Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Reliance Life

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Reliance Lifeby Vivi Tirtaon.Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Reliance LifeAsuransi Reliance Life turut mengambil bagian dalam persaingan produk asuransi jiwa, meskipun terasa setengah hati karena produk asuransi jiwa dan kesehatan yang diluncurkan sangat terbatas. Mengingat persaingan bisnis asuransi jiwa di Indonesia sangat ketat, sehingga Reliance Life tidak begitu agresif dalam menawarkan produknya. Karena Asuransi Reliance lebih dikenal sebagai asuransi umum yang menangani asuransi kendaraan […]
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Asuransi Reliance Life turut mengambil bagian dalam persaingan produk asuransi jiwa, meskipun terasa setengah hati karena produk asuransi jiwa dan kesehatan yang diluncurkan sangat terbatas. Mengingat persaingan bisnis asuransi jiwa di Indonesia sangat ketat, sehingga Reliance Life tidak begitu agresif dalam menawarkan produknya.

Karena Asuransi Reliance lebih dikenal sebagai asuransi umum yang menangani asuransi kendaraan bermotor, pengangkutan, asuransi rumah dan sejenisnya, sehingga konsentrasi lebih banyak tertuju kesana ketimbang produk yang menyasar kesehatan dan jiwa individu.

Jalur distribusi yang masih minim merupakan penyebab Reliance sangat lambat berkembang. Bahkan masyarakat tidak banyak yang tahu bahwa Asuransi Reliance Life, dengan produknya Reliance Hybrid telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam sistem CoB (Coordination of Benefit) untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada nasabahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Reliance Life

Sekilas tentang Asuransi Reliance Life

  • Produk asuransi Reliance dikelompokan menjadi tiga kategori yaitu ritel, korporasi dan Syariah.
  • Reliance tercatat sudah memiliki nasabah lebih dari 8 juta, yang tersebar di seluruh Indonesia, terbanyaknya adalah layanan asuransi umum.
  • Reliance telah menjalin kerjasama dengan provider dengan jumlah total 1381, yang terdiri dari klinik gigi dan bersalin, rumah sakit swasta dan pemerintah, optik, rumah sakit bersalin, laborat, serta dokter praktek, yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.
  • Memiliki fitur CoB (coordination of benefit) dengan BPJS Kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan lebih cepat dan optimal.

Sejarah Asuransi Reliance Life

  • Pada 1986, Berdirilah perusahan asuransi bernama PT Asuransi Sagita Sarana Raharja.
  • Pada akhir 2002, Dengan manajemen baru, Asuransi Sagita Sarana Raharja berubah menjadi Asuransi Tali Insani.
  • Pada 2005, Asuransi Tali Insani diakuisisi oleh Reliance Capital Manajemen, perusahaan asal India dan kemudian mengganti namanya menjadi Asuransi Reliance Indonesia.
  • Pada 2008, Reliance Indonesia menduduki peringkat ke 27 dari 43 perusahaan asuransi, sebagai asuransi umum terbaik pada kategori modal 100-250 miliar.
  • Pada 2010, perkembangan Reliance sangat pesat dengan membukukan pendapatan premi sebesar 60 miliar.
  • Pada 2014, Majalah Media Asuransi memberikan penghargaan sebagai Asuransi Umum terbaik dalam kategori aset 100-250 Miliar.
  • Pada 2016, Reliance menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan para nasabahnya dengan meluncurkan produk Reliance Hybrid.
  • Pada September 2017, Unit Syariah dibentuk untuk menyasar pasar asuransi jiwa masyarakat muslim Indonesia.
  • Pada 2018, meraih predikat Asuransi dengan kinerja sangat bagus dari Infobank.
  • Pada 2019, Reliance kembali meraih penghargaan dari Majalah Asuransi, sebagai Asuransi Umum Terbaik kategori aset 200-300 miliar.

Produk Asuransi Reliance Life

Asuransi Reliance memiliki banyak sekali produk terutama produk-produk asuransi umum seperti asuransi kendaraan bermotor, pengangkutan, harta benda, rekayasa, dan sebagainya. Namun demikian, dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang produk asuransi jiwa yang dimiliki Reliance Life. Produk asuransi Reliance Life dibagi kedalam dua kategori yakni Asuransi Jiwa Konvensional dan Asuransi Syariah, sebagai berikut:

Asuransi Jiwa Reliance

Pada kategori ini, beberapa produk unggulan dari Reliance Life antara lain asuransi jiwa dan kesehatan, serta asuransi kecelakaan diri.

Asuransi Reli-Ku

Reli-Ku adalah produk asuransi kecelakaan diri dengan premi yang sangat terjangkau, dan mudah sekali dalam pembeliannya, tanpa adanya pemeriksaan medis untuk memberikan rasa aman dalam setiap perjalanan. Beberapa manfaat dari produk Reli-Ku antara lain:

  • Premi 5000 rupiah untuk perlindungan kecelakaan berlaku 10 hari, dan Premi 20 ribu, akan memberikan perlindungan selama 3 bulan, dan 50 ribu memberikan proteksi selama 1 tahun.
  • Jika selama perlindungan terjadi risiko kecelakaan yang mengakibatkan kematian dan atau cacat tetap terhadap pemegang polis, maka diberikan santunan sebesar 25 juta.
  • Jika terjadi kecelakaan, maka diberikan santunan maksimal 2,5 juta.
  • Untuk premi 50 ribu, bisa dibeli maksimal 4 kali untuk meningkatkan nilai santunan.

