Jenis – jenis Perusahaan Asuransi Di Indonesia

Jenis – jenis Perusahaan Asuransi Di Indonesiaby Vivi Tirtaon.Jenis – jenis Perusahaan Asuransi Di IndonesiaSejak tahun 90’an, bisnis asuransi mulai tumbuh berkembang di Indonesia, seriring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat yang kemudian memunculkan kesadaran akan pentingnya pengalihan risiko atas diri dan asetnya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, kemudian perusahaan lokal dan perusahaan asing mulai berekspansi menggarap pasar Indonesia entah itu membeli saham lokal dengan joint venture atau langsung mendirikan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Sejak tahun 90’an, bisnis asuransi mulai tumbuh berkembang di Indonesia, seriring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat yang kemudian memunculkan kesadaran akan pentingnya pengalihan risiko atas diri dan asetnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, kemudian perusahaan lokal dan perusahaan asing mulai berekspansi menggarap pasar Indonesia entah itu membeli saham lokal dengan joint venture atau langsung mendirikan cabang. Tercatat hingga kini, perusahaan asing menguasai 66,6% dari total aset perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Ada banyak sekali jenis-jenis perusahaan asuransi di Indonesia, karena memang hampir seluruh aset bisa di asuransikan. Apalagi sifat dari asuransi yang sangat fleksibel demi memenuhi keinginan nasabahnya.

Jenis - jenis Perusahaan Asuransi Di Indonesia

Jenis-jenis Perusahaan Asuransi Di Indonesia

Kebanyakan orang hanya mengenal asuransi jiwa dan asuransi kendaraan saja. Padahal banyak sekali macam dan jenis asuransi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia. Diantaranya sebagai berikut:

1. Asuransi Jiwa

Pengalihan risiko atas jiwa seseorang dari tertanggung ke penanggung. Sebenarnya hampir setiap kita memiliki asuransi jiwa ini, hingga terkadang kita tak sadar bahwa diri kita sudah terproteksi. Misalnya saja, SIM yang Anda miliki. Biaya untuk membuat SIM sudah termasuk membayar premi asuransi jiwa yang hanya dibayarkan sekali, sehingga jika terjadi kecelakaan, atau kematian, Anda atau ahli waris berhak mendapatkan santunan dari penyedia layanan asuransi tersebut.

2. Asuransi Kesehatan

Contoh konkrit dari asuransi kesehatan adalah BPJS Kesehatan, yang secara lengkap menanggung seluruh biaya perawatan dari sakit ringan hingga berat dengan biaya premi yang sangat murah. Tetapi tak ada pengembalian premi, meski Anda tak pernah menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk berobat. Banyak juga perusahaan swasta yang menyediakan layanan asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat tambahan, seperti misalnya Allianz, Prudential, BNI Life, AXA, Sinarmas Life, dan sebagainya.

Layanan asuransi kesehatan pada perusahaan asuransi swasta, akan tergantung dari plan yang kita pilih. Usia dan riwayat kesehatan serta pekerjaan dapat menentukan besaran premi yang harus dibayar, karena semakin tinggi risiko yang ditanggung perusahaan asuransi, maka semakin besar pula premi yang Anda harus bayarkan.

3. Asuransi Kendaraan

Seiring dengan meningkatnya kepemilikan kendaraan, di iringi juga dengan meningkatnya perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan atas kendaraan. Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998, menjadi momentum pertumbuhan asuransi kendaraan yang sangat pesat, karena banyak pemilik kendaraan yang dirugikan akibat tindakan anarkis orang-orang pada saat itu yang merusak kendaraan tanpa biaya penggantian. Oleh karena itu, kesadaran orang akan pentingnya proteksi kendaraan semakin tinggi.

Perlindungan asuransi yang diberikan terhadap kendaraan meliputi derek mobil, biaya bengkel karena terjadi kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan kendaraan, kerusakan berat akibat aksi masa hingga karena bencana alam. Penggantian karena rusak total biasanya hanya 80% dari harga pasaran kendaraan sejenis yang ditanggung.

4. Asuransi Rumah atau Properti

Sebagai aset yang sangat berharga, rumah menjadi objek asuransi yang juga diminati masyarakat Indonesia. Apalagi risiko kebakaran juga semakin tinggi, terutama di kota-kota yang padat penduduk, dimana rumah satu dengan lainnya sangat berdekatan.

Tidak hanya risiko kebakaran saja. Proteksi terhadap rumah atau properti meliputi kehilangan, tanah longsor, atau bencana alam lainnya, kehilangan, tertabrak kendaraan, hingga kejatuhan pesawat terbang.

5. Asuransi Pendidikan

Perencanaan biaya pendidikan anak dan meningkatnya biaya masuk sekolah dari tahun ke tahun karena inflasi menjadi alasan tumbuhnya asuransi pendidikan di Indonesia. Hidup penuh dengan risiko tetapi masa depan pendidikan anak harus dijamin. Sehingga menjadi penting memiliki perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk masa depan anak. Hampir seluruh perusahaan asuransi swasta di Indonesia mengeluarkan produk asuransi pendidikan dengan berbagai manfaat yang bisa diterima nasabah.

macam asuransi Indonesia

6. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan berlaku untuk perjalanan darat, laut dan udara. Bisa untuk individu maupun korporasi. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi perjalanan seperti misalnya AXA, Allianz, FWD Life, Traveloka Protect, dan lain sebagainya.

Perlindungan asuransi perjalanan meliputi kecelakaan yang mengakibatkan cacat total atau rawat inap, kematian pada saat melakukan perjalanan, tanggung gugat pihak ketiga jika Anda mengalami kecelakaan kemudian bermasalah dengan orang lain yang terlibat.

Asuransi perjalanan udara berlaku ketika Anda memasuki bandara pemberangkatan, terbang dengan pesawat, lalu tiba dan keluar dari bandara tujuan. Selain itu juga biaya penggantian bagasi jika kehilangan barang bawaan. Jika di traveloka, setiap pembelian tiket Anda diberikan pilihan untuk membeli asuransi perjalanan atau tidak. Premi tergantung dari jauh dekatnya perjalanan yang akan dilakukan.

7. Asuransi Kredit

Asuransi kredit memberikan jaminan kepada debitur dan kreditur dalam perjanjian utang piutang. Bagi kreditur tentu dengan adanya asuransi akan memberikan jaminan bahwa uang yang di hutangkan akan kembali apabila kreditur mengalami cacat total atau tutup usia.

Bagi kreditur tentu akan memberikan perlindungan atas jiwa untuk memastikan bahwa hutang akan ditutup apabila kreditur meninggal dunia atau cacat total permanen sehingga tidak mampu membayar cicilan hutang. Selain itu, keluarga yang ditinggalkan tidak mewarisi hutang karena sudah dilunasi oleh perusahaan asuransi.

8. Asuransi Bisnis

Bisnis tentu terkait dengan banyak orang, parner kerja, partner bisnis, dan sebagainya. Orang satu dengan lainnya saling berhubungan, entah kerjasama patungan, hutang usaha, dan lainnya yang bisa merugikan bisnis. Dengan risiko yang begitu besar, tentu diperlukan proteksi baik pelaku usaha atau usaha itu sendiri, sehingga dapat memberikan rasa tenang dan meminimalisir kerugian finansial.

9. Asuransi Dana Pensiun

Jenis asuransi ini bisa untuk individu yang ingin merencanakan dana pensiun, dan juga korporasi yang ingin menjamin dana pensiun setiap karyawannya. Tidak hanya itu saja, pelayanan dana pensiun termasuk juga uang pesangon apabila terjadi PHK, serta dilengkapi dengan perlindungan jiwa dengan manfaat santunan meninggal dunia.

10. Asuransi Kelautan

Perlindungan atas seluruh kegiatan kelautan, meliputi bongkar muat, kecelakaan di dek kapal, kecelakaan perjalanan, tanggung gugat pihak ketiga, perlindungan jiwa atas kru kapal, dan lain sebagainya.

Asuransi kelautan ini merupakan asuransi untuk korporasi atau perusahaan yang bergerak di bidang kelautan. Tidak terbatas itu saja, asuransi ini juga bisa memproteksi pengeboran minyak dan gas baik di lepas pantai atau pinggir pantai.

11. Asuransi Peluncuran Satelit dan In Orbit

Penggunaan satelit oleh korporasi besar yang bergerak di bidang pertelevisian untuk siaran, penyedia jasa layanan internet, dan badan antariksa pemerintah, sangat membutuhkan perlindungan atas satelit mereka yang berharga miliaran dan penuh risiko.

Perlindungan asuransi satelit yang diberikan meliputi pada saat peluncuran dan pada saat satelit telah mengorbit dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian dalam kotrak asuransi.

Pada Mei lalu, pihak Jasindo sebagai perusahaan asuransi yang memberikan proteksi terhadap satelit, telah menyelesaikan klaim dari PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera, karena adanya kegagalan orbit satelit Palapa N1.

Asuransi berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena sifatnya sangat fleksibel maka apapun yang ingin di asuransikan, perusahaan asuransi akan dengan sangat cepat memberikan perlindungan. Misalnya saja asuransi yang sangat khusus seperti asuransi pita suara bagi penyanyi, asuransi kaki untuk pemain sepak bola, asuransi jari jemari untuk sang gitaris, dan sebagainya.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Generali Indonesia
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasindo
  4. Asuransi Kesehatan Aetna Indonesia : Produk , Manfaat dan Benefit Asuransi Kesehatan Aetna
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts