Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur Hidupby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur HidupSeiring dengan perkembangan jaman, meningkat pula kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa sebagai instrumen untuk melindungi diri dari kejadian yang terduga, karena sedikit banyak akan membantu beban hidup apabila sang pencari nafkah sudah tidak mampu lagi untuk menafkahi karena hal seperti kecelakaan atau bahkan meninggal dunia. Ada berbagai produk asuransi yang dapat melindungi diri dari […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Seiring dengan perkembangan jaman, meningkat pula kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa sebagai instrumen untuk melindungi diri dari kejadian yang terduga, karena sedikit banyak akan membantu beban hidup apabila sang pencari nafkah sudah tidak mampu lagi untuk menafkahi karena hal seperti kecelakaan atau bahkan meninggal dunia.

asuransi jiwa whole life

Ada berbagai produk asuransi yang dapat melindungi diri dari kejadian yang tak terduga, salah satunya adalah asuransi jiwa whole life atau asuransi jiwa seumur hidup. Bagaimana klausul-klausul dalam perjanjian kontrak asuransi jiwa? Mari kita simak lebih lanjut!

Klausul dalam Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Ada banyak klausul yang tercantum dalam perjanjian kontrak asuransi. Namun dalam hal ini. ada beberapa klausul yang penting dalam Asuransi Jiwa whole life, yang tidak ada pada asuransi biasa, diantaranya:

  • Jaminan proteksi hingga seumur hidup, dengan batas maksimal tertanggung mencapai usia 99 tahun
  • Klaim asuransi jiwa seumur hidup dapat dilakukan apabila tertanggung mengalami cacat total permanen dan atau meninggal dunia
  • Pembayaran premi dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, semisal hingga mencapai 10-20 tahun, selebihnya tertanggung tidak menanggung premi bulanan, tetapi polis tetap aktif hingga kontrak selesai.
  • Pembayaran premi harus dilakukan selama tertanggung hidup atau hingga masa kontrak perlindungan selesai, agar polis selalu aktif. Klausul ini berlaku pada straight life policy atau polis asuransi jiwa langsung.
  • Pembayaran premi yang tetap. Tertanggung akan membayar premi sesuai dengan perjanjian awal kontrak asuransi.

Kelebihan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Setiap produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk asuransi jiwa whole life, ada beberapa kelebihan dibanding asuransi jenis lainnya.

  1. Pembayaran premi yang tetap selama masa kontrak. Maka seiring adanya inflasi setiap tahun terhadap nilai uang, angka premi saat ini akan tampak sangat murah ketika sudah 20 tahun yang akan datang.
  2. Bisa sebagai investasi jangka panjang, karena masa kontrak asuransi yang sangat panjang, hingga usia pemegang polis mencapai 99 tahun.
  3. Membeli asuransi jiwa seumur hidup ketika usia masih muda akan lebih murah
  4. Nilai tanggungan akan sangat besar mengingat akumulasi premi lebih dari 10 tahun.
  5. Pembayaran premi dapat dilakukan secara berjangka, sehingga tetap mendapatkan proteksi seumur hidup.
  6. Mendapatkan jaminan atas uang tanggungan yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi pasar.
Kelebihan asuransi jiwa seumur hidup

Kekurangan Asuransi Jiwa Whole Life / Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Tidak ada yang sempurna, termasuk asuransi jiwa seumur hidup karena terdapat beberapa kekurangan yang bisa membuat Anda mengurungkan niat untuk membeli polis asuransi jenis ini. Antara lain:

  1. Karena tidak mengikuti inflasi, maka nilai tanggungan akan terasa kecil. Misalnya dalam klausul perjanjian disebutkan tentang nilai tanggungan yang didapat sebesar 100 juta, ketika kontrak selesai. Ketika Anda membeli polis asuransi, usia Anda adalah 40 tahun. Maka uang pertanggungan 100 juta akan terasa sangat kecil pada masa 59 tahun kemudian.
  2. Karena pembayaran premi yang begitu panjang, maka Anda akan merasa terbebani ketika pada masa-masa sulit, semisal yang terjadi saat ini yakni Pandemi Covid 19, dimana banyak sekali terjadi pemutusan hubungan kerja. Jika itu terjadi di pertengahan kontrak, dan premi tidak dibayarkan di tengah jalan, maka polis Anda tidak aktif.
  3. Ketika Anda sakit, Anda tidak dapat mengajukan klaim karena fungsi proteksi asuransi jiwa seumur hidup sangat terbatas, yakni hanya jika Anda mengalami cacat total permanen dan atau meninggal dunia.

Memiliki perlindungan asuransi menjadi sangat penting karena bisa meringankan beban finansial jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Terutama untuk membayar hutang-hutang atau beban yang tetap harus dibayar apabila pencari nafkah sudah tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Namun demikian keputusan tetap di tangan Anda, apakah membeli polis asuransi jiwa seumur hidup cocok untuk Anda atau tidak! Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami secara gratis, agar keragu-raguan Anda bisa hilang untuk memiliki proteksi asuransi!

Related posts:

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup / Whole Life Insurance
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Term Life / Asuransi Jiwa Berjangka
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Panin Dai-ichi Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi MNC Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts