Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Manulife

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Manulifeby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi ManulifeSalah satu perusahaan asing yang sukses menjalankan bisnis asuransi jiwa di Indonesia adalah Manulife. Perusahaan global asal Kanada ini pada dasarnya adalah penyedia jasa layanan keuangan (Manulife Financial Corporation) yang memiliki jaringan luas di Amerika dan Asia. Demi mengembangkan bisnisnya, kemudian Manulife Corp membangun PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang khusus melayani asuransi jiwa, asuransi […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Salah satu perusahaan asing yang sukses menjalankan bisnis asuransi jiwa di Indonesia adalah Manulife. Perusahaan global asal Kanada ini pada dasarnya adalah penyedia jasa layanan keuangan (Manulife Financial Corporation) yang memiliki jaringan luas di Amerika dan Asia.

Demi mengembangkan bisnisnya, kemudian Manulife Corp membangun PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang khusus melayani asuransi jiwa, asuransi kesehatan, perlindungan dan tabungan, investasi, serta dana pensiun.

Kelebihan dan Kekurangan Manulife

Sekilas tentang Manulife di Indonesia

  • Memiliki 25 kantor cabang yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Dengan kantor pusat di Sampoerna Strategic Square, South Tower. Jl. Jenderal Sudirman Kav. 45-46, Jakarta 12930.
  • Manulife masuk 3 besar perusahaan asuransi jiwa Indonesia dengan mengelola aset 72 triliun (laporan keuangan 2019).
  • Hingga kini, Manulife tercatat sudah memiliki nasabah 2,5 juta jiwa.
  • Terkait pandemi Covid19, Manulife Indonesia pun telah memenuhi kewajibannya dengan membayar klaim nasabah yang terinfeksi Covid19 sebesar 4,8 miliar.
  • Manulife Indonesia pada 2018 mampu membukukan pendapatan bersih mencapai 12.7 triliun.

Manulife Indonesia dari Tahun ke Tahun

  • Pada 1989, berdasarkan Peraturan Kementrian Keuangan, Kep-020/KM.13/1989. PT Asuransi Jiwa Manulife resmi berdiri dan beroperasi di Indonesia.
  • Tahun 2001, Manulife diancam pailit atas gugatan ahli waris Taufiq M Efendi sebesar 50 juta.
  • 2006, Manulife mengalami pertumbuhan aset yang signifikan yakni 31,6%
  • Pada 2009, seiring dengan berkembangnya asuransi yang berbasis Syariah, Manulife pun tidak ketinggalan untuk membentuk Unit Syariah Manulife Indonesia. Di saat peresmiannya, diluncurkan pula produk Syariah pertamanya yaitu Berkah SaveLink.
  • Pada 2018, diluncurkan produk baru asuransi pendidikan dengan nama Manulife Education Protector.
  • 2019 Manulife telah membayar klaim sebesar 5.8 triliun kepada nasabahnya.
  • 2020, Manulife menggandeng Bank Danamon untuk perkuat Bancassurance, dan ditahun yang sama pula membuka kantor pemasaran baru di Surabaya.

Daftar Produk Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Secara garis besar, produk asuransi Manulife Indonesia dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu asuransi Manulife Individu, asuransi Manulife Kumpulan, Program Pensiun Individu, dan Produk Manulife Syariah. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Produk Asuransi Manulife individu

Asuransi Manulife Individu dimaksudkan menyasar pasar perorangan maupun keluarga. Terdapat beragam pilihan produk asuransi, sehingga nasabah bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi pembayaran premi juga bisa di sesuaikan dengan kemampuan finansial nasabahnya. sangat fleksibel.

Dari mulai asuransi kesehatan pendidikan, perlindungan penyakit kritis, hingga jaminan hari tua, dengan masing-masing manfaat yang bisa di pilih. Total produk dalam kelompok Individu ada 12 produk asuransi yang bisa di ikuti dari usia 1 bulan hingga mencapai 99 tahun.

Manulife Education Protector

Merupakan program Asuransi yang dirancang khusus sebagai proteksi sekaligus perencanaan masa depan pendidikan anak.

Manfaat Pertanggungan:

Jika masa kontrak usai, maka akan diberikan 100% dana yang sudah ditargetkan dalam kontrak awal, ditambah juga denga nilai polis.

Dana akan diberikan setiap anak masuk sekolah, dengan presentasi target dana yang disesuaikan.

Jika pemegang polis dan atau tutup usia, maka dana target akan diberikan 100%.

Setiap 5 tahun sekali, diberikan tambahan investasi sebesar 20-80%, jika usia tertanggung menginjak 20 tahun hingga masa kontrak berakhir.

MiUltimate HealthCare

Asuransi kesehatan yang melindungi Anda secara finansial ketika menjalani rawat inap, rawat jalan, persalinan, dan rawat gigi. Semua biaya akan diganti sesuai dengan tagihan dari rumah sakit yang sudah menjalin kerjasama dengan Manulife.

Manfaat Pertanggungan:
  1. Perlindungan aktif hingga usia 80 tahun
  2. Jika tertanggung di rawat di rumah sakit yang berada di luar negeri, maka penggantian biaya diberikan senilai 3 kali lipat dari plan yang dimiliki pemegang polis.
  3. Nasabah yang menderita penyakit HIV/AIDS, akan diberikan santunan.
  4. Limit tahunan untuk biaya kesehatan akan ditambahkan apabila tertanggung menderita penyakit kritis, seperti gagal ginjal, kanker, jantung, dan pembedahan arteri.
  5. Manfaat tambahan untuk rawat jalan fisioterapi, dan sebagainya.

MiUltimate Critical Care

Produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap kondisi kritis dengan uang pertanggungan 100% ditambah dengan nilai total premi yang disetor. Untuk tertanggung yang tutup usia, maka diberikan 160% dari jumlah premi yang sudah dibayar. Selain itu, jika tertanggung melakukan angioplasti, diberikan uang pertanggungan sesuai dengan plan atau paling tinggi 200 juta.

ProActive Plus

Produk berjangka asuransi jiwa dengan nilai santunan meninggal dunia sebesar 100% dari total premi yang disetorkan.

ProLife Plus

Memberikan perlindungan hingga batas usia 99 tahun. Santunan kematian selama polis aktif sebesar 100% uang pertanggungan ditambah pula dengan nilai tunai jika ada.

ProLiving Absolute

Produk perlindungan jiwa yang panjang hingga mencapai usia 99 tahun. Jika tertanggung meningal dunia atau menderita cacat tetap sebelum kontrak berakhir maka akan mendapatkan 100% uang pertanggungan, ditambah nilai tunai jika ada. Demikian juga apabila tertanggung masih sehat ketika kontrak berakhir maka uang pertanggungan diberikan 100%, dengan tambahan nilai tunai investasi.

Term Saving Protection

Produk asuransi jiwa berjangka Manulife yang melindungi hingga usia 70 tahun, dengan hanya membayar premi selama 12-15 tahun saja tetapi polis terus aktif hingga masa pertanggungan selesai.

Jika tertanggung meninggal karena kecelakaan, ahli waris akan mendapatkan 200% dari uang pertanggungan. Jika kematian wajar karena sakit, maka diberikan 100% uang pertanggungan. Dan jika sampai akhir masa tanggungan pemegang polis masih hidup maka diberikan uang pertanggungan sesuai dengan ringkasan polis.

Manulife Prime Assurance

Produk asuransi jiwa terkait unit link yang memberikan perlindungan hingga usia 99 tahun. Usia minimal untuk dapat membeli polis ini adalah 18 tahun. Jika meninggal atau kontrak berakhir, maka akan diberikan seluruh premi yang dibayarkan ditambah nilai top up investasi dan juga pertambahan hasil investasi jika ada, setelah dikurangi biaya administrasi dan sebagainya. Adapun manfaat loyalitas, jika selama 6 hingga 10 tahun tak pernah telat atau terlewat membayar premi, maka akan mendapatkan nilai tambah sebesar 15% dari premi dasar.

Manulife Lifestyle Protector

Produk asuransi Manulife yang preminya bisa di bayar 5 tahunan atau 10 tahunan sekali. Perlindungan yang diberikan hingga usia 70 tahun atas risiko meninggal dunia dan atau cacat tetap. Dan jika kontrak berakhir, maka premi akan dikembalikan seluruhnya ditambah nilai investasi jika ada.

Manulife Value Protector Absolute

Produk asuransi jiwa yang digabungkan dengan investasi yang dapat di top up secara berkala untuk memaksimalkan investasi. Perlindungan diberikan hingga usia 99 tahun. Hingga masa kontrak berakhir, tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan 100% ditambah pendapatan investasi. Manfaat lainnya adalah memberikan jaminan polis aktif pada 8 tahun pertama meski premi yang dibayarkan tidak menutupi biaya-biaya yang ditimbulkan (syarat dan ketentuan berlaku).

Manulife Investment Protector

Produk investasi yang berbalut asuransi. Perlindungan asuransi hingga pemegang polis mencapai usia 75 tahun, dengan premi yang dibayarkan hanya sekali ketika penandatanganan kontrak dilakukan. Uang pertanggungan 100% diberikan kepada ahli waris apabila meninggal bukan karena kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan selama asuransi aktif dan mengakibatkan meninggalnya tertanggung, maka uang pertanggungan diberikan sebesar 200%.

Miwealth Assurance

Tidak seperti asuransi pada perusahaan lainnya. Manulife akan langsung menginvestasikan premi Anda pada awal tahun, dan disertai perlindungan jiwa hingga tertanggung berusia 99 tahun. Jika terus aktif 8 tahun pertama, maka ditambah alokasi investasi sebesar 102%. Anda cukup membayar premi ketika usia Anda mencapai 70 tahun, dan polis akan terus aktif hingga kontrak berakhir ketika usia Anda 99 tahun.

Setiap produk asuransi jiwa dasar diatas, dapat ditambahkan rider (manfaat) lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi tambahan tersebut antara lain: Payor Benefit, Accidental Death and Disability Benefit (ADDB), Advanced Life Protector, Manulife Crisis Cover, Yearly Renewable Term, Manulife Crisis Cover Ultimate.

2. Produk Asuransi Manulife Kumpulan

Manulife juga membuka peluang kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan setiap karyawannya. Sehingga perusahaan akan berjalan tetap optimal tanpa memiliki kekhawatiran terhadap pekerjanya ketika terjadi risiko yang timbul akibat pekerjaan yang dilakukan.

Dengan program Asuransi Manulife Kumpulan, akan mempermudah perusahaan dalam mengatur pesangon karyawan, perlindungan kesehatan, kecelakaan, perawatan gigi, rawat jalan, dan sebagainya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Produk utama Asuransi Manulife Kumpulan ada tiga yakni Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Group Saving, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group Life and Health) dengan berbagai manfaat yang bisa disesuaikan.

3. Program Pensiun Individu

Bukan hanya asuransi Kumpulan yang dapat mengatur pensiun. Anda sebagai individu atau perorangan pun dapat merencanakan masa pensiun Anda secara cermat dan matang dengan produk MiGolden Retirement.

Anda bisa mengatur sendiri premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan. Usia pensiun normal adalah 40 tahun, dan bisa juga dipercepat 10 tahun jika dana yang Anda kumpulkan sudah sesuai target. Program ini memberikan perlindungan jiwa dari kematian, cacat tetap total dengan uang pertanggungan sesuai dengan yang tercatat dalam ringkasan polis.

4. Produk Asuransi Manulife Syariah

Merupakan produk unit link yang berbasis Syariah yang dikeluarkan oleh AJMI (Asuransi Jiwa Manulife Indonesia), karena kebutuhan masyarakat yang mayoritas muslim demi mengikuti aturan dan kaidah syariat Islam.

Produk utama asuransi Syariah dari Manulife Berkah SaveLink yang merupakan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan unit link, sehingga memiliki manfaat tunai ketika kontrak berakhir akan mendapatkan nilai tunai yang terbentuk.

Adapun rider sebagai tambahan manfaat dari Berkah SaveLink, yang memiliki manfaat berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan nasabah. Rider Syariah tersebut antara lain: Manulife Berkah Crisis Cover Protection, Berkah Yearly Renewable Term, Berkah HealthSafe, Manulife Berkah Medicare Plus, Berkah Accidental Death and Disability Benefit.

kelebihan manulife

Kelebihan dan Kekurangan Manulife Indonesia

Sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membeli produk asuransi yang dipasarkan Manulife, Anda wajib membaca ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Manulife, sehingga bisa sebagai bahan pembanding antara produk dari perusahaan asuransi yang lainnya.

Kelebihan Asuransi Manulife

  • Sangat kredibel dan terpercaya dengan tingkat solvabilitas yang sangat tinggi, tiga kali lipat dari yang ditetapkan pemerintah, sehingga uang Anda akan aman dan klaim Anda pun akan mudah disetujui jika mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Jika di rawat di luar negeri, maka Manulife akan mengganti biaya 3 kali lipat dari plan yang Anda miliki, sementara perusahaan lain tak mempunyai ketentuan tersebut.
  • Asuransi jiwa seumur hidup manulife akan tetap memberikan uang pertanggungan di akhir masa kontrak habis, dan juga tambahan nilai tunai jika ada. Sementara kebanyakan asuransi lain tidak memberikan pengembalian premi.
  • Manulife memberikan limit tambahan apabila tertanggung menderita penyakit kritis.

Kekurangan Asuransi Manulife

Produk asuransi Syariah hanya unit usaha saja dari Manulife, dan tidak benar-benar terpisah manajemennya, sehingga dikhawatirkan terjadi percampuran dana investasi, yang dapat menyebabkan adanya subhat (percampuran uang haram dan halal) yang bertentangan dengan ketentuan dalam Islam.

Kesimpulan

Manulife Indonesia merupakan perusahaan asuransi yang sangat kredibel, dengan banyak kelebihan yang dimilikinya dibanding perusahaan lain sejenis. Sehingga sangat patut untuk dipertimbangkan memiliki perlindungan dari Manulife.

Namun demikian, tidak semua investasi bisa mendapatkan pengembalian sesuai dengan yang dijanjikan, karena setiap penempatan dana asuransi memiliki risiko yang tinggi, sehingga investasi Anda bisa untung dan juga buntung! Jadi harus realistis dan tetap berhati-hati dalam mengeluarkan uang Anda untuk berinvestasi.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Panin Dai-ichi Life
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi FWD Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudential
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi AIA Financial
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Zurich Life
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts