Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link : Cara Kerja Dan Contohnya

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link : Cara Kerja Dan Contohnyaby Vivi Tirtaon.Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link : Cara Kerja Dan ContohnyaKadang calon nasabah dibuat bingung ketika ditawari berbagai produk asuransi jiwa yang menawarkan berbagai manfaat, jumlah uang pertanggungan, rawat inap, rawat jalan, kesehatan, kecelakaan, hingga meninggal dunia. Apalagi antara satu perusahaan dengan perusahaan asuransi lainnya juga mengeluarkan produk yang berbeda pula. Agar Anda tidak tertipu janji manis produk asuransi yang ditawarkan, ada baiknya Anda melakukan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Kadang calon nasabah dibuat bingung ketika ditawari berbagai produk asuransi jiwa yang menawarkan berbagai manfaat, jumlah uang pertanggungan, rawat inap, rawat jalan, kesehatan, kecelakaan, hingga meninggal dunia. Apalagi antara satu perusahaan dengan perusahaan asuransi lainnya juga mengeluarkan produk yang berbeda pula.

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Agar Anda tidak tertipu janji manis produk asuransi yang ditawarkan, ada baiknya Anda melakukan riset mandiri dengan membaca artikel-artikel yang membahas tentang asuransi jiwa. Membandingkan produk yang satu dengan lainnya, dan sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Salah satu jenis asuransi jiwa yang akan di bahas di artikel ini adalah Asuransi Jiwa Unit Link. Bagaimana cara kerja dan contohnya agar lebih mudah dipahami. Sehingga diharapkan dapat memberi manfaat pengetahuan dan juga sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih asuransi jiwa yang cocok untuk Anda.

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link adalah produk asuransi yang menawarkan dua manfaat sekaligus, yakni manfaat Asuransi Jiwa itu sendiri, dan juga manfaat investasi. Tidak hanya itu saja, asuransi jenis ini juga menawarkan tambahan manfaat lainnya yakni rawat inap dan rawat jalan.

Jadi, tidak seperti BPJS Kesehatan dan asuransi jiwa seumur hidup misalnya yang tidak memiliki nilai tunai ketika kontrak berakhir. Jika Anda memiliki Asuransi Jiwa unit Link, maka Anda berhak mendapat pengembalian dana premi yang sudah Anda setorkan setelah kontak asuransi berakhir, dengan nilai sesuai dengan premi yang dibayarkan setelah dipotong biaya administrasi, akuisisi, dan biaya pengelolaan investasi.

Jenis-jenis Asuransi Jiwa Unit link

Ada beberapa produk unit link yang harus diketahui, karena kita bisa mengklasifikasikan jenis unit link dari setoran premi, pengelolaan dana, dan juga tujuan dari unit link.

Berdasarkan Setoran Premi

Anda akan bisa menentukan jenis mana yang cocok bagi Anda berdasarkan setoran preminya. Karena unit link berdasarkan setoran premi dibagi dua yakni premi tunggal dan premi berkala.

Unit Link Premi Tunggal

Jika Anda adalah seorang yang mapan dan memiliki financial freedom (kebebasan finansial), maka Unit link premi tunggal adalah pilihan terbaik Anda karena pada unit link jenis ini, Anda hanya diwajibkan menyetorkan dana sekali saja dengan nilai yang besar, dan tidak perlu memikirkan tagihan-tagihan lainnya. Asuransi Jiwa dan Investasi Anda akan aktif hingga masa kontrak berakhir.

Unit Link Premi Berkala

Jika Anda adalah orang yang ingin mendapatkan proteksi dan sekaligus investasi dengan dana yang terbatas, maka Unit link Premi Berkala bisa menjadi pilihan, karena Anda dapat membayar premi secara bertahap, sesuai dengan kemampuan Anda. Anda bisa memilih untuk membayar bulanan, triwulan, semester atau tahunan.

Pada premi berkala, ada klausul yang menyatakan bahwa Anda tidak dapat menarik dana investasi selama waktu tertentu. Misalnya 6 tahun, karena pada umumnya perusahaan akan menyertakan dana investasi Anda ketika sudah menginjak kontrak 4-5 tahun.

investasi unit link

Berdasarkan Jenis Investasi

Adapula klasifikasi unit link berdasarkan penempatan dana investasi, yakni unit link pasar uang, campuran, pendapatan tetap, dan unit link saham. Apa perbedaan masing-masing, terus simak penjelasan berikut.

  1. Unit Link Pasar Uang: Perusahaan akan menempatkan dana investasi Anda dalam pasar uang. Anda bisa memilih unit link pasar uang apabila Anda kurang memahami tentang risiko investasi, karena jenis ini adalah yang paling rendah risikonya, dibanding penempatan dana lainnya. Namun Anda hanya mendapat keuntungan investasi yang kecil. Penempatan investasi Anda pada jenis ini dialokasikan untuk deposito berjangka.
  1. Unit Link Pendapatan Tetap: Jika Anda ingin mendapatkan hasil investasi yang stabil, maka unit link pendapatan tetap bisa menjadi pilihan tetapi juga memiliki risiko yang lebih tinggi dari pasar uang. Dana Anda akan dikelola untuk berinvestasi di obligasi dan surat utang. Keuntungannya adalah nilai investasi pada produk tersebut bisa di prediksi hasilnya.
  1. Unit Link Campuran: Sesuai dengan namanya, dana investasi Anda akan ditempatkan pada instrumen investasi yang beragam seperti misalnya pasar uang, saham, surat utang, dan lain sebagainya. Keuntungan investasi lebih tinggi dengan risiko yang tinggi pula. Apa risiko yang mungkin terjadi? Anda mungkin tidak mendapat keuntungan sama sekali atau justru bisa juga mengalami kerugian, tergantung pasar yang fluktuatif.
  1. Unit Link Saham: Dengan menempatkan dana di saham, tentu potensi keuntungan dan kerugian juga besar, karena saham sangat fluktuatif. Untuk investasi jangka panjang mungkin akan lebih bagus karena ada pembagian dividen setiap tahun dari saham perusahaan yang dibeli. Tentu jenis investasi saham ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan berisiko tinggi, dengan imbal balik yang tinggi pula.

Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link

Agar lebih mudah dipahami, maka Anda harus mempelajari juga cara kerja asuransi jiwa unit link. Sehingga Anda akan mengetahui untuk apa dan bagaimana uang premi Anda dikelola oleh perusahaan. Berikut penjelasan cara kerja asuransi unit link:

  • Seperti yang dijelaskan di atas bahwa asuransi jiwa unit link memiliki dua manfaat, pertanggungan jiwa dan kesehatan, serta investasi. Maka Anda akan menyetor sejumlah dana premi yang lebih besar dari asuransi jiwa biasa, karena sebagian uang Anda akan di alokasikan untuk investasi di pasar modal, obligasi, saham dan sebagainya.
  • Anda akan diberikan pilihan, ingin di investasikan kemana uang premi Anda, semisal obligasi, saham, atau pasar uang. Jika tidak paham tentang itu, maka Anda bisa meminta saran kepada agen asuransi Anda atau penasihat investasi Anda.
  • Tidak semua dana premi yang Anda bayarkan dialokasikan untuk investasi. Ada berbagai biaya yang harus ditanggung di awal-awal tahun masa kontrak, seperti biaya akuisisi, administrasi, biaya pengelolaan investasi, dan potongan agen asuransi.
  • Nilai tunai polis Anda yang sebenarnya adalah ketika Anda sudah membayar potongan-potongan biaya di atas, yang kemudian bisa Anda tarik ketika sudah melewati jangka waktu tertentu.
  • Anda bisa mengajukan klaim jika sudah melewati masa tunggu. Baik untuk rawat jalan, rawat inap, dan biaya-biaya fasilitas lainnya.
  • Tidak semua klaim akan disetujui, tentu tergantung dengan nilai tunai polis yang Anda miliki.
  • Asuransi jiwa unit link ini minimum memiliki kontrak 10 tahun. Selain sebagai proteksi jiwa, dan kesehatan, juga menunggu pertumbuhan nilai investasi, sehingga Anda akan menerima manfaat di kemudian hari.

Contoh Asuransi Unit Link

Beberapa perusahaan asuransi besar yang ada di Indonesia menawarkan produk unit link dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa contoh asuransi unit link, antara lain:

BNI Life

BNI Life menawarkan produk unit link dengan nilai pertanggungan dari 20 juta hingga 2 miliar. Namun produk ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki uang lebih karena pembayaran premi BNI Life harus dibayar dimuka. Contoh, pada awal kontrak Anda wajib menyetorkan dana sebesar 100 juta, dan di tahun ke 5, Anda akan mendapat uang pertanggungan sebesar 105 juta. Semakin lama akan semakin besar juga uang pertanggungan yang bisa didapatkan.

Allianz

Produk unit link yang ditawarkan adalah Smartlink Flexi Account Plus. Premi yang murah menjadi salah satu keunggulannya. Anda bisa membayar premi mulai dari 200 ribu saja per bulan, dengan manfaat santunan hingga 100 persen. Jika Anda ingin tambahan manfaat semisal rawat inap dan rawat jalan, Anda juga bisa dengan membayar premi yang lebih besar. Ada 6 jenis investasi yang bisa dipilih oleh nasabah untuk mengembangkan uang premi dengan keuntungan yang bervariasi.

Penutup

Produk asuransi unit link memang sangat menarik terutama manfaat yang akan diterima, tetapi Anda juga harus mengukur kemampuan Anda secara finansial karena asuransi unit link berlaku dengan masa kontrak yang sangat lama dengan nilai investasi yang juga penuh risiko.

Jadi belum tentu juga dalam jangka waktu 10 tahun, nilai tunai Anda sudah melebih premi yang Anda setorkan, bisa juga malah kurang dari nilai yang Anda bayarkan. Itu disebabkan karena hasil investasi yang buruk dan biaya investasi yang besar. Oleh karena itu, memilih perusahaan yang baik sangat diperlukan dalam Asuransi Unit Link.

Silahkan hubungi kami melalui nomor yang tersedia di kanan atas, untuk mendapat proposal asuransi unit link yang menarik. Jangan sungkan untuk bertanya secara detail tentang produk asuransi yang Anda butuhkan, kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Related posts:

  1. Dampak dan Efek Cuti Premi Asuransi Jiwa Unit Link
  2. Asuransi Jiwa Unit Link Setelah 10 Tahun
  3. Keunggulan / Kelebihan Asuransi Jiwa Unit Link
  4. Manfaat dan Kerugian Asuransi Jiwa Unit Link
  5. Pengertian Reimbursement Dalam Asuransi : Cara Klaim Reimbursement
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts