salah satu perusahaan Asuransi terbaik di Indonesia. Bahkan angka pertumbuhan pendapatan dari premi asuransi Prudential berkembang hingga 16%. Angka tersebut melampaui pertumbuhan premi dari industri asuransi di Indonesia yang hanya mencapai 5.8 % saja.

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudential

Asuransi Prudential

Prudential adalah persuahaan asuransi internasional yang berdiri di Indoensia sejak 1995, dan merupakan cabang dari induk Prudential regional (PCA) Hongkong. Kantor pusatnya berkedudukan di London Inggris.

Hingga saat ini, Prudential menjadi salah satu pemimpin pasar perasuransian Indonesia dengan menawarkan produk asuransi jiwa, unit link, kesehatan, penyakir kritis, dan juga mengembangkan sayapnya dengan menyasar muslim Indonesia sehingga mendirikan asuransi Syariah.

Sekilas tentang Asuransi Prudential

  • Kemampuan bayar klaim hingga 6 kali lipat, dengan tingkat solvabilitas mencapai angka 678% sehingga melampaui ketentuan pemerintah yang menetapkan hanya 120% saja.
  • Produk PRUlink Generasi Baru, akan memberikan santunan hingga 200%, jika kematian diakibatkan kecelakaan. Selain itu, setiap premi dibayarkan maka akan mendapat peningkatan investasi sebanyak 10%.
  • Produk PRUlink Prime HealthCare akan menanggung seluruh biaya rumah sakit dengan batas per tahun hingga 65 Miliar.
  • Polis PRUCritical Hospital berlaku di seluruh rumah sakit di dunia, kecuali Amerika, dengan nilai pertanggungan mencapi 15 Miliar.
  • Nasabah dapat secara online mengakses PRUMedical Network untuk mendapat layanan secara cepat dan mudah guna melakukan klaim dan kebutuhan lainnya dari Prudential.

Seluk Beluk Asuransi Prudential di Indonesia

  • Pada tahun 1995, Prudential melakukan merger dengan Bank Bali, dan kemudian lahirlah Prudential BancBali Life Assurance (PBBL).
  • Barulah pada tahun 1996, berdirilah kantor pemasaran PBBL di Jakarta Selatan, tepatnya di Artha Graha Building.
  • Pada tahun 1998, keluarlah produk unit link premi tunggal pertama, yang dinamakan PRULink Investor Account.
  • Tahun 2000, meluncur produk unit link yang paling laku hingga saat ini yakni PRULink Assurance Account.
  • Pada 2001, Prudential berdiri sendiri, dan membangun kantor dengan nama baru PT Prudential Life Assurance. Sekaligus meluncurkan web utama yakni prudential.co.id
  • Pada tahun 2007, dengan mempelajari potensi lokal yang masyarakatnya mayoritas muslim, maka diluncurkanlah Prudential PRUSyariah.
  • Di 2011 produk asuransi penyakit kritis lahir dengan nama PRUearly stage crisis cover. Dan lahir pula PRUhostpital Friend untuk memudahkan pemantauan nasabah ketika dirawat inap di rumah sakit.
  • 2015 hadir pula produk PRUlink Edu Protection dan PRUlink Edu Syariah Protection, yang menggabungkan dua manfaat asuransi dan pendidikan.
  • Pada 2017, Prudential melakukan inovasi produk yang bermanfaat bagi setiap nasabah yang menjalani rawat inap di rumah sakit, dengan produk barunya PRUprime healthcare & PRUprime healthcare syariah.

Produk Asuransi Prudential

Produk asuransi yang ditawarkan Prudential sangat beragam, fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para nasabahnya. Beberapa produk pokok yang ditawarkan antara lain:

Asuransi Jiwa Unit Link

Layanan asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa dengan manfaat investasi sekaligus. Ada pula manfaat lain (rider) yang bisa ditambahkan sesuai dengan keinginan nasabahnya, seperti misalnya rawat inap, dan sebagainya.

Asuransi Pendidikan

Ada dua jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan, yakni PRUlink edu dan PRUSyariah edu protection, yang akan memberikan manfaat asuransi jiwa sekaligus pendidikan yang dikaitkan dengan investasi sehingga dana yang disetorkan dapat berkembang.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan Prudential memberikan perlindungan kesehatan pada setiap tertanggung secara menyeluruh, baik rawat jalan hingga rawat inap. Produk ini juga dibagi dua yakni konvensional dan Syariah.
Perlindungan Kondisi Kritis

Asuransi yang melindungi Anda ketika datang penyakit kritis yang menyerang Anda. Anda akan dibantu secara finansial ketika Anda terdiagnosis penyakit yang tercantum dalam klausul asuransi, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalani perawatan dan pengobatan.
Asuransi Syariah

Bagi Anda yang paham akan prinsip-prinsip hukum Islam, tentu Asuransi Syariah adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan perlindungan jiwa, pendidikan, kesehatan dan penyakit kritis.

prudential syariah

Produk-Produk Asuransi Prudential

Setiap produk yang diluncurkan Prudential terdapat pilihan PRUSyariah, disamping produk asuransi konvensional. Untuk mempelajari perbedaan keduanya, silahkan baca artikel Perbedaan Asuransi Konvensional dengan Asuransi Syariah.

PRULink Generasi Baru

Produk ini menggabungkan asuransi jiwa dengan investasi. Jika kontrak berakhir, Anda akan mendapatkan pengembalian premi plus nilai investasi, sesuai dengan klausul yang sudah ditandatangani pada saat awal membeli polis asuransi.

Manfaat Pertanggungan

  • Diberikan penambahan 10% ketika premi setiap kali dibayarkan.
    30% dari pembayaran premi akan dialokasikan untuk investasi.
  • Jika pemegang polis meninggal karena kecelakaan, maka santunan akan diberikan dua kali lipat.
  • Premi yang cukup terjangkau, hanya 400 ribu per bulan.
  • Anda bisa memilih produk ini dijalankan secara Syariah, tentu dengan ketentuan dan keuntungan yang berbeda pula.

PRULink Assurance Account

Nasabah diberikan keleluasaan untuk mengubah nilai pertanggungan sesuai yang di inginkannya. Asuransi ini memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi untuk masa yang akan datang, ketika masa kontrak berakhir.

Manfaat Pertanggungan

  • Uang pertanggungan akan diberikan ke ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia. Demikian juga jika pemegang polis mengalami cacat total permanen, akan diberikan santunan dan nilai tunai investasi yang terkumpul.
  • Nasabah bisa menarik uang tunai jika sudah melewati waktu tunggu tertentu.
  • Pertanggungan hingga pemegang polis mencapai umur 99 tahun
    Premi murah mulai dari 400 ribu per bulan.

PRULink Capital Account

Dengan memiliki PRUlink Capital Account, nasabah akan terlindungi jiwanya dan sekaligus berinvestasi (unit link). Perlindungan tambahan juga diberkan untuk kondisi menderita penyakit kritis, hingga usia 85 tahun.

Manfaat Pertanggungan

  • Santunan diberikan kepada ahli waris ketika pemegang polis meninggal dunia karena sakit ataupun mengalami kecelakaan.
  • Nasabah diberikan keleluasaan dalam menentukan penempatan dana investasi.
  • Nasabah dapat melakukan penarikan dana setiap waktu sesuai dengan kebutuhannya.
  • Mudah melakukan pengalihan investasi sesuai dengan keinginan
    Anda akan mendapat laporan setiap periodik tentang perkembangan dana investasi Anda.
  • Pembayaran premi dilakukan di awal seluruhnya.

PRULink Investor Account

Memberikan manfaat perlindungan jiwa dan juga terkait investasi unit link dengan penyetoran premi tunggal di awal kontrak. Perlindungan asuransi jiwa akan berakhir hingga usia tertanggung mencapai 99 tahun.

Manfaat Pertanggungan

  • Uang pertanggungan akan diberikan jika pemegang polis meninggal. Sebesar 125% dari premi yang dibayarkan.
  • Jika pemegang polis mengalami cacat total permanen, maka akan mendapat uang pertanggungan mencapai 25 miliar.
  • Jika kontrak berakhir, dan pemegang polis belum meninggal, maka tidak mendapat uang pertanggungan, hanya nilai tunai investasi saja.

PRULink Edu Protection

Merupakan produk inovatif dari Prudential yang memberikan perlindungan atas pendidikan anak dimasa yang akan datang. Perlindungan asuransi diberikan kepada pemegang polis dan juga anak sebagai tertanggung.

Manfaat Pertanggungan

  • Manfaat asuransi dasar mencapai 30 juta, dengan manfaat tambahan hingga mencapai 240 juta.
  • Jika pemegang polis meninggal dunia ketika usia anak belum mencapai 12 tahun, anak akan diberikan uang pertanggungan sebesar 240 juta, dan juga mendapat uang bulanan sebesar 2,9 juta.
  • Untuk mengantisipasi inflasi, setiap 3 tahun sekali mendapat kenaikan manfaat sebesar 15%.
  • Premi per tahun 12 juta.

PRUPrime HealthCare Plus

Ini adalah solusi finansial atas tagihan biaya rumah sakit apabila Anda menjalani rawat inap maupun rawat jalan. Tentu harus sesuai dengan ketentuan klausul dalam polis asuransi Anda.

Manfaat Pertanggungan

  • Limit tahunan untuk membayar tagihan hingga mencapai 65 miliar.
  • Jika Anda tidak mengajukan klaim dalam waktu tertentu, maka akan diberikan tambahan 10% atas pengembalian premi.
  • Bisa menentukan sendiri pilihan kamar sesuai dengan keinginan

PRUCritical Hospital Cover

Merupakan produk asuransi tambahan dari produk PRUlink generasi baru, yang memberikan perlindungan atas penyakit kritis, dengan perawatan secara komprehensif bahkan hingga ke luar negeri, kecuali Amerika.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan atas 12 penyakit kritis, dari ketika diagnosis hingga masa pemulihan.
  • Limit tahunan ditetapkan hanya 15 miliar, sesuai dengan plan yang dimiliki.
  • Anda bisa diperiksa di rumah sakit manapun di seluruh dunia termasuk juga Amerika Serikat.

PRUHospital&Surgical Cover Plus (Rider)

Produk ini juga merupakan manfaat tambahan dari PRULink Generasi Baru yang bisa dipilih. Dengan perlindungan finansial penggantian biaya rumah sakit, pembedahan, ICU, hingga usia tertanggung utama mencapai 75 tahun.

Manfaat Pertanggungan

  • Pertanggungan harian 2.5 juta.
  • Adapun ketentuan limit tahunan hingga mencapai batas 1,2 miliar.

PRUMed Cover (Rider)

Merupakan manfaat tambahan (rider) lainnya dari asuransi dasar PRULink Generasi Baru. Yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, khususnya rawat inap dan rawat jalan. Perlindungan hingga mencapai usia 65 tahun.

Manfaat Pertanggungan

  • Mendapat pertanggungan rumah sakit yang cepat 1×24 jam
    Jika mengalami kecelakan di luar negeri, tertanggung akan mendapatkan 2 kali dari nilai manfaat.
  • Untuk biaya bedah, ditetapkan nilai maksimum sebesar 15 juta.

PRUPrime HealthCare (Rider)

Manfaat tambahan dari Polis dasar PRULink Generasi Baru. Yang mencover perlindungan kesehatan semisal rawat inap dan rawat jalan pemegang polis.

Manfaat Pertanggungan

  • Biaya rumah sakit akan ditanggung sesuai dengan yang ditagihkan.
  • Ada fitur tambahan no claim bonus, mulai 10% per tahun.
  • Batas biaya perawatan per tahun mencapai 35 miliar, sesuai dengan plan yang dipilih.

PRUCrisis Cover Benefit Plus 61

Produk ini memberikan perlindungan yang sangat kompleks atas tertanggung terhadap 61 jenis kondisi kritis hingga stadium akhir, dengan nilai pertanggungan penuh tanpa ada pengurangan pembayaran premi awal.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan atas 61 kondisi kritis.
  • Uang pertanggungan mencapai 110% dari premi awal yang dibayarkan.
  • Mendapatkan perlindungan hingga usia 55 tahun.

PRUEarly Stage Crisis Cover Plus

Perlindungan finansial terhadap pemegang polis dari masa awal hingga terdiagnosa menderita kondisi kritis, dari 119 jenis penyakit yang dicover. Sesuai dengan ketentuan dalam klasul polis asuransi.

Manfaat Pertanggungan

  • Mengcover hingga 119 kondisi kritis.
  • Manfaat pertanggungan mencapai 1 miliar.
  • Uang pertanggungan diberikan sebesar 150% sebagai santunan ketika menderita kondisi kritis

Kelebihan Asuransi Prudential

Setiap produk asuransi Prudential masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Namun secara umum, dengan membeli asuransi Prudential, Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Premi Murah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita.
    Terdapat 7 pilihan investasi yang bisa kita pilih untuk menempatkan dana premi kita.
  • Pengelolaan dana investasi lebih profesional dan terukur, sehingga meminimalkan risiko kerugian atas penempatan investasi.
  • Memiliki banyak produk tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.
  • Pelayanan cepat, bisa dilakukan secara online.
  • Pertumbuhan investasi lebih stabil untuk jangka panjang.
  • Agen asuransi Prudential sangat pro aktif ketika Anda ingin mengajukan klaim, sehingga lebih mudah dan cepat.

Kekurangan Asuransi Prudential

Tidak ada yang sempurna, demikian juga dengan asuransi Prudential yang juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib diketahui, antara lain:

Pembayaran Premi yang Lama

Banyak sekali produk asuransi Prudential yang menawarkan perlindungan jangka panjang, rata-rata minimal 10 tahun. Jadi, jika Anda harus membayar bulanan, maka akan sangat terasa berat. Karena untuk masa yang lama itu banyak kemungkinan yang bisa terjadi, salah satunya adalah menurunnya kemampuan membayar premi, sehingga dikhawatirkan premi yang dibayar akan hangus ketika berhenti di tengah jalan.

Ketentuan yang sangat Ketat

Terutaman berkaitan dengan klaim yang diajukan. Jika ada keterangan atau dokumen yang tidak lengkap atau kurang sedikit, maka klaim Anda akan lambat dan besar kemungkinan akan di tolak. Jadi dalam masalah ini tidak ada toleransi.

Penutup

Prudential adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar dan terpercaya di Indonesia. Anda akan lebih aman dan nyaman jika membeli polis asuransi Prudential karena kredibilitasnya dalam menjalankan dan mengelola investasi sangat baik.

Adapaun produk-produk Prudential yang berbasis Syariah yang bisa Anda pilih, sehingga Anda akan menerima manfaat sesuai dengan ketetapan Syariat, terhindar dari perbuatan riba, unsur ketidakpastian, dan perbuatan yang melangar lainnya (gharar).

Tetapi jangan sekali-kali membeli produk asuransi Prudential hanya karena di iming-imingi bonus dan manfaat berlipat padahal tidak sesuai apa yang dibutuhkan, dan pada akhirnya bukan keuntungan yang di dapat tetapi justru kerugian, karena tidak sesuai dengan kemampuan finansial kita sendiri.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi FWD Life
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Manulife
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi AIA Financial
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Zurich Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Panin Dai-ichi Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts