Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangka

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangkaby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa BerjangkaMungkin hanya sedikit orang yang tahu tentang asuransi jiwa term life. Mengapa demikian? Karena ini adalah produk asuransi termurah dari produk asuransi lainnya, karena saking murahnya sampai-sampai agen asuransi enggan untuk menawarkannya. Usut-punya usut ternyata komisi agen ditentukan oleh besaran premi yang berhasil mereka jual, sehingga enggan untuk menawarkan asuransi dengan premi yang sangat murah, […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu tentang asuransi jiwa term life. Mengapa demikian? Karena ini adalah produk asuransi termurah dari produk asuransi lainnya, karena saking murahnya sampai-sampai agen asuransi enggan untuk menawarkannya.

Usut-punya usut ternyata komisi agen ditentukan oleh besaran premi yang berhasil mereka jual, sehingga enggan untuk menawarkan asuransi dengan premi yang sangat murah, karena berimbas ke pendapatannya.

Kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa term life

Kenapa asuransi jiwa term life bisa murah? Karena hanya Tuhan saja yang tahu kapan uang pertanggungan dari asuransi ini dibayarkan. Yah, jika pemegang polis meninggal dunia dan polis masih aktif, maka ahli waris akan mendapat uang pertanggungan dari perusahaan Asuransi.

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangka

Agar lebih jelas tentang produk asuransi jiwa berjangka ini, mari kita kupas kelebihan dan kekurangannya, sehingga Anda bisa memutuskan apakah asuransi jenis ini memang cocok dan dibutuhkan oleh Anda.

Kelebihan Asuransi Jiwa Term Life

Premi Murah

Produk asuransi jiwa berjangka akan memberikan proteksi atas diri Anda dengan biaya premi yang murah dalam jangka waktu tertentu.

Jangka Waktu bisa Ditentukan

Anda bisa membeli asuransi jiwa berjangka sesuai dengan kebutuhan. Misal Anda sekarang berusia 50 tahun, mungkin pilihan terbaik Anda adalah asuransi berjangka 20 tahun. Dengan pertimbangan Anda sudah memiliki BPJS Kesehatan sebagai proteksi kesehatan Anda dan karena BPJS Kesehatan tidak memberikan uang santunan atas meninggalnya peserta, maka Asuransi Jiwa term life bisa menjadi pilihan sebagai proteksi keluarga Anda yang lain. Setidaknya bisa mengurangi beban keluarga secara finansial.

Pembayaran Premi per Tahun

Ini bisa jadi kelebihan dan juga kekurangan, karena ketika membayar per tahun maka Anda akan merasa mahal mengeluarkan uang yang banyak. Tetapi jika dihitung per bulan, Anda akan merasa jauh lebih murah dari asuransi jenis lainnya. Karena murah, maka hanya ada opsi bayar per tahun untuk asuransi jiwa jenis term life./asuransi berjangka.

kelebihan dan kekurangan asuransi berjangka

Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life

Tidak Mendapat Nilai Tunai

Mungkin ini adalah kekurangan yang utama, karena Anda tidak akan mendapatkan uang pengembalian premi jika kontrak asuransi jiwa berjangka telah usai. Sama saja dengan BPJS Kesehatan, selama aktif Anda mendapat perlindungan, dan kalau sudah tidak aktif maka uang yang sudah Anda setorkan akang hangus.

Berbeda dengan asuransi jenis unit link yang menggabungkan manfaat perlindungan dengan investasi. Tetapi dengan premi yang lebih mahal, karena Anda akan mendapatkan nilai tunai jika kontrak asuransi telah berakhir.

Premi tidak Flat

Jika asuransi jiwa seumur hidup menetapkan premi tetap, berbeda dengan asuransi jiwa berjangka. Anda akan membayar premi berbeda dari tahun ke tahun, mengikuti nilai pasar dan inflasi.

Premi per Tahun

Tentunya Anda akan merasa keberatan mengeluarkan jumlah uang yang banyak untuk membeli asuransi jenis ini setiap tahunnya, karena hanya ada pilihan premi untuk dibayar per tahun.

Perpanjangan Asuransi Term Life Lebih Sulit

Ketika kesehatan Anda menurun dan kebetulan proteksi asuransi Anda telah usai, maka jika Anda ingin memperpanjang harus bisa melewati uji kesehatan, sedangkan kondisi Anda menurun maka kemungkinan besar pengajuan perpanjangan proteksi asuransi jiwa berjangka Anda akan ditolak. Kenapa demikian? Karena pihak asuransi akan mendapat risiko yang lebih besar untuk membayar uang pertanggungan jika pemegang polis meninggal dunia.

Dengan hanya melihat kondisi kesehatan yang menurun, kemungkinan besar pemegang polis akan meninggal dunia dalam masa perlindungan. Karena umumnya pada saat perpanjangan asuransi jenis term life ini, usia nasabah sudah tua (manula), diatas usia 50 tahun.

Dengan membaca kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa term life, tentu Anda bisa menyimpulkan sendiri, apakah cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Tapi jika Anda memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi, mungkin asuransi jiwa berjangka ini cocok bagi Anda, disamping BPJS Kesehatan.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur Hidup
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi FWD Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi MNC Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts