Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Cigna

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Cignaby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi CignaCigna adalah perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang asuransi, pelayanan kesehatan, perencanaan keuangan, farmasi, dan asuransi kecelakaan, yang telah beroperasi di 30 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah nasabah mencapai 180 juta yang tersebar di seluruh dunia. Sudah 23 tahun Cigna selalu masuk dalam daftar Fortune 500. Di tahun 2020 ini, Cigna berada di posisi […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Cigna adalah perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang asuransi, pelayanan kesehatan, perencanaan keuangan, farmasi, dan asuransi kecelakaan, yang telah beroperasi di 30 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah nasabah mencapai 180 juta yang tersebar di seluruh dunia.

Sudah 23 tahun Cigna selalu masuk dalam daftar Fortune 500. Di tahun 2020 ini, Cigna berada di posisi 13. Perkembangan yang sangat fantastis dari tahun 2019 yang hanya berada di posisi 65. Apa artinya itu? Bahwa perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500 adalah perusahaan asal Amerika yang memiliki pendapatan bruto tertinggi di Amerika. Semakin tinggi pendapatan yang dikumpulkan sebuah perusahaan, maka semakin baik pula ranking yang di dapat. Peringkat 1 dan 2 kini di tempati oleh Walmart dan Amazon.

Kelebihan dan kekurangan asuransi Cigna

Sekilas tentang PT Asuransi Cigna Indonesia

  • Asuransi Cigna Indonesia adalah anak usaha dari Cigna Corporation yang berbasis di USA, yang menjadi salah satu pemimpin pasar dalam pelayanan kesehatan.
  • Asuransi jiwa Cigna memiliki tingkat solvabilitas 269%, dua setengah kali lebih tinggi dari standar yang ditetapkan pemerintah.
  • Cigna Indonesia menjalin kerja sama dengan pialang asuransi APARI, untuk memperluas pasar Global Individual Private Insurance, yang dicanangkan sejak 2017.
  • Cigna sangat aktif memasarkan produknya dengan sistem telemarketing. Namun baru-baru ini, mulai merambah dan fokus membidik nasabah melalui sistem digital pada 2019, dalam membantu pemasaran produknya.

Sejarah Singkat Cigna Indonesia

  • Pada 1982, dua perusahaan CG dan INA melakukan merger dan jadilah CIGNA yang berkantor pusat di Connecticut, Amerika Serikat.
  • Pada 1990, PT Asuransi Cigna berdiri dan beroperasi di Indonesia, dengan izin Kep-369/KM.13/1990, yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan.
  • 2010, Cigna Indonesia membukukan pendapatan premi sebesar 500 miliar. Dan pada tahun ini pula diluncurkan produk Cigna Second Life.
  • Pada 2012, Cigna meraih penghargaan atas kinerja baiknya dalam pelayanan dan call center award, yang keduanya dikeluarkan oleh Carre CCSL. Pada tahun ini juga, Infobank memberikan penghargaan kepada Cigna Indonesia atas kinerja “sangat baik” selama 10 tahun berturut-turut.
  • Pada 2015, Cigna bekerjasama dengan Indosat Ooredoo dalam layanan Proteksi Sehatku yang bisa dibeli dengan Dompetku milik Indosat. Sehingga pelanggan Indosat mudah memiliki proteksi asuransi.
  • Di tahun 2017, selama bediri 27 tahun di Indonesia Cigna tercatat memiliki 1 juta pelanggan, yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Pada 2018, Cigna meluncurkan produk Cigna Exclusive Protection Plus yang memberikan premi kembali 160%. Nasabah hanya perlu menyetorkan premi selama 5 tahun, dan perlindungan asuransi aktif hingga 15 tahun.
  • Pada 2019, Cigna kembali raih penghargaan Service Quality Award untuk nasabah korporasi.

Produk Asuransi Cigna

Cigna sangat tahu akan kebutuhan setiap orang, yaitu memiliki perlindungan secara kompleks dan menyeluruh. Untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, Cigna mengeluarkan produk-produk utama yaitu asurani kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, kecelakaan diri, investasi, dan kumpulan. Simak penjelasan lengkap tentang produk asuransi Cigna berikut ini:

Asuransi Kesehatan

Produk yang merupakan kebutuhan dasar ini bermanfaat dalam memberikan kebebasan finansial atas biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, ataupun kecelakaan. Ada 10 produk dan rider kesehatan yang bisa di pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Asuransi Jiwa

Seperti pada umumnya, produk asuransi jiwa Cigna sangat bermanfaat melindungi jiwa secara finansial dan akan memberikan uang pertanggungan kepada yang berhak apabila tertanggung tutup usia. Adapun perlindungan keluarga dengan harga premi yang sangat terjangkau, dan jauh lebih murah dari asuransi lain sejenis.

Asuransi Penyakit Kritis

Produk ini diperuntukan bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kritis, dan atau memiliki rasa takut akan terkena penyakit kritis, yang bisa membuyarkan rencana finansial Anda. Perlindungan dari puluhan macam penyakit kritis dengan manfaat pembiayaan perawatan sesuai dengna plan yang dipilih.

Asuransi Kecelakaan Diri

Khusus mengenai kecelakaan diri, Cigna mengeluarkan 4 produk yang akan memberikan manfaat perlindungan atas biaya rumah sakit, pembedahan akibat kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap atau bahkan meninggal dunia.

Asuransi Investasi (Unit Link)

Produk yang memiliki manfaat ganda, investasi yang mendapat perlindungan jiwa. Nasabah berhak menempatkan uang investasinya sesuai dengan keinginannya. Dalam hal ini, Cigna sangat berpengalaman sehingga investasi nasabah dapat terjaga dan menguntungkan. Apalagi Cigna menyediakan investasi yang berbasis Syariah yaitu Cigna Syariah Fund.

Asuransi Kumpulan (Karyawan)

Produk unggulannya adalah Cigna Active Pro Health yang dikhususkan bagi karyawan perusahaan atau wiraswasta yang ingin mendapat perlindungan secara lengkap dan juga memberikan manfaat tambahan seperti dana pensiun, pesangon, santunan, dan sebagainya.

kelebihan asuransi cigna

Daftar Polis Asuransi Cigna

Sebelum Anda membeli polis asuransi, ada baiknya Anda membaca dan membandingkan produk satu dengan yang lainnya, sehingga Anda bisa menentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda.

Cigna EaziHealth

Fitur cashless yang diberikan memudahkan nasabahnya untuk tetap berkonsentrasi melakukan perawatan sehingga nasabah lebih tenang dan cepat sembuh. Produk asuransi kesehatan ini menjamin biaya rawat inap, rawat jalan, dan atau pembedahan.

Manfaat Pertanggungan

  • Perawatan harian untuk rawat inap 300 ribu per hari
  • Jika dilakukan pembedahan diberikan pengganti sebesar 3 juta.
  • Klaim berlaku reimbursement dan cashless

Cigna Infinite HealthCare

Jika dirasa kurang, nasabah dapat menambahkan rider atas polis dasar berupa jaminan penggantian rawat inap atau rawat jalan sesuai yang ditagihkan rumah sakit.

Manfaat Pertanggungan

  • Seluruh biaya rumah sakit yang ditagihkan dapat penggantian.
  • Biaya harian untuk perawatan akan di ganti sesuai dengan plan.
  • Nasabah yang menjalani rawat jalan penyakit kanker, keguguran, dan sejenisnya akan diberikan penggantian.

Cigna Family Care Optima

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, Family Care Optima dihadirkan untuk memberikan perlindungan terhadap keluarga dengan jumlah maksimal 5 orang sebagai tertanggung dalam satu polis asuransi.

Manfaat Pertanggungan

  • Pertanggungan biaya perawatan harian atas tagihan rumah sakit.
  • Termasuk biaya perawatan pada UGD.
  • Pertanggungan atas rawat jalan setelah operasi, dan sejenisnya.
  • Biaya penggantian atas pembedahan
  • Diberikan pengembalian premi di akhir kontrak, setelah dipotong biaya-biaya asuransi.