Asuransi Kesehatan Reliance Hybrid

Merupakan program CoB (Coordination of Benefit) dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan prima 3 in 1 terhadap nasabah.

Jadi, jika Anda memiliki kartu BPJS Kesehatan dan Reliance Hybrid, Anda tidak perlu lagi mengikuti jalur berjenjang BPJS Kesehatan yang harus meminta rujukan dari Faskes I, Faskes II dan Faskes Lanjutan.

Anda bisa langsung mendatangi rumah sakit tanpa harus meminta rujukan dengan menunjukan kartu BPJS dan Reliance Hybrid. Pihak rumah sakit akan menagihkan kepada BPJS Kesehatan sesuai dengan plafon yang ditentukan, dan jika melebih plafon pembiayaan tersebut, maka Reliance Hybrid yang meng-cover kelebihan biaya tersebut. Beberapa manfaat produk ini antara lain:

  • Pelayanan kesehatan lebih cepat tanpa antri lama
  • Penggantian biaya rawat inap, dan atau rawat jalan jika melebihi plafon BPJS, misalnya dirawat di ruang VIP rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Reliance Health Care

Produk asuransi kesehatan ini ditujukan untuk memberikan perlindungan kesehatan terhadap karyawan perusahaan atau unit usaha yang menginginkan perlindungan kesehatan menyeluruh yang meliputi penyakit kritis umum seperti gagal ginjal, serangan jantung, kista, kanker, dan komplikasi kehamilan.

Asuransi Syariah Reliance

Produk asuransi Syariah makin di minati masyarakat Indonesia seiring meningkatnya kesadaran beragama yang baik demi menghindarkan unsur riba dan ghoror yang terdapat pada asuransi konvensional. Untuk itu Reliance membuka unit Syariah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Beberapa produk Syariah dari Reliance antara lain:

Asuransi Pembiayaan Syariah

Hutang tetap hutang, meski yang berhutang meninggal, maka hutang tetap harus di lunasi. Ini adalah prinsip Syariat Islam. Oleh karena itu, Asuransi Pembiayaan Syariah akan memberikan jaminan pelunasan hutang apabila tertanggung meninggal dunia.

Asuransi Kecelakaan Diri Plus PHK

Produk ini akan memberikan santunan kepada ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia karena kecelakaan atau karena sakit. Selain itu, produk ini juga memberikan santunan bagi para karyawan yang terkena PHK selama periode polis aktif.

Asuransi Pembiayaan dan Perjalanan Umrah

Produk yang di khususkan bagi umat muslim yang ingin berangkat ibadah umrah. Reliance Syariah akan melunasi segala hutang yang terkait dengan pembiayaan apabila pemegang polis meninggal dunia, baik sebelum atau sesudah melakukan perjalanan umrah.

Reliance Life Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Reliance Life

Kinerja keuangan Reliance Life sangat bagus di 5 tahun terakhir ini. Terbukti dengan beberapa penghargaan yang diperoleh dari beberapa media dan lembaga keuangan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan asuransi Reliance Life yang sangat mendasar antara lain:

Kelebihan Asuransi Reliance Life

  • Premi yang sangat terjangkau, mulai dari 5000 rupiah untuk mendapatkan perlindungan jiwa.
  • Klaim sangat cepat dan mudah.
  • Nasabah sangat terbantu dengan adannya aplikasi Reli-Hit yang bisa diakses dengan mudah.
  • Kinerja keuangan sangat baik, sehingga nasabah merasa lebih aman ketika mengajukan klaim.

Kekurangan Asuransi Reliance Life

  • Informasi dari situs resmi terkait produk asuransi Reliance sangat minim.
  • Hampir seluruh produk asuransi jiwa dan kesehatan yang dimiliki Reliance tidak ada pengembalian premi.
  • Perlindungan asuransi hanya untuk jangka pendek.

Penutup

Reliance merupakan perusahaan asuransi yang memiliki kinerja sangat baik, terutama dalam asuransi umum. Tetapi seperti setengah hati untuk menggarap pasar asuransi jiwa dan kesehatan. Sehingga produk-produk yang ditawarkan Reliance Life tidak lengkap dan terasa kurang menarik. Apalagi informasi terkait produk asuransi yang diberikan Reliance Life melalui situs resminya sangat terbatas, sehingga para calon nasabah akan enggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Reliance Life akan sangat cocok bagi Anda yang hanya perlu perlindungan sekali beli tanpa memikirkan pengembalian premi. Karena kebanyakan produk asuransi jiwa yang ditawarkan Reliance hanya untuk perlindungan jangka pendek, dan tidak terkait investasi sehingga tidak memberikan nilai tunai jika kontrak asuransi berakhir.

Related posts:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Zurich Life
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BRI Life
  3. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BNI Life
  4. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi BCA Life
  5. Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Chubb Life Insurance Indonesia
Gratis Jasa Konsultasi Asuransi Gratis Secara Online Jakarta Jabodetabek Indonesia

Related Posts