Cigna Premium Health Protection

Perlindungan secara premium atas individu dengan perawatan yang lengkap baik di dalam maupun luar negeri (Dalam jaringan Cigna di Asia Tenggara)

Manfaat Pertanggungan

  • Pertanggungan atas seluruh biaya rumah sakit.
  • Pemeriksaan rawat jalan setelah rawat inap pun tetap dalam tanggungan asuransi
  • Medical check up untuk tertanggung setiap dua tahun sekali

Cigna Proteksi Sehat Optima

Asuransi kesehatan yang memudahkan individu mendapatkan perawatan optimal yang cepat dengan fitur cashless di rumah sakit rekanan Cigna plus tiap tiga tahun akan mendapatkan pengembalian premi.

Manfaat Pertanggungan

  • Penggantian biaya rawat inap hingga 1,5 juta per harinya atau sesuai dengan plan.
  • Penggantian biaya bedah hingga 15 juta, tergantung jenis tindakan yang dilakukan dokter.
  • Pelayanan prima dari rumah hingga rumah sakit atau sebaliknya.
  • Bonus pengembalian premi per tiga tahun.

Cigna Senyum Sehat

Bagi Anda yang sangat memperhatikan kesehatan gigi, Anda wajib memiliki polis Cigna Senyum Sehat. Dikhususkan bagi orang yang ingin jaminan atas perawatan gigi dan mulut. Anda tak perlu beli polis dasar karena Cigna Senyum Sehat bukan lah rider atau manfaat tambahan.

Manfaat Pertanggungan

  • Perawatan rutin pencegahan dan pembersihan karang gigi
  • Mengganti seluruh biaya kesehatan mulut dan gigi, termasuk pembuatan bridge apabila terjadi kerusakan akibat kecelakaan.

Cigna Health Protection

Asuransi Kesehatan Cigna yang memberikan bonus 25% dari total premi yang dibayarkan. Proteksi yang memberikan penggantian biaya perawatan kesehatan dan kecelakaan.

Manfaat Pertanggungan

  • Mengganti biaya perawatan di rumah sakit
  • Pemeriksaan lanjutan atau bertandang ke dokter lain untuk opini medis
  • Pertanggungan pembedahan

Cigna Care and Save

Produk asuransi jiwa dan kesehatan yang memproteksi secara finansial ketika memerlukan rawat inap dan tindakan medis segera (IGD)

Manfaat Pertanggungan

  • Pelayanan prima termasuk ambulan untuk pulang dan pergi
  • Penggantian seluruh biaya rumah sakit sesuai dengan nilai polis yang dimiliki.

Family Proteksi Optima

Perlindungan keluarga dari 10 kondisi kritis, dan diberikan diskon 50% jika memasukan anggota keluarga dalam satu polis asuransi.

Manfaat Pertanggungan

  • Perlindungan atas 10 jenis kondisi kritis.
  • Pemberian santunan apabila tertanggung meningal dunia
  • Pengembalian premi jika selama kontrak tak pernah mengajukan klaim

Cigna for Your Serenity

Perlindungan asuransi bagi individu dari 10 penyakit kritis, dengan berbagai manfaat yang diterima, dan premi bisa dibayar sebulan sekali atau per tahun sesuai dengan keinginan.

Manfaat Pertanggungan

  • Pemberian santunan apabila tertanggung terdiagnosa penyakit kritis yang terdaftar dalam polis.
  • Ahli waris atau pihak yang ditunjuk akan mendapatkan uang pertanggungan apabila pemegang polis meninggal dunia.
  • Biaya-biaya yang terkait dengan penyakit, termasuk second opinion.

Cigna Exclusive Protection Plus

Merupakan produk unggulan Cigna yang memberikan perlindungan asuransi hingga 15 tahun dan pengembalian premi 160%. Anda hanya cukup membayar polis selama 5 tahun saja.

Manfaat Pertanggungan

  • Setelah kontrak asuransi berakhir, nasabah akan mendapatkan kembalian premi 160% dari total jumlah premi yang disetorkan.
  • Pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia hingga 20 miliar.
  • Jika meninggal karena kecelakaan, uang pertanggungan akan dikalikan dua dari plan yang dipilih.
  • Perpanjangan polis mudah, tanpa adanya syarat tertentu seperti medical check up atau lainnya.

Cigna Exclusive Protection

Produk asuransi berjangka bagi nasabah personal yang memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun dengan manfaat pengembalian premi hingga 110%

Manfaat Pertanggungan

  • Uang pertanggungan maksimal 20 miliar jika tutup usia
  • Premi dikembalikan 110% pada masa habis kontrak.
  • Cukup membayar premi selama 5 tahun, dan polis akan terus aktif hingga 8 tahun.
  • Jika tutup usia akibat kecelakaan uang pertanggungan akan dibayar 200%.

Life Protection Optima

Produk alternatif lainnya dari Cigna yang memberikan perlindungan jiwa 10 tahun, dengan hanya membayar 5 tahun awal secara berturut-turut.

Manfaat Pertanggungan

  • Uang pertanggungan maksimal 200 miliar, atau sesuai dengan plan yang dimiliki.
  • Pertanggungan 200%, jika terjadi kecelakaan dan mengakibatkan meninggal dunia.
  • Premi hanya 5 tahun, dan polis aktif hingga 10 tahun.

Cigna Life Protection

Produk asuransi jiwa bagi perseorangan dengan nilai pertanggungan mencapai 500 juta. Diberikan kepada ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia.

Manfaat Pertanggungan

  • Santunan meninggal dunia karena sakit/kecelakaan.
  • Premi tahunan akan di diskon 10 persen.
  • No claim bonus, jika selama 2 tahun tanpa pengajuan klaim, maka nilai premi ditambah 25%.

Cigna Second Life

Kesempatan kedua diberikan Cigna disaat banyak asuransi lain menolak memberikan perlindungan pada calon nasabah yang sudah masuk usia lanjut (55-80 tahun) dengan tanpa adanya pemeriksaan kesehatan.

Manfaat Pertanggungan

  • Proteksi aktif hingga usia 99 tahun
  • Jika memasukan pasangan sebagai tertanggung akan mendapatkan diskon 5 %
  • Nilai tunai terbentuk setelah 2,5 tahun jika polis dalam masa aktif.
  • Diskon 10% bagi nasabah yang membayar premi tahunan.

Cigna EaziFuture

Masa depan akan lebih mudah apabila memiliki asuransi Cigna EaziFuture. Perlindungan jiwa atas tertanggung jika mengalami cacat total permanen, dan pemberian santunan tutup usia kepada ahli waris yang ditinggalkan.

Manfaat Pertanggungan

  • Santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan.
  • Santunan cacat total tetap.
  • Terdapat diskon untuk pembelian polis.
  • Diskon 10 persen untuk pembayaran premi tahunan.

Cigna Executive Protection

Solusi bagi Anda yang memiliki pendapatan rendah, tetapi ingin selalu terproteksi secara finansial apabila terjadi hal-hal yang tidak direncanakan. Cigna Executive Protection memberikan solusi terbaik, hanya dengan 39 ribu per bulan Anda sudah memiliki perlindungan diri dari kecelakaan, cacat permanen, maupun meninggal dunia.

Manfaat Pertanggungan

  • Premi rendah mulai dari 39 ribu saja.
  • Perawatan karena kecelakaan dan atau menyebabkan kematian akan diberikan santunan hingga 1 miliar, tergantung plan yang dipilih.
  • Jika Anda menentukan pembayaran premi per tahun, anda akan diberikan diskon 10%.

Cigna Investa Plus

Anda ingin berinvestasi tapi juga terproteksi asuransi? Cigna Investa Plus adalah solusinya. Merupakan asuransi dengan premi tunggal yang dibayarkan dimuka, sekaligus manfaat investasi yang tinggi. Premi minimum sebesar 25 juta.

Manfaat Pertanggungan

  • Jika tertanggung tutup usia sebelum menginjak 80 tahun, santunan diberikan sebesar 125% dari total premi yang dibayar dimuka.
  • Bebas melakukan top up investasi, penarikan dana kapanpun, dan juga bebas melakukan pengalihan dana.
  • Anda berhak mendapat perawatan rumah sakit apabila mengalami kecelakaan, dengan tanpa biaya (cashless dengan ketentuan berlaku)
  • Anda akan mendapat pengembalian premi ketika kontrak asuransi Anda berakhir, sehingga bisa menjadi tabungan masa depan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Cigna

Mempelajari dan membandingkan produk asuransi satu dengan yang lainnya akan memberikan edukasi yang baik tentang kekurangan dan kelebihan setiap perusahaan asuransi dengan produk yang ditawarkan. Adapun kelebihan dan kekurangan asuransi Cigna berdasarkan riset dan pengalaman penulis, antara lain:

Kelebihan Asuransi Cigna

  • Premi yang ditawarkan Cigna sangat terjangkau dan fleksibel. Apalagi ada paket perlindungan keluarga, sehingga bisa menghemat lebih banyak dibanding harus memiliki polis asuransi individu.
  • Tingkat solvabilitas Cigna cukup baik, sehingga Anda akan merasa aman dan nyaman menempatkan uang Anda untuk investasi, dan tidak perlu khawatir klaim tidak dibayar jika mengikuti syarat dan ketentuan yang ada.
  • Nasabah sangat diuntungkan dengan program pengembalian premi 160%, ditambah polis terus aktif selama 15 tahun, hanya dengan membayar premi selama 5 tahun. Terobosan yang baik sekali mengungguli para pesaingnya.
  • Ada produk yang khusus untuk perawatan gigi, dimana asuransi lain perawatan gigi hanya sebagai tambahan (rider) sehingga harus memiliki premi dasar.

Kekurangan Asuransi Cigna

Terlepas dari kelebihan yang sangat banyak dan diakui dengan berbagai penghargaan, tetapi ada juga kekurangan Asuransi Cigna, karena beberapa orang telah merasa kecewa atas asuransi Cigna, sebagai berikut:

  • Penawaran asuransi melalui telemarketing sering tidak jelas, sales atau agen hanya fokus untuk melakukan lead (penjualan) tanpa memberikan keterangan yang detail, sehingga banyak dari nasabah Cigna kecewa dan ingin menutup polis asuransi yang dimilikinya.
  • Rumah sakit rekanan di luar negeri sangat terbatas, tidak seperti asuransi lain yang hampir berlaku di seluruh dunia.
  • Tentang unit Cigna Syariah yang tidak mandiri dan terpisah dari induk asuransi konvensional maka dikhawatirkan akan tercampur dananya, sehingga terjadi subhat yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah Islam.

Penutup

Perusahaan induk Cigna memang sangat bonafid dan merupakan leading market dalam asuransi dan pelayanan kesehatan. Tetapi asuransi Cigna Indonesia masih harus belajar banyak dari perusahaan asuransi lain. Selain itu penting juga mempelajari mengenai kultur budaya, perilaku, dan personal masyarakat Indonesia guna meningkatkan pemahaman akan kebutuhan calon-calon nasabahnya.

Pendekatan penjualan dengan cara-cara telemarketing sudah tidak begitu efektif, sehingga perlu inovasi lain dengan meningkatkan kerjasama dengan bank-bank ternama Indonesia untuk meningkatkan penjualan produk Bancassurance. Selain itu, pendekatan melalui aplikasi asuransi juga sangat penting agar nasabah lebih mudah mengetahui tentang polis yang mereka miliki.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi AIA Financial
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudential
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Panin Dai-ichi Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi FWD Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts